bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Layangan Putus (2021)

Layangan Putus (2021) adalah serial web yang belakangan sedang sangat populer dibicarakan oleh masyarakat di Indonesia. Baik tua maupun muda, serial ini berhasil membuat banyak orang greget dengan kisah perselingkuhan Aris (Reza Rahadian) dan Lidia (Anya Geraldine). Padahal sang istri Kinan yang diperankan oleh Putri Marino sedang hamil tua saat mengandung anak kedua mereka.

Serial ini memang menjadi salah satu bahan gunjingan paling hits, pasalnya baik dari sisi para istri dan suami semuanya ikut berkoar. Para istri merasa was was jika suaminya bisa tergoda pelakor, sementara para suami merasa dihakimi.

Serial web yang diproduksi MD Entertainment ini memang diangkat dari kisah nyata, dialami Mommy ASF yang ditulis dalam novel dengan judul yang sama.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah rumah tangga antara Kinan dan Aris yang diganggu oleh seorang pelakor? Sinopsis dan review dari serial Layangan Putus (2021) yang sedang hits ini, bisa kamu baca di bawah ini.

Baca juga: 9 Film Indonesia tentang Perselingkuhan dan Orang Ketiga

Sinopsis

Episode 1

Episode 1

Kisah ini dimulai dengan acara tujuh bulanan yang sedang dilakukan oleh Kinan (Putri Marino) dan sang suami Aris (Reza Rahadian). Pasangan yang terlihat super serasi dan mesra ini tengah menyambut calon anak kedua mereka.

Upacara berjalan dengan sangat meriah dan lancar, seluruh keluarga dan sahabat dekat mereka juga datang. Malam harinya Aris menanyakan, apakah Kinan memiliki keinginan atau impian, pasalnya ia ingin memberikan kado ulang tahun.

Kinan terkekeh, karena ulang tahunnya masih sekitar enam bulan lagi tapi sang suami sudah ingin menyiapkan kadonya. Malam itu Kinan mengungkapkan bahwa ada satu impian yang ingin dicapainya, Kinan hanya ingin naik balon udara.

Tapi keharmonisan di antara keduanya mulai goyah, semenjak hari itu Kinan mulai mendapati hal-hal aneh dari sang suami. Sekembalinya mereka dengan rutinitas masing-masing, Aris kerap pulang larut malam dan kini jadi sulit untuk dihubungi.

Ada banyak alasan yang diberikan setiap Kinan bertanya, tapi sebagai seorang istri ia berusaha untuk mengerti dan memahami. Wanita ini berpikir, mungkin suaminya memang benar-benar sibuk dengan urusan pekerjaan.

Saking sibuknya, Aris tidak bisa berjauhan dengan ponselnya meski sedang menyetir sekalipun. Beberapa kali sang suami juga meminta izin untuk pergi saat weekend, mulai dari touring motor hingga meeting. Kecurigaan dimulai ketika ia mendapati sang suami tidak ada di kantor dan ada bau parfum perempuan di kemejanya.

Hingga ditemukannya satu buah anting di jas sang suami, sementara pasangan anting itu tidak ia ada. Kinan mulai khawatir sambil mencari tahu segalanya, tapi semuanya hanya mengarah pada satu nama yaitu Miranda (Frederica Cull).

Sebenarnya Miranda bukanlah orang lain, perempuan ini teman bisnis suaminya yang memang sudah dikenal sejak lama. Fakta bahwa Miranda berbohong soal Surabaya, hingga anting yang sama juga digunakan oleh perempuan itu.

Belum lagi tempo hari saat mereka bertemu di sekolah anak mereka, Miranda dan Aris terlihat sangat dekat dan cukup intim. Melihat fakta-fakta ini, Kinan mencoba membuntuti Miranda yang membawanya masuk ke satu hotel mewah.

Emosi dalam dirinya naik, ia menggedor salah satu pintu dan memaksa masuk ke dalam kamar itu. Namun bukan sang suami yang ia dapati, malah menemukan Miranda bersama dengan pria lain yang ia sendiri tidak ketahui. Kinan sangat shock, pasalnya ia tidak menemukan orang yang sedang dicarinya malam itu. Lalu dimana Aris berada?

Episode 2-3

Layangan Putus Ep 2-3

Tak menemukan orang yang dicarinya, Kinan pulang dengan perasaan yang campur aduk. Ia menangis sepanjang perjalanan sambil memikirkan, kenapa ia bisa berpikir suaminya berselingkuh? Semua bukti yang didapatnya ternyata membuahkan sesuatu yang sangat memalukan. Rasa bersalahnya semakin memuncak, ketika di pagi harinya Aris tiba-tiba saja memberikannya kejutan.

Aris memberikannya anting yang ia kira milik miranda, saat itulah Kinan mengakui semua kebodohannya kemarin malam. Aris yang mendengar hal ini sangat marah, Aris benar-benar kesal dengan semua hal yang dilakukan istrinya pada Miranda. Tapi dibalik semua rasa kesal Aris, ternyata pria ini sudah mengetahui cerita lengkap dari insiden semalam.

Pasalnya Miranda telah menceritakan kejadian tersebut, beberapa saat setelah aksi penggerebekan Kinan. Untungnya masalah ini bisa teratasi dengan baik, Kinan juga telah meminta maaf pada Miranda mengenai aksinya tempo hari. Tapi dari sini Kinan mendapatkan hal lain, alasan kenapa Miranda bisa berselingkuh dan alasan dibalik aksinya tersebut.

Meski semuanya berjalan baik, rasa curiga dalam hati Kinan masih saja tidak bisa ia hilangkan begitu saja. Kinan mendapati bahwa suaminya memiliki akun telegram, lalu malam hari Aris melakukan video call dengan di teras dan seseorang bernama Jack. Sejak saat itu Kinan mulai menuliskan segala kecurigaannya pada sang suami, dalam sebuah notebook kecil.

Tidak ingin membahayakan hubungannya dengan Lydia, Aris kini makin berhati-hati lagi. Apalagi Miranda juga sudah mulai curiga akan hal ini, Aris harus mulai bermain lebih aman lagi. Suatu hari Aris menemani sang istri, untuk mencari kado ulang tahun salah satu teman Kinan. Disana Kinan tidak sengaja bertemu dengan seorang wanita cantik yang memuji anting miliknya terlihat cantik.

Ternyata perempuan itu adalah Lydia, tapi dengan santainya keduanya berakting seakan tidak saling mengenal. Bahkan Aris membantu memilih anting untuk Lydia dihadapan sang istri, hari itu Kinan benar-benar dibodohi keduanya. Sesampainya di rumah, Aris kembali mengirimkan pesan sampai telponan dengan Lydia di belakang anak dan istrinya.

Ia kembali memastikan cintanya pada Lydia, bahwa mungkin raganya bersama dengan Kinan. Namun hatinya telah ia berikan pada Lydia dan apapun yang terjadi ia akan mempertahankan hubungan ini.

Keesokan harinya Aris sampai datang ke apartemen Lydia, mereka menghabiskan waktu bersama. Ia mengatakan bahwa hubungan ini nyata, ia dan Lydia jelas memiliki masa depan karena saling mencintai. Meski terlihat baik-baik saja, nyatanya Kinan tidak bisa memungkiri bahwa ada beban dalam pikirannya. Apalagi jika Aris sudah mulai melupakan janjinya pada Raya, Kinan benar-benar sangat kecewa.

Hal ini berimbas pada kesehatannya, tensi darahnya naik lagi dan puncaknya Kinan dilarikan ke Rumah Sakit. Disaat seperti ini, Aris malah tidak bisa dihubungi karena sedang bercinta dengan selingkuhannya.

Episode 4-10

Layangan Putus Episode 4-10

Setelah segala kecurigaannya pada sang suami, Kinan Nekad untuk mencari tahu siapa “Jack Office” yang sesungguhnya. Setelah berkonsultasi dengan Lola dengan mengatas namakan masalah temannya, semua kecurigaannya terjawab sudah. Kinan akhirnya tahu bahwa nomor tersebut bukanlah nomor seorang pria, tapi pemiliknya adalah seorang perempuan bernama Lydia Danira.

Kinan juga berhasil mendapatkan info lainnya, mulai dari sosial media hingga identitas lengkap Lydia. Hingga hari itu ia berpikir untuk mendatangi lokasi apartemen, yang disebut sebagai alamat rumah Lydia. Sayangnya ia tidak menemukan keberadaan perempuan itu, tapi hal ini membuat Lydia agak panik. Ia mengutarakan hal ini pada Aris, untungnya sang pacar bisa mengatasi semua kekhawatirannya.

Tapi sejak saat itu Aris dan Lydia mulai lebih berhati-hati lagi, apalagi kini Miranda telah mengetahui rahasia mereka. Ancaman bagi mereka makin tinggi, lalu beberapa sahabat Kinan juga mulai menunjukkan rasa curiganya pada Aris. Di sisi lain, Lydia yang kembali menikmati hidupnya bertemu dengan seorang pria yang cukup menarik.

Hal ini membuat Aris sangat cemburu, alhasil terjadilah keributan yang membuat Lydia mengungkapkan perasaannya. Bagaimana ia lelah menjadi wanita kedua dalam hidup Aris, tidak bisa bertemu dan bermesraan di tempat umum. Lalu mengendap-endap di belakang Kinan, Lydia benar-benar lelah menjadi wanita yang selalu mengalah dan menunggu tanpa kepastian.

Lydia mengaku ingin menjadi wanita yang lebih penting dari Kinan dan ia meminta bukti. Aris berkata, ia akan membuktikan bahwa Kinan tidak lebih penting dari perempuan di hadapannya itu. Aris membawa Lydia ke Cappadocia, tempat impian sang istri yang tengah mengandung anak kedua mereka. Kepergian Aris membuat Kinan merasa terpukul, hingga ia menceritakan semuanya pada para sahabatnya.

Di sisi lain Miranda merasa iba pada Kinan, ia melakukan tugas terakhirnya sebagai seorang teman. Miranda memberikan di mana tempat tinggal Lydia, sementara Lola memberitahu jadwal flight Aris. Hari itu Kinan akhirnya menghakimi sang suami, dengan seluruh bukti perselingkuhan yang dimilikinya. Lagi dan lagi Aris kembali membuat alasan, tapi Kinan sudah benar-benar hancur dan kecewa.

Hingga akhirnya pertengkaran ini berbuah dengan keduanya kehilangan anak dalam kandungan Kinan. Sejak saat itu hubungan mereka menjadi sangat tegang, tapi Aris tetap saja memiliki waktu untuk Lydia. Keduanya tetap mencuri-curi waktu untuk bisa berduaan, bahkan Lydia nekat bermesraan dengan Aris di sekolah Raya.

Tak tahan dengan segala muslihat sang suami, Kinan membuat rencana makan bersama. Malam itu Kinan sengaja mempertemukan Aris dan Lydia di meja makan yang sama. Dua orang yang melakukan perselingkuhan ini terkejut, apalagi Kinan mengancam akan mempolisikan perselingkuhan ini. Lydia dan Aris benar-benar terjepit, bahkan hal ini berhasil membuat Lydia sangat ketakutan.

Lydia berusaha untuk menjelaskan hubungannya dengan Aris pada Kinan. Tapi yang didapatkannya malah ancaman dari Kinan, yang sedang mempertahankan harga dirinya. Lydia tidak pernah menyangka bahwa ia bisa begitu terhina di hadapan Kinan. Tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendirian, Aris meminta bantuan teman-temannya untuk mencarikannya pengacara.

Sudah mencoba bersabar dengan kelakuan suaminya, emosi Kinan di permainkan dengan cara Lydia menunjukkan diri di hadapan putrinya. Di sisi lain Lydia sudah sangat lelah dengan berbagai alasan Aris untuk mempertahankan pernikahannya. Hingga suatu hari Aris mengalami kecelakaan, Kinan berpikir hal ini akan menjadi titik balik untuk pernikahannya. 

Namun apa yang terjadi? Pria itu tidak pernah berubah sedikitpun. Berbagai janji manisnya hanya bualan belaka, karena Aris masih memilih Lydia bahkan ia rela kehilangan anak dan istrinya. Setelah semua impian akan kehidupan rumah tangga yang harmonis hancur, apa yang akan dilakukannya? Apakah Kinan akan menerima dirinya di poligami atau tetap maju untuk mempolisikan suami dan si pelakor?

Ceritanya Ngebut, dengan Plot Twist Mengejutkan

Ceritanya Ngebut, dengan Plot Twist Mengejutkan

Setelah menonton dua episode awalnya, jujur saja saya merasa cukup kaget dengan plotnya. Pasalnya segalanya benar-benar sangat cepat, alurnya seperti kereta kecap yang tidak boleh sampai ada keterlambatan.

Pasalnya di episode pertamanya saja, saya kira akan menggambarkan kehidupan harmonis antara Kinan (Putri Marino) dan Aris (Reza Rahadian).

Memang hal ini diperlihatkan, tapi hanya dalam tujuh hingga sepuluh menit awal saja, kesananya mulailah masuk ke dunia pelakor. Bahkan perubahan karakter Aris sebagai suami idaman yang agak posesif ke istrinya juga berlangsung sangat cepat.

Memang tidak buruk, tapi jujur saya kurang merasakan sisi Aris sebagai suami yang baik dengan embel-embel “tidak mungkin selingkuh”.

Pasalnya karakternya sebagai “best husband and father” yang harusnya dilekatkan pada karakter Aris. Malah bergerak dengan liar menjadi karakter Aris si pria yang mencintai wanita lain, selain istrinya.

Alhasil bagi saya sejak awal hingga akhir episode kedua, Aris memanglah pria yang brengsek. Hanya saja pria itu jago mencari dalih, alhasil ia bisa membodohi keluarganya dengan alasan pekerjaan.

Tapi satu hal yang paling saya sukai, yaitu plot twist yang membuat penonton berpikir bahwa Miranda adalah pelakornya ternyata bukan.

Karakter yang mainkan oleh mantan Putri Indonesia ini memang sangat mempesona, Frederica Alexis Cull benar-benar mengejutkan saya. Karakternya benar-benar kuat, terlihat sensual dan menggoda tapi tidak murahan.

Aris: Suami Posesif, tapi Berselingkuh dengan Wanita Lain?

kuh dengan Wanita Lain?

Layangan Putus (2021) memang menjadi sensasi yang membuat akhir tahun 2021 menjadi sangat meriah. Pasalnya serial web ini memang memiliki karakteristik tersendiri, sehingga siapapun yang menontonnya tidak mungkin akan melewatkannya. Salah satunya adalah karakter Aris yang diperankan oleh Reza Rahadian, menjadi jenis suami tukang selingkuh yang cukup unik.

Pasalnya dari banyak kisah perselingkuhan nyata, saya sering mendengar bahwa pria yang berselingkuh cenderung cuek dengan istrinya. Pasalnya mereka sudah menemukan wanita yang lebih dari istrinya, sehingga seakan melupakan wanita yang sudah menemaninya.

Namun ada juga tipe suami yang menjadi sangat mesra, tapi dalam artian memanjakan istri dengan kado-kado. Berbeda dengan Aris, saya merasa sisi posesif pria ini ketika melihat istrinya dengan pria lain terasa jadi hal yang berseberangan.

Suami yang berselingkuh dengan wanita lain, tapi ia masih merasa cemburu saat sang istri dekat dengan pria lain. Laki-laki seperti apa Aris ini? sampai-sampai ia bisa mencintai dan menyakiti dua wanita secara bersamaan.

Indikator dan karakteristik Aris sebagai suami seperti ini menjadi hal yang sangat unik bagi saya. Pasalnya hal ini bisa membuka mata orang, bahwa selingkuh itu bukan hanya karena suami yang sudah tidak mencintai istrinya. Ada juga laki-laki yang selingkuh karena memang tidak bisa menjaga hatinya, hasilnya jadi pria brengsek seperti Aris.  

Terdiri dari 10 episode, setiap minggunya para penonton selalu dibuat emosi dengan hubungan Aris dan Lydia. Sampai-sampai serial web ini selalu trending setiap minggunya di berbagai media sosial, kalau kamu gimana? Bagikan perasaanmu saat menonton Layangan Putus (2021) di kolom komentar di bawah ini.

Liciknya Cara Aris dan Lydia Berselingkuh

Liciknya Cara Aris dan Lydia Berselingkuh

Ada satu adegan yang pasti akan membuat para perempuan marah ketika menonton Layangan Putus (2021). Adegan tersebut ada di episode tiga, ketika Aris, Kinan dan Lydia bertemu di sebuah toko perhiasan dan kafe. Bagaimana bisa seorang suami dengan begitu mudahnya bertemu dengan selingkuhannya di hadapan sang istri.

Tanpa rasa bersalah dan malah memanfaatkan situasi, mereka berakting seakan tidak saling mengenal tapi melontarkan cinta dibelakang Kinan. Hebatnya lagi kedua wanita ini saling memuji kecantikan masing-masing, jujur saja saya sangat greget dengan adegan ini. Adegan ini menjadi salah satu adegan paling epic, sepanjang episode pertama hingga ketiga.

Pasalnya adegan ini mungkin lumrah terjadi, tapi penonton tidak bisa membayangkan bagaimana hal ini bisa terjadi. Sebagai perempuan saya sendiri kesulitan untuk berpikir, bagaimana ada perempuan yang tega untuk menyakiti perempuan lain. Apalagi ketika perempuan tersebut sedang mengandung, saya tidak melihat adanya penyesalan dari Aris dan Lydia.

Keduanya hanya bergelut dengan ego dan perasaan masing-masing, yang notabennya mengorbankan banyak perasaan lain. Aris jelas tidak memikirkan bagaimana rumah tangganya nanti, ketika hubungan ini terbuka pada Kinan dan Raya. Keduanya sangat licik, seakan-akan hanya mereka saja yang memiliki kehidupan dan perasaan.

Aris yang Menggunakan Sang Istri untuk Terlihat Bersahaja

Aris yang Menggunakan Sang Istri untuk Terlihat Bersahaja

Siapapun yang sudah menonton Layangan Putus (2021) dari episode pertama hingga ketiga. Saya pikir pasti memiliki pemikiran yang sama, bahwa Aris suka untuk membrandingdirinya sendiri. Branding apa yang ingin disematkan pada dirinya? Branding sebagai seorang pria dan suami yang bersahaja. Hal ini terlihat sekali, setiap kali Aris menolak ajakan teman-temannya dengan alasan istri.

Aris selalu beralasan ia ingin meminta izin terlebih dahulu dari Kinan sebelum pergi dengan teman-temannya. Memang Aris meminta izin dari Kinan, namun kebanyakan izin ini bukan untuk bertemu dengan teman-temannya saja. Izin ini hanya untuk dijadikan alasan, agar Aris bisa bertemu dan menghabiskan waktu dengan Lydia.

Bahkan saat teman-temannya mengajak Aris pergi ke club, ia tidak meminta izin secara lengkap pada Kinan. Padahal di club Aris bertemu dengan para perempuan, terlihat bahwa para perempuan ini juga mencoba untuk menggodanya. Ketika Aris menghabiskan waktunya di luar layaknya pria lajang, ada Kinan yang menangis dalam diam di rumah.

Perempuan yang sedang mencoba untuk tetap waras, agar ia tidak kembali melakukan kesalahan menuduh suaminya berselingkuh. Dengan pembawaan dirinya yang terlihat tenang dan sabar, Aris tentu bisa membuat banyak orang terkecoh dengan kelakuan bejatnya di luar sana. Apalagi ia juga terlihat sangat cemburu, jika melihat Kinan bertemu dengan temannya semasa bekerja di Rumah Sakit.

Tidak Ada Cerita yang Jelas Soal Pertemuan Aris dan Lydia

Tidak Ada Cerita yang Jelas Soal Pertemuan Aris dan Lydia

Setelah menonton serial Layangan Putus (2021), sejujurnya ceritanya memang sangat menarik. Pasalnya kasus perselingkuhan yang diangkat memang diperlihatkan secara gamblang. Hanya saja background story antara Lydia dan Aris justru menjadi plot hole yang mengganggu. Pasalnya drama ini tidak memperlihatkan bagaimana Aris dan Lydia bertemu hingga jatuh cinta.

Saya sudah menantikan hal ini sejak lama, hingga highlight dari episode delapan muncul. Di sana ada adegan karakter Lydia yang berusaha untuk memberikan sudut pandangnya soal perselingkuhan ini. hal ini tentu membuat saya sangat excited, sayangnya semua ini berakhir dengan rasa kecewa. Pasalnya episode delapan yang saya nantikan, tidak memberikan jawaban atas pertanyaan saya.

Awal pertemuan keduanya hanya diceritakan secara singkat di episode 8, sehingga sulit bagi saya untuk bisa memahami situasi keduanya. Kisah keduanya berawal dari Lydia yang mengantarkan minuman untuk Aris, saat pria itu sedang berada di kafe. Keduanya terlihat saling melemparkan pandangan, hingga akhirnya Aris tergoda untuk bisa duduk dan mengobrol dengan Lydia.

Bagi saya side story ini sangat nanggung, pasalnya hal ini kurang kuat untuk menjadi latar belakang dari kekuatan cinta mereka. Setidaknya tolong berikan penjelasan yang lebih make sense, kenapa bisa Aris rela meninggalkan istri dan anaknya hanya demi Lydia. Pasalnya jika dilihat sepintas, Lydia hanya dijadikan sebagai pemuas nafsu dan ego Aris semata.

Anggunnya Kinan Saat Melakukan Serangan Balik

Anggunnya Kinan Saat Melakukan Serangan Balik

Beberapa tahun belakangan kata “pelakor” memang sedang marak diperbincangkan. Apalagi berbagai macam aksi labrak seorang istri pada sosok “pelakor” sedang marak di internet. Kebanyakan dari aksi tangkap tangan yang dilakukan para istri ini, selalu berakhir dengan kekerasan verbal dan non verbal. Tapi Kinan menjadi sosok istri yang membalas kelakuan bejat suaminya dengan cara berbeda.

Alih-alih melontarkan hinaan dan memukuli si pelakor, Kinan malah memberikan ancaman secara perlahan. Membawa Lydia masuk ke sekolah putrinya, mengirim paket bukti perselingkuhan hingga membuat makan malam romantis untuk ketiganya. Cara ini memang epik dan memiliki damage yang lebih besar, dibanding membuat keributan yang memang memalukan.

Tentu saja hal ini tidak akan terjadi jika Kinan bukanlah perempuan yang berpendidikan dan bisa mengatur emosi. Selain itu teman-temannya juga tipe orang yang sabar, mereka tidak pernah memanas-manasi emosi Kinan. Alhasil cara Kinan untuk mengatasi masalah rumah tangganya bisa lebih anggun, ia menunjukkan bahwa dirinya memang lebih baik.

Hal ini diperkuat dengan akting Putri Marino yang sangat mumpuni, dari awal hingga akhir semuanya sempurna. Karakter sahabat-sahabat Kinan juga sangat bagus, realitanya memang dukungan orang terdekat sangatlah penting. 

Aris dan Lydia, dengan Segala Keegoisannya

Aris dan Lydia, dengan Segala Keegoisannya

Seperti kata pepatah “Jodoh itu adalah cerminan diri kita”, hal ini memang cocok untuk menggambarkan Lydia dan Aris. Pasalnya kedua pasangan ini memiliki kapasitas ego yang sama-sama lebih besar, dibanding dengan rasa bersalah. Makanya mereka bisa terus-terusan menjalani perselingkuhan, tanpa memikirkan ada orang lain yang terluka dari perbuatan mereka.

Keduanya sama-sama membuat emosi penonton, si pria menjadi pembohong ulung dengan berbagai alasan. Melihat bagaimana Aris selalu saja menutupi semua perilaku dan kesalahannya pada Kina dengan berbagai kebohongan. Hal ini sudah pasti bikin emosi, apalagi saat ia mengatakan bahwa dirinya mencintai Kinan dan Lydia secara bersamaan.

Sudah terlihat betapa egoisnya pria ini, ia hanya memikirkan kepentingannya sendiri. Aris menutup matanya untuk melihat, bahwa ada istri dan anak sedang menderita. Sementara si perempuan berpikir jika cintanya pada si pria lebih besar dan lebih berharga, sehingga ia menginginkan jadi satu-satunya. Jelas secara profesi, Lydia telah gagal menjadi seorang psikolog anak dengan pemikiran piciknya. 

Caranya memaksakan diri untuk muncul dihadapan Raya, ini membuat saya merasa sangat marah. Pasalnya bagaimana bisa seorang psikolog anak bertindak gegabah, karena tindakannya beresiko menghancurkan mental seorang anak. Bagi saya Lydia jelas-jelas telah gagal menjadi seorang psikolog, seorang ibu dan perempuan, dengan semua keegoisan dan keserakahannya.

Anya Geraldine Hampir Babak Belur

Anya Geraldine Hampir Babak Belur

Setelah menonton penampilan Anya Geraldine sebagai karakter Lydia si perebut suami orang. Saya harus mengatakan bahwa, penampilannya di Layangan Putus (2021) bukanlah penampilan terbaiknya. Sejak awal kemunculannya, saya sangat memperhatikan mulai dari mata, body language hingga tata rias dan busananya.

Jujur saja saya kurang puas dengan tata rias dan busana yang dikenakan oleh Anya sebagai Lydia. Beberapa kali saya terkejut ketika melihat Lidya salah kostum sampai penampilannya yang sangat monoton dan membosankan. Tapi hal yang paling penting adalah kualitas aktingnya, pasalnya Anya hampir babak belur dihadapan Reza Rahadian dan Putri Marino.

Saya tahu karakter Lydia adalah seorang psikolog, sehingga perempuan ini jelas memiliki pengendalian emosi yang baik. Ia tahu bahwa dirinya tidak boleh bertindak gegabah, apalagi Kinan bukanlah perempuan yang mudah untuk dibodohi. Maka dari itu karakter Lydia terlihat memiliki duality, ketika dihadapan Kinan ia menjadi seorang terdakwa yang memalukan.

Sementara di hadapan Aris, Lydia menjadi wanita yang penuh selalu mendukung si pria, dengan niat untuk menjadi satu-satunya. Sayangnya karakter yang dikeluarkan oleh Anya sering terlihat no soul dan out of control. Untungnya di episode delapan hingga sepuluh, saya melihat adanya perubahan drastis dari akting Anya sebagai Lydia.

Pasalnya saya bisa merasakan ada rasa tidak percaya, panik dan gelisah dimatanya, tiap kali menatap aris. Terutama dalam adegan Aris memberitahukan padanya, bahwa Kinan telah merestui pernikahan mereka. Saya bisa melihat betapa kecewanya Lidya, karena tujuannya tidak hanya ingin jadi yang utama tapi satu-satunya ternyata gagal.

Scene paling epic dari Anya Geraldine hadir di penutup episode 10, ketika Lydia menangis dalam diam di tempat tidurnya. Sepertinya Anya sudah menemukan zona nyamannya sebagai Lydia, sehingga saya bisa menikmati karakternya sebagai seorang pelakor. Selain itu dua episode terakhir Layangan Putus (2021) menjadi pembuktian, bahwa akting Anya Geraldine memang patut untuk diantisipasi.

Layangan Putus
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram