Bacaterus / Review Film Korea / Sinopsis & Review Film #Alive (2020), Zombie Menyerang Korea!

Sinopsis & Review Film #Alive (2020), Zombie Menyerang Korea!

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ta-da! Hadir lagi nih film bertema zombie di Korea. Setelah ditutup dengan penampilan memukau dari film Train to Busan, film #Alive ini diharapkan memuaskan rasa haus para movie freak akan film zombie apocalypse lainnya.

Sudah pasti dengan jalan cerita yang tetap sama; tentang perjuangan para penyintas yang kisruh menyelamatkan diri dari serangan zombie-zombie yang merajalela.

Tidak tanggung-tanggung loh, sang sutradara menggaet aktris sekelas Park Shin Hye sebagai salah satu aktris utama. Dengan keseluruhan total biaya produksi sebanyak $ 13.4 juta dan juga kerennay trailer film ini sih, #Alive patut diacungi jempol tangan sama jempol kaki kalau bisa. Tapi apakah benar se-worth it itukah film ini? Simak sama-sama yuk!

Sinopsis

Alive (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: Lotte Entertainment
  • Sutrada: Cho Il-Hyung
  • Pemain: Yoo Ah-In, Park Shin-Hye

Diangkat dari naskah berjudul Alone karya Matt Naylor yang memiliki cerita serupa, #Alive dibuka dengan cerita seorang gamers bernama Joon Woo (Yoo Ah-In) yang doyan sekali bangun siang karena kegiatan nokturnalnya dengan main games.

Pagi itu, Joon terbangun agak lebih pagi karena mendengar suara gemuruh di luar apartemen tempat dirinya, adik perempuannya dan kedua orangtuanya tinggal.

Karena masih mengantuk, Joon tidak mengerti apa yang terjadi. Ia hanya melihat banyak orang yang berebutan keluar dari apartemen dan saling tumbuk bertengkar.

Joon pikir itu hanya demo biasa, namun setelah diperhatikan lagi, orang-orang terlihat seperti orang gila yang saling serang dan gigit. Joon baru sadar kalau ada yang aneh dan segera membuka pintu veranda supaya bisa melihat lebih jelas.

Benar saja dugaan Joon bahwa ada yang tidak beres. Keributan di apartemennya bukan keributan biasa, siaran TV pun mulai menayangkan program darurat berulang kali mengumumkan bahwa semua orang diharapkan tetap tinggal di rumah saja.

Joon mulai panik, karena orangtuanya dan adiknya jauh dari Joon, mereka semua selamat dan berlindung di kantor Ayah Joon sedangkan Joon sendirian. Bahan makanan menipis, air mulai mati, listrik padam dan internet sudah tidak aktif. Joon benar—benar stress.

Di minggu pertama semua dianggap Joon baik-baik saja, namun masalah virus zombie tersebut tidak kunjung berakhir. Putus asa dengan keadaan, Joon ingin mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Saat sudah tergantung, ada sebuah laser yang menunjuk ke beberapa huruf yang mengatakan dirinya tidak boleh mati. Merasa ada harapan, Joon akhirnya tidak jadi gantung diri.

Laser tersebut berasal dari menara apartemen di seberang, tempat Yoo Bin (Park Shin Hye), tetangga Joon, berada. Melalui binokular, mereka saling berkomunikasi.

Bahkan Yoo dan Joon saling mengirimkan kebutuhan seperti makanan dan lainnya lewat keranjang yang sudah diikat di sebuah tali yang telah dibentangkan antara kamar Joon dan kamar Yoo yang berada di seberang.

Akhirnya apa yang ditakutkan terjadi, persediaan bahan makanan dan minuman sudah menipis. Mereka mau tidak mau harus pergi dari kamar mereka masing-masing menuju tempat yang aman.

Kini PR mereka adalah bagaimana untuk saling bertemu terlebih dulu, lantas bersama-sama melarikan diri dari kawasan ultra kompleks apartemen mereka ke tempat yang aman dan penuh bahan makanan.

Aksi kejar-kejaran dengan zombie pun bisa kita lihat sepanjang sisa film. Yoo dan Joon memutuskan untuk pergi ke gedung apartemen baru diujung jalan yang sudah diisi namun banyak pemiliknya yang tidak tinggal di sana.

Melewati berbagai serangan zombie mereka akhirnya mampu sampai gedung apartemen tersebut. Naas, zombie yang tahu kemana mereka pergi mulai mengikuti Yoo dan Joon.

Zombie terus mengejar mereka sampai mereka terdesak di lantai atas. Yoo dan Joon bingung mau lari ke arah mana lagi karena posisi mereka terjebak di ujung bangunan dan di lantai tertinggi.

Yoo dan Joon sudah pasrah akan apa yang terjadi selanjutnya. Kira-kira apa ya yang akan menimpa Yoo dan Joon? Akankah ada keajaiban yang bisa menyelamatkan nyawa mereka berdua? Tonton filmnya, sahabat!

Karakter Yoo Bin yang Tangguh

Yoo Bin (Copy)

Sejak awal, saya sudah memprediksi kalau Yoo Bin lah yang akan menyelamatkan nyawa Joon Woo. Selain terlatih, Yoo Bin cenderung tenang sedangkan Joon Woo mudah panik dan bahkan tidak mengerti apa yang harus ia lakukan.

Yoo Bin bahkan mampu membuat sebuah ranjau dengan berbekal tali, kursi, katrol buatan dan pisau. Ranjau itu aktif bisa membunuh zombie dalam sekejap.

Di dalam kamar Yoo Bin pun, terlihat seperti Yoo Bin sedang bertahan hidup di hutan belantara, ia membuat kemah sendiri yang sudah dilengkapi dengan senjata. Api unggun elektrik supaya tidak menarik perhatian para zombie.

Persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk dirinya kalau tidak dibagi dengan Joon Woo dan masih banyak skill bertahan hidup lainnya yang dimiliki oleh Yoo Bin.

Saat bertemu dengan Joon Woo saja, yang duluan turun menghadapi para zombie ke lantai bawah adalah Yoo Bin. Dia mampu dengan cekatan melepaskan diri dan membunuh beberapa zombie yang mengejar dan menyerangnya.

Joon Woo sendiri? Malah terperangah melihat hebatnya Yoo Bin meliuk melewati zombie tanpa tergigit, Joon Woo baru beraksi ketika Yoo Bin dalam bahaya saja.

Relate dengan Situasi Saat Ini

Yoo Ah Alive (Copy)

Saat saya menonton film #Alive, satu yang muncul dalam benak saya. Kondisi Joon Woo dan Yoo Bin sangat mirip dengan kondisi saya sekarang.

Mungkin bedanya hanya beda perkara situasi, dimana Joon dan Yoo harus berhadapan dengan zombie, saya harus berhadapan dengan virus Covid-19 ini. Namun saya dan Joon juga Yoo sama-sama harus tetap diam di rumah supaya selamat.

Lagi-lagi, rasa jenuh yang menyerang dan habisnya bahan pokok mau tidak mau membuat kita harus keluar dari tempat tinggal kita dengan super duper hyper hati-hati. Sedikit saja kepleset Joon dan Yoo bisa tergigit zombie sedangkan saya bisa terjangkit virus Covid-19 yang sampai sekarang masih doyan menetap di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Asal Muasal Wabah Zombie dalam Film #Alive

Zombie Alive (Copy)

Berbicara soal virus, dalam film #Alive sendiri tidak diceritakan bagaimana keadaan normal bisa berubah sebegitu cepat akibat zombie. Cho Il, sang sutradara, tidak memasukan cerita awal mula zombie tersebut bisa datang.

Apabila di film Train to Busan, kejadian adanya zombie terjadi akibat pencemaran pabrik kimia, dalam film #Alive kita dibiarkan berspekulasi sendiri mengapa hal mengerikan tersebut terjadi.

Hal tersebut sih yang saya sayangkan. Mungkin Cho Il hanya ingin menunjukkan cerita bagaimana Joon dan Yoo mampu menjadi penyintas tanpa menceritakan background mereka, penyebab zombie ada dan lain sebagainya. Namun lebih baik, asal muasal virus zombie itu terjadi dimasukkan ke dalam inti cerita sehingga kita tidak menerka-nerka saja.

Film Paling Ditunggu di Tengah Pandemi Covid-19

Zombie Pandemic (Copy)

Akibat wabah Covid-19 yang melumpuhkan semua hal, film yang seharusnya tayang di tahun 2019 mundur menjadi tahun 2020 bulan September ini.

Meski begitu, minta tonton orang-orang khususnya warga Korea sendiri tidak ikut-ikutan lumpuh. Biar dikata bioskop ditutup, #Alive tayang di Netflix dan berhasil memikat lebih dari 1 juta penonton di awal penayangannya.

Overall, semua yang dibutuhkan para penonton dari segi cerita, seram, jump scare, lucu, tegang dan lainnya bisa ditemukan dalam film #Alive.

Meski cerita yang ditawarkan tidak lagi fresh, Cho Il sukses membawa film ini dan menghibur semua penonton dengan caranya sendiri. Semoga film-film bertema zombie apocalypse lainnya bisa lebih bagus juga ya dari film-film zombie yang sudah-sudah.

Untuk kalian yang belum menonton film ini, sudah bisa dilihat di Netflix ya! Ayo buruan nonton supaya bisa berbagi cerita seram zombie bersama. Tulis tanggapan kalian setelah nonton film #Alive nanti di kolom komentar ya

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *