bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Korea The Doctor (2016)

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 23 Juli 2021

Dari sekian banyak drama Korea yang berkutat soal medis, drama ini sih yang paling saya suka. Selain ceritanya yang pas dan tidak terlalu berat untuk diikuti, adanya si ratu drama, Park Shin Hye membuat saya antusias untuk menontonnya. Tayang pada tahun 2016 silam, tidak membuat drama ini jadi terkesan tua ya. Sama sekali engga. Malah kalau tayang di tahun ini pun, cerita, setting dan lainnya masih kelihatan fresh kok.

Drama The Doctor menjadi drama hits yang ratingnya baik, tayang sebanyak 20 episode, cerita dalam drama ini dinilai cukup menghibur meski banyak juga yang memberi komentar agak pedas; bukan soal jalan ceritanya; namun lebih ke para penampilan aktor dan aktrisnya yang luar biasa modis; jauh dari kesan serius seorang dokter. Mau tau lebih lengkap sinopsi dan ulasannya? Yuk simak artikelnya!

Sinopsis

Doctor Crush 2016
*
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Pan Entertainment
  • Sutradara: Oh Choong Hwan
  • Pemain: Park Shin Hye, Kim Rae Won, Yoon Kyung Sang

Yoo Hye Jeong diperankan oleh Park Shin Hye merupakan seorang gadis baik yang akhirnya bersifat brutal akibat orang tuanya yang doyan sekali bertingkah, Bapaknya meninggalkan dirinya dan Ibunya entah kemana membuat dirinya diasuh oleh neneknya yang super sabar menghadapi Hye Jeong yang luar biasa ajaib.

Padahal Hye Jeong adalah anak yang pintar, namun dirinya menggunakan kepintarannya untuk menjadi murid nakal yang bikin repot semua orang bahkan guru terbaiknya di SMA bernama Hong Ji Hong sampai harus turun tangan ‘mendidik’ Hye Jeong karena merasa gadis tersebut sebenarnya adalah anak yang bisa diajari etika, sopan santun dan hal baiknya dengan metode yang tepat.

Singkat cerita, nenek Hye Jeong meninggal, hal ini membuat dirinya terpukul sangat berat. Selain membuat dirinya menjadi sebatang kara, ia jadi tidak bisa lagi bercerita hal apapun pada orang terdekat.

Dampak baiknya, Hye Jeong berjanji untuk jadi anak baik yang bisa membahagiakan neneknya di surga; berangkat dari sini, Hye Jeong lantas benar-benar berubah 180 derajat menjadi seorang yang berguna. Siapa sangka, gadis preman bisa menjadi dokter syaraf terbaik di kalangan dokter lainnya.

Berhasil menjadi seorang dokter, Hye Jeong lantas tinggal bersama teman dekatnya bernama Soon Hae (Moon Ji In) dan pindah ke Seoul untuk bekerja di rumah sakit swasta Gookil Medical Center. Saat Hye Jeong menjadi dokter, Soon Hae membuka kedai minum terkenal di dekat rumah sakit yang selalu jadi langganan para dokter di RS tersebut.

Siapa sangka, bertahun-tahun tidak bertemu, Hye Jeong bertemu lagi dengan guru muda yang dulu sempat menjadi wali Hye Jeong yaitu Ji Hong. Disini drama dimulai, selain bertemu dengan guru lamanya, Hye Jeong juga bertemu dengan ‘mantan’ teman baiknya bernama Seo Woo (Lee Sung Kyung) yang juga bekerja sebagai dokter ahli bedah syaraf. Gookil Medical Center malah berujung jadi arena temu reuni bagi Hye Jeong.

Berharap masalah hidupnya bisa lebih adem, alam berkata lain, Hye Jeong disukai oleh Ji Hong yang ternyata crush Seo Woo saat sekolah dulu membuat Seo Woo ngamuk, belum selesai, seorang dokter lainnya bernama Yoon Do (Yoon Kyung Sang) menaruh perasaan juga pada Hye Jeong; padahal saat itu statusnya Yoon Do adalah incaran Seo Woo. Makin ngamuklah si wanita keras kepala ini.

Meski demikian tindakan profesionalisme selalu Hye Jeong terapkan, masalah kerjaan dan masalah pribadi selalu berhasil Hye Jeong pisahkan sehingga tidak mengganggu kinerja Hye Jong sebagai dokter.

Masalah seperti tak berhenti disitu, di RS itu juga Hye Jeong bertemu lagi dengan Ibu Tirinya yang mencampakkannya dulu, adik tirinya yang baik dan bahkan membuat dirinya bertemu dengan seorang pria yang menyukai Hye Jeong saat SMA dulu yaitu Soo Cheol (Ji Soo).

Terlalu Modis

The Doctor_Outfit (Copy)

Apa yang ada di pikiran kalian kalau mendengar kata dokter? Pasti perawakannya yang oke, dengan baju yang rapi ditambah jas dokter yang bikin penampilan jadi semakin paripurna. Itu memang benar adanya, tapi dalam drama The Doctor ini, para dokter jadi bak model fashion yang lagi nyamar jadi nakes.

Dalam beberapa scene, Hye Jeong a.k.a. Park Shin Hye mengenakan outfit dari banyak brand ternama. Kita ambil contoh saat adegan Hye Jeong dan Soo Cheol janjian untuk makan di kantin RS namun dalam perjalanan Soo Cheol mengalami lakalantas.

Saat adegan tersebut, Hye Jeong mengenakan Atasan dari Alexander Wang, Tas dari Paloma, Sepatu Christian Louboutin dan aksesoris dari Cartier! Bukan brand sembarangan loh!

Di scene lainnya, Hye Jeong juga terlihat mengenakan rok Jules Jacquard dari Maje, Blus Calinou dari Gerard’s Darels dan Zadig & Voltaire, beberapa tas dari Mulberry dan Bruno Magli bahkan mengenakan dress dari Valentino yang harganya hampir Rp 40 juta! Mungkin hal-hal diatas yang bikin para netizen pada gemes karena aura dokternya jadi seakan hilang. Lebih terlihat seperti wanita karir atau CEO.

Belajar Istilah Medis

The Doctor_Medical Terms (Copy)

Hal yang saya suka apabila menonton film atau drama dengan setting medis adalah istilah medis dan tindakan yang bisa saya pelajari. Lumayan kan, selain menambah pengetahuan, kita juga jadi bisa menambah kosa kata baru. Inilah beberapa istilah medis yang saya pelajari dalam drama The Doctor. Apabila diantara para pembaca ada yang lebih paham dan mau menambahkan, boleh tulis di kolom komentar ya!

1. Freehand Aspiration

Freehand Aspiration adalah teknik penyedotan cairan tanpa melakukan navigasi terlebih dahulu. Dalam drama, teknik ini dipakai oleh Ji Hong saat menangani pasien yang menderita pecahnya pembuluh darah di otak dan apabila menunggu navigasi (mengetahui letak darah yang rembes) maka pasien tidak bisa diselamatkan; maka dari itu Ji Hong langsung menggunakan teknik Freehand aspiration.

2. Perdarahan Subdural

Istilah ini dikenal juga dengan Subdural Hematoma yaitu perdarahan subdural. Kondisi ini ketika darah yang rembes; menggenang dan berada di dua lapisan otak (Lapisan Dura dan Lapisan Arachnoid)

3. Neurosurgery

Prosedur medis yang bertujuan untuk mengetahui kondisi atau mendiagnosa pasien yang sakit seputar syaraf. Gampangnya istilah ini digunakan untuk menyebut bedah syaraf.

4. Aneurisma

Aneurisma adalah kondisi dimana terjadinya pembesaran atau penonjolan pembuluh darah otak akibat lemahnya dinding pembuluh darah. Apabila Aneurisma terjadi, makan penderita bisa mengalami stroke akibat rusaknya jaringan otak. Aneurisma juga bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak

5. Prosedur Coiling

Prosedur Coiling merupakan tindakan memasukan gulungan kecil lunak berupa logam kawat kedalam pembuluh darah yang mengalami aneurysm. Hal ini dilakukan supaya bisa menghalangi aliran darah dapat masuk ke kantung aneurisma dan mampu mengurangi kemungkinan aneurysm tersebut membesar atau pecah.

Berhamburan Penghargaan

The Doctor_Award (Copy)
*Source: Amino Apps

Sudah diberitahu di awal bukan kalau drama ini mendapatkan rating baik? Perhitungan rating rata-rata selama penayangan 20 episode adalah 18.4%! Bahkan pada episode 17, drama The Doctor mampu meraih rating sebesar 23.8%! Tidak heran kalau ujungnya, The Doctor menerima banyak penghargaan. Bahkan masuk ke dalam beberapa nominasi di ajang bergengsi. 

Sebut saja penghargaan dari APAN Star Awards yang ke-5, Korean Drama Awards ke-9, Asia Artist Award yang pertama dan SBS Drama Awards tahun 2016. Bukan hanya dramanya saja, beberapa aktris yang tergabung dalam drama ini pun sukses menyabet penghargaan berkat aktingnya dalam drama The Doctor.

Kalau kalian masih tidak tertarik untuk menonton drama The Doctor ini, waduh, sayang sekali! Selain kalian bisa melihat wajah-wajah cantik dan ganteng dari aktor juga aktris yang menjadi tokoh utama, kalian juga bisa belajar istilah medis, terhibur oleh ceritanya dan yang paling penting melihat bagaimana pentingnya peran dokter dan nakes dalam kehidupan kita.

Bacaterus memberi skor 8.3/10 untuk drama ini. Secara keseluruhan, sang sutradara, Oh Choong Wan, sukses membuat jalan cerita yang asyik untuk diikuti. Cerita romantisnya ada, cerita lucunya ada dan cerita sedih pun juga ada. So, tunggu apalagi! Ayo ikuti jalan ceritanya dalam drama The Doctor yang bisa kalian saksikan dalam beberapa layanan film berbayar favorit kalian.

The Doctor
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram