bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Dream High 1, Perjuangan Menggapai Mimpi

Dream High adalah salah satu tontonan yang paling ditunggu oleh para K-Popers di tahun 2011. Serial ini dimeriahkan oleh idol gen 2 seperti dua member 2PM, Taecyeon dan Wooyoung, Suzy yang waktu itu masih menjadi anggota Miss A dan Eun Jung dari T-ARA, serta IU sebagai solo singer. Diantara mereka, hanya Kim Soo Hyun yang memang aktor.

Kepopuleran drama ini ditandai dengan dibuatnya satu episode tambahan berupa konser spesial di mana semua pemeran hadir mengisi acara. Untuk kamu Kpopers yang kangen dengan masa-masa fangirling, mari bernostalgia dengan drama ini lewat sinopsis dan ulasan singkatnya.

Sinopsis

dream-high-1-1_

Cerita dalam Dream High dibuka dengan menampilkan suasana Grammy Award yang dimenangkan oleh salah satu penyanyi Korea jebolan Sekolah Seni Kirin. Dalam episode pertama tampil Bae Yong Joong yang membawakan peran sebagai Jung Ha Myeong, direktur Sekolah Seni Kirin.

Ia dikenal sebagai produser dan musisi yang jeli menemukan bakat-bakat baru untuk dikembangkan. Melalui tangan dinginnya, ia berhasil mendebutkan banyak artis-artis dengan talenta luar biasa.

Dream High berkisah tentang perjuangan, persahabatan, dan cinta. Kisah dalam serial ini mengikuti keenam siswa Sekolah Seni Kirin, yakni Go Hye Mi (Suzy), Song Sam Dong (Kim Soo Hyun), Jin Gook (Ok Taecyeon), Yoon Baek Hee (Eun Jung), Jason (Jang Woo Young) dan Kang Pil Sook (IU).

Keenamnya berusaha meraih kesempatan untuk berkarir di industri musik Korea dengan jalan masuk ke Sekolah Seni Kirin. Sekolah tersebut dikenal sebagai Kawah Candradimuka-nya artis-artis muda, terutama idol. Lulusan sekolah Kirin hampir dipastikan akan jadi penyanyi yang sukses.

Mereka yang menjadi pusat cerita mempunyai alasan yang berbeda-beda masuk ke Sekolah Kirin. Go Hye Mi terpaksa masuk ke sekolah Kirin demi membayar utang-utang ayahnya pada rentenir. Ia juga harus membawa dua orang siswa lagi agar bisa diterima di sekolah tersebut.

Dua orang yang Hye Mi paksa masuk adalah Song Sam Dong dan Jin Gook. Sam Dong adalah anak berbakat yang berasal dari kampung dan ia setuju masuk karena ada Hye Mi, sementara Jin Gook yang tadinya tidak begitu tertarik akhirnya masuk ke sekolah seni itu juga.

Dengan upaya yang hampir gagal, Hye Mi akhirnya bisa masuk ke sekolah Kirin. Sayangnya, Yoon Baek Hee yang sebelumnya menjadi sahabat dekat Hye Mi kini menjadi rival abadi di sekolah itu. Persahabatan mereka retak lantaran sikap Hye Mi yang angkuh dan dingin.

Selama masa sekolah, mereka ditempa berbagai pelajaran sesuai dengan bakat masing-masing, misalnya saja menulis lagu, berakting, latihan vokal, menari dan keterampilan lainnya yang menunjang keartisan

Mereka juga ditempa berbagai ujian sekolah yang dalam prosesnya mempererat hubungan mereka. Go Hye Mi yang awalnya tertarik pada Jin Gook, menemukan perasaan sejatinya pada Sam Dong. Selain itu, ada interaksi sederhana antara Pil Seok dan Jason yang kemudian menciptakan hubungan yang manis.

Pengalaman Audisi yang Menarik

dream-high-1-2_

Secara keseluruhan ceritanya, Dream High tidak hanya menawarkan kisah perjuangan pada siswa yang ingin masuk ke Sekolah Seni Kirin saja. Di beberapa adegan, serial ini menyuguhkan komedi yang masih seru untuk dinikmati.

Hal menarik lainnya adalah pengalaman audisi para siswa yang berbeda-beda. Hye Mi, Jin Gook, Sam Dong, Jason dan Pil Sook plus Baek Hee mempunyai pengalaman audisi masuk ke yang sangat berkesan.

Hye Mi sendiri tidak berencana masuk ke Kirin. Ia menyembunyikan fakta bahwa keluarganya bangkrut dan kini dikejar rentenir yang terus memaksanya melunasi utang. Salah satu jalan yang disodorkan padanya adalah dengan masuk ke Kirin.

Di hari audisi, Hye Mi datang bersama Baek Hee. Di luar dugaan, yang diterima oleh Kirin bukan dirinya, melainkan Baek Hee. Hal ini sangat mengejutkan mengingat prestasi yang dicapainya selama ini. Setelah dipastikan gagal, perseteruan dengan Baek Hee pun dimulai.

Sementara itu, Sam Dong yang datang jauh-jauh dari desa mengalami audisi yang tidak kalah unik. Remaja yang satu itu benar-benar terlahir sebagai penyanyi. Bakatnya murni dan luar biasa. Ia bernyanyi dengan bagus meskipun tanpa mendapat pelatihan intensif. 

Selama ini ia menahan diri untuk tidak tertarik pada seni khususnya nyanyi karena ia tidak ingin mengecewakan ibunya. Akan tetapi audisinya terjadi sebab ia sudah lama diincar oleh direktur Jang Ha Myeong dan karena keberadaan Hye Mi di sekolah itu pula.

Jin Gook punya pengalaman lain. Ia ke sekolah Kirin untuk mengantar Jo In Sung (Jeon Ah Min) yang memang berambisi mengikuti audisi. Jin Gook sebenarnya penari yang baik. Tapi keinginannya ditentang oleh orang tuanya. Berkat dorongan Hye Mi, Jin Gook setuju untuk mengikuti audisi.

Pengalaman Kang Pil Sook tak kalah unik. Di audisinya, ia mengenakan kostum sushi yang besar. Meskipun begitu ia sempat terancam gagal setelah para guru melihat wajah asli Pil Sook. Namun, rupanya ia diberi kesempatan untuk mengasah potensinya karena bakat menyanyinya yang luar biasa.

Bertabur Wajah-Wajah Terkenal Sebagai Cameo

dream-high-1-3_

Selain para idol yang namanya langsung melejit setelah mereka debut, Dream High juga menghadirkan banyak nama-nama tenar yang ikut memeriahkan cerita. Serial drama ini benar-benar bertabur bintang.

Di episode awal, ada Jo Soo Mi dan idol sekaligus aktor tampan Kim Hyun Jung SS501. Para anggota 2PM lainnya juga ikut tampil sebagai cameo yaitu Nickhun yang berperan sebagai rekan kerja Ri Ah (Yoon Young Ah).

Sementara Changsung muncul sebagai dirinya sendiri yang dikhayalkan oleh Oh Sun. Nah, 2AM juga tak ketinggalan nih. Keempat anggotanya berperan sebagai kelompok penari.

Suzy juga turut mengajak member lainnya bermain sebagai kelompok penari, sama seperti 2AM. Di episode lainnya ada juga penampilan dari Lee Teuk dan Eun Hyuk Super Junior dan Dalshabet.

Belajar Sabar dari Perjuangan Anak-Anak Sekolah Seni Kirin

dream-high-1-4_

Dream High mungkin bukan serial yang menarik karena visualnya. Dari alur ceritanya juga, serial ini tidak menyuguhkan cerita yang sarat dengan konflik njelimet. Premis yang diangkat Dream High terbilang ringan, sederhana dan berkembang pelan tapi mendalam sekaligus menghibur.

Muatan konflik yang relate dengan kehidupan sehari-hari inilah yang jadi kekuatan dari Dream High. Selain itu, plotnya lugas mengalir. Banyak pula ulasan yang bertebaran di dunia maya yang menyatakan bahwa kisah dalam Dream High disebut menginspirasi, terutama dalam hal kesabaran.

Masing-masing karakter mempunyai konfliknya sendiri. Baik Hye Mi, Jin Gook, Pil Sook bahkan Baek Hee sendiri tidak luput dari masalah. Namun, mereka punya cara sendiri menghadapinya dan berdamai dengan kegagalan yang dialami.

Dan yang paling berkesan adalah Sam Dong. Ia adalah sosok teladannya. Di drama ini, Sam Dong adalah karakter anak desa yang lugu dan udik. Ia masih menggunakan satoori.

Yang bikin jatuh cinta dari sosok Sam Dong bukan hanya karakternya yang diperankan dengan sempurna oleh Kim Soo Hyun, namun karakter Sam Dong adalah contoh perkembangan karakter dengan proses perlahan tapi menyeluruh.

Sejak awal ia dipandang sebelah mata oleh semua orang, kecuali Jung Ha Myeong. Namun, perlahan ia memperbaiki diri dan berhasil menyihir penonton dengan kelembutan suaranya, tariannya yang Indah, dan lirik lagu yang menyentuh yang dibuatnya.

Puncak tantangan yang harus dihadapinya adalah saat ia kehilangan indera pendengarannya. Tidak perlu membayangkan diri jadi Sam Dong di situasi itu. Melihatnya saja sudah cukup bikin hati terasa teriris.

Bagaimana seorang penyanyi bisa berkarir jika ia kehilangan pendengarannya. Selama mengalami gangguan pendengaran, Sam Dong menyembunyikannya dari orang-orang di sekitarnya. Tapi lagi-lagi ia berhasil menghadapi rintangannya itu.

Menawarkan Kualitas Akting Yang Luar Biasa

dream-high-1-5_

Bagi beberapa idol, Dream High ibaratnya sebuah pintu gerbang mereka di dunia akting. Agaknya tanpa serial drama ini, kita tidak akan melihat akting Taecyeon yang semakin matang, atau IU yang semakin mantap menjejakan kaki di dunia seni peran. Eun Jung dan Woo Young pun serupa. 

Pada saat Dream High rilis, sebagian besar pemeran adalah rookie di dunia akting. Meskipun IU dan 2PM debut di tahun 2008, namun mereka masih tergolong wajah baru di industri perfilman Korea.

Dan, yang mengejutkan adalah mereka berakting dengan sangat baik. Di serial ini, Kim Soo Hyun boleh jadi yang terbaik. Dan memang ia berhasil memikat banyak penggemar yang rata-rata fangirl. Namun, para pemeran lain pun menunjukan bakatnya yang luar biasa.

Bagi kamu yang mengikuti serial dan film-film korea, pasti kamu telah menonton satu dua film yang dibintangi oleh mereka. Perkembangan akting mereka kentara sekali, bukan?

Terkadang saya berharap Dream High dibuat sebagai series regular seperti School Series atau Reply Series yang mempunyai cerita berbeda-beda tapi tetap membawa ciri khasnya. Tapi agaknya cukup sampai Dream High 2 saja deh.

Secara keseluruhan, serial ini memuat banyak aspek menarik yang seru untuk dinikmati. Apalagi bagi para fans yang mengidolakan mereka. Bagi penggemar lama, serial ini bisa jadi menghadirkan nuansa nostalgia yang manis tapi tetap seru untuk ditonton.

Dream High 1
Rating: 
4.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram