Bacaterus / Review Film Barat / Sinopsis & Review Series Netflix The Haunting of Bly Manor

Sinopsis & Review Series Netflix The Haunting of Bly Manor

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Drama horror original Netflix lainnya yang tayang di tahun ini adalah The Haunting of Bly Manor. Drama ini mengisahkan seorang guru privat yang merangkap menjadi baby sitter atas dua orang anak-anak ‘spesial’ yang tinggal di sebuah perumahan megah di tengah hutan bernama Bly Manor.

Dibintangi oleh Victoria Pedretti, Amelia Eve dan Rahul Kohli, membuat drama lanjutan dari seri The Haunting ini menjadi salah satu drama dengan genre Gothic yang paling ditunggu oleh para penonton Netflix. Seberapa seram sih dramanya? Yuk kita ikuti sinopsis dan ulasannya dibawah ini.

Sinopsis

The Haunting of Bly Manor_Poster (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Mystery, Gothic
  • Sutradara: Mike Flanagan
  • Pemain: Vicotria Pedretti, Amelia Eve, Rahul Kohli
  • Produksi: Interpid Pictures, Amblin Television, Paramount Television Studios

Adalah Danielle Clayton (Victoria Pedretti) atau yang akrab disapa Dani ini adalah seorang gadis muda yang sedang mencari pekerjaan baru di London setelah sebelumnya menjadi guru sekolah di Amerika selama bertahun-tahun. Dani saat itu, ia melamar untuk menjadi guru privat untuk sepasang anak seorang jutawan yang sudah yatim piatu.

Saat Dani menghadap paman dari pasangan anak tersebut, Henry Wingrave (Henry Thomas) untuk melakukan sesi wawancara, Dani sedikit kelabakan karena Henry tidak percaya 100 persen kepada Dani untuk bisa mengasuh keponakan-keponakannya tersebut, namun berkat kegigihan Dani dalam meyakinkan Henry, ia pun setuju untuk mempekerjakan Dani sebagai au pair baru di Bly Manor.

Saat tiba di kediaman Wingrave, Dani merasa pekerjaannya luar biasa enak. Bayangkan saja, bisa tinggal di rumah megah hanya diisi oleh 3 orang asisten lainnya untuk mengurus dua bocah kecil. Dani pikir akan menjadi hal yang sangat mudah sampai ia menemukan suatu kejanggalan di dalam kediaman Wingrave.

Dani luar biasa kaget bahwa dirinya merupakan pengganti seorang pengasuh bernama Rebecca. Rebecca meninggal secara misterius di sebuah kolam lumpur yang berada tidak jauh dari rumah utama dan mayatnya ditemukan oleh anak perempuan kecil yang akan Dani urus bernama Flora (Amelie Bea Smith).

3 orang asisten lainnya yaitu Hannah Grose (T’Nia Miller), kepala asisten rumah tangga, Owen Sharma (Rahul Kohli), koki keluarga Wingrave dan Jamie (Amelia Eve), si tukang kebun takjub melihat Dani yang cekatan, disiplin bahkan tegas dalam mengurus Flora dan kakaknya Miles (Benjamin Evan Ainsworth) yang juga tak kalah misterius.

Usut punya usut, baik Flora dan Miles memiliki semacam kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang mati. Hal tersebut tidak diketahui oleh Dani sebelumnya, kemampuan berkomunikasi ini Flora gunakan untuk melindungi Dani dari hantu jahat yang kerap gentayangan di rumah Bly Manor tersebut yang bernama Lady of The Lake atau Viola.

Lady of The Lake sendiri merupakan penghuni rumah Bly Manor sebelumnya. Dulunya, ia merupakan seorang gadis konglomerat yang punya hidup bahagia namun harus meninggal akibat sakit dan dibunuh oleh adiknya sendiri; membuat arwahnya terkurung di Bly Manor dan tidak segan untuk membunuh siapapun yang mengusik rumah itu.

Penunggu rumah Bly Manor ternyata bukan Lady of The Lake saja, ada juga Peter (Oliver Jackson-Cohen), seorang pria yang bekerja untuk Henry Wingrave) yang tewas oleh Lady of The Lake dan hantu-hantu lainnya yang selalu ditandai oleh Flora pada sebuah boneka di rumah mainan miliknya.

Cerita terus bergulir hingga satu per satu kenyataan terkuak. Seluruh misteri rumah Bly Manor akhirnya terpecahkan. Di akhir cerita, semua melangsungkan hidup dengan bahagia, namun tidak bagi Dani. Demi menyelamatkan para arwah dan semua yang ada di rumah terkutuk Bly Manor, dirinya sendiri yang mengorbankan diri untuk ‘kembali’ ke rumah itu.

Cerita Hantu?

The Haunting of Bly Manor_Ghost (Copy)

Saya pikir awalnya drama ini akan seseram drama seri The Haunting sebelumnya; yang mengedepankan cerita hantu, jumpscare dan sebagainya. Saat asyik menunggu adegan itu muncul, saya terus dihadapkan dengan cerita ‘ramah’ hantu yang menurut saya sama sekali tidak seram, hanya bikin kaget saja.

Buat kalian yang memang berharap drama seri The Haunting kali ini akan sangat seram dan bikin kalian tidak bisa tidur, kalian harus menurunkan harapan tersebut. Saya info sebelumnya supaya kalian tidak kecewa, namun bagi kalian yang memang tidak peduli soal seram atau tidak drama seri ini, ya silahkan menonton!

Plot Cerita yang Membingungkan

The Haunting of Bly Manor_Story (Copy)

Drama ini memiliki jalan cerita yang maju mundur, sehingga ada kemungkinan beberapa penonton yang tidak full menonton drama ini dari tiap episodenya pasti akan kebingungan. Contohnya ketika Flora yang mampu ‘terbenam’ dan bisa bertemu dengan Ibu nya ketika masih hidup di waktu-waktu sebelumnya.

Ada juga cerita mengenai sumur gravitasi yang membuat banyak roh terperangkap. Apabila orang yang meninggal, arwahnya masih belum menerima kenyataan bahwa dirinya sudah tidak ada dalam dunia, mereka masih bisa menampakan diri dan melakukan segala sesuatu layaknya manusia dan rumah Bly Manor ini penuh sekali dengan arwah seperti itu, 

Hal ini membuat kita kebingungan menebak apakah tokoh tertentu dalam drama sebenarnya sudah mati atau masih hidup, contohnya saja Hannah Grose yang ternyata sudah meninggal akibat dibunuh oleh Miles yang dirasuki arwah Peter. Hannah masih bisa berkeliling rumah dan ‘terlihat’ meski sebenarnya dia sudah meninggal.

Cerita Cinta Jamie dan Dani

The Haunting of Bly Manor_Love (Copy)

*Source: Daily Dead

Another LGBT story, drama The Haunting of Bly Manor ini selain menyuguhkan cerita horror, sutradara juga menyediakan cerita romansa antara Jamie dan Dani. Yak benar, meski mereka berdua adalah wanita, mereka menjalin asmara selama mereka berada di Bly Manor hingga tahun-tahun berikutnya setelah mereka keluar dari rumah terkutuk itu.

Cinta Jamie terhadap Dani sungguh dalam, adegan sedih saya temukan ketika drama The Haunting of Bly Manor ini mulai ada di penghujungnya. Dani yang menyerahkan diri untuk ‘kembali’ ke Bly Manor meninggalkan Jamie sendirian, namun Jamie setia menunggu Dani. Jamie bahkan membuka pintu hotelnya lebar-lebar dan menyumbat bak dengan penuh air dengan harapan cara itu mampu membuat dirinya bisa melihat Dani kembali.

Benar saja, saat adegan akan berakhir, kita bisa melihat bayangan tangan Dani memegang pundak Jamie yang mengindikasikan Dani tetap berada bersama dengan Jamie sepanjang waktu meski Dani sudah berbeda dunia. 

Drama The Haunting of Bly Manor ini sangat trending di layanan film berbayar, Netflix, mendapatkan rating 7.4/10 dari IMDB membuat drama ini jadi salah satu drama horror terbaik yang Netflix tayangkan di tahun 2020. Mike Flanagan, sang sutradara, did a really great job sehingga mendapatkan respon positif dari banyak pengamat film/drama.

Meski tidak segore dan seseram The Haunting of Hill’s House, drama dengan total 9 episode ini lumayan untuk dijadikan salah satu drama horor series untuk kalian tonton akhir pekan ini. Enjoy the drama guys!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *