Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis Signal (2016), Drama dari Kasus Nyata

Review & Sinopsis Signal (2016), Drama dari Kasus Nyata

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Signal merupakan drama dengan tema kepolisian yang ditayangkan oleh tvN pada tahun 2016. Meskipun drama ini tayang di channel TV kabel alias berbayar, serial drama ini menuai banyak pujian dari publik karena storyline-nya yang unik. Saking populernya, Signal sempat menjadi drama TV kabel dengan rating tertinggi pada saat itu.

Tidak hanya mendapat pujian dari publik, para produser TV di Korea juga memilih Signal sebagai salah satu drama terbaik yang tayang pada tahun 2016. Lantas apa yang membuat Signal begitu unik hingga mendapatkan banyak atensi publik? Yuk kita simak review di bawah ini!

Sinopsis

Sinopsis Signal

* sumber: www.soompi.com

  • Rilis: 2016
  • Genre: Suspense, Mystery, Crime, Thriller, Supernatural, Investigation
  • Produksi: AStory
  • Sutradara: Kim Won-Suk
  • Pemeran: Lee Je-Hoon, Kim Hye-Soo, Cho Jin-Woong
  • Jumlah Episode: 16

Kisah dari drama Signal dimulai dari Park Hae Young (Lee Je-Hoon) seorang letnan kepolisian yang ahli dibidang criminal profiler. Meskipun Hae Young bekerja untuk kepolisian, namun sebenarnya ia sangat tidak mempercayai polisi, karena trauma masa lalunya.

Saat ia masih kecil, temannya yang bernama Yoon Jung menjadi korban penculikan dan tak lama ia ditemukan tewas. Hae Young kecil melihat Yoon Jung dijemput oleh seorang wanita asing di hari Yoon Jung dikabarkan menghilang. Namun, kepolisian justru menduga bahwa seorang pria lah yang menculik temannya.

Hae Young kecil yang mengetahui fakta bahwa temannya diculik oleh seorang wanita melaporkan testimoninya kepada polisi. Namun, sayangnya polisi tidak mengindahkan kesaksiannya. Dan pada akhirnya kasus penculikan dan pembunuhannya temannya masih menjadi misteri.

Di tahun 2015, tepat beberapa hari sebelum undang-undang pembatasan investigasi kasus berakhir, Hae Young bertemu dengan seorang reporter untuk membeberkan skandal selebritis pada mereka. Namun, seorang detektif bernama Cha Soo-Hyun (Kim Hye-Soo) mendengar percakapan tersebut dan menyeret Hae-Yong ke kantor polisi atas tuduhan penguntitan.

Dan kantor polisi tersebut ternyata kantor yang Hae Young datangi saat ia mencoba untuk memberikan kesaksian atas kasus temannya. Setelah ia sudah menyeleseaikan kesalapahaman tersebut dan hendak pulang dari kantor itu, ia menemukan suara dari sebuah walkie-talkie.

Dan ternyata orang yang berbicara melalui walkie-talkie tersebut adalah detektif Lee Jae Han (Cho Jin Woong) yang berasal dari masa lalu yang saat itu sedang menginvestigasi kasus penculikan teman Hae-Young. Lalu, Hae Young dan Jae Han mulai berkomunikasi melalui walkie-talkie guna memecahkan kasus tersebut dan kasus-kasus lainnya yang belum terpecahkan dari masa lalu.

Based on Real Cases

Based on Real Cases

*Sumber: https://www.facebook.com/tvn10thsignal/

Kasus-kasus dingin yang diangkat di drama ini merupakan adaptasi dari kasus-kasus nyata. Kasus penculikan dan pembunuhan yang disinggung di sinopsis berdasarkan kasus penculikan yang terjadi pada tahun 1997 yaitu “Park Chorong Bitnari Kidnapping-Murder Case”.

Lalu, Signal juga mengangkat kasus pembunuhan berantai paling menggegerkan di Korea Selatan yaitu “Hwaseong Serial Murder”. Pelaku diduga memperkosa dan membunuh setidaknya 10 wanita yang dimulai dari tahun 1986 hingga 5 tahun setelahnya.

Dikarenakan belum berkembangnya teknologi investigasi dari kepolisian pada saat itu, pelaku masih belum terungkap. Hingga di akhir tahun 2019, akhirnya dalang pelaku pembunuhan berantai tersebut sudah ditemukan.

Di episode lainnya Signal juga mengadaptasi kasus pemerkosaan yang terjadi di Miryang pada tahun 2004 yang disebut “Miryang Gang Rape Case”. Kasus pemerkosaan ini melibatkan beberapa siswi SMP dan SMA yang diperkosa oleh 41 siswa sekolah. Ironisnya para korban pemerkosaan inilah yang disalahkan dan orangtua pelaku berkata bahwa perlakuan para korbanlah yang menyebabkan kasus ini terjadi.

Selain itu, terdapat juga kasus pencurian Jo Se Hyung yang terjadi pada tahun 1970-an hingga 1980-an. Lalu, kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Sinjeong-dong pada tahun 2005 hingga 2006. Dan Signal juga mengadaptasi kejadian runtuhnya jembatan Seongsu yang terjadi pada tahun 1994.

Baca juga: Review & Sinopsis Drama It’s Okay Not to Be Okay (2020)

Cast dan Kru yang Solid

Cast dan Kru yang Solid

*Sumber: https://www.facebook.com/tvn10thsignal/

Storyline dari drama bertajuk Signal ini ditulis oleh penulis naskah drama ternama yaitu Kim Eun Hee. Sebelum Signal rilis, ia sudah berpartisipasi dalam menggarap naskah untuk beberapa judul drama terkenal seperti Phantom, 3 Days dan Sign. Lalu, akhir-akhir ini namanya kembali melambung karena keterlibatannya dalam menulis naskah untuk drama original Netflix yaitu Kingdom.

Melihat begitu banyak kasus nyata yang diangkat dalam drama ini, menandakan bahwa riset yang ia lakukan untuk drama ini benar-benar total. Dan naskah yang ia tulis untuk Signal membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai “Best Screenplay” di ajang penghargaan APAN Star Awards dan BaekSang Arts Awards di tahun 2016.

Naskah yang excellent ini didukung dengan tangan dingin sutradara Kim Won-Suk. Sebelum Signal, Kim Won Suk sudah men-direct beberapa drama populer seperti Misaeng, Sungkyunkwan Scandal dan lain sebagainya. Dan jika kalian menonton drama ini, kalian dapat melihat bagaimana ia sangat memperhatikan detail-detail dari setiap adegannya.

Dan tentunya drama ini tidak akan se-spektakuler itu tanpa eksekusi dari aktor dan aktris berbakat. Kim Hye-Soo dapat memainkan dua karakter Cha Soo-Hyun dimasa lalu dan dimasa sekarang yang notabenenya memiliki sifat yang berbeda. Kepiawaiannya dalam memerankan tokoh tersebut membuatnya mendapatkan titleBest Actress” di ajang tvN10 Awards dan BaekSang Arts Awards.

Jo Jin Woong juga mampu menghidupkan karakter detektif Lee Jae Han yang haus akan keadilan dengan rasa simpati yang tinggi. Tak heran ia mendapatkan penghargaan sebagai “Best Actor” di ajang APAN Star Awards serta penghargaan Daesang atau “Grand Prize” di ajang tvN10 Awards.

Seluruh kombinasi tersebut membuat Signal dicintai oleh publik hingga Signal sempat menjadi drama TV kabel dengan rating paling tinggi. Tidak berhenti disitu, Signal juga berhasil menyabet title “Best Drama” melalui ajang BaekSang Arts Awards dan juga “Content Main Prize” di tvN10 Awards.

Final Verdict

Final Verdict

*Sumber: https://www.facebook.com/tvn10thsignal/

Pengguna imDB memberikan skor 8.8 sedangkan Asian Wiki memberikan rating 9.0/10. Untuk saya pribadi drama ini layak untuk mendapatkan skor 10/10. Dan bagi saya Signal merupakan salah satu drama Korea terbaik yang pernah saya tonton.

Fakta bahwa drama ini mengadaptasi dari beberapa kasus nyata dan mereka mampu menunjukan berbagai sudut pandang dari setiap kasusnya. Ditambah dengan cara mereka menyelesaikan setiap kasusnya, membuat saya berdecak kagum.

Selain itu, tema time-travel menurut saya cukup sulit untuk dieksekusi dalam drama, namun mereka mampu melakukannya dengan sangat rapi. Penonton dapat dengan mudah mengetahui timeline apa yang sedang mereka mainkan.

Bagi yang belum pernah menonton saya sangat merekomendasikan kalian untuk menonton drama ini apalagi jika kalian menyukai genre crime dan misteri. Namun, karena drama ini ber-genre crime, kalian akan menemukan banyak adegan kekerasan, darah dan lain-lain. Jadi bagi kalian yang tidak tahan dengan adegan tersebut, sebaiknya tidak menonton drama ini.

Bagi yang pernah menonton drama ini, kalian pasti bisa menebak bahwa drama ini akan ada sequel-nya. Dan setelah penantian 4 tahun akhirnya kabar mengenai season 2 beredar.  Berdasarkan berita yang dirilis oleh Naver, Signal season 2 dikabarkan akan mulai digarap pada tahun ini.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk menonton Signal? Bagi yang pernah menonton, apakah kalian siap dengan season 2? Dan apa pendapat kalian tentang Signal season 1 ini? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *