bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drakor Extraordinary You (2019)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Bicara imajinasi, sama artinya kita sedang berbicara sesuatu yang tidak terbatas. Ia adalah sesuatu yang menembus nalar, sesuatu yang sah-sah saja untuk tidak masuk logika. Begitu pun yang terjadi pada jalan cerita drama Korea remaja yang satu ini.

Drama Korea yang dimaksud berjudul Extraordinary You. Dibintangi para remaja berbakat, cerita dalam drama ini sungguh penuh imajinasi. Diadaptasi dari Webtoon berjudul July Found by Chance karya Moo Ryu yang terbit pada 2018 lalu, Extraordinary You sukses memikat banyak penikmat.

Lalu, kira-kira apa lagi imajinasi dan dunia fantasi yang ditawarkan oleh drama Korea? Sebelum memutuskan untuk menontonnya, Anda bisa membaca sinopsis dan review yang sudah ditulis berikut ini. Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis Extraordinary You
*
  • Tanggal Penayangan: 02 Oktober -21 November 2019
  • Genre: Fantasi, Romantis
  • Jumlah Episode: 32 Episode
  • Pemain: Kim Hye Yoon, Kim Ro Woon, Lee Jae Wook, Lee Na Eun, Jun Gun Joo
  • Sutradara: Kim Sang Hyeop
  • Produksi: MBC Drama Production, RaemongRaein Co., Ltd.
  • Jaringan Penyiaran: MBC TV
  • Negara: Korea Selatan

Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) adalah putri tunggal dari sebuah keluarga konglomerat. Gadis cantik ini mengidap penyakit jantung. Penyakitnya tersebut tidak kunjung sembuh meski dia sudah menjalani beberapa kali operasi.

Dan Oh dijodohkan dan sudah bertunangan dengan Baek Kyung (Lee Jae Wook). Meski demikian, Dan Oh tidak pernah mendapat perlakuan manis dari tunangannya tersebut. Hingga suatu hari, Dan Oh menyadari bahwa dirinya adalah tokoh fiksi yang hidup di dalam sebuah komik atau manhwa berjudul Secret.

Belakangan diketahui bahwa sikap dingin Baek Kyung pada Dan Oh adalah upaya untuk menjaga gadis tersebut dari rencana serakah sang ayah. Ayah Baek Kyung ingin menikahkan putranya dengan Dan Oh hanya karena alasan harta.

Menariknya di dalam manhwa tersebut Dan Oh bukan “diciptakan” sebagai pemeran utama. Penulis bahkan membuat cerita Dan Oh berakhir tragis. Gadis itu diceritakan meninggal sebab penyakit jantung yang dideritanya. Meski diceritakan bertunangan dengan Baek Hyung, akhir hidupnya tidak bahagia.

Dan Oh juga mengetahui bahwa sebelum menjadi karakter pendukung dalam manhwa berjudul Secret, dia adalah sang karakter utama dalam komik bertema romansa sejarah dengan latar era Goryeo. Judul komik tersebut adalah Neungsohwa.

Di dalam komik Neungsohwa, Dan Oh adalah seorang gadis dari kalangan bangsawan yang bertunangan dengan seorang pangeran. Kebetulan pangeran yang dimaksud adalah Pangeran Baek Kyung.

Tidak terima dengan takdir itu, Dan Oh ingin membuat takdirnya sendiri serta menentang alur cerita yang dibuat penulis. Dan Oh juga ingin menemukan cinta sejatinya. Dalam perjalanannya mengubah takdir, dia diselamatkan seorang tokoh tidak bernama yang dia panggil Ha roo (Kim Ro Woon).

Extraordinary You
*

Saat menonton Extraordinary You Anda akan dibawa masuk ke dunia stage dan shadow. Dunia stage merupakan sebuah dunia ketika para karakter hidup di dalam cerita komik yang dibuat oleh penulis. Sementara itu, dunia shadow adalah dunia tempat para karakter menjadi diri mereka sendiri.

Hidup di dua dunia ini lah yang lama-lama membuat Dan Oh menyadari bahwa dirinya tidak mencintai Baek Kyung. Ketika berada di dunia shadow pula lah, Dan Oh merasakan jatuh cinta pada Ha roo.

Mendapati sikap Dan Oh yang perlahan berubah, Baek Kyung merasa kehilangan. Lelaki bersifat dingin tersebut mulai menunjukkan perhatiannya, bahkan saat mereka hidup di dunia shadow. Dan Oh tentu saja heran dengan perubahan sifat tunangannya. Meski begitu, perhatian Baek Kyung tidak mengubah apa pun. Dan Oh terlanjur mencintai Ha roo.

Antara Dan Oh, Baek Kyung dan Ha roo memang sudah terikat sejak dalam komik Neungsohwa. Penulis komik menciptakan hubungan yang cukup rumit antara ketiganya. Dan Oh dan Baek Kyung sudah bertunangan. Sementara Ha roo sendiri adalah prajurit sekaligus pengawal pribadi dari Pangeran Baek Kyung.

Lalu, bagaimana kisah akhir dari ketiga remaja tersebut? Apakah Dan Oh akan tetap pada pendiriannya untuk mencintai Ha roo, atau perlahan mulai memaafkan Baek Kyung dan kembali menerimanya? Anda harus menonton Extraordinary You untuk mengetahuinya!

Baca juga: Sinopsis dan Review Drakor Love Affairs in the Afternoon

Tokoh Utama dalam Komik

Tokoh Utama dalam Komik
*

Biasanya sebuah cerita berputar hanya di dunia para tokoh utama. Namun, Extraordinary You benar-benar berbeda. Drama Korea ini justru lebih banyak bercerita tentang dunia para peran pendamping. Meski begitu, secara tidak langsung, Dan Oh dan Baek Kyung sebenarnya sudah menjadi pemeran utama, ya?

Lalu, apakah Anda penasaran siapa para pemeran utama yang ditulis penulis komik Secret sebenarnya? Setidaknya ada tiga tokoh utama dalam komik Secret. Masing-masing adalah Yeo Joo Da (Lee Na Eun), Lee Do Hwa (Jung Gun Joo) dan Oh Nam Joo (Kim Young Dae).

Yeo Joo Da bisa jadi merupakan karakter yang paling membuat Dan Oh iri. Bagaimana tidak sebab dia adalah tokoh utama perempuan dalam komik Secret. Berseberangan dengan Dan Oh, gadis ini datang dari keluarga miskin. Walau begitu, dia tetap optimis dan baik hati. Joo Da diceritakan jatuh hati pada Do Hwa.

Karakter utama selanjutnya adalah Kim Young Dae. Dia merupakan karakter utama pria yang diceritakan berasal dari keluarga kaya raya. Walau begitu, perasaannya pada Joo Da tidak terpengaruh status. Untuk mendapatkan Joo Da, Young Dae harus bersaing dengan tokoh utama selanjutnya. Dia adalah Lee Do Hwa.

Lee Do Hwa merupakan second lead dalam komik Secret. Dia berbakat dalam bermusik. Di balik sikapnya yang ramah dan murah senyum, Do Hwa menyimpan kesedihan serta kesepiannya. Ketiga remaja ini diceritakan terlibat dalam cinta segitiga.

Berkenalan dengan Peri Cumi-Cumi Kering

Berkenalan dengan Peri Cumi-Cumi Kering
*

Namanya drama fantasi, tokoh-tokoh yang ada di dalamnya pun, sedikit banyak berada di luar nalar. Pada drama Extraordinary You, tokoh yang dimaksud adalah Peri Cumi-cumi Kering yang diperankan oleh Lee Tae Ri.

Peri Cumi-cumi Kering adalah julukan bagi juru masak kantin sekolah yang bersikap misterius. Namanya adalah Jinmichae. Perannya dalam drama ini cukup penting. Pasalnya, dia adalah seseorang yang memberi tahu Dan Oh bahwa dia hidup di dalam sebuah komik.

Jinmichae jugalah yang mengabarkan pada Dan Oh bahwa dia bukan tokoh utama. Dan Oh yang kala itu sedang berada di kantin tentu terkejut dengan kabar tersebut. Sejak itu, dunia Dan Oh tidak sama lagi.

Peri Cumi-cumi Kering tersebut ternyata juga “hidup” dan berperan dalam komik Neungsohwa. Di sana, dia diciptakan sebagai Raja Geum Jin Mi. Dari sana pula lah Jinmichae menyadari bahwa dirinya hidup dalam sebuah komik.

Sempat Berganti Judul Sebanyak Tiga Kali

Sempat Berganti Judul Sebanyak Tiga Kali
*

Sebelum tayang dan dinikmati oleh banyak orang, drama ini ternyata sempat berganti judul sebanyak tiga kali. Mulai dari Day Found by Chance, July Found by Chance, hingga Ha Roo Found by Chance.

Pemilihan nama Extraordinary You sebagai judul drama justru diputuskan di detik-detik terakhir, yaitu menjelang penayangannya yang pertama kali. Judul tersebutlah yang kemudian dikenali banyak orang dan membawa berkah bagi para pemainnya.

Extraordinary You memiliki alur yang tidak terduga, sehingga tidak membosankan untuk disaksikan karena para penonton dibuat penasaran.

Berkat perannya yang apik dalam drama ini, para pemain juga mendapat penghargaan dalam ajang MBC Drama Awards (2019). Yaitu Kim Hye Yoon sebagai Excellent Actress dan Best New Actress, Ro Woon/Lee Jae Wook sebagai Best New Actor.

Bagaimana pun, drama-drama ber-genre fantasi seperti ini tidak akan berhenti membuat kagum. Penonton dibawa ke sebuah dunia tanpa batas, yang meski tidak masuk logika tetap menyenangkan dan membawa pelajaran.

Sudah siap untuk mulai menontonnya episode demi episode? Hati-hati ketagihan ya!

Extraordinary You
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram