bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Reflection of You (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 20 Desember 2021

Sukses sebagai pasangan Andrea di Hospital Playlist Season 2 (2021), Shin Hyun Been sudah dijemput projek baru. Didapuk sebagai karakter utama bersama Go Hyun Jung, Kim Jae Young dan Choi Won Young, drama Reflection of You (2021) siap bersaing dengan drama terbaru lainnya. Disutradarai oleh Lim Hyeon Wook, drama berjumlah 16 episode ini diadaptasi dari novel karya Jung So Hyeon.

Ceritanya sendiri berputar pada kehidupan dua wanita, Jeong Hui Ju yang sudah bersuami dan Gu Hae Won yang terlibat pada satu pria bernama Seo Woo Jae.

Sebagai istri An Hyeon Seong, Hui Ju harus menyembunyikan skandalnya tersebut, sedangkan Hae Won jadi korban dari perselingkuhan mereka. Bagaimana dramatisnya hubungan antara Hui Ju dan Hae Won? Mari siapkan diri memasuki drama terbaru produksi JTBC Studios ini.

Baca juga: Review & Sinopsis Hospital Playlist, Drama Medis Realistis

Sinopsis

Saat An Li-Sa, putrinya, dikirim ke luar negeri oleh ibu mertua dan suaminya yang mulai sibuk dengan aneka pekerjaan, Jeong Hui Ju mengisi kekosongan waktunya dengan belajar melukis. Gu Hae Won, kenalan Hui Ju yang pandai melukis, menjadi pelatihnya. Suatu hari Hae Won meminta bantuan Seo Woo Jae untuk menggantikannya; tanpa dia sadari dari sanalah segala skandal bermula.

Episode 1-5

Episode 1-5

Saat sedang mempersiapkan pameran lukisan tunggalnya Jeong Hui Ju dibuat geram dengan pemukulan An Li-Sa, putrinya, oleh seorang guru pengganti. Terkenal dengan sebutan Mimi, guru tersebut memang dirasa aneh, Hui Ju menemuinya secara langsung dan memukulnya karena sikap guru itu tidak menunjukkan rasa bersalah.

Sebagai menantu dari pemilik Grup Taerim, Hui Ju kerap diperlakukan semena-mena sang ibu mertua. Anak lelakinya, An Ho Su bahkan seperti dijauhkan darinya, beruntung An Hyeon Seong sebagai suami memihaknya.

Peristiwa pemukulan Li-Sa hingga membuat gadis itu mengalami trauma jadi perhatian keluarga. Guru itu pun diancam tidak bisa mengajar kembali.

Belakangan Hui Ju menyadari jika guru yang memukul Li-Sa adalah Gu Hae Won atau Hannah. Dia merupakan guru melukisnya di masa lalu. Kemunculan Hae Won membuat Hui Ju tampak terteror. Hae Won juga bertindak penuh misteri dan seolah memiliki rencana untuk melakukan sesuatu yang buruk pada Hui Ju dan keluarganya.

Di masa lalu hubungan Hui Ju dan Hae Won sebagai guru dan murid berjalan baik sampai suatu hari Hae Won meminta tolong pada seniornya bernama Seo Woo Jae untuk menggantikannya. Dari pertemuan tersebut Woo Jae menaruh perasaan istimewa pada Hui Ju yang saat itu sudah bersuami dan memiliki putri. Hui Ju membalasnya.

Mereka menjalin hubungan diam-diam di belakangan Hae Won dan Hyeon Seong. Guna menutupi hubungannya, Hui Ju membiarkan Woo Jae menikahi Hae Won.

Hubungan terlarang antara Hui Ju dan Woo Jae tidak serta-merta berakhir, mereka malah sempat tinggal bersama di Irlandia selama beberapa lama dan memiliki anak laki-laki, yaitu Ho Su. Selama itu pula Hae Won tidak mendapat kabar apa pun dari suaminya tersebut.

Sampai pada satu kesempatan Hui Ju diam-diam membawa Ho Su yang masih bayi pulang ke Korea, meninggalkan Woo Jae di Irlandia. Empat tahun kemudian Woo Jae menghubungi Sae Won yang sudah sangat putus asa dan menyalahkan dirinya.

Ternyata selain menghabiskan waktu dengan Hui Ju, Woo Jae mengalami kecelakaan. Hui Ju juga tidak tahu mengenai hal tersebut. Dalam kecelakaan itu Woo Jae hilang ingatan.

Selama perawatan Hyeon Seong sempat beberapa kali mengunjungi Woo Jae. Dia kaget mengetahui kalau Hae Won adalah istri Woo Jae. Kini Hae Won sudah ada di Korea, siap meneror Hui Ju dengan dosa-dosa lamanya.

Dia juga membawa Woo Jae ikut ke Korea. Sempat terkejut melihat Woo Jae ada di depan mata, Hui Ju mengetahui kalau pria yang pernah jadi simpanannya itu hilang ingatan dan tidak mengingat apa pun tentangnya.

Hae Won yang tidak ingin lagi kehilangan Woo Jae, mengisi ingatan suaminya yang kosong dengan cerita-cerita dari sudut pandangnya. Saat pameran digelar, Hyeon Seong terkejut melihat Woo Jae menyapanya dalam keadaan sehat.

Apa yang Hae Won rencanakan sebenarnya? Apakah dia berniat membongkar aib Hui Ju dan identitas ayah Ho Su sebenarnya?

Episode 6

Episode 6

Saat bertemu di pameran, Hae Won diam-diam tampaknya mengetahui kalau Hyeon Seong adalah orang yang merawat dan bertanggungjawab atas kecelakaan yang menimpa Woo Jae sewaktu di Irlandia.

Woo Jae sendiri terlihat tertarik pada salah satu lukisan Hui Ju bahkan menghadiri acara untuk tanya jawab dengan tamu. Dia bertanya di mana lokasi dalam lukisan tersebut dan apakah itu tempat yang dia tahu.

Sementara itu Hyeon Seong mencurigai Lee Hyeong Gi sudah memberikan video dirinya saat bersama Hae Won pada sang ibu. Park Young Sun tidak menoleransi perselingkuhan. Young Sun juga menyampaikan rasa tidak puasnya dengan kinerja Hui Ju sebagai pengurus galeri.

Dia mengungkit ketika menantunya itu malah tinggal di Irlandia untuk belajar selama tiga tahun daripada mengurus Li-Sa di Inggris, sedangkan Hyeon Seong mengurus segalanya di Korea. Park Young Sun jadi ingat kalau Ho Su lahir di Irlandia. Hyeon Seong yang kemudian menemui An Min Seo di rumah sakit mengetahui kalau Woo Jae sedang berusaha memulihkan ingatannya.

Hui Ju yang ingin menenangkan pikiran di tempat Lee Dong Mi kembali bertemu Hae Won. Gadis itu mengungkit keberadaannya di Irlandia, juga keberadaan Woo Jeo di sana. Mereka terlibat kontak fisik. Hui Ju sangat percaya diri kalau Hae Won tidak mengetahui apa pun soal perselingkuhannya dengan Woo Jae yang berlangsung selama tiga tahun di Irlandia dan menggunakan uang Hyeon Seong.

Dia memastikan pada Dong Mi bahwa perselingkuhan itu hanya diketahui dirinya dan Woo Jae; dan mereka tidak akan mengaku. Hui Ju dikejutkan oleh rencana Park Young Sun membawa cucunya, Ho Su, berlibur ke Irlandia. Saat itulah Hui Ju tahu kalau suaminya membuka kerjasama dengan Rumah Sakit Sligo, tempat Ho Su lahir.

Hui Ju membahas hal tersebut dengan Hyeon Seong tapi malah tertegun karena suaminya membicarakan masa lalu saat dia sibuk selama berada di Irlandia dan tahu-tahu melahirkan Ho Su. Karya seni Woo Jae akhirnya terbeli oleh seseorang yang rahasia.

Namun, Hae Won tahu kalau itu ulah Hui Ju. Dia membalasnya dengan mengubah alamat pengiriman. Park Young Sun menelepon menantunya itu lalu marah-marah karena tetiba ada patung di ruangannya.

Saat berada di galeri, Woo Jae bertemu Li-Sa. Remaja itu membawa bunga kering dan tampak kaget serta kecewa, seperti teringat pada sesuatu karena Woo Jae mengetahui jenis bunga yang dibawanya. Di tempat berbeda Woo Jae membuat Hae Won sedih karena suaminya itu tanpa sadar mengingat kebiasaan yang dilakukannya dengan Hui Ju saat di Irlandia.

Hae Won yang sudah sangat marah tak bisa menahan mulutnya untuk memancing Hui Ju dengan bersikap dan mengatakan sesuatu mengenai perselingkuhan antara Hui Ju dan Woo Jae, termasuk Ho Su. Hui Ju sangat marah dan emosional. Sampai di rumah, Hae Won meminta Woo Jae memasak sesuatu; dia membuat resep yang biasa disantap bersama Hui Ju.

Ketika Hui Ju dan Hyeon Seong menemani Ho Su berlatih baseball, Woo Jae tiba-tiba muncul. Dia mendekati bocah itu yang tak lain adalah anak kandungnya.

Woo Jae tidak terlihat hilang ingatan; lelaki itu bahkan mengingat nama danau yang dia sukai, yaitu danau di dekat tempat tinggalnya bersama Hui Ju saat di irlandia. Hui Ju seketika menjauhkan Ho Su dari Woo Jae dan Hyeon Seong yang melihat dari kejauhan tampak mengernyitkan dahi.

Episode 7

Episode 7

Melihat sikap Hui Ju yang menghindar, Woo Jae merasa dirinya sudah berbuat salah di masa lalu. Dia penasaran dan ingin tahu. Selesai menonton Ho Su bermain baseball, Hyeon Seong mengajak Woo Jae pulang bersama.

Sampai di rumah dan hendak kembali pergi, mobil Hyeon Seong diberhentikan oleh Hae Won. Wanita itu langsung menyiramkan sirup yang dia bawa ke wajah Hui Ju. Akibat kejadian itu, Woo Jae dan Hae Won bertengkar. Woo Jae tak mengerti mengapa pasangannya begitu marah.

Woo Jae memeriksa emailnya dan mendapatkan pemberitahuan dari email beberapa tahun lalu, tepatnya 2014, bahwa dirinya dilaporkan hilang dan pihak yang melaporkan kehilangannya adalah Hae Won. Woo Jae semakin penasaran alasan apa yang membuatnya pergi ke Irlandia.

Hui Ju harus berhadapan dengan Li-Sa yang ternyata ingat bahwa pria yang mengunjungi ibunya di Irlandia ketika itu adalah Woo Jae. Tampaknya gadis itu mulai tahu dan curiga kalau sang ibu pernah ada hubungan spesial dengan pria itu.

Hyeon Seong yang tak sengaja bertemu Woo Jae saat selesai terapi di rumah sakit, memintanya untuk pindah ke rumah sakit lain. Hui Ju yang mendengarnya semakin ketar-ketir, khawatir Hyeon Seong sudah mengetahui perselingkuhannya dengan Woo Jae di masa lalu.

Hae Won menginginkan resepsi pernikahan, tapi Woo Jae terlihat tidak yakin dan antusias mengingat dia tak punya siapa-siapa untuk diundang.

Hari itu Hae Won yang panik karena mendapat kabar kakeknya sakit, langsung bergegas mengunjunginya. Sampai di sana sang kakek memukul Woo Jae, tentu saja karena dia meninggalkan cucunya selama bertahun-tahun.

Sementara itu Hui Ju terlihat mengunjungi bangunan yang akan disewa untuk galeri sekolah. Tak lama, Woo Jae juga ada di sana sambil mengingat-ingat perkataan Hae Won tentang siapa yang akan diingat Woo Jae jika sedang berada di ketinggian. Samar-samar ingatan Woo Jae muncul. Sejurus kemudian dia yang hampir terjatuh ditangkap Hui Ju.

Episode 8

Episode 8

Sehari sebelum pertemuan tidak sengaja antara Hui Ju dan Woo Jae, Li-Sa yang sedang tampil tiba-tiba jatuh di atas panggung. Gadis itu pun menghilang, membiarkan kedua orangtuanya khawatir. Saat sedang mencoba menghubungi Li-Sa, Hui Ju justru menemukan buku milik Woo Jae yang sempat dia bakar dulu.

Gambar yang ada di sana sudah dicoret-coret Li-Sa sebelumnya. Hui Ju menyembunyikan temuannya dari Hyeon Seong dan memasukkan buku tersebut ke tasnya.

Hui Ju dan Woo Jae yang tidak sengaja bertemu di atap gedung, melanjutkan perbincangan di sebuah cafe. Hae Won yang masih ada di rumah kakeknya mendapat kiriman foto mereka dari Ju Yeong.

Sang kakek yang melihat kegelisahan di wajah Hae Won meminta cucunya itu untuk melepaskan Woo Jae agar dia bisa melanjutkan hidup, tapi Hae Won merasa tak bisa melepasnya karena dia yang sesungguhnya terbuang. Hui Ju dan Woo Jae kembali bertemu karena mereka terlibat dalam satu proyek.

Mereka menemui Woo Jeong Hyo selaku pemilik ide. Di sana Woo Jae terlihat melukis wajah Hui Ju diam-diam. Hae Won sendiri ditugaskan menjemput mereka. Dalam perjalanan Ju Yeong menelepon Hae Won mengabarkan kalau terjadi keributan antara Hyeon Seong dan sang ayah yang menolak penggusuran.

Hae Won ke kantor polisi sedangkan Hui Ju bergegas ke rumah sakit melihat kondisi suaminya yang kena pukul. Tanpa dia sadari tas berisi buku milik Woo Jae tertinggal. Woo Jae menemukannya dan menyembunyikan buku tersebut dari Hae Won. Dia membuka buku itu di studionya dan melihat gambar-gambar yang pernah dilukisnya dulu.

Gagal menghubungi Hui Ju, Woo Jae nekat mengembalikannya langsung. Saat mengembalikan buku tersebut Woo Jae menyadari kalau itu lukisan-lukisannya tapi Hui Ju menyangkal.

Hui Ju buru-buru meninggalkan Woo Jae yang terlihat berkaca-kaca. Di saat bersamaan, kakak ipar Hui Ju, An Min Seo melihat mereka. Hyeon Seong juga menerima rekaman CCTV dari penjaga gerbang yang memperlihatkan keduanya.

Hae Won mengunjungi Hyeon Seong yang bersiap keluar dari rumah sakit. Dia membicarakan kasus ayah Ju Yeong tapi Nyonya Young Sun, ibu Hyeon Seong memfitnahnya sudah berselingkuh dengan sang putra.

Hae Won yang coba membela diri dari tuduhan itu tiba-tiba ditampar Hui Ju. Hae Won hampir membuka aib wanita itu tapi Woo Jae datang dan meminta maaf serta menenangkannya.

Hae Won benci karena Woo Jae meminta maaf padahal dia tidak melakukan kesalahan. Young Sun sendiri kembali menegaskan dia tidak suka perselingkuhan. Hui Ju yang menemukan ponsel kedua milik Hyeon Seong diam-diam memeriksa kontak dan panggilan keluar-masuk. Dia mendapati kalau semuanya berasal dari Irlandia.

Hyeon Seong menyewa seorang kritikus untuk memojokkan Woo Jae sebagai seniman baru hasil buatan komunitas seni. Namun, tampaknya itu tidak berpengaruh banyak karena Hui Ju terdengar memihaknya.

Saat pulang dari pertemuan, Woo Jae terpaksa meminta Hui Ju mengantarnya pulang karena pohon tumbang merusakkan kaca studionya.

Woo Jae mengajak Hui Ju berbincang. Lelaki itu mempelakukannya dengan manis sehingga membuat ingatan Hui Ju kembali ke masa lalu. Hui Ju yang menyelidiki Hyeon Seong tampaknya menemukan keterkaitan kecelakaan Woo Jae dengan suaminya.

Sementara itu hari pesta pernikahan Hae Won dan Woo Jae pun tiba. Woo Jae terlihat tidak antusias. Alih-alih tertarik pada Hae Won, perhatian Woo Jae teralihkan pada Hui Ju. Dia lalu mengejar Hui Ju dan mencium wanita itu di hari perayaan pernikahannya.

Episode 9-10

Episode 9-10

Selepas ciuman itu Hui Ju dan Woo Jae gelisah. Hui Ju mulai goyah karena sesuatu yang dia kira sudah berakhir, ternyata masih dia inginkan.

Woo Jae sendiri pelan-pelan mengingat peristiwa masa lalu setelah menjabat tangan kakek Hae Won yang cacat. Dia tidak bisa menikmati perayaan pernikahannya dengan tenang karena terus memikirkan Hui Ju.

Hui Ju baru mengetahui kalau Li-Sa juga datang ke pesta pernikahan Hae Won dan Woo Jae. Tanpa dia ketahui Li-Sa melihat saat dirinya dan Woo Jae berciuman.

Li-Sa yang kembali ingat peristiwa itu menyakiti dirinya dan histeris di sekolah. Di sisi lain Ibu mertua Hui Ju, Young Sun, meminta menantu lelakinya, Lee Hyeong Gi, untuk menyelidiki Hui Ju dan Woo Jae.

Hyeon Seong sendiri tampak menyembunyikan sesuatu. Hae Won seperti yakin bahwa lelaki itu tahu soal perselingkuhan istrinya dan Woo Jae, kemudian menabraknya. Hyeon Seong juga tahu kalau Hui Ju mencari informasi tentang kecelakaan yang menimpa Woo Jae di Irlandia beberapa tahun lalu.

Hari itu Hui Ju dan Woo Jae kembali bertemu tanpa sengaja di lokasi untuk membuat sketsa. Ingatan Woo Jae sedikit-sedikit kembali pada saat pertama kali mereka bertemu.

Dia ingat dirinya menyukai Hui Ju. Hae Won sendiri sedang gelisah karena tak bisa menghubungi Woo Jae untuk meminta tolong menjemput kakeknya di terminal.

Kegelisahannya berubah kesedihan karena sang kakek meninggal dunia. Mengetahui Woo Jae bersama Hui Ju saat diperlukan, Hae Won marah besar. Dia mengatakan pada Hui Ju akan terus mengikutinya dengan rasa bersalah.

Woo Jae sepertinya mulai mengingat kalau dia pernah berselingkuh dengan Hui Ju di masa lalu. Dia ragu ketika Hui Ju mengatakan hubungan mereka ketika itu hanya sebentar dan tidak dalam.

Woo Jae mengaku merasa sesak di dekat Hae Won karena dia bingung dengan sikap istrinya itu. Di sisi lain dia merasa membuat Hae Won menderita tapi di sisi lain Hae Won terus mempertahankannya. Sementara itu Hyeon Seong mengingat peristiwa di masa lalu ketika dia pergi ke Irlandia menemui Hui Ju.

Saat datang ke hotel tempat mereka menginap, resepsionis memberinya secarik kertas berisi pesan yang ternyata dari Woo Jae. Pesan tersebut berisi ajakan bertemu di sebuah pub. Woo Jae yang kini terus menjalani terapi mendengar dari Seon U, adik Hui Ju, bahwa Hae Won sebenarnya punya keluhan kesehatan.

Sikap Woo Jae berubah setelah mengingat-ingat kata Hui Ju bahwa jika dia meninggalkan Hae Won untuk kedua kalinya, Hae Won bisa mati. Ditambah mendengar cerita dari Sun Woo, Woo Jae berusaha bersikap baik pada Hae Won.

Di tempat berbeda Hui Ju sedang disibukkan dengan persiapan pesta ulang tahun Ho Su yang ke tujuh. Young Sun tak ingin pesta ulang tahun cucunya kekurangan apa pun. Namun, semua buyar ketika Ho Su yang baru pulang sekolah tidak sampai ke rumah.

Di depan gerbang dia bertemu seorang bertopeng drakula yang menarik perhatiannya. Hae Won menelepon Hui Ju dan langsung membuat wanita itu panik. Hui Ju histeris dan meminta maaf karena langsung yakin Hae Won lah yang membawa Ho Su.

Episode 11

episode 11

Hilangnya Ho Su membuat Hui Ju panik tidak karuan. Dia langsung mengira pelakunya adalah Hae Won. Polisi diturunkan untuk menyelidiki kasus ini.

Dalam keadaan sama-sama panik, Hyeon Seong tak bisa menahan diri untuk meluapkan emosinya pada Woo Jae karena rupanya dia sudah mengetahui perihal perselingkuhan itu.

Polisi menemukan pelaku penculikan Ho Su adalah Lee Il Seong, ayah Ju Yeong yang menjadi korban penggusuran Yayasan Sekolah Taerim.

Hae Won dilepaskan oleh kepolisian karena tidak ada cukup bukti yang menunjukkan keterlibatannya. Woo Jae ikut mencari dan menemukan Ho Su sedang bersama Hae Won. Malam itu juga Woo Jae menyerahkan Ho Su pada kedua orangtuanya.

Park Young Sun berniat memberi imbalan karena Woo Jae sudah menemukan Ho Su, tapi pria itu menolak. Young Sun semakin curiga dan meminta Hyeong Gi menyelidiki Woo Jae dan Hui Ju. Melihat Woo Jae masuk ruangan mertuanya, Hui Ju cemas.

Kecemasannya semakin jadi saat Woo Jae mengungkapkan bahwa Hyeon Seong sudah mengetahui perselingkuhan mereka. Woo Jae bertekad menemukan ingatannya kembali.

Hyeon Seong tak bisa lagi menahan diri setelah mendapatkan selembar foto yang dikirim oleh Hae Won untuk Hui Ju. Dalam foto tersebut Hui Ju terlihat sedang menggendong bayi dengan Woo Jae di belakangnya.

Emosi Hyeon Seong meledak di depan Hui Ju sementara wanita itu tak bisa berkata apa pun kala melihat foto rahasia tersebut ternyata ada pada suaminya.

Episode 12

Episode 12

Hyeong Seong terlihat sangat marah dan kecewa melihat foto itu. Hui Ju tak bisa lagi mengelak dan akhirnya mengaku menyesal serta meminta maaf atas perbuatannya di masa lalu. Tanpa diduga, Hyeon Seong memaafkannya.

Dia malah membakar foto yang dia dapat dari Hae Won. Esoknya Hyeon Seong dan Hui Ju mengundang Woo Jae dan Hae Won untuk makan malam, tepatnya untuk memperlihatkan bahwa mereka baik-baik saja.

Woo Jae tak bisa lagi tinggal diam. Dia memutuskan pergi ke Irlandia untuk mengumpulkan ingatan masa lalunya. Di sisi lain, Hae Won memancing Hyeong Gi untuk memeriksa berkas kelahiran Ho Su di rumah sakit di Irlandia.

Di sana tertulis bahwa wali yang bertanggung jawab atas persalinan Hui Ju adalah Seo Woo Jae. Park Young Sun yang segera mengetahuinya mengambil langkah tegas dengan melakukan tas DNA pada Ho Su di depan Hui Ju.

Woo Jae yang sudah ada di Irlandia perlahan mulai mendapatkan kembali potongan kenangannya bersama Hui Ju. Dia ingat pernah menghabiskan waktu bersama dengan wanita itu. Ketika melihat potongan ari-ari yang disimpan di dalam pulpen lamanya, dia ingat sudah memiliki anak dengan Hui Ju. Woo Jae mengingat Ho Su sebagai putranya.

Episode 13-14

Episode 13-14

Hyeon Seong marah besar pada sang ibu karena mencoba membuktikan kalau Ho Su bukan anaknya. Dia juga tidak mendengar kala sang ibu memintanya bercerai. Hyeon Seong tidak akan melepaskan Hui Ju. Hasil tes DNA Ho Su keluar dan menunjukkan bahwa anak itu memang putra Hyeon Seong.

Di sisi lain ingatan Woo Jae sudah sepenuhnya kembali. Namun, alih-alih merasa bersalah terhadap Hae Won, dia justru ingin melepasnya dan mendapatkan Hui Ju untuk kedua kali. Sementara itu Hui Ju menemui Hae Won dan memfitnah sudah menyakitinya, sehingga Hae Won dipecat dari galeri.

Woo Jae sendiri menemui Hyeon Seong bertanya soal rincian kecelakaan yang menimpanya beberapa tahun lalu saat ada di Irlandia. Ternyata Hyeon Seong menyembunyikan rahasia bahwa dia sengaja menabrak pemuda itu sebab mengetahui perselingkuhan istrinya dan terintimidasi dengan perkataan Woo Jae di masa lalu.

Sepulang dari Irlandia Woo Jae tidak henti mencoba menghubungi Hui Ju. Pesan dan upaya telepon Woo Jae diketahui Hyeon Seong yang kemudian menghapusnya. Namun, pada percobaan ke sekian, Hui Ju menjawab panggilannya.

Mereka lantas bertemu. Setelah pada pertemuan tak sengaja yang terjadi sebelumnya Woo Jae nekat mengajak Hui Ju berpacaran, di pertemuan kedua ini Woo Jae semakin terobsesi. Dia ingin mereka bisa menjalin hubungan lagi.

Woo Jae semakin tidak peduli pada Hae Won. Dia bahkan terang-terangan terhadap Seon Woo tentang perasaannya terhadap Hui Ju. Seon Woo membujuk Hui Ju untuk meminta maaf pada Hae Woo, tapi wanita itu malah berencana mengirimnya belajar ke luar negeri.

Woo Jae bulat mencerai Hae Won karena dia tidak bahagia dengannya. Woo Jae malah menyinggung Seon Woo yang terlihat punya perasaan terhadap Hae Won.

Sementara itu hubungan Ju Yeong dan Li-Sa yang semula berteman berubah jadi saling serang. Li-Sa menyebar rumor buruk tentang temannya itu, Ju Yeong balik mengancam akan membuka hubungan Hui Ju dengan Woo Jae.

Woo Jae semakin sibuk dan terkenal. Dia menyebut Hui Ju dalam wawancaranya. Foto-foto dirinya bersama Woo Jae yang tersebar di media sosial mulai membuat Hyeon Seong emosi karena menilai istrinya masih memberi harapan.

Ketenangan Hyeon Seong memang terganggu sejak Woo Jae mengungkit bahwa dia adalah penyebab kecelakaannya dan memikirkan bagaimana reaksi Hui Ju jika mengetahui itu.

Hui Ju sendiri tahu mengenai perbuatan abusive kakak iparnya, Hyeong Gi terhadap sang istri, An Min Seo. Dia dan Hyeong Gi saling mengancam. Saat itulah Hyeong Gi terjatuh dari ketinggian. Hui Ju bisa mencegahnya agar tidak jatuh, tapi dia mengurungkan niat itu.

Dalam keadaan panik Woo Jae datang dan pasang badan. Dia melindungi Hui Ju dari kejadian itu. Woo Jae semakin terobsesi. Dia terus menghubungi Woo Jae. Saat bertemu Hui Ju, lelaki itu seperti kehilangan akal dan memaksa mencumbu Hui Ju. Hui Ju melihat kesempatan untuk menjebak Woo Jae.

Dia sengaja membiarkan Woo Jae melakukan hal tidak pantas tepat di depan kamera dashboard mobilnya. Sampai di rumah dia kaget melihat Hae Won turun dari mobil Hyeon Seong. Hyeon Seong sendiri terlihat seperti tidak sadarkan diri. Hae Won hanya tersenyum penuh arti.

Episode 15-16

Episode 15-16

Hui Ju memutuskan mundur dari proyeknya bersama Woo Jae. Dia memperlihatkan rekaman dashboard saat Woo Jae berlaku tidak pantas beberapa waktu lalu kepada Bu Lee selalu penanggung jawab galeri.

Woo Jae sendiri benar-benar tidak peduli pada Hae Woon. Saat mengetahui Hae Won overdosis obat tidur, dia malah menelepon Geon Wo alih-alih menolongnya sendiri.

Li-Sa akhirnya tahu bahwa ibunya berselingkuh dengan Woo Jae. Dia membenci Hui Ju. Seon Woo pun akhirnya setuju untuk pergi ke Amerika. Sementara itu Woo Jae juga memutuskan keluar dari projek tapi Bu Lee melarangnya.

Emosi Woo Jae langsung meledak begitu Bu Lee memperlihatkan rekaman itu sebagai alasan Hui Ju mengundurkan diri. Dia merasa telah dibohongi wanita yang dicintainya.

Hae Won sendiri menyetujui perceraiannya dengan Woo Jae. Dia begitu puas melihat Woo Jae dicampakkan Hui Ju. Tidak bisa menerima hal itu Woo Jae mendatangi Hui Ju ke rumahnya. Li-Sa melihat mereka masuk ke studio ibunya.

Di studio Woo Jae menggila dengan mencekik Hui Ju. Dia tak ingin membiarkan siapa pun memiliki Hui Ju. Sejurus kemudian muncratan darah terlihat mengenai wanita itu.

Rupanya Li-Sa menusuk leher Woo Jae menggunakan pena. Woo Jae ambruk dan tak lama meninggal dunia. Hui Ju menyembunyikan kematian Woo Jae dari Li-Sa. Dia juga berusaha menutupinya dari Hyeon Seong. Hui Ju membuang jasad Woo Jae ke sebuah danau.

Namun, esok harinya saat membereskan barang-barang Woo Jae, Hae Won ternyata ada di sana. Dia tahu kalau Woo Jae tewas dibunuh Li-Sa. Dia juga menyimpan pena berlumuran darah Woo Jae.

Hui Ju memohon agar Hae Won melepaskan Li-Sa. Dia juga bersedia melepaskan semua kehidupannya dan menjadi wanita murahan di mata semua orang. Hui Ju benar-benar pergi meninggalkan kehidupannya. Hae Won memanipulasi cerita kematian Woo Jae dengan mengatakan pada Hyeon Seong bahwa lelaki itu pergi bersama istrinya.

Hae Won tampak mulai membuka hati untuk Seon Woo, tapi ayah Ju Yeong yang dendam menusuknya saat mereka akan bertemu. Beberapa tahun berlalu, Hui Ju menjalani hidup sebagai perawat di panti jompo.

Sementara itu Hae Won menggelar pameran lukisan pertamanya. Di sisi lain Hyeon Seong berhenti mencari Hui Ju. Ho su dan Li-Sa dikirim ke Inggris untuk bersekolah.

Satu Lagi Drama Korea Bertema Rumah Tangga dan Konfliknya

Satu Lagi Drama Korea Bertema Rumah Tangga dan Konfliknya

Rasanya semenjak The World of the Marriage (2020) booming di kalangan pencinta drama Korea, drama-drama dengan tema rumah tangga dan berbagai konfliknya mulai mendapatkan perhatian. Ia menjadi trend yang ramai-ramai diadopsi jadi sebuah cerita yang rata-rata penuh intrik, ketegangan dan rahasia dari masa lalu yang seperti bom waktu.

Kurang lebih tema dan formula semacam itu yang juga diadopsi oleh Reflection of You (2021). Drama berjumlah 16 episode ini angkat tema rumah tangga yang dibumbui perselingkuhan, aib masa lalu yang harus ditutupi serta rencana-rencana tersembunyi.

Alurnya lumayan lambat tapi drama ini coba menarik perhatian dengan menampilkan rahasia masa lalu karakter utama di episode-episode awal.

Berbeda dengan drama Makjang kebanyakan yang menaruh rahasia besar sebagai kejutan di belakang, ia berani menaruhnya di depan. Menariknya walau begitu kita masih terpancing untuk terus penasaran dengan plot cerita selanjutnya, terutama mengenai rencana karakter Hae Won yang misterius dan tampak sangat butuh bantuan.

Sakit Hati Sang Guru Lukis

Sakit Hati Sang Guru Lukis

Turut dibintangi Shin Hyun Been, yang lekat dengan karakter Gyeo Ul di Hospital Playlist (2020) Season 1&2, karakternya di drama ini sama-sama tidak terlalu banyak bicara.

Bedanya, pada Reflection of You (2021) karakter Hyun Been memancarkan aura misterius tersendiri. Melalui alur yang menyajikan flashback di setiap episodenya perubahan karakterHae Won sangat terasa.

Kepedihan dan putus asa serta kecewanya terhadai Hui Ju mengubah Hae Won yang ceria dan optimis jadi wanita yang murung dan traumatis. Rasa sakit hati sang guru lukis dibawakannya dengan meyakinkan.

Kemunculannya di setiap scene sukses jadi teror yang tak bisa diprediksi. Belum lagi sejauh ini busananya tak pernah ganti; dia hanya memakai satu long coat berwarna hijau sebagai outer.

Hal detail semacam itu menambah rasa tidak nyaman saat melihat karakternya muncul di layar; seperti ada badai besar yang bersiap datang ke kehidupan Hui Ju dan menghancurkannya.

Hui Ju di Tengah Penyesalan yang Ingin Dilupakan

Hui Ju di Tengah Penyesalan yang Ingin Dilupakan

Melanjutkan ceritanya di episode 6, posisi Hui Ju mulai terlihat terpojok. Kemunculan Woo Jae yang lebih sering di sekitarnya membuat dia sangat terganggu. Belum lagi sikap suaminya, Hyeon Seong, yang mencurigakan; apakah dia mengetahui perselingkuhan itu dan pura-pura tidak mengetahuinya atau memang benar-benar tak tahu?

Sikap Hyeon Seong di episode ini memang bikin penasaran karena dia memerhatikan Woo Jae sampai pada rekaman medisnya serta tampak gelisah setiap melihatnya. Apakah sikap tidak tenangnya tersebut karena dia mengetahui perselingkuhan Hui Ju dengan lelaki itu? Atau apakah karena takut perbuatannya menabrak Woo Jae di masa lalu terbongkar?

Sikap tak kalah bikin penasaran juga diperlihatkan Hae Won. Karakter yang belum ganti coat sejak episode awal ini mulai menyinggung perselingkuhan antara Hui Ju dan suaminya. Dengan ekspresi yang tenang dan tak tertebak, Hae Won berhasil menyerang Hui Ju; wanita yang ingin melupakan penyesalannya di masa lalu.

Jika kamu suka dengan drama rumah tangga, perselingkuhan, intrik di keluarga kaya, Reflection of You (2021) bisa jadi pilihan, terutama jika kamu menikmati alur yang relatif lambat.

Selain itu lukisan yang ditampilkan dalam drama ini juga cantik dengan komposisi warna yang pas. Sinematografinya pun indah, terutama scene saat di Irlandia. Tertarik nonton? Ia bisa kamu saksikan di Netflix!

Hui Ju dan Hae Won Semakin Khawatir

Hui Ju dan Hae Won Semakin Khawatir

Episode 7 Reflection of You (2021) kita akan melihat kekhawatiran Hui Ju yang semakin besar. Sejak awal, dia sudah merasa terancam oleh kehadiran Woo Jae di tempat baseball Ho Su. Di sini, Woo Jae lumayan mengecoh Hui Ju karena dia bersikap seolah sedang pura-pura hilang ingatan.

Hui Ju tidak bisa bernapas lega karena Li-Sa mengingat kejadian saat dia kecil dulu, yaitu ketika seorang lelaki mengunjungi ibunya di Irlandia. Lelaki itu adalah Woo Jae. Gadis remaja tersebut semakin yakin karena melihat buku harian Woo Jae berisi gambar wanita, gambar sesuatu yang dicintainya.

Alur di episode 7 semakin panas ketika Woo Jae sendiri mulai mendapatkan jejak tentang masa lalunya, terutama ketika dia mendapati email yang menyatakan dirinya dilaporkan hilang beberapa tahun lalu. Dia pun mulai penasaran dengan alasan kepergiannya ke Irlandia.

Hae Won sendiri mulai menunjukkan sikap yang lebih agresif. Dia berani terang-terangan menunjukkan menyerang Hui Ju bahkan di depan suaminya. Hae Won terlihat semakin khawatir ketika meminta resepsi pernikahan pada Woo Jae. Wanita yang semula tenang dan tampak punya rencana membalaskan dendamnya, mulai gelisah.

Sayang episode 7 ditutup dengan plot yang agak dipaksakan agar dramatis, karena Woo Jae yang sedang ikut mengunjungi rumah kakek Hae Won, yang tampaknya cukup jauh dari keramaian dan bangunan-bangunan tinggi, tiba-tiba sudah ada di bangunan kosong, dan bertemu Hui Ju.

Terlebih Woo Jae pergi ke gedung itu dengan berjalan kaki, sementara ketika pertama kali datang Hae Won dan dirinya menggunakan mobil untuk sampai ke rumah sang kakek.

Benarkah Woo Jae Dapatkan Ingatannya Kembali?

Benarkah Woo Jae Dapatkan Ingatannya Kembali?

Nonton episode 8 Reflection of You (2021) emosi diajak terus naik melihat sikap Woo Jae dan Hui Ju, sementara simpati tertuju pada Hae Won. Apalagi bagian akhir ketika Woo Jae justru lebih tertarik pada Hui Ju lalu malah menciumnya di hari yang paling Hae Won inginkan. Sutradara pandai mengaduk-aduk emosi hanya dengan tiga karakter itu.

Sikap Woo Jae di episode 8 sangat membingungkan karena dia tidak bersikap selayaknya orang yang hilang ingatan, atau mungkin perlahan ingatannya kembali setelah menemukan buku berisi lukisannya ada pada Hui Ju?

Dengan sikap Woo Jae yang memperlihatkan ketertarikan pada Hui Ju, seolah ingatannya sudah kembali, membuat plot semakin seru dan bikin penasaran. Kita tunggu saja episode minggu depan apakah Woo Jae sudah mendapatkan ingatannya lagi atau hanya imajinasi.

Woo Jae Mengingat Potongan-Potongan Masa Lalu

Woo Jae Mengingat Potongan-Potongan Masa Lalu

Woo Jae yang mencium Hui Ju seolah ingatannya sudah kembali, ternyata hanya mengikuti instingnya. Dia belum benar-benar ingat masa lalunya dengan Hui Ju tapi seperti sudah yakin dengan firasatnya bahwa di antara mereka pernah ada sesuatu yang besar dan dalam.

Reflection of You (2021) episode 9 dan 10 menampilkan kegundahan Woo Jae terhadap perasaannya sendiri. Di dua episode ini pula, potongan-potongan masa lalu kembali terlintas di ingatan Woo Jae. Beberapa peristiwa yang terjadi sedikit banyak memancing ingatannya.

Peristiwa yang diingatnya mulai dari scene ketika dia menjabat tangan kakek Hae Won sampai scene saat dia membuka sebuah ruangan dan melihat Hui Ju di dalamnya. Untuk pertama kalinya Woo Jae mengatakan langsung ingatannya pada Hui Ju.

Hanya Hui Ju yang Tidak Tahu

Hanya Hui Ju yang Tidak Tahu

Nonton Reflection of You (2021) episode 9 dan 10, kita diajak mengira-ngira dan menebak tapi kemudian yakin bahwa selama ini suami Hui Ju, Hyeon Seong, ternyata sudah tahu kalau istrinya berselingkuh dengan Woo Jae di Irlandia.

Dalam salah satu scene, dialog antara Hae Won dan dirinya menyiratkan bahwa Hyeon Seong mengetahui aib itu tapi menutupinya.

Scene lain menampilkan alur mundur ketika Hyeon Seong pergi ke Irlandia untuk menemui Hui Ju tapi secara tak sengaja malah mendapatkan pesan dari Woo Jae. Bukan tidak mungkin kecelakaan Woo Jae juga disebabkan karena Hyeon Seong merasa terhina dengan perselingkuhan mereka.

Adegan yang lebih menyedihkan dari Reflection of You (2021) minggu ini adalah fakta bahwa Li-Sa ternyata melihat ibunya berciuman dengan Woo Jae.

Gadis remaja itu terpukul sampai melukai dirinya sendiri. Pada akhirnya Hui Ju adalah satu-satunya orang yang tak tahu bahwa orang-orang terdekatnya sudah mengetahui kalau dia pernah berselingkuh.

Hae Won Semakin Berani dan Terang-Terangan

Hae Won Semakin Berani dan Terang-Terangan

Di beberapa episode lalu, Hui Ju sangat yakin bahwa tidak ada satu pun orang yang tahu perselingkuhanya dengan Woo Jae. Keyakinannya tersebut tidak terbukti di episode ini karena Hae Won semakin berani dan terbuka menunjukkan bahwa dia mengetahui perselingkuhan itu.

Dendam Hae Won pada Hui Ju semakin terlihat jelas, terutama setelah kematian kakeknya. Karakter Hae Won dibawakan dengan mengesankan oleh Shin Hyun Been.

Dia berhasil menampilkan dendam dan rencana yang menakutkan melalui sorot matanya saat melihat Hui Ju. Hae Won juga lebih berani meluapkan emosi dan kekecewaannya pada Woo Jae. Keduanya semakin terbuka sekaligus emosional menyikapi perselingkuhan Woo Jae di masa lalu.

Hyeon Seong Tak Bisa Pura-pura Bodoh Lagi

Hyeon Seong Tak Bisa Pura-pura Bodoh Lagi

Penculikan Ho Su seperti menandakan babak baru dalam drama Reflection of You (2021). Pasalnya alur semakin seru karena emosi-emosi yang selama ini dirahasiakan mulai diperlihatkan.

Hyeon Seong yang sejak awal pura-pura tenang mengetahui perselingkuhan istrinya, di episode 11 tak bisa lagi menahan diri di hadapan Woo Jae.

Trauma yang dia simpan bertahun-tahun akibat diselingkuhi, tak bisa lagi dia tangani kala melihat foto Hui Ju, Woo Jae dan seorang bayi. Ibu mertua Hui Ju juga tidak lagi sekadar curiga tapi mulai mencari tahu fakta sebenarnya tentang hubungan Hui Ju dan Woo Jae.

Hae Won sendiri terlihat bertambah berani. Karakternya berkembang karena dia tidak lagi hanya berlembut-lembut dengan Woo Jae dan berpura-pura tidak tahu atas perselingkuhan suaminya itu.

Hae Won kini terlihat semakin santai dan tahu caranya bermain halus. Dia juga tampak tidak takut kehilangan Woo Jae seperti di episode awal. Lantas rencana apa lagi yang dimiliki Hae Woon untuk melihat Hui Ju menderita?

Hyeon Seong Memaafkan, Ibunya Mulai Terlibat

Hyeon Seong Memaafkan, Ibunya Mulai Terlibat

Semakin mendekati akhir, alur cerita Reflection of You (2021) semakin seru dan mendebarkan. Tensi terus naik di episode ini sejak awal.

Kejutan juga tak henti-hentinya diberikan, terutama sikap Hyeon Seong yang lebih memilih memaafkan perselingkuhan Hui Ju daripada menghukumnya. Hyeon Seong juga mengejutkan karena menyerang balik Hae Won.

Harga dirinya sebagai seorang suami, harus dipertahankan, terutama di depan sang ibu yang sejak awal memang tak pernah menyukai Hui Ju. Pada episode ini, Hae Won tidak terlalu banyak mengendalikan konflik. Giliran Woo Jae yang mengambil langkah besar atas semua kejadian antara dirinya, Hui Ju dan Hae Won.

Scene ketika Woo Jae berada di Irlandia dan perlahan mengingat kenangan bersama Hui Ju jadi babak baru lainnya yang patut ditunggu kelanjutannya di episode-episode mendatang.

Selain itu bagian saat ibu Hyeon Seong memeriksa DNA Ho Su di depan Hui Ju juga memuaskan dan bikin penasaran; seperti apa sikap selanjutnya yang akan dia ambil, mengingat dia sangat membenci Hui Ju?

Rentetan Plot Twist: Ho Su Anak Hyeon Seong

Rentetan Plot Twist: Ho Su Anak Hyeon Seong

Kehebohan pasca sang ibu mertua mencurigai Ho Su berakhir dengan plot yang tidak sesuai dengan tebakan banyak penonton. Ho Su yang selama ini dikhawatirkan Hui Ju sendiri sebagai anak Woo Jae, ternyata anak dari suaminya. Ketegangan di bagian ini jadi antiklimaks karena ternyata bukan itu akhir dari Hui Ju.

Plot tidak tertebak lainnya adalah ternyata Woo Jae sempat bicara langsung dan mengintimidasi Hyeon Seong beberapa tahun lalu saat menjadi selingkuhan Hui Ju.

Akibat hal itu Hyeon Seong menabrak Woo Jae hingga membuatnya hilang ingatan. Dua episode Reflection of You (2021) yang minggu depan sudah memasuki episode akhir ini penuh kejutan.

Obsesi Woo Jae, Simpati untuk Hae Won

Obsesi Woo Jae, Simpati untuk Hae Won

Pada episode 5 dan 6 Reflection of You (2021), sikap Woo Jae yang jadi obsesif terhadap Hui Ju setelah mendapatkan ingatannya kembali juga salah satu bagian yang membuat geleng-geleng kepala.

Karakternya sukses bikin ‘ngeri’ karena dia terobsesi pada seseorang yang sudah jelas-jelas membuangnya. Sikap kasarnya terhadap Hae Won juga bikin emosi naik. Menariknya di dua episode ini, Hae Won terlihat mengendurkan upayanya dalam membalas Hui Ju.

Dia bahkan banyak diam saat dikonfrontasi oleh Hui Ju, entah ketika difitnah sampai kehilangan pekerjaannya atau saat Hui Ju menemuinya perkara Ju Yeong dan Li-Sa. Namun, di akhir, lagi-lagi drama ini bikin penasaran karena Hae Won mungkin tidak ‘sediam’ itu.

16 Episode Rasanya Kurang

16 Episode Rasanya Kurang

Setelah dibuat babak belur dari episode pertama, akhirnya kita sampai di dua episode terakhir Reflection Of You (2021). Drama yang tidak terlalu banyak melibatkan pemain ini punya plot yang jenius. Penulisan skrip seperti tidak pernah habis ide untuk memuaskan penonton; baik skrip untuk Hui Ju atau Hae Won.

Melihat tensi yang terus tegang dan bikin penasaran di setiap episode, drama ini seharusnya tidak selesai di episode 16 tetapi lebih. Penyelesaian yang hanya disuguhkan melalui dua episode benar-benar terasa kurang.

Apalagi ditutup dengan kematian Woo Jae yang dramatis tapi seperti petir: mengejutkan untuk sesaat. Scene setelah itu yang justru ditunggu-tunggu malah terasa antiklimaks.

Plot bagian ending dari drama ini yang justru membuat Hui Ju sebagai karakter yang patut dikasihani, di satu titik terasa tidak adil. Namun, karakter Hae Won di akhir episode juga terasa membingungkan.

Meski begitu, Reflection Of You (2021) terlihat berusaha mengemas ceritanya sebaik mungkin dengan moral value yang tetap sampai dan bold. Lantas, bagaimana pendapatmu setelah nonton drama ini? Apakah merasa baik-baik dengan akhir ceritanya?

Reflection of You
Rating: 
3.2/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram