bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drive, Pengemudi Melawan Pembunuh

Saat mendengar film berjudul Drive, pikiranmu mungkin akan tertuju pada aksi kebut-kebutan dan balapan. Memang tidak sepenuhnya salah, namun film berjudul Drive yang dirilis pada tahun 2011 ini memberikan cerita yang lebih dari sekedar aksi kebut-kebutan semata. 

Film ini juga dipenuhi adegan aksi hingga romansa yang terasa manis antara para karakternya. Berikut review dan sinopsisnya!

Baca juga: Film Action Terbaik di Tahun 2022

Sinopsis

Drive__

Film Drive mengisahkan tentang Ryan Gosling yang berperan sebagai ahli mengemudi dan tidak diketahui namanya. Ia bekerja di bengkel milik sahabatnya, Shannon dan sering kali berperan menjadi stunt man dalam film yang membutuhkan pemeran pengganti untuk melakukan aksi mengemudi berbahaya. Namun tak hanya itu, ia juga memiliki pekerjaan sampingan lain. 

Pekerjaan sampingannya adalah menjadi gateway driver, yaitu pengemudi yang membantu para kriminal untuk melarikan diri saat melakukan aksi kejahatannya. Ia juga sangat profesional dalam melakukan aksinya tersebut. Suatu hari, si pengemudi ini bertemu dengan tetangga di apartemennya, seorang wanita bernama Irene dan anaknya, Benicio. 

Ia jatuh cinta pada Irene meski ia tahu jika Irene masih memiliki suami yang kini tengah berada di penjara. Si pengemudi mulai sering menghabiskan waktu bersama Irene dan Benicio, hingga akhirnya Standard Gabriel, suami dari Irene bebas dari penjara. Namun si pengemudi kemudian mengetahui jika Standard terlilit hutang dengan para preman dan pembunuh. 

Para pembunuh yang diwakili oleh Cook itu mengancam akan membunuh Standard dan keluarganya apabila Standard tidak melakukan perintah mereka untuk merampok uang di pegadaian. Demi membuat Irene dan Benicio aman, si pengemudi pun menawarkan bantuan untuk Standard. Ia akan mengemudi dan membantu Standard untuk kabur dalam melakukan aksi perampokan itu. 

Dalam aksinya, Standard ditemani oleh bawahan Cook yang bernama Blanche. Namun tanpa diketahui oleh Standard dan si pengemudi, ternyata mereka tengah dijebak.

Saat melakukan perampokan, Standard ditembak hingga tewas dan sebuah mobil berusaha mengejar si pengemudi yang membawa Blanche beserta uang hasil rampokan di dalamnya. Namun dengan keahlian mengemudinya, si pengemudi berhasil selamat. 

Ia kemudian memaksa Blanche untuk buka mulut mengenai apa yang terjadi. Blanche mengatakan bahwa itu semua adalah rencana Cook. Pada saat itu pula, sekelompok orang tak dikenal menembaki mereka secara brutal hingga membunuh Blanche. Si pengemudi pun kembali kabur dengan uang tersebut. Ia kini sadar jika dirinya beserta Irene dan Benicio dalam bahaya. 

Si pengemudi kemudian mengatakan apa yang dialaminya pada Shannon. Shannon kemudian meminta bantuan temannya, Barnie, yang juga seorang investor dan tengah melakukan kerja sama untuk membuat tim balap bersama Shannon dan si pengemudi. Tanpa diduga, ternyata Barnie juga terlibat dalam kelompok pembunuh tersebut beserta seorang pria bernama Nino. 

Si pengemudi yang mengetahui hal tersebut pun mulai panik karena kini identitasnya mulai terungkap. Begitu pula Barnie dan Nino yang mulai mengincar Irene dan membunuh Shannon. Dengan kematian Shannon, si pengemudi pun bertekad untuk menghabisi kelompok pembunuh tersebut. Ia berpamitan pada Irene dan mengambil topeng yang biasa ia pakai saat bermain film. 

Si pengemudi berhasil membunuh Nino. Ia kemudian menelepon Barnie dan menawarkan uang tersebut dengan keselamatannya. Barnie mengajak si pengemudi bertemu dan melakukan pertukaran. Namun saat bertemu, ia juga berusaha membunuh si pengemudi. Namun si pengemudi yang lebih mahir justru berhasil membunuh Barnie. 

Meski terluka parah, si pengemudi masih berhasil selamat. Ia pun pergi dengan mobilnya dan membawa seluruh uang curian tersebut. 

Karakter Utama yang Dingin dan Misterius

Review Drive_Karakter Utama yang Dingin dan Misterius_

Karakter si pengemudi yang diperankan oleh aktor Ryan Gosling menjadi karakter utama dan kunci dalam film berdurasi 100 menit ini. Dari awal hingga akhir film, nama si pengemudi ini bahkan tidak diketahui dan tidak pernah disebut oleh karakter pendukung lainnya. Sosoknya seolah memang begitu misterius hingga namanya pun tak pernah tersebut, padahal ia adalah karakter utama film ini. 

Selain tampak misterius, karakter si pengemudi ini juga digambarkan dengan begitu dingin. Wajahnya selalu tampak datar dalam kondisi apa pun. Ekspresi wajahnya selalu sama, tak terlihat bahagia, marah, atau pun sedih. Begitu pula saat ia melakukan pekerjaannya dan memacu mobil dalam kecepatan tinggi. Ekspresinya tetap tampak tenang, dingin, dan kaku. 

Meski selalu tampak dingin, sosok pengemudi ini sebenarnya mengalami banyak momen emosional di sepanjang film. Ia sempat merasa jatuh cinta saat bertemu sosok Irene hingga rela mengorbankan dirinya membantu proses perampokan bersama Standard. Ia juga sempat merasakan amarah yang begitu besar saat melihat Shannon terbunuh. 

Aktor Ryan Gosling bisa dibilang memerankan karakter ini dengan cukup baik. Ia bisa terus menunjukan ekspresi wajah yang dingin dan datar namun bisa membuat penonton mengetahui emosi apa yang dirasakan karakternya, baik ketika marah atau pun ketika bahagia. 

Aksi Kejar-Kejaran dan Pembunuhan Sadis

Review Drive_Aksi Kejar-Kejaran dan Pembunuhan Sadis_

Sesuai judulnya, film Drive juga langsung dibuka dengan adegan kejar-kejaran antara karakter si pengemudi dengan pihak kepolisian. Adegan kejar-kejaran dan kebut-kebutan ini juga cukup banyak dimunculkan pada bagian pertengahan hingga akhir film. Namun tak hanya aksi kebut-kebutan dalam mobil saja, film ini juga menampilkan adegan aksi lainnya. 

Adegan pembunuhan dan penyiksaan juga banyak diperlihatkan dalam film ini. Bahkan adegan-adegan ini ditampilkan dengan cukup sadis serta divisualisasikan dengan teknik sinematografi menggunakan shot-shot yang cukup detail dan jelas. Adegan seperti penembakan, penyayatan, penusukan, dan hal-hal mengerikan lainnya akan membuatmu ngilu saat melihatnya. 

Oleh karena itu, pastikan kamu siap untuk menyaksikan berbagai adegan sadis dan berdarah-darah dalam film ini karena hal tersebut mungkin akan cukup mengganggu bagi sebagian orang. 

Opening yang Menegangkan dan Ending yang Dramatis

Review Drive_Opening yang Menegangkan dan Ending yang Dramatis_

Alur cerita film Drive seolah memberikan paket lengkap, mulai dari kisah aksi, kriminal, drama, dan romansa. Pada awal film, kamu mungkin akan mengira jika film ini hanyalah film action dengan adegan menegangkan saja. Hal itu memang tak salah, karena kita akan langsung disajikan adegan aksi dengan intensitas tinggi melalui scene saat si pengemudi melarikan diri dengan mobilnya. 

Namun memasuki pertengahan film, kamu akan tahu jika film ini juga menyajikan banyak unsur romantis dalam ceritanya. Pada bagian akhir, film ini pun ditutup dengan adegan yang terasa cukup dramatis. Di akhir adegan, kita akan melihat bagaimana si pengemudi bertahan hidup seorang diri dengan luka parah di tubuhnya. 

Selama beberapa menit di akhir film, penonton hanya akan melihat nuansa yang sunyi dan sepi sembari menerka-nerka apakah si pengemudi bisa bertahan hidup atau tidak. Setelah semua peristiwa yang terjadi di sepanjang film, adegan penutup ini terasa begitu dramatis. 

Itulah review dan sinopsis Drive, film mengenai pengemudi andal melawan pembunuh sadis yang akan membuat emosimu campur aduk selama menontonnya. Kalau kamu, apa yang paling kamu sukai dari film Drive dan karakter si pengemudi yang misterius ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

Mencari film lain yang serupa dengan Drive? Maka silakan mampir ke artikel Film Action Dengan Kejar-Kejaran Mobil Terbaik ini.

Drive
Rating: 
3.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram