bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Colombiana, Seorang Gadis Melawan Mafia

Seorang gadis kecil melihat kedua orang tuanya dibunuh secara brutal di depan matanya. Namun tak hanya memendam trauma, gadis kecil itu justru menyimpan dendam yang ia lampiaskan saat ia sudah dewasa. Gadis itu adalah Cataleya Restrepo.

Aksi pembalasan dendam Cataleya Restrepo si gadis jagoan ini bisa kamu ikuti dalam film yang berjudul Colombiana. Berikut review dan sinopsisnya!

Sinopsis

colombiana-1_
  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: Action / Thriller
  • Produksi: EuropaCorp / Canal++
  • Sutradara: Olivier Megaton
  • Pemeran: Zoe Saldana, Jordi Molia, Lennie James

Permulaan film ini dimulai pada tahun 1992 di Colombia. Fabio Restrepo dan istrinya dibunuh oleh Marco dan anak buahnya atas perintah Don Luis, seorang bos mafia. Fabio dibunuh karena ia memutuskan berhenti bekerja pada Don Luis dan memiliki informasi rahasia mengenai bisnis mafia itu di sebuah memori card. Fabio dan istrinya dibunuh di depan anaknya yang masih kecil, Cataleya.

Cataleya menelan memori card yang diberikan oleh ayahnya tersebut. Cataleya kemudian berhasil kabur dari para pembunuh itu dan pergi ke kedutaan besar Amerika Serikat. Cataleya memberikan memori card tersebut yang disebut sang ayah sebagai “passport”nya. Ia kemudian diamankan dari Colombia ke Chicago. Namun Cataleya memilih kabur dari pengamanan pemerintah saat di bandara.

Di Chicago, Cataleya pergi menemui sang paman, Emilio, dengan mengikuti alamat yang diberikan mendiang ayahnya. Sang paman adalah seorang pembunuh bayaran. Cataleya kemudian bertekad untuk menjadi pembunuh dan meminta sang paman mengajarkannya. Lima belas tahun kemudian, Cataleya yang sudah dewasa telah memiliki kemampuan membunuh yang piawai.

Tak hanya mahir berkelahi, Cataleya juga mahir menyamar, menyusup, dan berbagai strategi pembunuhan lainnya. Ia mulai memburu satu persatu orang yang berkaitan dengan pembunuhan kedua orang tuanya dulu. Di setiap pembunuhan itu, Cataleya selalu meninggalkan jejak berupa bentuk bunga Cattleya untuk menarik perhatian Don Luis.

Namun seperti gadis-gadis umumnya, Cataleya juga jatuh cinta pada seorang pria baik bernama Danny. Cataleya sering menemui Danny di apartemennya, namun ia tak menyebutkan nama aslinya. Cataleya juga begitu rapat menyimpan identitas dan latar belakangnya dari Danny. Sering kali Cataleya menemui Danny setelah ia melakukan pembunuhan.

Setelah lebih dari 20 pembunuhan yang dilakukan Cataleya, agen FBI James Ross akhirnya menangani kasus tersebut. Dari sebuah foto yang diambil oleh Danny saat Cataleya tertidur di apartemennya, FBI kemudian bisa melacak lokasi Cataleya. Mereka berusaha menyergap lokasi tersebut namun Cataleya berhasil kabur. Cataleya kemudian pergi ke rumah Emilio yang sudah lama tak dikunjunginya.

Di rumah tersebut, Cataleya menemukan Emilio dan ibunya yang sudah dibunuh oleh anak buah Don Luis. Dendam Cataleya pada Don Luis pun semakin besar. Ia pergi ke rumah agen James Ross dan mengancamnya untuk mencari tahu alamat Don Luis. Cataleya memaksa James Ross untuk menemui Steve Richard, agen CIA yang diketahui menyembunyikan Don Luis.

James Ross kemudian memaksa Steve Richard untuk memberi tahu alamat Don Luis. Steve yang tersudut dan nyaris dibunuh oleh Cataleya akhirnya mengatakan lokasi Don Luis. Cataleya pun langsung menyerang lokasi tersebut. Meski lokasi itu dikawal oleh penjagaan ketat, Cataleya berhasil menyusup dan membunuh satu persatu penjaga Don Luis.

Don Luis yang mengetahui jika Cataleya datang mencoba bersembunyi, sementara tangan kanannya, Marco, menangani Cataleya. Setelah melalui aksi perkelahian dan tembak menembak, Cataleya berhasil membunuh Marco. Namun Don Luis rupanya berhasil kabur dan masuk ke mobilnya. Cataleya kemudian menelepon Don Luis yang ada di mobil tersebut.

Don Luis mengatakan bahwa Cataleya tak akan bisa membunuhnya karena ia telah berhasil kabur. Namun Cataleya rupanya telah menyimpan dua anjing pembunuh di mobil tersebut. Saat Cataleya memberikan aba-aba melalui telepon, anjing itu pun langsung menyerang Don Luis hingga terbunuh. Cataleya pun kembali menghilangkan jejak.

Di akhir film, Danny tampak diinterogasi oleh pihak FBI untuk mencari tahu identitas Cataleya. Namun Danny mengatakan jika ia tak tahu apa-apa. Saat petugas FBI lengah, Danny mendapat telepon dari Cataleya yang meneleponnya dari telepon umum. Mereka berbincang sejenak, Cataleya mengatakan nama aslinya dan mengatakan bahwa ia mencintai Danny. Cataleya pun menutup teleponnya.

Karakter Utama yang Digambarkan Sempurna

colombiana-2_

Karakter Cataleya Retrepo yang diperankan oleh aktris Zoe Saldana menjadi pusat perhatian di sepanjang film berdurasi 108 menit ini. Ia digambarkan sebagai wanita yang begitu keren, tangguh, dan jagoan. Kemampuannya seolah sempurna. Cataleya bahkan bisa mengelabui semua petugas kepolisian hingga para agen FBI yang didominasi para pria.

Ia tampak tak pernah kalah dan tak pernah melakukan kesalahan dalam semua rencana pembunuhannya. Karakternya yang seperti ini bahkan sudah terlihat saat Cataleya masih merupakan sosok gadis kecil yang diperankan oleh aktris Amandla Stenberg. Cataleya kecil sudah bisa melakukan berbagai adegan aksi seperti meloncat gedung dan berlari untuk kabur dari para penjahat.

Baik Zoe Saldana maupun Amandla Stenberg tampaknya cukup berhasil memerankan tokoh Cataleya yang digambarkan sebagai wanita kuat. Melalui peran Cataleya ini, film Colombiana juga tampaknya ingin menyampaikan pesan bahwa seorang wanita bisa menjadi sosok yang kuat dan tangguh serta tak kalah hebat dari kaum pria.

Penuh Adegan Aksi yang Menegangkan

colombiana-3_

Alur cerita pada film Colombiana tampaknya memang lebih menekankan pada adegan-adegan aksi dibanding dengan pendalaman masing-masing karakternya. Tidak banyak diceritakan mengenai bagaimana kehidupan Cataleya setelah ia ditinggal orang tuanya dan bagaimana ia secara emosional menerima dirinya sebagai pembunuh.

Dari awal hingga akhir film, kita lebih banyak disuguhkan dengan sosok Cataleya yang melakukan berbagai adegan-adegan aksi yang menegangkan dengan teknik sinematografi berupa shot-shot bertempo cepat . Bagi kamu pecinta film action, semua adegan menegangkan dengan shot-shot apik tadi tentu akan memanjakan matamu.

Banyak Misteri yang Belum Terungkap

colombiana-4_

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, alur cerita film Colombiana tampaknya lebih menekankan pada adegan aksi dibanding pendalaman cerita, sehingga terasa ada banyak misteri atau cerita yang belum terungkap. Misalnya saja mengenai data yang diincar oleh Don Luis dan dibawa oleh Cataleya ke kedutaan besar Amerika Serikat yang tidak pernah terungkap hingga akhir film.

Ending cerita ini juga seolah dibiarkan menggantung. Tidak ada yang tahu mengenai rencana kehidupan Cataleya selanjutny., Sosoknya terasa seperti karakter yang sangat misterius dan tidak bisa ditebak oleh siapa pun, bahkan oleh Danny yang mencintainya.

Itulah review dan sinopsis dari film Colombiana, film dengan penuh adegan aksi mengenai upaya pembalasan dendam seorang gadis tangguh melawan kelompok mafia. Setelah menonton aksi keren Zoe Saldana dalam film ini, siapa yang langsung jatuh hati dan menjadi fans Cataleya? Coba tunjuk tanganmu di kolom komentar!

Columbiana
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram