bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Fear, Jatuh Cinta Dengan Psikopat

Pernahkah kalian disukai seseorang yang over protektif atau bahkan bucin dengan level yang tidak biasa? Apabila maksudnya baik dan ada alasan yang tepat sah-sah saja, tapi kalau pasangan kalian jadi super mengekang dan benar-benar membahayakan kehidupan kalian beserta keluarga? Apakah kalian masih mau ada di dekapannya?

Seperti itulah kira-kira garis besar dari film Fear yang tayang tahun 1996 silam. Dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Reese Witherspoon, film ini menjadi salah satu film psikopat lainnya yang tayang di bioskop. Kalau sudah nonton film ini, serius jadi pikir-pikir deh kalau mau punya pacar yang take control banget sama kehidupan kalian.

Sinopsis

Fear_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Thriller, Drama
  • Produksi: Imagine Entertainment
  • Sutradara: James Foley
  • Pemain: Mark Wahlberg, Reese Witherspoon, William Petersen, Alyssa Milano

Seorang gadis remaja berusia enam belas tahun bernama Nicole Walker (Reese Witherspoon) tinggal di pinggiran kota Seattle bersama ayahnya Steven (William Petersen), istri barunya Laura (Amy Brenneman) dan putra Laura, Toby (Christopher Gray). Mereka hidup bahagia namun Nicole tidak. Ia merasa kalau Ayahnya selalu sibuk bekerja sampai tidak pernah ada waktu untuknya.

Satu kali, Nicole pergi bersama teman-temannya; Margo Masse (Alyssa Milano) dan Gary Rohmer Todd Caldecott) ke sebuah bar untuk bersenang-senang. Di bar tersebut, Nicole jatuh hati pada pandangan pertama pada seorang pria muda bernama David McCall (Mark Wahlberg). Pria itu lebih tua darinya dan sungguh menarik perhatian Nicole.

Nicole dan David akhirnya berhubungan, David benar-benar berhasil mencuri perhatian Nicole sekeluarga, bahkan Margo pun jadi punya kekasih yang tak lain adalah teman dekat David. Sehingga Nicole dan Margo selalu menghabiskan waktunya dengan kekasih mereka.

Satu kali David meminta izin pada Steve untuk mengajak Nicole pergi berkencan; karena David terlihat sopan dan baik, Steve pun mengizinkannya dengan catatan pulang tepat waktu.

Ternyata David tidak sebaik yang Steve pikirkan, David memanipulasi jam di ruangan Steve supaya jam pulang Nicole jadi semakin lama dan Steve tidak menyadarinya.

Beberapa hari setelahnya, Steve harus pergi bertugas ke luar kota. Ia lantas mengajak Laura untuk ikut serta dengannya dan meninggalkan Nicole juga Toby di rumah. Steve dan Laura membebaskan mereka untuk memesan makanan atau bermain sepanjang waktu asal tidak ada yang boleh datang kerumah.

Nicole yang mengetahui Ayah dan Ibunya pergi lantas mengambil kesempatan dengan mengundang David untuk datang kerumahnya. Nicole bahkan memberitahu kode pintu masuk rumahnya pada David. Semalam suntuk Nicole menunggu tapi David tak kunjung datang, ia baru datang lewat tengah malam dan langsung mendatangi kamar Nicole. Mereka pun melakukan hubungan intim.

Keesokan harinya, Nicole pergi ke sekolah seperti biasa. Sebelum pulang, ia berpamitan dengan teman baiknya Gary; mereka berpelukan sambil tertawa kecil. David yang kebetulan ada disana untuk menjemput Nicole langsung naik pitam melihat Nicole dipeluk orang lain.

Dengan brutal, David segera menghantam Gary habis-habisan hingga babak belur. Nicole menjerit hebat, ia mencoba melerai namun malah di dorong oleh David hingga terjatuh.

Nicole lantas meminta David pergi. Nicole benar-benar kaget melihat sifat asli David. Ia lantas pulang kerumah dengan keadaan lebam. Laura yang saat itu mengetahui bahwa anak sambungnya terluka lantas menanyakan apa yang terjadi.

Namun Nicole berkilah dengan mengatakan kalau luka yang ia dapat akibat terbentur bola voli. Laura pun segera mengobati dan menutup luka lebam Nicole menggunakan kosmetik supaya tidak kentara di sekolah.

Malamnya David datang ke rumah Nicole dan meminta maaf pada Steve. Ia berusaha untuk bertemu dengan Nicole namun Nicole sudah kecewa berat pada David.

Steve benar-benar balik membenci David; selain akhirnya tahu kalau Nicole kena tinju David dan mereka sudah berhubungan badan, Steve tidak bisa lagi menerima David di kehidupan anaknya tersebut. David pergi namun sudah punya rencana picik lainnya.

Keesokan harinya, Nicole pergi ke rumah Margo dan bersenang-senang disana berdua. Mereka tiba-tiba dikejutkan dengan kehadiran kelompok David dan juga kekasih Morgan, Logan (Tracy Fraim).

Nicole yang melihat David ada disana lantas langsung beranjak pergi, namun David berhasil mencegahnya dan membujuk Nicole untuk kembali berbaikan dan mengungkapkan penyesalannya. Sial, Nicole luluh dan akhirnya kembali pada pelukan David.

Hal tersebut langsung diperlihatkan pada Steve. David memeluk dan mencium Nicole di kolam renang sembari bermain bersama Laura dan Toby. Melihat itu Steve mendidih. Di lain hari, Steve lantas meminta David untuk menjauhi Nicole dan keluarganya, namun alih-alih takut, David malah mengancam balik Steve dengan semua hal yang ia ketahui. Mulai dari masalah internal keluarga hingga di pekerjaannya. 

David akhirnya memfitnah Steve telah menyerangnya pada Nicole. Mendengar hal tersebut, Nicole marah besar pada Ayahnya. Ia lantas pergi meninggalkan rumah untuk pergi bersama David.

Di tengah perjalanan, David meminta Nicole untuk pesta di rumahnya, awalnya ia menolak dan sempat pulang ke rumah namun ia pergi lagi ke kediaman David dan teman-temannya diam-diam karena ingin memberi kejutan pada David.

Saat sampai disana, Nicole dibuat kaget melihat David sedang memaksa Margo untuk berhubungan badan dengannya. Nicole hancur. Ia segera pulang. Saat di sekolah pun Nicole menghindari David.

David langsung menyangka bahwa Margo memberitahu Nicole apa yang terjadi dengan mereka, namun Margo pun tidak mengerti Nicole tahu darimana karena ia tidak pernah mengatakan apapun pada Nicole yang kini menjauh dari Margo.

Steve yang tahu hal tersebut makin panas dan mengacak-acak kediaman David dan teman-temannya. Sialnya, hal itu lantas membuat David tak kalah murka. Ia mulai mengancam keselamat Nicole dan keluarganya. Namun beruntung, Steve, Laura, Margo, Toby dan Nicole bisa bekerjasama untuk mengalahkan mereka semua. 

Obsesi Parah

Fear_Obsession (Copy)

Rasa sayang David pada Nicole bisa dibilang murni, namun karena terlalu sayang ia akhirnya menjadi sangat terobsesi pada Nicole. Siapapun yang berani menghalangi rasa sayang David pada Nicole, David pastikan tidak akan selamat. Ia bahkan menyayat dadanya sendiri dengan tulisan ‘Nicole 4 Eva’, sebelum akhirnya ia menyambangi kediaman Nicole untuk menyerang keluarganya.

Obsesi tersebut dikarenakan David belum pernah mendapatkan perhatian seperti yang diberikan oleh Nicole. Nicole sayang dengan David tanpa mempedulikan history buruk David yang selalu berpindah-pindah tempat juga beberapa kali masuk dalam daftar pengawasan polisi akibat tindak tanduknya yang mengerikan.

Toxic Relationship

Fear_Toxic Relationship (Copy)

Gambaran tentang toxic relationship ya bisa kalian saksikan dalam film ini. Dimana seorang pria yang jadi over protective, mengekang, cemburu buta, tidak memperbolehkan siapapun mendekati kekasihnya sampai yang paling parah adalah menyakiti orang lain yang tidak bersalah hanya demi supaya ia mendapatkan apa yang ia mau tentang kekasihnya tersebut.

Kesalnya lagi mereka bisa memanipulasi keadaan yang mampu membuat banyak orang di sekelilingnya percaya kalau hal tersebut ia lakukan karena ia sayang dan alasan klasik semacamnya. Bahkan David bisa menarik juga memikat hati Nicole balik yang jelas-jelas awalnya sudah ketakutan dan tidak bisa untuk berdekatan lagi dengan David. Duh, semoga kalian dijauhkan sama pasangan model begini ya

Premis Sama

Fear_Similar (Copy)

Film dengan premis semacam ini sudah banyak sekali tayang loh. Sebut saja Obsessed, Enough, The Boy Next Door dan masih banyak lainnya.

Filmnya berputar dimana seseorang sudah sangat terobsesi dengan seorang lainnya hingga melakukan tindakan gila demi mendapatkan orang yang si pelaku suka. Konyolnya, semua pelaku di film-film dengan premis tersebut adalah pria super tampan, badan seksi dan mapan.

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Enough

Buat kalian para gadis, kalau nonton ini jamin seru banget. Dengan durasi selama 96 menit, kalian akan dibawa kesal, deg-degan sampai ketakutan menghadapi psikopat ganteng yang diperankan oleh Mark Wahlberg. Bacaterus memberi skor 3/5 untuk film besutan sutradara James Foley ini. Bagaimana dengan kalian? Apakah punya skor yang sama?

Fear
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram