bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film Thriller Door Lock (2018)

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 8 September 2021

Baru saja melihat poster filmnya, saya sudah tertarik dengan film ber-genre thriller ini. Dalam poster terlihat gambar sang aktris utama, Kong Hyo Jin, yang sedang bersembunyi di balik pintu disaat seorang penyusup berada di pintu lainnya untuk membuka pintu tersebut. Suasana seram dan mencekam sudah terlihat jelas dalam poster film ini.

Film ini menjadi salah satu film thriller Korea paling ditunggu penayangannya. Bahkan sempat diputar di Fantasia International Film Festival tahun 2019 silam. Film karya sutradara Lee Kwon ini benar-benar bikin panas dingin. Penasaran sengeri dan se-suspense apa film ini? Ayo sama-sama kita simak sinopsis dan ulasannya!

Sinopsis

Door Lock_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Thriller
  • Produksi: Megabox Plus M
  • Sutradara: Lee Kwon
  • Pemain: Kong Hyo Jin, Lee Ga Sub, Kim Ye Won

Film dibuka dengan seorang lelaki bertubuh tegap masuk kamar mandi lantas setelah mandi memeluk seorang wanita yang masih tertidur pulas. Adegan berikutnya, sang wanita bangun namun dengan keadaan super lemas dan mengalami sakit kepala luar biasa. Merasa terlalu lelah, wanita ini tidak terlalu memperdulikan keadaan tersebut.

Wanita itu adalah Jo Kyung Min (Kong Hyo Jin), seorang wanita yang tinggal di sebuah apartemen seorang diri. Ia bekerja di salah satu bank swasta di Korea dan memiliki hanya 1 teman dekat bernama Oh Hyo Joo (Kim Ye Woon). Kyung Min menceritakan keadaannya yang tiap bangun selalu lemas kepada Hyo Joo; namun karena tidak mengerti apa yang terjadi, Hyo hanya meminta Kyung Min istirahat dan segera memiliki kekasih supaya tidak stress.

Dianggap guyon, Kyung Min kembali ke kehidupannya seperti biasa. Betapa kagetnya dia saat dirinya mengetahui kunci rumah digitalnya selalu ada yang berusaha membuka. Kyung Min mulai ketakutan, ia mencoba untuk menghubungi sekuriti namun sekuriti pun tidak bisa berbuat apa-apa mengingat tidak ada kerusakan yang terjadi. Sekuriti memberitahu kemungkinan itu adalah ulah tetangga yang mabuk dan salah masuk kamar.

Rasa ketakutan Kyung Min makin menjadi setelah adanya insiden pada seorang nasabah yang menyerangnya di bank tempat ia bekerja. Ia bahkan dibuntuti oleh nasabah bermasalah tersebut. Mengetahui Kyung Min diserang, manager bank segera turun tangan mengamankan Kyung Min. Ia diantar pulang sampai apartemennya. Sesampainya di apartemen, Kyung Min malah jadi curiga pada managernya sendiri. Ketakutannya membuat hilang akal sehat.

Ia berlari menemui polisi untuk mengamankan diri, saat kembali ke apartemen bersama polisi, managernya sudah tewas tercekik. Ini membuat semua orang menjadikan Kyung Min sebagai bahan omongan. Kyung Min bahkan berhenti dari pekerjaannya. Hyo Joo mencoba menghiburnya namun tidak bisa.

Kyung Min stress bukan main, sampai saat ia sedang membereskan apartemennya, dia menemukan sebuah kunci master. Penasaran, Kyung Min menjelajah seluruh isi gedung apartemen dan menempelkan kunci itu di tiap pintu, terbuka!

Kamar tersebut merupakan milik seorang gadis. Menyangka gadis tersebut merupakan penyusup, Kyung Min lantas mengambil buku tabungan si gadis bermaksud menemukan sesuatu di sana. Dia menemukan entah kenapa, setiap jam 11 siang ada pembelanjaan dengan nilai yang sama di tiap weekend pada satu toserba. Mengajak Hyo Joo, Kyung Min akhirnya menginvestigasi sendiri.

Singkat cerita, Kyung Min terkejut setengah mati setelah berhasil menemukan gadis tersebut. Ia terbujur kaku dengan bagian kaki yang hilang dan di sandera oleh seorang pria misterius yang ternyata ada sekuriti di apartemennya sendiri. Kini untuk membungkam mulut Kyung Min, ia mengincar Kyung Min dengan menculik, menyekap dan menjadikannya sebagai sandera. Mampukah Kyung Min bertahan?

Peran Kong Hyo Jin

Door Lock_Kong Hyo Jin (Copy)

Seperti yang kita tahu, Kong Hyo Jin sudah melanglang buana di banyak serial televisi atau drama dan juga film Korea sebagai wanita manis, baik, mellow dan disukai banyak orang. Namun Lee Kwon, sang sutradara, memberi peran baru untuk Kong Hyo Jin sebagai wanita yang punya banyak ketakutan, sendiri dan putus asa.

Raut wajah Kong Hyo Jin yang biasanya penuh senyum pun redup seketika. Serius, akting Hyo Jin saat memerankan tokoh Kyung Min sangat mumpuni. Kita akan menjadi terbawa ketakutan juga melihat dirinya gemeteran harus menghadapi penyusup psikopat yang doyan mengganggu dirinya bahkan sampai masuk dan tidur bersamanya!

Kyung Min sengaja dibius supaya tidak tahu apa yang terjadi. Terjawab sudah kenapa setiap beberapa pagi, dirinya bangun dalam keadaan pening tidak terkendali.

Related to The Real Life

Door Lock_Related (Copy)

Film ini menjadi semacam peringatan untuk banyak orang khususnya para wanita yang tinggal seorang diri. Ini disebabkan kejadian dalam film kerap terjadi pada kehidupan nyata sehingga banyak pesan berguna selama kalian menonton film ini. Like seriously, kamu saja diminta untuk berhati-hati sama sekuriti atau penjaga tempat tinggal kalian.

Bahkan saat diwawancarai oleh Soompi, Kong Hyo Jin mengatakan bahwa film ini sangat tegang dan seram. “Apabila (film ini) membuatmu tidak nyaman karena terlalu seram, kalian (penonton) boleh mengirim pesan kepadaku” ujarnya. Masih meragukannya? Ayo coba tonton filmnya sendiri, saya saja sampai tahan nafas saking takutnya.

Film Remake

Door Lock_Remake (Copy)

Film Door Lock ini merupakan remake dari film Spanyol berjudul Sleep Tight yang tayang tahun 2011 silam. Film besutan sutradara Jaume Balagueró tersebut memiliki plot yang tidak jauh berbeda. Masih menceritakan tentang bagaimana seorang wanita bernama Clara harus bertahan dan menyelamatkan diri dari seorang concierge sebuah apartemen di Barcelona.

Hanya saja apabila dalam film Door Lock, sudut pandangnya adalah si korban. Film Sleep Tight, lebih mengedepankan sudut pandang si psikopat. Meski demikian kedua film ini benar-benar bisa bikin kalian panas dingin. 

Trivia

Door Lock_Trivia (Copy)

Tahukah kalian? Lewat wawancaranya bersama easterkick, Kong Hyo Jin mengatakan bahwa saat sutradara mengirim naskah pada dirinya, Hyo Jin menolaknya langsung. Ia bukan tipe orang yang doyan menonton horor. Jadi dirinya tidak mau terlibat dalam proyek film seperti itu. Namun setelah pendekatan yang lumayan lama, Hyo Jin akhirnya mau untuk bergabung. 

Film Door Lock ini menggambarkan bagaimana negeri ginseng, Korea, sungguh sangat menakutkan untuk seorang wanita yang harus tinggal sendiri. Membuat stereotip soal wanita harus berlindung pada pria. Tapi tokoh Kyung Min langsung mematahkan hal tersebut, ia membuat semua pria di dalam film ini menjadi clueless dan tidak bisa berbuat apa-apa. Bahkan untuk menyelesaikan kasus ini, Kyung Min lah yang jadi pahlawannya.

Overall, untuk film Door Lock sendiri, Bacaterus memberi skor 7,4/10. Untuk kalian yang memang tinggal sendiri, jangan sampai jadi paranoid ya! Sudah dibilang kan film ini related banget sama kehidupan nyata? Kalau berani, kalian bisa nonton sendirian kok. Tapi buat kalian yang penakut, BIG NO NO. Cari teman untuk menontonnya ya!

Door Lock
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram