bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Moonshine and Valentine (2018)

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 11 September 2021

Hidup di zaman modern, siapa sangka bahwa alien ternyata benar-benar ada di dunia ini. inilah yang dirasakan oleh Guan Pi Pi yang hidupnya jadi aneh semenjak bertemu dengan Helan Jing Ting. Pasalnya Helan Jing Ting ini ternyata alien rubah yang berdarah campuran dengan manusia. Helan Jing Ting berusaha menyelamatkan hidup Guan Pi Pi agar hidupnya tidak berakhir di usia 25 tahun.

Kisah ini ada dalam drama Cina berjudul Moonshine and Valentine (2018) yang ditayangkan di Tencent Video. Drama yang diangkat dari novel berjudul Jie Ai Yihe Fenghuang karya novelis Shi Dingrou ini disutradarai oleh Leste Chen. Diperankan oleh Johnny Huang dan Victoria Song, drama ini cukup sukses dan mendapatkan banyak apresiasi.

Pasti penasaran dong, bagaimana kehidupan Guan Pi Pi pasca kedatangan Helan Jing Ting di hidupnya? Jawabannya bisa kamu dapatkan di artikel di bawah ini.

Sinopsis

Sinopsis & Review Drama Moonshine and Valentine (2018) 1

Helan adalah campuran dari manusia dan alien rubah, makannya ia lahir dalam keadaan cacat tidak bisa melihat. Sejak kecil Helan sudah di jodohkan dengan seorang anak perempuan, hingga keduanya tumbuh bersama dan jatuh cinta. Namun gadis itu ternyata obat agar Helan bisa kembali melihat, sayang karena hal ini Helan sangat terpukul dan memutuskan membangkang dari ayahnya.

Di kehidupan ini Hui Yan bereinkarnasi sebagai Guan Pi Pi dan Helan berusaha kembali untuk merebut hati wanita yang ia cintai ini. Guan Pi Pi sendiri bekerja sebagai reporter amatir di sebuah perusahaan, sayangnya karir dan kehidupan percintaan Guan Pi Pi tidaklah berjalan dengan lancar.  Guan Pi Pi harus menerima kenyataan bahwa pacarnya ternyata berselingkuh dengan sahabatnya sendiri Tian Xin.

Dalam keadaan terpuruk untungnya ada Xia Ju yang membantunya, selain itu ada Helan dan kedua pelayannya. Sebenarnya pertemuan Pi Pi dan Helan tidak berjalan lancar, pasalnya kisah cinta pada pandangan pertama yang di rencanakan Helan gagal total. Karena di kehidupan ini Pi Pi adalah gadis yang mandiri dan bukan gadis yang mudah jatuh cinta.

Helan tidak pernah menyerah dengan bantuan Kuan Yong, Xiu Xian dan sahabat Pi Pi yaitu Xiao Ju. Dengan berbagai cara Helan justru membuat Pi Pi takut padanya, apalagi ketika ia menceritakan tentang asal usulnya. Pi Pi makin ketakutan, pasalnya legenda aneh mengenai bangsa rubah ternyata benar adanya.

Sinopsis & Review Drama Moonshine and Valentine (2018) 3

Gangguan lain datang dari saudara tiri Helan yiatu Zhao Song si pendeta dari sisi kiri yang tamak dan kejam. Zhao Song sebenarnya orang yang baik, hanya saja karena merasa paling berkuasa ia menjadi begitu tamak akan tahta raja rubah. Apalagi semenjak wanita yang ia cinta yaitu Qian Hua begitu mencintai dan setia pada Helan.

Qian Hua merelakan dirinya untuk menolong Helan mencari cara agar Guan Pi Pi bisa tetap hidup lebih dari usia 25 tahun. Hubungan Qian Hua dan Zhao Song yang buruk ini membawa petaka pada kehidupan Helan dan Guan Pi Pi. Zhao Song membuat skenario untuk menghancurkan Qian Hua, Helan dan juga Guan Pi Pi.

Ia bekerja sama dengan Wang Xuan yang merupaka rival Guan Pi Pi di tempatnya bekerja. Wang Xua membeberkan rahasia perusahaan lipstik Qian Hua yang memakai binatang sebagai percobaan. Setelah ia wanita ini dibunuh lalu membuat Guan Pi Pi dan Helan sebagai tersangkanya. Zhao Song junga membunuh ayahnya sendiri, ia marah ketika tahu bahwa kunci tahta ternyata diberikan pada Helan.

Zhao Song membuat helan kembali ke wujudnya menjadi rubah yang tidak memiliki kekuatan. Tapi berkat hal ini Guan Pi Pi bisa hidup lebih lama dan ia tetap menunggu Helan kembali padanya.

Premis dan Plotnya Diceritakan dengan Sangat Baik

Sinopsis & Review Drama Moonshine and Valentine (2018) 5

Salah satu hal yang saya sukai dari drama ini adalah ketika penulis skenario dan sutradara berusaha untuk tidak keluar dari cerita. Dimana dalam drama ini alien klan rubah ini masuk ke bumi untuk tinggal dan melakukan evolusi hingga mereka terlihat seperti manusia. Hal ini diceritakan dengan sangat baik dalam animasi sebagai pembuka setiap episodenya.

Premis ini tetap di pegang oleh mereka selama ceritanya berkembang, dimana dalam drama ini ada cinta antara manusia dan rubah. Selain itu ada pertarungan anatar klan rubah utara yang di pegang oleh Zhang Song pendeta kiri. Sementara klan selatan di pegang oleh Helan Jing Ting yaitu pendeta kanan yang banyak di sanjung dan dipatuhi.

Dalam hal ini saya suka bagaimana mereka selalu membawa masalah klan rubah di setiap episodenya. Setiap masalah yang ada selalu berhubungan dengan klan rubah dan bagaimana mereka berusaha bertahan. Bahkan masalah Guan Pi Pi terjadi karena klan rubah yang membuat Hui Yan menjadi obat dan ditumbalkan hatinya untuk kesembuhan Helan.

Sejak awal saya menyukai bagaimana ceritanya di susun satu persatu, baik hubungan Helan dengan Guan Pi Pi. Selain itu ada dua kisah cinta segitiga, ada kisah cinta jenaka dari Kuan Yong, Xu Xian dan Xiao Ju yang merupakan sahabat Pi Pi. Cinta segitiga pun muncul saat Helan yang menolak di jodohkan dengan Qian Hua, di sisi lain Zhao Song mencintai Qian Hua.

Saya tidak merasakan adanya miss dalam ceritanya, setiap konflik dan plot twist datang di waktu yang tepat. Sehingga setiap orang yang menonton drama ini tidak akan merasa bosan. Bahkan untuk konflik dan plot twist yang dimunculkan membuat saya cukup terkejut. Pasalnya saya bisa merasakan bagaimana sakitnya di khianati pacar, orang yang di cinta atau kakak.

Baca juga: 10 Pemain Moonshine and Valentine, Kisah Cinta Rubah dan Manusia

Drama yang Memiliki Ciri Khas Sendiri

Sinopsis & Review Drama Moonshine and Valentine (2018) 7

Moonshine and Valentin (2018) menarik perhatian saya karena ceritanya yang cukup unik. Mengangkat alien dari klan rubah yang datang ke bumi untuk mencari tempat tinggal. Apalagi kisah Helan yang merupakan keturunan manusia dan rubah yang lahir cacat. Cerita ini terasa sangat unik dan ini menjadi salah satu nilai jual yang sangat bagus.

Tapi hal yang paling saya sukai adalah dibanding mengambil alur maju mundur terlalu sering. Sutradara dan penulis memilih untuk menampilkan kilasan kehidupan terdahulu Helan dan Hui Yan. Hampir di setiap episode selalu diawali dengan kisah masa kecil Helan dan Hui Yan. Dengan cara ini penonton bisa tahu apa yang terjadi pada Hui Yan dan mengapa Helan begitu menginginkan Guan Pi Pi.

Setidaknya hingga 15 atau 18 episodenya selalu menampilkan flashback ketika Helan dan Hui Yang masih kecil. Sedikit spoiler, pada akhirnya kita tahu bahwa Hui Yan yang merelakan hatinya diambil bukan karena tipu muslihat raja rubah. Setiap flashback menceritakan seluruh kehidupan klan rubah, baik alasan kenapa Kuan Yong dan Xiu Xian begitu setia pada Helan.

Selanjutnya kisah cinta yang menyedihkan dari Zhao Song dan Qian Hua, serta bagaimana kasih sayang raja untuk kedua putranya. Dengan adanya flashback di awal, saya merasa sangat nyaman menonton kisah Helan dan Guan Pi Pi di zaman modern ini. Jadi ceritanya terkesan rapi dan tidak ada gangguan adegan flashback yang terlalu banyak di tengah-tengah cerita.

Bromance dan Cinta Segitiga yang Bikin Greget

Sinopsis & Review Drama Moonshine and Valentine (2018) 9

Saat menonton Moonshine and Valentine rasanya tidak bisa jika tidak membicarakan mengenai bromance antara Helan, Kuan Yong dan Xiu Xian. Pasalnya ketiga orang ini terlihat memiliki kemistri yang sangat baik dan menghibur. Apalagi bromance dari Kuan Young dan Xiu Xian, dua orang yang memiliki sifat berbeda ini sangat menghibur.

Terkadang kita akan melihat mereka terlihat seperti para pria jomblo yang keren dan intelektual. Di sisi lain terkadang mereka terlihat bodoh apalagi mengenai cara untuk menangani wanita. Xiu Xian dan Kuan Young adalah dua rubah yang tidak bisa terpisahkan sama sekali. Mereka sangat dekat dan selalu bersama, bahkan mereka bekerja sebagai ahli bedah plastik bersama.

Tapi kedua rubah ini tidak akan lengkap tanpa sang tuan yaitu Helan Jing Tian. Mereka begitu setiap pada Helan, bahkan mereka tidak pernah protes ketika Helan terlalu banyak berbicara soal masa lalu. Selain bromance yang manis ada dua kisah cinta segitiga yang berakhir agak menyedihkan. Cinta segitiga pertama adalah antara Kuan Yong, Xiu Xian dan sahabat baik dari Guan Pi Pi yaitu Xiao Ju.

Cinta segitiga mereka ini cukup lucu dan menggemaskan, pasalnya Kuan Yong dan Xiu Xian selalu berada di sekitar Xiao Ju. Hampir setiap hari mereka selalu datang ke kafe tempat Xiao Ju bekerja. Mereka juga menyelamatkan harga diri Xiao Yu saat ia dimanfaatkan oleh temannya. Xiao Yu bahkan sempat merasa cemburu saat melihat Kuan Yong dekat dengan seorang wanita.

Tapi cinta segitiga ini harus berakhir menyedihkan, pasalnya Kuan Yong dan Xiu Xian berubah menjadi rubah. Mereka merelakan dirinya untuk kembali pada wujud aslinya, karena kesetian mereka pada tuannya Helan Jing Ting. Kisah cinta segitiga yang cukup menyakitkan datang dari Helan Jing Ting, Qian Hua dan Zhao Song.

Helan Jing Ting memang di jodohkan dengan Qian Hua oleh raja rubah, namun ia menolaknya. Tapi cinta Qian Hua pada Helan Jing Ting terus berkembang, itulah yang membuat rubah ini setia. Di sisi lain Zhao Song ternyata sudah menyimpan cinta sejak ratusan tahun pada Qian Hua. Di zaman ini Zhao Song dan Qian Hua hampir menikah, namun pernikahan mereka batal karena perintah dari raja.

Tapi selama Qian Hua ikut ke bagian utara bersama Zhao Song, ia mulai menyadari cintanya. Saat ia mulai jatuh cinta pada Zhao Song, pria ini justru melecehkannya dan membuat hidup Qian Hua berantakan. Endingnya Zhao Song yang dipenuhi amarah membunuh ayah dan membuat Helan kembali ke wujud aslinya yaitu rubah putih.

Gimana, apakah kalian tertarik untuk menonton drama Moonshine and Valentine setelah membaca review ini? Kamu bisa menonton drama ini di berbagai platform video, baik di YouTube maupun platform berbayar lainnya.

Moonshine and Valentine
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram