bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama China You Are My Destiny (2020)

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 23 November 2021

Jika kebanyak orang menikah setelah berpacaran, hal ini justru berbanding terbalik dengan yang dirasakan oleh Wang Xi Yi dan Chen Jia Xin. Pasalnya mereka baru bisa merasakan yang namanya indahnya berpacaran setelah keduanya terpaksa menikah karena hamil.

Sayangnya hubungan yang indah ini terganggu oleh mantan kekasih Xi Yi, alhasil Jia Xin selalu diburu rasa bersalah dan takut. Kisah di atas bisa kamu saksikan dalam drama Cina berjudul You Are My Destiny (2020). Drama yang disutradarai oleh Ding Ying Zhou ini dibintangi oleh Xing Zhao Lin dan Liang Jie.

Drama ini berdurasi sangat panjang, terdiri dari 36 episode dengan rating 8.0/10 di MyDramalist. Tapi drama ini sepertinya akan membuat kamu merasa love and hate, karena banyak orang yang protes dengan plot akhirnya.

Kira-kira apa sih yang bikin banyak penonton protes dengan bagian akhir drama ini? Kamu temukan jawabannya di bawah ini ya!

Baca juga: 20 Drama Mandarin Romantis yang Bakal Bikin Senyum Sendiri

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Romance, Comedy, Family
  • Sutradara: Ding Ying Zhou
  • Pemeran: Xing Zhao Lin, Liang Jie, Jinna Fu, Li Jiu Lin, Chang Long, Wang Jia Yin
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures

Kisah ini berawal ketika Liang Jie dan Xing Zhao Lin tidak sengaja bertemu di atas kapal pesiar menuju Bahama. Sebenarnya mereka datang bersama pasangan masing-masing, Liang Jie bersama dengan pacarnya yang mata keranjang.

Sementra Xing Zhao Lin berama kekasihnya yang cantik Shi Anna, tapi sebelum kapal pesiar berlayar ia turun dan terbang ke Paris.

Keduanya dipertemukan oleh sebuah cincin yang akhirnya justru melingkar di jari manis Liang Jie. Alasannya karena awalnya Zhao Lin akan melamar dan menikah dengan Anna di kapal pesiar.

Namun karena Anna turun ia lupa akan hal ini, hingga akhirnya Liang Jie menawarkan bantuan. Wanita ini ingin berterimakasih karena Zhao Lin membantunya membalas mantan kekasihnya yang brengsek.

Keduanya benar-benar menikmati malam itu, hingga tidak disadari telah melakukan one night stand. Baik Liang Jie dan Zhao Lin sepakat akan melupakan hal ini, hingga mereka akhirnya dipertemukan kembali dalam situasi yang sulit.

Saat itu Liang Jie menyadari bahwa ia sedang mengandung, hal ini akhirnya diketahui oleh Zhao Lin yang juga merasa bingung.

Liang Jie yang tidak ingin merebut dan menyusahkan siapapun, akhirnya memutuskan untuk melakukan aborsi. Namun belum sempat melakukan hal itu Zhao Lin mengatakan akan menikahinya, meski pernikahan mereka hanya pernikahan kontrak.

Sejak saat itu Liang Jie hidup di kediaman keluarga suaminya, ia otomatis menjadi menantu kesayangan banyak orang. Berkat Liang Jie semua orang bisa menjadi lebih akrab, nenek, bibi dan sepupu dari Zhao Lin bisa berkumpul bersama setiap hari.

Padahal sebelumnya mereka selalu terlibat dalam konflik, kini semuanya seakan keluarga yang sangat bahagia. Hubungan Zhao Lin dan Liang Jie juga menjadi semakin dekat, perasaan cinta mulai muncul di antara keduanya.

Ada banyak hal yang terjadi di antara mereka, karena karakter keduanya yang sangat berbeda menimbulkan banyak konflik. Namun keduanya bisa belajar untuk menerima satu sama lain, hingga kehadiran Shi Anna membuat segalanya runyam.

Anna tidak terima ketika Zhao Lin memutuskannya, wanita ini sengaja menyabotase Liang Jie hingga membuatnya keguguran. Zhao Lin yang tidak mengerti dengan keadaan yang sedang terjadi merasa sangat menyesal dan sedih.

Bahkan kini Liang Jie meninggalkannya bersama Dylan, sejak saat itu pria ini seakan kehilangan nyawanya. Apakah Liang Jie dan Zhao Lin bisa kembali bersama?

Reuni Xing Zhao Lin dan Liang Jie Bikin Fans Histeris

Reuni Xing Zhao Lin dan Liang Jie Bikin Fans Histeris

Siapa sih yang tidak tahu pasangan Xing Zhao Lin dan Liang Jie, bagi para penggemar C-Drama pasti tidak asing lagi dengan pasangan satu ini.

Pasalnya keduanya memang menjadi salah satu pasangan selebriti on screen yang paling serasi. Makandiya ketika keduanya dikabarkan akan bereuni lagi dalam drama You Are My Destiny (2020), hal ini langsung bikin heboh.

Ada dua alasan kenapa pasangan ini bisa begitu dicintai dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Pertama karena memang mereka seakan menjadi pasangan abadi di televisi, pasalnya mereka sudah dipertemukan sejak tahun 2017. Di tahun tersebut keduanya dipasangkan dalam drama historikal fantasi berjudul The Eternal Love (2017).

Drama ini berhasil menggaet banyak penonton, kemistri keduanya dalam drama tersebut baper. The Eternal Love (2017) menceritakan seorang pangeran yang dipaksa untuk menikah dengan seorang gadis.

Sayangnya gadis itu jatuh cinta pada kakak dari calon suaminya, makanya ia mencoba bunuh diri. Tapi bukannya meninggal, ia malah terjebak dalam tubuh seorang agen real estate di zaman modern.

The Eternal Love (2017) dibuat dalam tiga musim, musim keduanya sudah tayang di tahun 2018 dan musim terakhir akan tayang di tahun 2021.

Alasan kedua yang membuat fans excited adalah drama You Are My Destiny (2020) memberikan nuansa baru yang berbeda dari drama mereka lainnya. Dalam drama ini banyak fans mengaku sangat terbawa dengan alur kisah cinta Xi Yi dan Jia Xin.

Berkat drama ini mereka makin didoakan untuk bisa berpasangan di dunia nyata, tidak hanya di layar kaca. Tapi Liang Jie sendiri mengaku tidak ingin beradu akting dengan Xing Zhao Lin kedepannya.

Bukan karena Lang Jie khawatir tunangannya marah, tapi karena sikap Xing Zhao Lin di lokasi syuting. Ia mengatakan takut gemuk, karena Zhao Lin selalu memberikannya banyak makanan di lokasi syuting.

Dipromosikan Sebagai Drama Reuni, Bukan Remake

Dipromosikan Sebagai Drama Reuni, Bukan Remake

Cerita yang disuguhkan oleh You Are My Destiny (2020) mungkin terasa tidak asing bagi para penggemar drama mandarin.

Benar sekali, drama ini ternyata remake dari drama Taiwan populer yang berjudul Fated to Love You (2008). Drama yang dibintangi oleh Ethan Juan dan Joe Chen ini sempat sangat populer dan di-remake oleh banyak negara.

Sebut saja Korea, Thailand, Jepang dan kini Cina juga membuat remake dari drama satu ini. Dari unsur cerita yang diangkat, kedua drama ini masih mengusung premis yang sama.

Ketika Ji Cun Xi terpaksa menikahi Chen Xin Yi, karena wanita itu tengah mengandung anaknya. Mereka bertemu di kapal pesiar, ketika kekasih mereka masing-masing meninggalkan mereka dalam kesedihan.

Hubungan one night stand yang tidak di sengaja membuat mereka harus menikah demi menjaga calon anak mereka. Salah satu yang paling saya sukai dari remake versi Cina, mereka bisa mengambil premis yang sama tapi cerita yang cukup berbeda.

Perbedaan dimulai dengan keputusan tim kreatif untuk tidak memakai judul asli dari drama ini, mengubahnya menjadi You Are My Destiny (2020).

Selanjutnya mereka juga mengubah nama dua pemeran utamanya, dari Ji Cun Xi dan Chen Xin Yi, menjadi Wang Xi Yi dan Chen Jia Xin.

Tapi mereka tidak mengubah nama untuk karakter yang jadi playmaker, seperti Anna dan Dylan sama seperti original. Sebenarnya di Cina sendiri drama ini tidak disebut sebagai remake, tapi lebih digemborkan sebagai drama reuni Xing Zhao Lin dan Liang Jie.

Sepertinya mereka tidak ingin mengambil momen dari kepopuleran drama Fated to Love You (2008). Tencent Video hanya ingin memfokuskan drama ini sebagai drama ketiga pertemuan antara Xing Zhao Lin dan Liang Jie. Mereka juga membuat improvisasi mengenai plotnya, sehingga terasa lebih kekinian dan fresh untuk ditonton.

Pengembangan Plot yang Tidak Penting, Bikin Endingnya Kurang Greget

Pengembangan Plot yang Tidak Penting, Bikin Endingnya Kurang Greget

Setelah menonton You Are My Destiny (2020), jujur saja saya sangat menyukai bagaimana cerita ini disampaikan dan dikembangkan. Paruh pertama kita diperlihatkan karakter-karakter dari pemeran utama dan playmaker dari drama ini. Plotnya berjalan mulus, setiap karakter seakan memiliki spotlight yang memperkuat karakteristik mereka.

Meski begitu saya ingin mengkritik pengembangan ceritanya, karena saya merasa terlalu banyak pengembangan cerita tidak penting.

Sebut saja bagian ketika cinta mulai muncul di antara Xin Yi dan Liang Jie, bagi saya episode ini bisa dipotong hingga 10 epidose. Jadi dari total 36 episode yang benar-benar panjang, drama ini bisa dipersingkat jadi 26 episode saja.

Setidaknya ada 10 episode yang terasa sangat tidak penting, ketika Liang Jie pergi ke Hongaria dan mengubah namanya jadi Elain. Di bagian akhir ini klimaks sebenarnya berada di karakter Anna dan Dylan, tapi ploting antara dua karakter ini bahkan sangat tidak menggugah.

Padahal ketika kebenaran mengenai mereka terungkap, hal ini akan sangat berimbas pada Liang Jie dan Xin Yi. Hal ini akan membuat ending dramanya jadi tidak menarik lagi, sepertinya penulis cerita terlalu bernafsu untuk memberikan romansa.

Alhasil konflik yang sesungguhnya seakan tidak penting, padahal kunci dari kesalahpahaman dua karakter utamanya berada di tangan Anna dan Dylan. Tapi penulis seakan kehilangan interest untuk fokus pada cerita, alhasil ending dramanya kurang memuaskan.  

Inilah review saya setelah menonton drama You Are My Destiny (2020), drama yang sangat enjoyable untuk ditonton. Sayangnya durasi dramanya terlalu panjang, karena pengembangan ceritanya kurang fokus dan intense. Bagaimana menurut kalian? Bagikan jawabannya di kolom komentar di bawah ini.

You Are My Destiny
Rating: 
3.8/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram