bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film 47 Metres Down yang Menegangkan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 11 September 2021

Lisa mengajak Kate berlibur ke Meksiko setelah putus dengan kekasihnya. Pada satu malam mereka bertemu dengan dua pemuda setempat yang mengajak keduanya mencoba sebuah atraksi yang menegangkan yaitu melihat hiu dari jarak dekat dalam sebuah kandang besi.

Lisa yang tak bisa menyelam menolaknya tapi Kate yang berani, meyakinkan kakaknya bahwa ini momen seru yang bisa diperlihatkan pada mantan kekasihnya. Lisa pun setuju. Dilengkapi peralatan selam, keduanya mulai memasuki kandang. Kandang pun mulai dimasukkan ke dalam air. Semua tampak berjalan lancar dan keduanya menikmati melihat hiu dari dekat.

Sampai tiba-tiba derek mereka bermasalah dan putus sehingga kandang seketika terjun bebas di kedalaman 47 meter. Mampukah mereka keluar dari sana? Film 47 Metres Down (2017) akan menyuguhkan cerita tersebut untuk Anda. Sebelum itu mari simak sinopsis dan ulasannya di bawah ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Rilis: 12 Juni 2017
  • Genre: Survival, Horror
  • Produksi: The Fyzz Facility, Dragon Root, Flexibon Films, Lantica Pictures, Dimension Films, Tea Shop & Film Company
  • Sutradara: Johannes Roberts
  • Pemeran: Mandy Moore, Claire Holt, Chris J. Johnson, Yani Gellman

Lisa (Mandy Moore) sedang patah hati sebab baru saja dicampakkan oleh kekasihnya bernama Stuart. Dia mengajak sang adik, Kate (Claire Holt) liburan ke Meksiko untuk membuktikan bahwa dirinya tidak membosankan seperti perkataan Stuart. Mengetahui Lisa sedang menangis karena hal ini, Kate mengajak kakaknya itu jalan-jalan walau jam sudah menunjukkan pukul 01.00 dini hari.

Dua orang lelaki, Louis (Yani Gellman) dan Benjamin (Santiago Segura) terlihat bercerita pada Lisa dan Kate mengenai pengalamannya melakukan hal gila, yaitu berada di dalam sebuah sangkar dan membiarkan hiu putih sepanjang 7.5 mendatangi mereka. Dua lelaki itu menyarankan Lisa dan Kate untuk mencoba merasakan sensasinya. Kate begitu antusias sementara Lisa khawatir karena dia tidak bisa menyelam.

Mereka menertawakannya karena ini bukan menyelam, melainkan hanya dimasukkan ke dalam air sedalam lima meter, persis seperti di kebun binatang tapi bedanya ini di dalam air. Dengan bujukan Kate, Lisa pun menyetujui untuk ikut mencoba ide berisiko ini. Esok harinya dua pemuda itu membawa Lisa dan Kate menemui Taylor (Matthew Modine), seseorang yang akan memimpin perjalanan mereka.

Sebelum memulai Taylor bertanya apakah keduanya bisa menyelam. Lisa dan Kate kompak menjawab bisa padahal tidak. Mereka berlima lalu menuju menghampiri Javier (Chris J. Johnson) dan peralatannya yang akan membawa Lisa dan Kate ke bawah laut. Sebuah kerangkeng yang terbuat dari besi kini sudah ada di depan mata. Setelah berpindah kapal, Lisa, Kate dan yang lain mulai menuju ke tengah lautan.

Akhirnya mereka sampai di lokasi yang dituju. Benar-benar tengah laut yang sangat jauh dari daratan. Javier terlihat menumpahkan darah dan beberapa potong kepala ikan dari dalam ember untuk memancing ikan hiu datang. Benar saja, tak lama kemudian mereka melihat seekor hiu mendekat. Orang-orang di atas kapal berteriak saking antusiasnya sementara Lisa tampak mabuk laut dan muntah-muntah.

Louis dan Benjamin terlihat mencobanya lebih dulu. Mereka masuk ke kendang yang sudah mulai diturunkan ke dalam air. Dari atas kapal Lisa dan Kate melihat seekor hiu dengan panjang 6 meter berenang di dekat kapal. Mereka terkagum-kagum dan tak lama kemudian mempersiapkan diri untuk melihat binatang itu dari dekat.

Sebelum turun Taylor memberi pengarahan pada Lisa dan Kate, terutama Lisa. Dia menjelaskan segala hal teknis terutama terkait tabung oksigen. Taylor meminta Lisa tenang dan mengatur napas karena semakin cepat dia bernapas di dalam sana, cadangan oksigen yang dibawa akan cepat habis. Louis dan Benjamin berhasil kembali ke permukaan dan menunjukkan kepuasannya.

Kali ini Lisa dan Kate benar-benar mendapat giliran. Satu per satu mulai memasuki kandang. Perlahan dan pasti, kandang pun diturunkan hingga kedalaman lima meter. Semua berjalan menyenangkan tapi belum ada hiu yang tampak. Dari atas, Taylor mengatakan akan menambahkan umpan agar hiu muncul.

Saat sedang berfoto menggunakan kamera Benjamin, tiba-tiba kamera terjatuh dan seketika dari arah bawah muncul hiu menyantapnya. Sejurus kemudian beberapa hiu mulai terlihat. Lisa dan Kate mengagumi hiu-hiu berukuran besar yang mendekati kandang mereka tersebut. Ketika sedang asyik menyaksikan hiu dari dekat, mereka merasakan kandangnya turun. Taylor mengatakan itu hanya sedikit tergelincir dan bukan masalah yang perlu dikhawatirkan.

Namun, Lisa panik dan ingin naik sekarang juga. Tim menuruti permintaannya dan mulai menarik kandang. Belum sempat Lisa dan Kate keluar, derek yang menarik mereka patah dan seketika menjatuhkan kandang ke dasar laut. Kandang pun terlepas dari tali dan terhempas ke permukaan. Lisa pingsan dan mulai mengeluarkan darah.

Begitu sadar, dia histeris dan bernapas tak teratur. Kate berusaha menenangkannya karena semakin Lisa panik, oksigen akan semakin mudah habis. Mereka kini ada di kedalaman 47 meter dan kesulitan berkomunikasi dengan Taylor. Kate kemudian memutuskan keluar dari kandang agar dapat berkomunikasi dan meminta bantuan. Lisa jelas melarang adiknya tapi Kate tetap pada keputusannya.

Sayangnya pintu kandang terhalang sebuah besi derek yang menindihnya dari atas. Kate tak kehilangan akal dan akan keluar melalui sela-sela besi kandang. Dia hanya perlu melepas tabung oksigennya untuk sementara. Gadis itu pun mulai mengeluarkan tubuhnya, nahas dia tersangkut di bagian wajah karena menggunakan masker oksigen.

Kate pun kembali ke dalam kandang dan kali ini memutuskan untuk membuka masker oksigennya. Taktiknya kali ini berhasil, Kate sudah ada di luar kandang dan bergegas kembali memasang masker serta tabung oksigennya. Gadis itu bersiap berenang sedikit ke arah atas agar bisa berkomunikasi dengan Taylor dan yang lain. Berhasilkah Kate melakukan hal yang sangat berisiko itu? Bisakah keduanya kembali ke permukaan dengan selamat?

Tegang Bukan Karena Hiu

Tegang Bukan Karena Hiu

Film yang mengangkat tema hiu selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. Ketegangan yang disuguhkan seolah berada di next level karena ancaman kematian ada di depan mata. Belum lagi serangan hiu yang selalu digambarkan secara tiba-tiba, semakin memacu adrenalin siapa pun yang menontonnya. Hasilnya, kita mengenal banyak sekali film tentang hiu yang menegangkan.

Kesempatan itulah yang seperti ditumpangi oleh produser film 47 Metres Down (2017). Ingin meraih keberhasilan yang serupa, mereka ‘menyatut’ hiu sebagai temanya, padahal ketegangan dalam film ini, sebagian besar bukan disebabkan oleh makhluk laut berukuran besar itu. Jika ketegangan yang Anda harapkan berasal dari hiu, bersiap saja kecewa ketika menyaksikannya.

Film yang Cukup Berhasil Meneror

Film yang Cukup Berhasil Meneror

Ketegangan yang ditampilkan film ini memang bukan dari kehadiran hiu yang setiap detik mengintai dan menyerang. Hanya, jika Anda melihatnya sebagai sebuah film yang meneror psikologis, 47 Metres Down (2017)tidak terlalu buruk atau mengecewakan. Ia berhasil meneror dengan premis, alur serta eksekusinya yang dibuat sedemikian rupa.

Berada di bawah laut sedalam 47 meter, di dalam sangkar besi yang mulai rapuh dengan perbekalan oksigen yang hampir habis dan ancaman hiu yang tidak bisa diprediksi, adalah situasi mencekam bagi siapa pun. Setting seperti itulah yang diandalkan film ini untuk membuat para penontonnya tegang, terutama bagi Anda yang phobia terhadap kedalaman laut dan ruang gelap tak berujung.

Hanya memang, pada beberapa bagian plot cerita agak sedikit berlebihan, seperti saat kandang diceritakan berhasil diderek kembali ke permukaan laut menggunakan tali yang dikirim Javier (tewas dimakan hiu saat mengantarkan tali derek ke dasar laut), kandang tersebut terjatuh lagi karena talinya putus. Alih-alih tegang, pengulangan tragedi semacam ini membuat kesal; sebuah kecerobohan tipikal dari film-film survival.

Meski begitu sinematografi film ini tampil dalam visualisasi yang cukup berhasil karena mampu mempertegas ketegangan. Kamera beberapa kali terlihat mengambil gambar dari jarak jauh, yang memperlihatkan betapa kecil dan terancamnya dua orang kakak beradik itu di dasar laut.

Fokus pada Dua Karakter Utamanya

Fokus pada Dua Karakter Utamanya

Berdurasi sekitar 1 jam 29 menit, 47 Metres Down (2017) fokus pada dua karakter utama kakak beradik Lisa dan Kate dalam berupaya menyelamatkan diri . Beberapa kritik menyebut dialog dan hubungan emosional mereka tidak dikembangkan dengan baik. Sementara yang terjadi adalah dialog antara keduanya justru terasa realistis.

Keduanya sama-sama awam dengan situasi itu sehingga dialog antara mereka pun sengaja dibuat sangat standar; selayaknya kakak beradik yang sedang berusaha saling menyelamatkan masing-masing. Seperti, “aku akan mencarimu,”, “aku akan mengeluarkan kita dari sini,” “kita akan selamat,”.

Jangan berharap mendengar dialog-dialog yang terlalu banyak teknis, karena naskah sederhana semacam itu terasa emosional dalam situasi yang dialami Kate dan Lisa.

Selain dua karakter Lisa dan Kate, karakter lain dalam film ini terasa sebagai tempelan. Mereka jadi bagian dalam film yang akan membuat Anda kesal luar biasa! Penasaran bagaimana mengesalkannya mereka? Bagaimana tegangnya suasana di bawah laut yang dialami Lisa dan Kate? Saksikan 47 Metres Down (2017) di Netflix untuk menjawab pertanyaan Anda.

47 Metres Down
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram