bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Fearless, Film Animasi untuk Segala Usia

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 15 Mei 2021

Siapa yang jaman sekarang nggak senang bermain gim? Dari yang muda sampai yang tua menyukai bermain gim. Kemunculan versi mobile yang bisa dimainkan lewat HP seperti memberi akses mudah untuk bermain kapan saja dan di mana saja. Bahkan gim yang bisa dimainkan sangat beragam dari yang ringan sampai yang rumit.

Ketika bermain gim, kita membayangkan seakan-akan kita berada di dunia gim. Bahkan saking asyiknya, seringkali kita mengidolakan karakter-karakter yang ada di dalamnya. Tapi bagaimana kalau karakter di gim tiba-tiba muncul di dunia nyata? Begitu juga dengan antagonisnya. Itulah yang terjadi di film animasi berjudul Fearless.

Sinopsis

Sinopsis Fearless
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Science Fiction, Comedy
  • Produksi: 3QU Media, Vanguard Animation, New Hero, Cinesite
  • Sutradara: Cory Edwards
  • Pengisi suara: Yara Shahidi, Miles Robbins, Jadakiss, Miguel J. Pimentel, Tom Kenny

Reid merupakan seorang remaja berusia belasan tahun yang menggilai gim bernama Planet Master. Saking sukanya pada gim itu, dia sudah sampai di dua tahap sebelum tahap terakhir dalam gim tersebut. Kapten Lightspeed, karakter di dalam gim menyatakan bahwa dia punya tiga bayi yang bisa dibawa menuju pertarungan di tahap terakhir.

Ketiga bayi itu punya kemampuan super berbeda-beda. Xander bisa membuat segala imajinasinya menjadi bentuk fisik. Titus punya kemampuan super yang bisa menghancurkan banyak hal. Sementara Kira bisa menggunakan matanya sebagai senjata. Kehadiran ketiganya melengkapi kemampuan Lightspeed di dalam gim.

Menuju tahap akhir dari gim, Reid memutuskan untuk menitipkan tiga karakter bayi itu di tempat penitipan. Lightspeed menempelkan sebuah alat komunikasi pada salah satu bayi di tempat penitipan agar kalau ada bahaya akan langsung muncul panggilan pada Lightspeed. Dr. Arcannis, karakter jahat di gim menculik ketiga bayi ke dalam pesawatnya.

Arcannis berniat mencuri kemampuan mereka untuk kelak digunakan menaklukkan dunia. Ketika diculik Arcannis, ketiga bayi menggunakan kekuatan super mereka untuk melarikan diri. Mereka melarikan diri menggunakan sebuah pod yang melepaskan diri dari pesawat Arcannis dan meluncur menuju bumi.

Jenderal Jayne Blazerhatch, kepala militer Amerika, mendapat informasi bahwa sebuah pesawat dari luar angkasa terdeteksi masuk ke lintasan milik Amerika. Melanie datang ke rumah Reid untuk mengerjakan tugas sekolah. Keduanya kaget melihat tiga sosok bayi dengan pakaian superhero yang masuk ke dalam rumah Reid.

Fearless

Reid menjelaskan pada Melanie bahwa ketiga bayi itu merupakan bayi yang sama yang ada di Planet Master. Melanie nggak percaya begitu saja sebelum benar-benar diyakinkan oleh Reid. Mereka pun memutuskan untuk merawat ketiga bayi tersebut. Arcannis berhasil melacak keberadaan pod yang jatuh tepat di depan rumah Reid.

Dia kemudian menyiapkan rencana untuk menculik mereka lagi. Pada pagi hari, Reid menemukan alat komunikasi yang langsung menghubungkannya dengan Lightspeed. Lightspeed menyatakan bahwa dia perlu mendapatkan koordinat Reid guna menjemput ketiga bayi dan juga memperingatkan bahwa Arcannis akan datang juga untuk mengejar mereka.

Sebelum Lightspeed menyelesaikan proses untuk menemukan koordinat Reid, alat komunikasi itu dibuang oleh salah satu bayi. Dia pun kesulitan menemukan Reid dan ketiga bayi. Reid dan Melanie memutuskan untuk pergi dari rumah Reid sebelum Arcannis datang bersama pasukannya. Benar saja, mereka datang tapi nggak menemukan siapa-siapa di rumah Reid.

Dalam pelarian, Melanie, Reid dan ketiga bayi ditangkap oleh anggota militer. Mereka menganggap ketiga bayi itu merupakan alien yang dapat membahayakan dunia. Arcannis berhasil menemukan keberadaan ketiga bayi dan langsung menyerang anggota militer. Dia berhasil menculik lagi ketiga bayi itu. Apa yang harus dilakukan agar menyelamatkan ketiga bayi?

Plot Sederhana

Plot Sederhana

Premis yang digunakan dalam film Fearless yaitu karakter gim yang muncul di dunia nyata beserta karakter antagonisnya. Oleh karena itu kita bisa membagi dua kubu. Protagonis terdiri dari Melanie, Reid, Xander, Titus, Kira dan Lighspeed. Sementara Arcannis menjadi karakter antagonis dan Blazerhatch di area abu-abu yang berubah seiring dengan cerita yang berkembang.

Plot protagonis melawan antagonis terus berjalan dari awal sampai akhir film Fearless. Nggak ada perubahan berarti. Begitu pun dengan masalahnya yang sama dari awal. Subplot hanya terletak pada anggota militer Amerika yang mengira ketiga bayi itu adalah alien. Itu pun porsinya terbilang sangat kecil.

Plot yang terlampau sederhana ini membuat sebagian orang merasa nggak cukup bagus untuk dijadikan bentuk film. Tapi film ini ditujukan untuk bisa dinikmati siapa saja, termasuk anak-anak. Jadi, film ini harus dibuat dengan plot yang seru, menghibur dan mudah dipahami di kalangan anak-anak.

Beberapa Plot Kosong

Beberapa Plot Kosong

Plot sederhana di film Fearless melahirkan beberapa plot kosong yang kurang dieksplor lebih jauh. Lightspeed sebagai salah satu karakter utama nggak diberikan waktu yang cukup untuk menjelaskan siapa dia sebenarnya di dunia gim. Dia hanya digambarkan sebagai karakter utama menuju tahap akhir tanpa memperkenalkan latar belakangnya lebih jauh.

Keberadaan Melanie yang membantu Reid dalam menjalankan misi menyelamatkan bayi pun terasa kosong. Kedatangannya untuk mengerjakan tugas justru membuat dia terjebak dan harus ikut dalam misi. Dia bisa saja melarikan diri dan meminta bantuan pada orang lain. Tapi dia nggak melakukannya mungkin agar cerita lebih sederhana dan menarik.

Baca juga: Film Animasi Netflix Terbaik dengan Cerita Penuh Makna

Unsur Komedi

Unsur Komedi

Film Fearless yang mengutamakan misi penyelamatan tiga bayi nggak serta-merta terus berjalan menegangkan. Unsur komedi dimasukkan agar ada kesan menyegarkan dalam cerita dan menghilangkan kesan monoton. Dengan demografi anak-anak, komedi ringan di film ini terbilang mudah dipahami.

Banyak adegan di film ini yang menyelipkan unsur komedi. Dialog dan tingkah laku karakter seringkali dibuat untuk mengubah suasana serius menjadi lucu. Sebagian penonton menilai komedi di sini terlalu dipaksakan untuk bisa masuk ke dalam cerita. Namun sekali lagi, mungkin komedi itu ditujukan untuk anak-anak. Positifnya, film ini nggak melenceng dari plot utamanya.

Komedi yang bisa mengundang tawa atau setidaknya senyum adalah ketika para karakter ditimpa kejadian nggak mengenakkan. Alih-alih menggunakan kata kasar atau makian, mereka menggantinya dengan objek-objek yang biasa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Upaya bermain aman yang cantik untuk film yang menyasar anak-anak sebagai penontonnya.

Kemunculan Karakter Berkulit Hitam

Kemunculan Karakter Berkulit Hitam

Fearless menampilkan Melanie sebagai salah satu karakter utama di dalam film. Untuk film animasi, karakter yang berasal dari ras kulit hitam bukanlah sesuatu yang lazim. Maka dari itu, banyak yang memuji keberanian film ini untuk tampil berbeda dan menampilkan sesuatu yang nggak banyak dicoba dalam film lain.

Sebagaimana dua sisi koin, ada juga pandangan negatif tentang karakter Melanie. Dia dianggap kurang berfungsi secara signifikan dalam cerita. Bahkan beberapa menganggap bahwa dia hanya ditempelkan dalam cerita tanpa memberi pengaruh besar padahal sudah berani memunculkannya.

Terlepas dari berbagai anggapan, bagaimana pun film ini berani menampilkan karakter wanita dari ras kulit hitam yang perlu diapresiasi. Bukan nggak mungkin bisa menjadi pembuka jalan bagi film animasi lain menggunakan karakter dari ras tersebut. Sehingga, kita bisa lebih sering melihat karakter yang berasal dari berbagai warna kulit.

Fearless nggak menyajikan sesuatu yang baru sebagai film animasi. Ada beberapa adegan kekerasan tapi masih tergolong aman. Jadi, sudah dapat salah satu film yang bisa ditonton bersama anak atau adik atau keponakan sekarang, bukan? Setelah nonton, kamu bisa berbagi pengalaman dengan pembaca lain di kolom komentar, teman-teman!

Fearless
6 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram