bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Misaeng: Incomplete Life (2014)

Kalau kamu penasaran dengan drama Korea dengan tema kehidupan perkantoran dengan latar belakang Korea Selatan, bisa dengan menonton Misaeng: Incomplete Life (2014). Drama Korea satu ini memang diadaptasi dari Webtoon hasil karya Yoon Tae Ho.

Misaeng (2014) menceritakan kehidupan perkantoran di Korea Selatan dengan sudut pandang seorang karyawan magang dan menjadi karyawan temporer di sebuah perusahaan besar. Menariknya, karyawan ini menceritakan kisah dan pengalamannya berdasarkan permainan Baduk, permainan tradisional Korea Selatan. Siap untuk menerima spoiler?

Baca juga: Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah

Sinopsis

Misaeng
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Drama, Office
  • Produksi: tvN
  • Sutradara: Kim Won Suk
  • Pemeran: Im Si Wan, Kang So Ra, Kang Ha Neul, Byun Yo Han, Lee Sung Min, Kim Dae Myung.
  • Jumlah episode: 20

Misaeng (2014) dimulai dengan Jang Geu Rae (Im Si Wan) mencari seseorang di Yordania. Ia bersama Mr. Cho (Choi Jae Woong) mengejar orang tersebut sampai ke sudut kota tua Yordania untuk menemukan penginapan tua nyaman, tempat orang yang dicari menginap.

Selama pencarian, Jang Geu Rae terus melakukan narasi menceritakan tentang perjalanan hidup. Sampai menemukan orang yang dicari lalu dikejar sampai area rooftop. Kemudian terhenti dan kembali ke beberapa tahun sebelum kejadian tersebut.

Jang Geu Rae adalah seorang mantan pemain professional Baduk yang akhirnya menyerah untuk mengejar mimpinya. Pada usia 26 tahun ia baru mulai menapaki karier bekerja di perusahaan besar. Hanya berbekal GED dan koneksi perusahaan, ia diterima sebagai karyawan magang di One International.

Awalnya Jang Geu Rae tak ingin bekerja di One International. Namun, karena keadaan ia pun masuk tetapi lebih lama beberapa hari dari karyawan magang lainnya.

Saat Jang Geu Rae masuk ke perusahaan dan ditempatkan sebagai karyawan magang di Tim Sales 3, ia melihat An Young Yi (Kang So Ra) sepintas lalu dipanggil oleh Kim Dong Sik (Kim Dae Myung) untuk ngobrol di rooftop. Kim Dong Sik bertanya tentang latar belakang dan kemampuan bahasa Jang Geu Rae.

Kontras dengan Jang Geu Rae, An Young Yi pun menunjukan kemampuannya dalam berbahasa Inggris dengan bertemu klien One International saat menjadi magang. Kemampuannya ini diakui oleh teman sesama tim.

Sesampai Jang Geu Rae di kubikel khusus Tim Sales 3, ia diminta untuk foto kopi di area lain kantor One International. Di sini, ia bertemu dengan karyawan magang lain bernama Lee Sang Hyun (Yoon Jong Hoon).

Awalnya Lee Sang Hyun memperlakukan Jang Geu Rae dengan baik. Tetapi mengetahui kabar dari Jang Ki Seok (Mu Jin Sung) bahwa Jang Geu Rae masuk melalui koneksi, ia merasa sebal.

Jang Geu Rae kembali dari ruang supply lalu menemukan Kim Dong Sik menunggu Jang Geu Rae. Namun, Jang Geu Rae melakukan kesalahan klasik disaksikan oleh An Young Yi. Kim Dong Sik pun memperkenalkan Jang Geu Rae dengan An Young Yi.

Selanjutnya, Kim Dong Sik meminta Jang Geu Rae untuk ke kubikel Tim Sales 3 dan menjaga kubikel. Kim Dong Sik pun mengatakan bahwa ia perlu meeting dengan klien. Di sini petualangan Jang Geu Rae sebagai karyawan magang dimulai. Banyak telepon yang masuk. Jang Geu Rae pun diminta oleh Mr. Hwang (Park Jin Soo) untuk mengangkatnya.

Ia pun mengangkat telepon tapi sayangnya tak mengerti bahasa Rusia. Kebetulan An Young Yi lewat, Jang Geu Rae pun meminta bantuannya. Sudah selesai, ada telepon lagi, kali ini menggunakan bahasa Inggris.

Ia pun kesulitan karena tak bisa berbahasa asing dan meminta bantuan An Young Yi lagi. Dengan kesulitan tersebut, ia merasa bahwa semua yang diajarkan saat menjadi pemain Baduk tak ada artinya.

Di bagian lain, Jang Baek Ki (Kang Ha Neul) menunjukan kinerja gemilang dengan timnya. Ia cukup dipuji lalu melihat Jang Geu Rae melintas untuk menemui An Young Yi.

Jang Baek Ki pun mengintervensi keduanya lalu memperkenalkan diri ke Jang Geu Rae. Jang Baek Ki dengan senang hati menawarkan bantuan bila Geu Rae butuh sesuatu atau pekerjaan berkaitan dengan magang. Ia pun memberitahu aturan berpakaian selama di kantor.

Jam makan siang tiba, terlihat semua karyawan magang di lantai 15 One International menunggu lift untuk menuju kantin. Saat lift dibuka semua masuk. Jang Geu Rae yang berada paling belakang pun akan masuk. Kim Seok Ho (Jo Hyun Sik) mempersilahkan Jang Geu Rae untuk masuk tetapi Lee Sang Hyun menolaknya dan menyuruhnya untuk menggunakan lift selanjutnya.

Saat di kantin, Lee Sang Hyun menceritakan bahwa ia kesal mengapa Jang Geu Rae bisa diterima hanya dengan modal koneksi atasan. Saat itu Jang Geu Rae masuk lalu Jang Baek Ki memintanya untuk bergabung. Di sini mereka semua mengintegrosi Jang Geu Rae dan merasa tidak adil setelah mengetahui latar belakang yang dimiliki Jang Geu Rae.

Keesokan harinya, Tim Sales 3 menemukan masalah bahwa Oh Sang Sik (Lee Sung Min) harus bertemu dengan klien penting. Tetapi Oh Sang Sik baru saja pulang dari luar negeri dan menghadapi kemacetan di jam sibuk. Mereka tahu bahwa klien ini tak suka menunggu dan terlambat.

Kim Dong Sik pun memerintahkan Jang Geu Rae untuk bertemu dengan klien itu, Jang Geu Rae diminta untuk menahan klien tersebut apapun caranya sampai Oh Sang Sik sampai.

Sesampainya Oh Sang Sik di tempat bertemu, ia melihat Jang Geu Rae dan klien bermain Baduk. Klien tak menyangka waktu berlalu dengan cepat. Setelah pertemuan, Oh Sang Sik dan Jang Geu Rae menuju ke kantor bersama.

Selama perjalanan Oh Sang Sik menanyakan kemampuan dan hal yang dimiliki Jang Geu Rae. Oh Sang Sik merasa Jang Geu Rae adalah pemuda yang tak biasa. Sesampai di kantor, Oh Sang Sik meminta Jang Geu Rae untuk merapikan file di flashdisk Tim Sales 3. Ia pun membaginya berdasarkan pengalamannya dalam bermain Baduk.

Pada hari itu, masalah datang lagi. Ada pengemasan yang salah karena mencampurkan cumi dengan gurita. Hal ini membuat Oh Sang Sik meminta semua karyawan magang untuk pergi ke pabrik dan mencari gurita yang salah masuk kemasan.

Di sini Jang Geu Rae harus bekerja sendiri sementara karyawan magang lain bekerja berpasangan. Sayangnya, Jang Geu Rae mendapatkan bagian yang terbanyak dan tak menggunakan baju pelindung karena stok habis.

Di tengah pekerjaan, ternyata ada informasi baru bahwa kesalahan itu bukan dari One International, tetapi dari perusahaan sebelumnya. Karyawan magang diminta untuk kembali ke kantor tetapi Jang Geu Rae dibiarkan terus bekerja oleh Lee Sang Hyun.

Saat kembali ke kantor, Jang Baek Ki menyadari bahwa Jang Geu Rae masih tertinggal di pabrik dan menegur Lee Sang Hyun. Ia pun meminta bantuan pekerja di sana untuk meminta Jang Geu Rae kembali ke kantor. Sayangnya, tak ada kendaraan lain dan juga kendaraan umum sulit untuk ditemukan saat jam tersebut.

Jang Geu Rae berhasil sampai ke kantor dan bertemu An Young Yi. An Young Yi mengajak Jang Geu Rae untuk bertemu para seluruh karyawan magang. Di sana, ia dipermalukan oleh Lee Sang Hyun.

Setelah kejadian tersebut, Jang Geu Rae menyadari keadaan dirinya. Pada momen tersebut pun, Oh Sang Sik merasa gundah setelah mengetahui Jang Geu Rae masuk melalui jalur koneksi dari direksi. Di perusahaan One International ada sistem karyawan magang harus presentasi dua kali.

Pertama secara tim beranggotakan dua orang mempresentasikan inovasi produk sedangkan presentasi kedua masih dalam tim tetapi masing-masing orang membawa produk sendiri. Presentasi ini akan membawa hasil apakah mereka akan terus menjadi karyawan di One International atau tidak.

Hampir semua karyawan magang pun meminta berpasangan dengan Jang Geu Rae karena dianggap paling mudah untuk disingkirkan. An Young Yi pun meminta untuk setim dengan Jang Geu Rae karena termasuk paling dekat. Setelah Kim Dong Sik memberitahu Jang Geu Rae tentang sistem presentasi, Jang Geu Rae merasa terluka, termasuk dengan An Young Yi.

Pada saat itu, muncul Han Seok Yul (Byun Yo Han), karyawan magang One International yang bekerja di pabrik. Ia memperkenalkan diri langsung dengan Jang Geu Rae dan meminta untuk satu tim dengannya.

Setelah mengetahui maksud karyawan magang lain, Jang Geu Rae lebih berhati-hati dan bertanya langsung dengan Han Seok Yul mengapa ingin satu tim dengannya. Mendengar jawaban Han Seok Yul, Jang Geu Rae tak langsung memberikan jawaban. Walau pada akhirnya, Jang Geu Rae dan Han Seok Yul satu tim presentasi.

Pada presentasi dimulai, An Young Yi yang berpasangan dengan Lee Sang Hyun pun memberikan penampilan gemilang. Begitu pula dengan Jang Baek Ki. Saat tiba giliran Jang Geu Rae dan Han Seok Yul, mereka sempat kesulitan karena Han Seok Yul diterpa panic attack.

Jang Geu Rae berusaha memperbaiki keadaan tetapi cukup sulit. Akhirnya Han Seok Yul menangani keadaannya lalu kembali presentasi dalam 3 menit dengan hasil yang memuaskan.

Jang Geu Rae sendiri dikatakan berhasil dalam presentasi kedua karena sanggup memukau para direksi dan juga kepala departemen. Setelah presentasi, semua karyawan magang dirumahkan untuk menunggu hasil panggilan.

Hasilnya adalah An Young Yi, Jang Baek Ki, dan Han Seok Yul diterima sebagai karyawan tetap di One International. Sedangkan Jang Geu Rae diterima sebagai karyawan temporer dengan kontrak dua tahun.

Dari sini, perjalanan mereka berempat sebagai teman maupun frenemy dimulai. Keempatnya mendapatkan tim yang cukup menantang dengan segala kesulitan dan juga manisnya perjuangan bekerja dalam tim di sebuah perusahaan besar.

Menceritakan tentang Kehidupan Kantor di Korea Selatan

Menceritakan tentang Kehidupan Kantor di Korea Selatan

Misaeng (2014) memiliki latar belakang kantor One International di lantai 15, 16, 18, area rooftop, serta taman. Beberapa kali bertempat di luar kantor sebagai acara sosialisasi dengan klien atau teman kerja.

Dalam drama ini, kamu akan melihat perjuangan Jang Geu Rae untuk bisa memberikan hasil yang maksimal dalam tim. Kemudian hubungan Jang Geu Rae dengan Oh Sang Sik, Kim Dong Sik, dan juga pekerja Tim Sales 3 yang datang dan pergi.

Tak hanya itu, kamu bisa membayangkan bagaimana kerasnya kehidupan karyawan perkantoran di Korea Selatan. Mereka bekerja overtime, dipandang sebelah mata oleh tim, dimanfaatkan oleh atasan, konflik batin, sampai sulitnya mendekatkan diri dengan atasan.

Konflik yang dimunculkan dalam Misaeng (2014) sedikit banyak benar-benar menggambarkan keadaan dunia kerja di perusahaan, tak hanya di Korea Selatan tetapi juga di Indonesia. Namun, dari semua konflik, hal manis pun juga ada yang bisa membuat hati hangat saat menontonnya.

Minim Kisah Percintaan Tapi Banyak Kisah Persahabatan

Minim Kisah Percintaan Tapi Banyak Kisah Persahabatan

Bisa dikatakan tidak ada kisah percintaan di Misaeng (2014). Kalaupun ada hanya sebatas suka dan tak sampai berpacaran. Kalau percintaan pun lebih banyak menyoroti kehidupan rumah tangga Oh Sang Sik dan Sun Ji Young (Shin Eun Jung) dengan keluarga masing-masing.

Walau minim percintaan dalam Misaeng (2014), tetapi ada banyak sekali kisah persahabatan di dalamnya. Tentu saja, persahabatan sesama rekan kerja antara Jang Geu Rae, An Young Yi, Jang Baek Ki, dan Han Seok Yul. Masing-masing memiliki karakter yang berbeda dan memiliki pandangan berbeda dalam masalah.

Walau karakter masing-masing ini cukup kuat tetapi saat bersamaan tidak ada yang paling menonjol. Masing-masing saling melengkapi dan juga menggunakan kelebihannya untuk saling mendukung.

Selain Jang Geu Rae dan teman-temannya, kisah persahabatan juga muncul dari Oh Sang Sik dan Sun Ji Young serta Kim Dong Sik, Ha Sung Joon (Jun Suk Ho), Kang Hae Joon (Oh Min Suk), dan Sung Jun Sik (Tae In Ho).

Win-Win Ending

Win-Win Ending

Misaeng (2014) memang menceritakan dari sisi Jang Geu Rae tetapi bisa dikatakan ini drama untuk seluruh karakter. Bisa dikatakan seluruh karakter mendapatkan kesulitan berbeda tetapi pada akhirnya menang dengan cara yang baik.

Drama ini memang memberikan penampilan kondisi perkantoran tetapi bukan berarti membosankan. Karakter An Young Yi memberikan nuansa segar dalam berpakaian office look yang bisa memberikan inspirasi.

Selain itu, strategi dan perencanaan dalam bekerja menjadi nilai utama dalam drama. Terlihat dari strategi dan perencanaan yang dibuat Oh Sang Sik untuk menang dalam kontrak dengan cara yang berbeda.

Menceritakan tentang kehidupan kantor bukan berarti tidak ada emosi. Justru, kamu bisa merasakan adanya cerita yang cukup relate dengan kehidupan pribadi. Ditambah dengan warm tone disajikan dalam sinematografinya, walau lebih banyak karakter menggunakan warna dingin dalam pakaian maupun suasana kantor. 

Menurut saya, Misaeng (2014) memiliki rating 4/5. Ini menceritakan dengan baik kehidupan kantor dengan segala konflik dan kehangatan di dalamnya. Namun, pada bagian beberapa episode terakhir cukup diulur-ulur karena lebih banyak flashbacknya. Pada episode awal pun juga harus kuat untuk bertahan menontonnya. Baru setelah episode 2, drama ini mulai lebih menarik untuk ditonton.

Kalau kamu bukan pencinta drama kehidupan akan bosan tetapi bisa kamu ingin drama yang “tenang”, Misaeng (2014) adalah pilihan yang tepat. Banyak yang memberikan rating tinggi untuk Misaeng: Incomplete Life (2014). Bahkan drama ini pun dinantikan kehadirannya pada Season 2. Akankah terjadi?

Misaeng
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram