bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama L.U.C.A: The Beginning (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 9 Agustus 2021

Zi O selalu terbangun di tempat baru dalam bingung dan keadaan luka-luka. Sama seperti kali itu. Dia tidak mengetahui siapa dirinya dan orang-orang yang sudah tergeletak di sekitarnya. Di tempat lain seorang detektif wanita bernama Gu Reum yang berani dan tanpa lelah mencari tahu tentang nasib kedua orangtuanya. Gu Reum kehilangan orangtua sejak masih sangat kecil.

Suatu hari Zi O tanpa sengaja menabrak Gu Reum yang sedang menangkap penjahat. Detektif wanita itu berhenti bernapas tapi menggunakan kekuatannya, Zi O berhasil menghidupkan gadis itu kembali. Peristiwa tersebut sampai ke telinga para peneliti yang memang sudah sangat lama mencarinya.

Lalu dari mana kekuatan Zi O berasal? Apa tujuan peneliti mencari dan seolah memburunya? L.U.C.A: The Beginning yang dibintangi Kim Rae Won dan Lee Da Hee siap menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Melalui sinopsis serta review-nya di bawah ini Anda akan sedikit menerima gambarannya. Simak bersama yuk!

Sinopsis

Sinopsis & Review Drama L.U.C.A: The Beginning (2021) 1
  • Tanggal/Tahun Rilis: 1 Februari – 9 Maret 2021
  • Genre: Drama, Sci-Fi, Romance, Action
  • Produksi: Take One Company
  • Sutradara: Kim Hong Seon
  • Pemeran: Kim Rae Won, Lee Da Hee, Kim Sung Oh, Kim Sang Ho
  • Jumlah Episode: 12

Zi O (Kim Rae Won) terbangun dalam keadaan penuh luka dan bingung. Dia tidak ingat apa pun, termasuk yang terjadi pada dirinya serta orang-orang di sekitar yang tampak tergeletak. Melihat segerombol mobil yang tidak dia kenal, Zi O melarikan diri. Sementara itu, Lee Son (Kim Sung OH), seorang kapten sekaligus pasukan khusus yang bekerja di bawah Human Tech Laboratory untuk menangkap Zi O mendapatkan perawatan serius akibat luka bakar di bagian tangan; tangannya hangus.

Di tempat lain, Zi O membersihkan diri dan menemukan sebuah SIM dengan namanya tersimpan dalam dompet. Satu tahun kemudian Choi Jin Hwan (Kim Sang Ho) dan Kim Yoo Chul (Hwang Jae Yeol) beserta tim petugas penanganan Kejahatan Kekerasan lain mendatangi sebuah lokasi konstruksi karena di sana dilaporkan ada penemuan mayat.

Di lokasi tersebut rupanya sudah ada Ha Neul Ae Gu Reum (Lee Da Hee), detektif wanita yang bertugas untuk Unit Tindak Pidana dari Kepolisian Metropolitan Juan. Kehadirannya membuat Jin Hwan terganggu karena detektif tersebut dirasa turut campur untuk masalah yang terjadi di daerah yurisdiksinya.

Gu Reum kemudian pergi dari lokasi dan menuju Badan Forensik Nasional menemui Profesor Oh Jong Hwan (Lee Hae Young) untuk meneliti dan mencocokkan sebuah berkas dengan jenazah yang baru ditemukan di lokasi tadi. Dia ternyata sedang menyelidiki sebuah kasus secara diam-diam. Di sana Gu Reum kembali bertemu dengan Jin Hwan dan mengetahui bahwa detektif wanita itu kini tidak lagi bertugas di Unit Tindah Pidana.

Di tempat lain Zi O sudah bekerja sebagai pengangkut limbah di Unit Pengolahan Limbah Dagyeong. Dia dan rekannya, Kim Man Sik (Lee Won Jong) bertugas menjemput limbah-limbah dari banyak perusahaan untuk dibakar di tempatnya. Rupanya salah satu limbah yang mereka jemput adalah bangkai-bangkai hewan yang konon diklaim menjadi bagian dari eksperimen sebuah perusahaan kosmetik.

Esok harinya, Gu Reum dikenalkan sebagai anggota baru tim Jin Hwan. Mereka kemudian mengadakan acara penyambutan sederhana di sebuah rumah makan. Cerita berlanjut saat Kim Cheol Soo (Park Hyuk Kwon) datang ke sebuah gereja yang terlihat ramai oleh ibu-ibu hamil. Para ibu hamil tersebut menjalani sebuah ritual pemberkatan yang dipimpin oleh Hwang Jung A (Jin Kyung).

Pembicaraan keduanya tampak aneh karena mereka membahas mengenai para ibu yang antusias menawarkan bayi yang dikandungnya. Esok harinya Zi O kembali bekerja tapi kali ini limbah yang diangkutnya berupa limbah biomedis. Sesampainya di lokasi Zi O terlihat tidak asing dengan tempat tersebut; dia mencium aroma yang aneh dari sana.

Sinopsis & Review Drama L.U.C.A: The Beginning (2021) 3

Saat hendak pergi setelah selesai melakukan pekerjaannya, Zi O melihat Gu Reum datang. Gu Reum yang berniat mengajukan beberapa pertanyaan ditemui oleh seorang peneliti dari tempat tersebut, yang belakangan diketahui sebagai Human Tech. Gu Reum tidak mendapat jawaban yang memuaskan dan dia terlihat mencurigai tempat itu.

Seekor simpanse berukuran besar terlihat di kurung di sana. Sang profesor, Ryu Joong Kwon (Ahn Nae Sang) tampak melewatinya begitu saja. Di sebuah bangunan yang terlihat sepi tersebut rupanya terdapat aktivitas penelitian terkait peleburan sel. Di ruangan Joong Kwon sendiri terdapat toples-toples kaca berukuran sedang berisi benda-benda aneh hasil penelitian. Pada satu-satunya toples kosong di sana terdapat sebuah label bertuliskan Z-O

Esok harinya di tempat lain, Gu Reum disibukkan dengan pengejaran salah satu penjahat yang kabur. Begitu bersemangatnya Gu Reum sampai-sampai detektif tersebut tidak melihat ada sebuah mobil melaju kencang. Seketika dia pun tertabrak. Rupanya mobil yang menabrak Gu Reum dibawa oleh Zi O.

Peristiwa ini menimbulkan kekacauan di lokasi. Gu Reum yang tergeletak sudah dikerumuni oleh banyak orang di sana. Merasa bertanggung jawab terhadap peristiwa ini, Zi O turun lalu dari mobil dan berusaha menyadarkan Gu Reum yang ternyata sudah tewas. Sejurus kemudian tanpa diduga Zi O menggunakan kekuatannya berupa kejutan listrik untuk mengembalikan nyawa Gu Reum.

Pada percobaan kedua, detektif wanita itu berhasil sadar. Orang-orang yang mengelilingi mereka diam-diam merekam kejadian tersebut dan mengunggahnya ke media sosial. Peristiwa ini sampai ke banyak orang termasuk sahabat Zi O, Won Yi (Ahn Chang Hwan) Kim Cheol Soo, dan Profesor, Ryu Joong Kwon. Sejak kejadian itu, Zi O terus diburu. Lalu siapa Zi O sebenarnya? Mengapa dia diburu?

Drama Korea Terinspirasi dari Teori Darwin

Sinopsis & Review Drama L.U.C.A: The Beginning (2021) 5

L.U.C.A: The Beginning merupakan drama Korea yang sangat unik karena premisnya terinspirasi dari pemikiran seorang Darwin mengenai Teori Evolusi. Nama L.U.C.A pada judulnya sendiri mengacu pada kepanjangan Last Universal Common Ancestor yang berarti semua organisme yang hidup berasal dari keturunan yang sama.

Maka dari itu selama drama berlangsung, Anda akan mendapat suguhan mengenai berbagai penelitian dan percobaan terhadap manusia, termasuk ibu hamil yang berakhir nahas. Menariknya premis tersebut dibalut lagi dengan cerita mengenai sebuah sekte yang percaya dengan pembentukan tatanan dunia baru.

Dalam drama ini sains dan sekte tersebut dipertontonkan melalui adu akting antara aktor dan aktris senior, Ji Kyung dan Ahn Nae Sang. Mereka berhasil memerankan karakter dua orang yang ambisius dengan tujuan ego dan keuntungan pribadi. Persinggungan antara keduanya menambah drama ini semakin dramatis. Apalagi dalam salah satu episode mereka mengaku sebagai ayah dan ibu Zi O.

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama Korea The Doctor (2016)

Suguhan CGI yang Memuaskan

Sinopsis & Review Drama L.U.C.A: The Beginning (2021) 7

 L.U.C.A: The Beginning tersaji dengan tampilan CGI yang memuaskan. Sebagai drama yang bercerita tentang manusia hybrid, ada banyak adegan yang melibatkan dan mengandalkan elemen tersebut. Terutama ketika Zi O mengeluarkan aliran listrik dari dalam tubuhnya. Adegan yang memperlihatkan kekuatan Zi O ini hampir selalu ada di setiap episode. Anehnya Anda tidak akan bosan dengan hal tersebut dan justru menunggu Zi O beraksi lagi.

Pemakaian CGI dalam drama ini cukup detail. Misalnya ketika aliran listrik digambarkan berjalan di urat-urat tangan Zi O. Anda akan mendapatkannya melalui pengambilan gambar yang cukup dekat sehingga semakin terasa nyata. Selain itu efek ledakan yang ditimbulkan setiap kali Zi O marah juga sangat meyakinkan. CGI yang digunakan dalam drama ini semakin menambah dramatis dari segi penceritaan.

Adegan Laga dan Perkelahian yang Bikin Ngilu

Sinopsis & Review Drama L.U.C.A: The Beginning (2021) 9

Adegan laga dan perkelahian dalam drama ini dibuat dengan koreografi yang penuh tenaga. Baik karakter Zi O atau Gu Reum menampilkan kemampuan berkelahi dengan sangat profesional. Pukulan dan tendangan yang ditampilkan tampak bertenaga hingga membuat siapa pun yang melihat ikut merasakan sakit.

Scene laga pada drama ini, terutama yang dipertontonkan oleh karakter Zi O dan Lee Son juga sangat mengerikan. Mereka bertarung habis-habisan, dari mulai tangan kosong hingga menggunakan alat-alat berbahaya. Adegan ketika keduanya berkelahi dijamin akan memuaskan para pecinta drama genre action atau laga.

Dibumbui Kisah Romantis

Sinopsis & Review Drama L.U.C.A: The Beginning (2021) 11

Di antara jalan cerita yang selalu tegang karena adegan perkelahian dan kejar-kejaran, L.U.C.A: The Beginning punya kisah romantis. Selipan kisah yang emosional antara Zi O dan Gu Reum ditambahkan agar para penonton terikat oleh hubungan dua karakter tersebut.

Hubungan mereka tidak mudah karena selalu dihantui oleh ancaman-ancaman dari para orang serakah. Namun, Zi O dan Gu Reum yang sama-sama kuat, membuat cerita cinta mereka terasa berbeda dari kisah romantis di drama lainnya. Kekuatan Gu Reum sebagai wanita dalam drama ini akan menyentuh Anda. Begitu pun dengan Zi O yang berani melakukan apa pun untuk menyelamatkan ibu dari buah hatinya tersebut. Mereka manis dan mengharukan dalam cara yang berbeda.  

L.U.C.A: The Beginning hanya berlangsung sepanjang 12 episode. Alur drama ini terhitung cepat tapi semua isinya tersampaikan tanpa terasa tergesa-gesa. Jika Anda penggemar serial genre laga, drama yang naskahnya ditulis oleh Cheon Seon Il ini sudah sangat tepat. Apalagi duet antara Kim Rae Won dan Lee Da Hee yang cocok secara chemistry juga sangat memuaskan. Tertarik dengan kisah Zi O, si manusia hasil eksperimen?

L.U.C.A: The Beginning
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram