bacaterus web banner retina

Review dan Sinopsis Film Bebas, Kenangan Manis Masa SMA

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 1 September 2021

Masa-masa SMA selalu disebut sebagai masa-masa yang paling indah. Di usia SMA, banyak kisah cinta dan persahabatan yang terjadi yang akan menjadi kenangan indah hingga dewasa nanti. Indahnya kisah masa SMA juga banyak diangkat menjadi ide cerita sebuah karya film, salah satunya adalah film Bebas.

Film Bebas akan mengajakmu untuk kembali mengenang masa-masa indah persahabatan di SMA dan apa yang terjadi dengan persahabatan tersebut puluhan tahun kemudian. Berikut review dan sinopsis film Bebas, film tentang kenangan manis persahabatan masa SMA.

Sinopsis

Sinopsis

Bebas merupakan film remake atau adaptasi dari sebuah film Korea berjudul Sunny yang rilis tahun 2011. Versi Indonesia ini merupakan film keempat yang diproduksi setelah beberapa negara lain seperti Jepang dan Vietnam juga membuat remake film Sunny versi mereka. Produser film ini, Mira Lesmana juga berkolaborasi langsung dengan CJ Entertainment, rumah produksi asal Korea.

Film Bebas dikisahkan dengan alur cerita maju mundur, yaitu masa SMA dan masa dewasa. Dikisahkan Vina yang kini telah dewasa tanpa sengaja bertemu dengan Kris, teman satu gengnya masa SMA yang kini tengah sakit keras. Kris mengatakan bahwa waktu hidupnya tak lama lagi, ia pun ingin bertemu dengan teman-teman satu gengnya di masa SMA dulu.

Vina kemudian mulai mencari satu persatu teman geng mereka. Selama perjalanan Vina tersebut, kita akan disajikan kilas balik mengenai masa SMA mereka. Vina adalah murid pindahan dari Sumedang ke SMA Jakarta. Di sekolah itu, ia berkenalan dengan Kris. Kris adalah sosok gadis keren di SMA yang juga memiliki beberapa sahabat, Jessica, Gina, Jojo, dan Suci.

Persahabatan mereka pun semakin dekat hingga akhirnya mereka sepakat membentuk sebuah geng bernama Geng Bebas. Seperti halnya anak-anak remaja, tak jarang mereka juga terlibat kenakalan-kenakalan seperti bertengkar dengan geng lain atau melakukan hal-hal konyol lainnya. Namun geng Bebas selalu begitu kompak dalam melakukan apapun.

Adegan kilas balik tersebut juga mengungkap kisah cinta masa SMA yang dialami oleh Vina hingga patah hati pertamanya. Vina yang jatuh hati pada Jaka harus menelan kekecewaan karena Jaka pada akhirnya berpacaran dengan Suci, wanita paling cantik di geng Bebas. Vina dewasa pun sempat bertemu Jaka untuk menyampaikan surat cinta yang dulu tak sempat dikirimkannya.

Di masa dewasa, Vina mulai kembali bertemu dengan teman-temannya itu. Jessica kini menjadi pegawai asuransi, Jojo yang dulu kemayu kini berusaha hidup dengan kekasih wanitanya, sementara Gina yang dulu adalah anak dari ibu pebisnis sukses kini harus  hidup sederhana dan berjualan kue dengan dua anaknya. Di antara anggota lain, hanya Suci yang tidak bisa ditemukan oleh Vina.

Adegan kemudian kembali ke masa SMA yang mengungkap mengenai apa yang terjadi pada geng mereka. Di sebuah acara sekolah, terjadi sebuah pertengkaran yang melibatkan Kris dan geng Bebas dengan para anak pria lainnya. Pertengkaran tersebut membuat Suci terluka parah. Pihak sekolah kemudian memutuskan bahwa mereka semua harus dipisahkan di sekolah yang berbeda.

Pada akhirnya, mereka kembali bertemu di saat dewasa dan menghadiri upacara pemakaman Kris di rumahnya. Kris meminta agar mereka bisa tetap bersama dan menunjuk Vina sebagai ketua geng Bebas untuk menggantikannya. Kris juga mewariskan harta-hartanya pada Gina dan mengasuransikannya pada Jessica.

Di akhir prosesi tersebut, Suci yang sebelumnya seolah menghilang dan tak bisa ditemui kembali muncul di rumah kris untuk menemui sahabat-sahabatnya itu.

Penggunaan Alur Maju Mundur yang Buat Penasaran

Penggunaan Alur Maju Mundur yang Buat Penasaran

Film Bebas menggunakan teknik bercerita dengan alur maju mundur. Penonton akan disajikan dengan dua setting waktu yang bergantian, yaitu setting masa SMA dan setting masa dewasa. Para pemeran geng Bebas di masa SMA dan di masa dewasa juga diperankan oleh aktor dan aktris yang berbeda. Penggunaan alur maju mundur ini membuat alur cerita film Bebas menjadi lebih menarik.

Penonton akan dibuat penasaran mengenai apa yang terjadi dan bagaimana kesinambungan dari kisah masa SMA dan masa dewasa mereka. Seiring dengan jalannya cerita, kilas balik tersebut juga akan mengurai permasalahan dan teka-teki yang terjadi hingga membuat mereka harus berpisah saat dewasa.

Bertabur Bintang-Bintang Ternama

Bertabur Bintang-Bintang Ternama

Film Bebas juga meruapakan salah satu film Indonesia yang menampilkan banyak bintang-bintang ternama sebagai jajaran pemainnya. Para pemeran geng Bebas saat sudah dewasa diperankan oleh para aktor dan aktris senior yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya, seperti Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Baim Wong, Indy Barends, dan Widi Mulia.

Selain menampilkan para aktor dan aktris senior, pada film Bebas kita juga bisa melihat penampilan para bintang muda yang memerankan karakter geng Bebas di masa SMA. Akting para bintang muda ini juga tak kalah mengagumkan, seperti Maizura, Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Baskara Mahendra, hingga Lutesha.

Tak hanya memperlihatkan totalitas akting yang luar biasa, para aktor dan aktris ini juga menampilkan bakat lain mereka seperti menari dan bernyanyi dalam beberapa adegan di film Bebas. Beberapa lagu soundtrack dari film ini, seperti lagu Bebas dan Aku Tanpamu juga dinyanyikan langsung oleh para pemerannya.

Film yang Sukses Meraih Banyak Penghargaan

Film yang Sukses Meraih Banyak Penghargaan

Kesuksesan film Bebas juga terlihat dari banyaknya raihan penghargaan yang diperoleh film ini. Pada ajang Festival Film Indonesia 2019, film ini berhasil meraih 9 nominasi, diantaranya untuk Sutradara Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Penata Musik Terbaik, Lagu Tema Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Busana Terbaik, dan Penyunting Gambar Terbaik.

Tak hanya sukses di ajang Festival Film Indonesia saja, film ini juga memenangkan empat Piala Maya tahun 2019 dari total sepuluh nominasi yang diraihnya. Film Bebas juga berhasil meraih enam nominasi di ajang Indonesian Movie Actor Awards 2020 dan memenangkan satu kategori untuk Pemeran Pendukung Pria Terfavorit.

Film Bebas juga mendapatkan respons positif dari para kritikus film. Film Bebas dinilai menjadi film yang terbebas dari fim aslinya, Sunny. Film Bebas mampu  membuat cerita dengan unsur yang lebih lokal dan disukai masyarakat Indonesia tanpa menghilangkan ide asli dari film Sunny. Selain itu, kolaborasi antara Riri Riza dan Mira Lesmana juga mendapat banyak pujian dari para pengamat film.

Itulah sedikit review dan sinopsis dari film Bebas, sebuah film yang akan mengingatkanmu tentang kenangan indah yang terjadi di masa masa SMA dan akan membuatmu terbawa nostalgia. Apakan kamu sudah menonton film ini? Apa bagian favoritmu dari film Bebas? Ceritakan di kolom komentar ya!

Bebas
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram