bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Angel Has Fallen, Tegang Tapi Seru!

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 13 Mei 2021

Mendengar nama Mike Banning, kita akan langsung teringat pada sosok agen dalam seri film Fallen yang terdiri dari Olympus Has Fallen, London Has Fallen dan yang terakhir adalah Angel Has Fallen. Perjuangan heroiknya dalam menyelamatkan Presiden dari ancaman berbahaya akan membuat kita berdecak kagum.

Setelah perjuangannya menyelamatkan Presiden Amerika Serikat di negerinya sendiri kemudian di Inggris di film keduanya, maka tiba pada seri ketiga yang berbeda. Kali ini, dia nggak lagi bertugas menyelamatkan presiden, melainkan dirinya sendiri yang dijebak. Jebakan apa yang menjeratnya dan seperti apa usahanya untuk melawan? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Sinopsis

Sinopsis Angel Has Fallen
*
  • Rilis: 2019
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: Millennium Media, G-Base
  • Sutradara: Ric Roman Waugh
  • Pemain: Gerard Butler, Morgan Freeman, Jada Pinkett Smith, Lance Reddick, Nick Nolte

Mike Banning merasa bahwa dia semakin menua dan kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Bukannya dia nggak mau lagi berbakti pada negaranya, tapi masalah personal dalam dirinya semakin menjadi-jadi, hal ini diperparah dengan kerinduannya pada sang ayah. Dalam posisi sulit itu, Mike Banning dia mulai memikirkan untuk pensiun.

Di tengah kegamangan, Mike bertemu dengan temannya di pasukan militer dulu, Wade Jennings. Berbeda dengan Mike, Jennings mengelola sebuah pasukan keamanan swasta yang mempunyai fasilitas militer yang canggih. Kebahagiaan bertemu dengan teman lama membuat Mike setuju untuk melakukan latihan gabungan dengan pasukan keamanan milik Jennings.

Angel Has Fallen
*

Presiden Amerika, Allan Trumbull merekomendasikan nama Mike untuk menjadi petinggi sebuah dinas rahasia. Mike saat itu menyembunyikan kondisinya yang sering diserang migrain, sakit punggung dan insomnia bahkan harus mengonsumsi obat penghilang rasa sakit supaya bisa tetap menjalankan aktivitas.

Trumbull pergi memancing ke Queen’s Lake di Williamsburg, Virginia lengkap ditemani oleh pasukan pengawal. Sebuah drone datang menyerang sampai menewaskan pasukan pengawal dan hanya menyisakan Mike yang berhasil menyelamatkan sang Presiden. Trumbull dilarikan ke rumah sakit dan tugasnya sebagai Presiden digantikan oleh wakilnya, Martin Kirby.

FBI langsung menyelidiki kasus penyerangan terhadap Trumbull. Helen Thompson, salah satu agen FBI diberikan bukti bahwa otak penyerangan itu adalah Mike. Bukti tersebut berupa sebuah van yang mengangkut drone serta adanya rambut yang setelah diselidiki ternyata berasal dari DNA milik Mike. Hal itu membuat Mike ditahan.

Mike akan dipindahkan ke tempat dengan penjagaan yang lebih ketat. Ketika di perjalanan, mobilnya diserang oleh sekelompok orang. Merasa dijebak, dia berhasil melarikan diri dan menjadikannya buronan. Mike yang semula dikenal sebagai pahlawan, kini menjadi diburu dengan status buronan.

Mike menelpon istrinya, Leah, untuk memberitahukan bahwa dia sedang berada dalam bahaya. Thompson yang berhasil melacak darimana panggilan itu berasal, mengejar Mike. Setelah berjuang dalam kejar-kejaran mobil, Mike berhasil lolos dengan melarikan diri ke kabin milik ayahnya di dalam kawasan hutan.

Kirby membuat pernyataan pers bahwa Mike adalah dalang dari penyerangan yang membahayakan Trumbull. Perburuan semakin ditingkatkan. Sementara itu, istri dan anaknya juga menjadi incaran untuk memancing Mike keluar dari persembunyiannya. Mike kehilangan dukungan dari orang-orang di kalangan atas, tapi Trumbull masih mempercayainya hanyalah.

Sosok Mike Banning yang Berbeda

Sosok Mike Banning yang Berbeda
*

Dalam seri Fallen, Mike Banning selalu muncul sebagai sosok pahlawan yang kuat dan nggak kenal menyerah walau dalam keadaan yang sulit. Bukan itu saja, dia juga sosok yang pintar dan bertanggung jawab pada pekerjaannya. Dia selalu memberikan yang terbaik sejak Presiden Amerika masih dijabat Benjamin Asher di film sebelumnya.

Di Angel Has Fallen, Mike mulai memperlihatkan sisi lainnya. Kondisinya yang semakin menua serta mempunyai penyakit membuat dia terlihat rapuh. Bahkan ketika di posisi yang sulit, dia menunjukkan rasa bingung bagaimana harus menghadapi musuh yang bisa saja melukai dia dan keluarganya. Terlebih dia harus bertemu psikiater untuk menyelesaikan masalah personalnya.

Baca juga: Film Gerard Butler, Aktor yang Semakin Matang di Usia Tua

Munculnya Sosok, Clay Banning

Munculnya Sosok, Clay Banning
*

Dalam seri Fallen yang lain, nggak diungkap siapa sebenarnya sosok ayah dari Mike Banning. Ya, dia adalah Clay Banning yang akhirnya muncul di Angel Has Fallen. Dia adalah tempat pelarian Mike ketika diburu oleh FBI dan orang-orang yang menjebaknya. Hubungan canggung antara ayah dan anak pun bisa terlihat dengan jelas.

Ada alasan khusus mengapa Clay harus tinggal di kabin di hutan. Dia adalah veteran perang Amerika yang pernah ditugaskan ke Vietnam yang bersembunyi dari Pemerintah Amerika dan memiliki masalah personal. Sebagai seorang veteran, dia memiliki kemampuan dan pengalaman yang banyak di dunia militer dan itu digunakannya untuk membantu sang anak.

Kehadiran Clay Banning yang diperankan oleh Nick Nolte memberi sentuhan berbeda di Angel Has Fallen. Kelakuannya yang konyol justru bisa membuat ketegangan sedikit mereda. Bahkan kecanggungan hubungan ayah dan anak yang sudah lama nggak bertemu bisa dibuat sedemikian rupa menjadi komedi.

Film Fallen Paling Gelap

Film Fallen Paling Gelap
*

Butler mengatakan bahwa seri Fallen ketiga akan lebih gelap dan depresif. Dia mengatakan sangat terpengaruh dari film Logan yang menceritakan tentang sisi lain dari Wolverine. Hal tersebut dibuktikan dengan mengungkap Mike yang mempunyai masalah personal dan kemampuannya yang jauh berkurang di usianya yang semakin bertambah.

Film ini juga mengangkat pesan tentang trauma yang diakibatkan dari perang. Ayah Mike, Clay, bersembunyi di hutan karena mengalami depresi atas pengalamannya di medan perang dan memilih untuk menjauhkan diri dari keluarga. Kabarnya, sang sutradara, Waugh memang ingin menyampaikan pesan trauma para prajurit yang pulang dari perang.

Penutup Seri Fallen

Penutup Seri Fallen
*

Nggak bisa dipungkiri, seri Fallen mendapat kesuksesan secara komersial. Olympus Has Fallen sebagai yang pertama langsung mencuri perhatian dengan aksi heroik yang dilakukan Mike Banning. Kesuksesannya juga berlanjut di film kedua, London Has Fallen. Kesuksesan dua film sebelumnya membuat Angel Has Fallen sangat dinantikan.

Butler mengatakan bahwa Angel Has Fallen adalah seri terakhir dari Fallen. Sosok Mike yang ditampilkan semakin menua menjadi penanda sekaligus tirai penutup bagi seri Fallen. Walau begitu, film ini dibuat penuh ketegangan nyaris dari awal dengan adanya adegan baku hantam dan tembak-menembak.

Dibandingkan dengan Olympus Has Fallen dan London Has Fallen yang bercerita tentang penyelamatan Presiden Amerika, Angel Has Fallen menyajikan cerita berbeda dengan adanya penjebakan terhadap Mike Banning. Salah satu keunggulan film ini adalah bagi penonton baru, bisa langsung mengikuti cerita tanpa menonton dua film sebelumnya.

Kalau kamu belum pernah menonton dua film sebelumnya, mungkin film ini akan mengundang minat kamu untuk menonton. Sulit buat nggak jatuh cinta sama sosok Mike Banning, terutama kalau kita sudah menonton ketiga filmnya. Menurut kamu, apa yang membuat karakter Mike Banning menjadi menarik di film ini? Ceritakan di kolom komentar yuk!

Angel Has Fallen
6 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram