bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Life’s Punchline, Sebuah Realitas Hidup

Apa yang akan kalian lakukan ketika setelah berpuluh tahun berjuang untuk mengejar cita-cita, tapi sesudah menjalankannya ternyata tidak semudah yang dibayangkan? Selain karena faktor cita-cita yang dipilih, orang tua juga sejak dulu menentang cita-cita kalian.

Life’s Punchline (2021) merupakan drama Jepang yang disutradarai oleh Inomata Ryuichi, berdasarkan naskah original yang ditulis oleh Shigeki Kaneko. Drama bergenre slice of life ini menceritakan lima orang anak muda di usia akhir 20-an yang berjuang mengatasi kegagalan hidup mereka. 

Nah, daripada penasaran Bacaterus telah membuat rangkuman sinopsis dan review drama Life’s Punchline (2021). Berikut ini ulasannya. Selamat membaca.

Sinopsis

sinopsis_

Drama ini menceritakan kisah Haruto, Junpei dan Shunta, tiga orang laki-laki berusia akhir 20-an yang bergabung dalam grup komedian bernama “Macbeth” yang tidak terlalu terkenal.

Ada pula dua orang wanita yang berusia di akhir 20-an juga, yang bertemu dengan tiga orang laki-laki itu dan berusaha untuk mengatasi kegagalan hidup mereka.

Adalah Rihoko Nakahama, seorang wanita yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan memulai pekerjaan baru dengan bekerja paruh waktu di sebuah restoran bernama ‘Meikushiraazu’. Suatu ketika, ia bertemu dengan salah seorang anggota komedian Macbeth bernama Haruto.

Rihoko mulai mencari tahu tentang seluk beluk grup komedian Macbeth setelah ia mengalami sebuah kejadian yang membuat ia depresi.

Secara kebetulan, tempat tinggal Rihoko berdekatan dengan tempat tinggal anggota Macbeth. Ditambah para anggota Macbeth selalu datang ke restoran tempat Rihoko bekerja untuk membuat skrip pertunjukan komedi mereka.

Suatu ketika, Rihoko untuk pertama kalinya datang ke pertunjukan live komedian Macbeth. Tapi Rihoko terkejut mendengar kalau Macbeth akan berhenti sebagai komedian. Dan sekitar tiga bulan lagi adalah konser terakhir mereka.

Usai pertunjukan live Macbeth, Haruto tiba-tiba menyapa Rihoko mengucapkan terima kasih karena telah datang ke pertunjukan mereka dan membicarakan hal lainnya. Dari sana, Rihoko mulai akrab dengan anggota Macbeth yang lainnya dan sering bertemu.

Kembali ke masa lalu, di mana awal mula grup Macbeth berdiri. Kala itu Junpei mengajak Haruto untuk membuat grup komedi untuk tampil di acara festival sekolah.

Namun, ketika mereka tampil yang menonton hanya sedikit. Sementara siswa lain berkumpul di dekat Shunta yang memenangkan perlombaan gamePuyo Puyo tingkat nasional.

Kembali ke masa sekarang, Tsumugi, adik Rihoko yang tinggal bersama dengannya merasa aneh melihat kakak perempuannya yang sangat menyukai grup komedian tersebut.

Sementara Haruto, Junpei dan Shunta khawatir tentang masa depan grup mereka. Karena grup komedi Macbeth tidaklah terkenal, masing-masing anggota memiliki pekerjaan paruh waktu untuk menyambung hidup.

Keputusan Haruto, Junpei dan Shunta untuk tidak meneruskan grup komedian Macbeth sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Mereka berjanji kepada orang tua mereka, di mana jika grup komedian mereka tidak sukses dalam waktu 10 tahun, maka mereka akan berhenti dari grup komedian tersebut.

Sementara Kusunoki yang menjadi manajer grup Macbeth, meminta Haruto dan yang lainnya memikirkan kembali keputusan mereka. Dalam rentang waktu dua bulan yang tersisa, kenangan perjuangan membangun grup komedian Macbeth muncul kembali.

Junpei sementara waktu mulai memikirkan untuk melanjutkan usaha orang tuanya demi bisa menikah dengan kekasihnya, Natsumi.

Shunta, diberikan pilihan untuk menjadi pegawai tetap oleh pemilik restoran tempat ia bekerja paruh waktu. Sementara Haruto masih belum tahu akan bekerja apa ia nanti jika Macbeth sudah tidak berakhir.

Tidak hanya Haruto, Junpei dan Shunta saja yang terpikirkan akan masa depan mereka nantinya. Tapi Tsumugi yang sekarang bekerja di sebuah bar kecil pun terpikirkan akan masa depannya, dan begitu juga dengan Rihoko.

Kira-kira bagaimana nasib akhir dan masa depan anggota grup komedian Macbeth? Dan bagaimana Rihoko dan Tsumugi menghadapi masa depan mereka?

Kisah Tiga Komedian dan Dua Orang Gadis

kisah tiga komedian_

Drama ini secara keseluruhan menceritakan tentang tiga laki-laki yang telah berteman sejak SMA dan tergabung dalam sebuah grup komedi bernama Macbeth.

Dengan dua cerita dari kakak beradik Rihoko dan Tsumugi yang memiliki ketertarikan dengan grup tersebut, terutama karakter Rihoko yang jadi penggemar grup komedian Macbeth.

Drama yang berdurasi 54 menit di setiap episodenya ini, selalu menampilkan aksi komedi dari grup trio Macbeth di awal cerita yang memiliki keterkaitan dengan cerita di setiap episodenya. Dan ternyata setiap isi cerita komedi yang ditampilkan oleh grup tersebut merupakan komedi dari kisah nyata yang dialami oleh setiap pemainnya.

Akting dari lima pemain utama di drama ini memang patut diacungi jempol, karena mereka bisa memerankan setiap karakternya dengan baik dan menampilkan cerita yang memukau.

Tidak hanya para pemain utama saja yang menampilkan peran yang luar biasa, peran dari para pemain pendukung pun tak kalah keren sehingga menghasilkan cerita yang menyentuh dan seru untuk ditonton.

Kenyataan Pahit yang Harus Dihadapi

kenyataan pahit_

Dengan genre slice of life, drama ini menampilkan cerita kehidupan dari masing-masing pemainnya yang memiliki kisah seru sekaligus penuh haru biru.

Layaknya jiwa anak muda yang menggebu-gebu, para anggota Macbeth yaitu Haruto, Junpei dan Shunta awalnya optimis kalau grup mereka akan berhasil. Namun, kenyataan tidak selalu sesuai dengan harapan.

Setelah 10 tahun membangun grup komedian bersama, mereka harus menghadapi masalah di mana grupnya tidak kunjung terkenal. Hal ini membuat mereka harus bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tidak hanya permasalahan internal grup, tapi faktor luar yang terbesar adalah keluarga mereka yang tidak mendukung. Mereka bertiga memiliki latar belakang dan permasalahannya masing-masing, sehingga mereka harus menentukan pilihan yang sulit untuk menghadapi kenyataan yang pahit tersebut. 

Sementara, bagi Rihoko yang memiliki masa lalu kelam dengan tempat kerjanya dulu, setelah beberapa lama ia akhirnya bisa bangkit ketika adiknya memutuskan untuk menemani dirinya.

Meski Tsumugi terlihat seperti baik-baik saja, ia juga memiliki masalahnya sendiri karena masih terpikirkan untuk menggapai cita-citanya dan memendam semua masalahnya sendiri. Bahkan terjadi perang dingin antara Tsumugi dan Rihoko akibat beberapa hal yang sulit diungkapkan.

Cerita yang Hangat dan Penuh Makna

cerita hangat_

Drama ini memiliki alur cerita yang ringan dan mungkin beberapa permasalahan yang ditampilkan di dalam drama ini ada juga di dunia nyata.

Penampilan sinematografi yang sesuai dengan setiap emosinya, di mana ketika diperlihatkan scene pada masa lalu, scene sedih, senang, galau dan emosi lainnya sangat terasa perbedaannya, sehingga ketika menonton pun bisa semakin mendalami cerita dengan latar musik yang semakin mendukung dan tidak berlebihan.

Meski alur ceritanya ringan, tapi dari drama ini diperlihatkan bagaimana perjuangan tiga orang sahabat yang memperjuangkan cita-cita mereka, dengan ikatan persahabatan yang begitu dalam. Bahkan ketika mereka memutuskan untuk bubar pun merupakan keputusan yang sulit.

Ditambah lagi dengan munculnya kembali ingatan perjuangan selama 10 tahun yang telah mereka lalui bersama baik suka maupun duka.

Begitu juga dengan hubungan Rihoko dan Tsumugi yang mungkin memiliki sifat dan kesukaan yang berbeda. Dan layaknya kakak beradik pada umumnya, pasti ada masa-masa bertengkar dan tidak sependapat. Tapi dibalik semua itu mereka tetap saling mendukung satu sama lain dan saling menyayangi.

Meski ceritanya tidak memiliki plot twist dan bahkan mudah ditebak, drama ini tetap seru untuk ditonton. Apalagi melihat pengembangan karakter dari pemain utamanya. Karena setelah mengalami beberapa masalah sulit, perlahan mereka mulai menerima permasalahan tersebut dan bergerak untuk maju demi masa depan mereka.

Secara keseluruhan, drama ini memiliki cerita yang ringan, hangat dan penuh makna. Dengan cerita yang tidak berlebihan bahkan terlihat realistis dan berakhir dengan happy ending. Menurut saya, jika drama ini ditonton ulang, tidak akan membosankan karena ceritanya yang menarik dan memiliki banyak pelajaran yang bisa diambil. 

Nah, sekian ulasan sinopsis dan review drama Life’s Punchline (2021). Bagi yang penasaran dengan ceritanya, drama ini bisa kalian tonton di Netflix. Dan jika kalian pernah menonton drama ini, boleh juga menuliskan kesan setelah menonton dramanya di kolom komentar, ya!

Life's Punchline
Rating: 
4.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram