bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis dan Review Drama Korea When The Camellia Blooms

Sinopsis dan Review Drama Korea When The Camellia Blooms

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Menjadi orangtua tunggal untuk seorang anak laki-laki mungkin tidak pernah terbayangkan di benak Gong Hyo Jin. Namun, sebagai Oh Dong Baek di drama When the Camellia Blooms semua itu dapat terjadi. Aktris senior ini memerankan karakter seorang ibu muda yang tangguh dengan sangat luar biasa dalam dramanya yang paling baru tersebut.

Kemampuan akting yang apik dari dirinya dan beberapa pemain lain seperti Kang Ha Neul dan Kim Ji Seok membawa drama ini memenangkan Grand Prize (Daesang) BaekSang Arts Awards 56th tahun 2020 silam. Tayang sebanyak 40 episode ditambah 4 episode spesial, When the Camellia Blooms, suguhkan jalan cerita yang berbeda. Bagaimana lengkapnya? Simak sinopsis serta reviewnya terlebih dahulu berikut ini! 

Sinopsis

review drama when the camellia blooms_Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 18 September – 21 November 2019
  • Genre: Komedi, Romantis, Drama, Drama Keluarga, Thriller
  • Jumlah Episode: 40 Episode + 4 Episode Spesial
  • Pemain: Gong Hyo Jin, Kang Ha Neul, Kim Jo Seok, Son Dam Bi, Kim Kang Hoon
  • Sutradara: Cha Yeong Hoon
  • Produksi: Pan Entertainment

Oh Dong Baek (Gong Hyo Jin) harus membesarkan anak seorang diri setelah sang kekasih meninggalkannya. Tahu bahwa tidak ada yang bisa diandalkan selain dirinya, wanita itu bekerja keras menghidupi anak semata wayang yang bernama Pil Goo (Kim Kang Hoon).

Ingin menjalani hidup di sebuah lembaran baru, Dong Baek pindah ke Ongsan, yaitu kota kecil yang cukup terkenal sebagai daerah wisata khususnya wisata kuliner. Di antara banyak pedagang makanan, Dong Baek memutuskan untuk membuka sebuah bar atau pub  yang dinamai Camellia.

Usahanya tersebut langsung banyak diminati oleh warga atau pun pengunjung, terutama para lelaki. Pasalnya cukup jarang pub atau bar yang buka di kawasan itu. Ketika mengetahui ada sebuah bar yang baru buka di wilayah mereka, para lelaki tersebut seperti menemukan sebuah tempat yang pas untuk bersantai sembari minum alkohol.

Usahanya berjalan dengan lancar. Dong Baek juga mengelolanya dengan sangat baik tanpa sesuatu yang macam-macam dan membahayakan harga dirinya. Berbeda dengan pub kebanyakan yang menyediakan gadis-gadis cantik sebagai teman minum, Camellia tidak. Dong Baek juga tidak suka mengumbar senyum atau merayu untuk menarik perhatian para tamu.

Wanita tersebut menjalankan bisnisnya murni hanya sebagai tempat santai dan minum. Walau demikian, para tetangga tidak berhenti beranggapan jelek tentangnya. Hal ini disebabkan karena statusnya sebagai wanita beranak tanpa suami.

Gosip di sekitar tempat tinggal dan tempat usahanya tidak berhenti bertiup. Apalagi usahanya selalu berhubungan dengan banyak lelaki. Meski demikian, Dong Baek tetap bertahan. Dia tidak tergoyahkan dan hanya peduli pada kehidupan sang putra dan dirinya. Wanita tangguh ini rupanya terbiasa menghadapi hidup yang sulit sebab keadaan.

Ketangguhannya didapat sebab dia terbiasa menghadapi banyak hal berat sendirian. Ya! Dong Baek tumbuh besar sebagai seorang yatim piatu. Sikapnya yang demikian membuat seorang polisi muda bernama Hwang Yong-Sik (Kang Ha Neul) terpikat.

Yong Sik jatuh cinta pada Dong Baek ketika pertama kali bertemu. Polisi tersebut terus berupaya mendapatkan hati Dong Baek tanpa mengetahui latar belakang kehidupannya terlebih dahulu. Hingga suatu hari, Yong Sik mengetahui bahwa wanita yang dikaguminya adalah seorang ibu dari anak lelaki yang dia temui.

Kenyataan itu rupanya tidak membuat Yong Sik berubah pikiran. Pak polisi yang menggemaskan tersebut tetap pada perasaannya. Padahal sebelum bertemu Dong Baek, Yong Sik memiliki kriteria wanita idaman tersendiri, yaitu seorang wanita dari kota dan berpendidikan. 

Keyakinan Yong Sik pada Dong Baek mendapat pertentangan dari sang bunda. Ibunya keberatan dengan status Dong Baek sebagai ibu tunggal dengan seorang anak. Selain itu, mantan kekasih Dong Baek diketahui sedang berusaha untuk mendapatkannya kembali. 

Pertentangan dari ibu Yong Sik bukan satu-satunya konflik yang dihadapi Dong Baek. Ada beberapa hal rumit yang harus dia hadapi, termasuk kembalinya sang mantan dan upaya pembunuhan terhadap dirinya. Apakah wanita kuat tersebut mampu melalui itu semua dengan atau tanpa perlindungan Yong Sik? Anda harus menyaksikan drama ini secara langsung untuk mengetahui jawabannya!

Salah Satu Drama Korea dengan Karakter Wanita Tangguh

review drama when the camellia blooms_Salah Satu Drama Korea dengan Karakter Wanita Tangguh

Sosok-sosok wanita tanggung dalam drama Korea selalu saja mampu menarik perhatian sekaligus perasaan iba. Dong Baek adalah salah satunya. Dibawakan dengan sangat baik oleh aktris kawakan Korea Selatan, Gong Hyo Jin, karakter wanita utama dalam drama ini bukan hanya membuat Yong Sik kagum dan jatuh cinta, melainkan juga para penonton.

Tanpa perlu mengalaminya lebih dulu kita tentu tahu bagaimana kuat dan tangguhnya seorang ibu tunggal tanpa pasangan yang membesarkan anak sendirian, kan? Ditambah pandangan buruk dari kanan kiri yang kapan saja bisa terasa sangat melelahkan. Namun, Dong Baek mampu melalui itu menggunakan caranya.

Menjalankan bisnis yang lebih ramai diminati oleh para lelaki juga rentan sekali dengan godaan. Beruntung hal tersebut tidak mampu menggoyahkan kekuatan seorang Dong Baek. Dia tetap fokus hanya pada kebaikan untuk dirinya dan sang buah hati. 

Drama dengan Konflik Keseharian

review drama when the camellia blooms_Drama dengan Konflik Keseharian

Drama yang naskahnya ditulis oleh Im Sang Choon ini alur ceritanya terasa sangat mengalir. Tentu saja sebab konflik-konflik yang diciptakan benar-benar mudah ditemui dalam keseharian. Citra buruk yang diterima Dong Baek dari para tetangga serta mulut mereka yang lebih pedas dari cabai adalah hal-hal yang turut menimpa wanita bernasib sama dengannya di kehidupan nyata. 

Pertentangan dari orang tua sebab anak lelakinya mencintai wanita beranak satu juga konflik lain yang cukup dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Harus diakui bahwa hal perih semacam ini sudah menjadi rahasia umum di masyarakat. When the Camellia Blooms memperlihatkan sekaligus menyindirnya dengan apik.

Dibumbui Thriller

review drama when the camellia blooms_Dibumbui Thriller

When the Camellia Blooms harus masuk daftar tontonan Anda. Drama ini tidak hanya memuat satu genre, melainkan beberapa genre termasuk thriller. Kehidupan Dong Baek dan Yong Sik yang baik-baik saja, pada satu episode berubah menegangkan sebab kehadiran pembunuh berantai yang berkeliaran di Ongsan.

Dong Baek yang dicurigai menjadi saksi pembunuhan tersebut, menjadi incaran sang psikopat selanjutnya. Pada salah satu scene diperlihatkan bahwa di Ongsan ditemukan mayat seorang perempuan di sebuah rawa. Melihat adegan ini penonton dibawa menebak-nebak, apakah mayat yang dimaksud adalah Dong Baek atau bukan. 

Drama Kang Ha Neul Setelah Wamil

review drama when the camellia blooms_Drama Kang Ha Neul Setelah Wamil

Kewajiban mengikuti wajib militer berlaku untuk semua pria dewasa Korea Selatan, tidak terkecuali Kang Ha Neul. Setelah menjalani wamil selama hampir dua tahun yaitu sejak  11 September 2017, Ha Neul resmi menyelesaikan kewajibannya pada akhir Mei 2019 lalu. Selepas dari itu, Ha Neul langsung tancap gas.

Pilihannya jatuh pada When the Camellia Blooms. Pasalnya, dia sangat tertarik dengan karakter Dong Baek. Kang Ha Neul tertarik dengan cara penulis menggambarkan karakter Oh Dong Baek yang tetap tegar sekalipun menghadapi segala macam kesulitan. 

Tidak heran jika akting perdananya selepas dari wamil ini dilakukan dengan sangat baik. Karakter Kang Ha Neul sebagai polisi yang naïf cenderung lucu dan senang membantu orang tetapi agak bodoh bisa dibawakannya tanpa berlebihan.

Berkat karakternya ini pula dia diganjar sebagai Best Actor pada penghargaan BaekSang Arts Awards 5 Juni 2020 lalu. Dalam penghargaan tersebut dia berhasil mengungguli aktor-aktor hebat lain seperti Namgoong Min (Hot Stove Leagues), Park Seo Joon (Itaewon Class), Ju Ji Hoon (Hyena) dan Hyun Bin (Crash Landing on You).

Drama dengan konflik yang realistis selalu punya tempat sendiri di hati para penikmatnya. Itulah sebabnya When the Camellia Blooms benar-benar mekar. Sudah mulai tertarik dan penasaran dengan jalan cerita drama ini seutuhnya? Tonton segera untuk menyelesaikan rasa ingin tahu Anda, yuk!

When the Camellia Blooms
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram