Sinopsis & Review Drama Misaeng: Incomplete Life (2014)

Ditulis oleh Dhini Oktavianti
Misaeng
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Kalau kamu penasaran dengan drama Korea dengan tema kehidupan perkantoran dengan latar belakang Korea Selatan, bisa dengan menonton Misaeng: Incomplete Life (2014). Drama Korea satu ini memang diadaptasi dari Webtoon hasil karya Yoon Tae Ho.

Misaeng (2014) menceritakan kehidupan perkantoran di Korea Selatan dengan sudut pandang seorang karyawan magang dan menjadi karyawan temporer di sebuah perusahaan besar. Menariknya, karyawan ini menceritakan kisah dan pengalamannya berdasarkan permainan Baduk, permainan tradisional Korea Selatan. Siap untuk menerima spoiler?

Baca juga: Sinopsis & Review Run On, Cinta Atlet Lari dan Penerjemah

Sinopsis

Misaeng
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Drama, Office
  • Produksi: tvN
  • Sutradara: Kim Won Suk
  • Pemeran: Im Si Wan, Kang So Ra, Kang Ha Neul, Byun Yo Han, Lee Sung Min, Kim Dae Myung.
  • Jumlah episode: 20

Misaeng (2014) dimulai dengan Jang Geu Rae (Im Si Wan) mencari seseorang di Yordania. Ia bersama Mr. Cho (Choi Jae Woong) mengejar orang tersebut sampai ke sudut kota tua Yordania untuk menemukan penginapan tua nyaman, tempat orang yang dicari menginap.

Selama pencarian, Jang Geu Rae terus melakukan narasi menceritakan tentang perjalanan hidup. Sampai menemukan orang yang dicari lalu dikejar sampai area rooftop. Kemudian terhenti dan kembali ke beberapa tahun sebelum kejadian tersebut.

Jang Geu Rae adalah seorang mantan pemain professional Baduk yang akhirnya menyerah untuk mengejar mimpinya. Pada usia 26 tahun ia baru mulai menapaki karier bekerja di perusahaan besar. Hanya berbekal GED dan koneksi perusahaan, ia diterima sebagai karyawan magang di One International.

Awalnya Jang Geu Rae tak ingin bekerja di One International. Namun, karena keadaan ia pun masuk tetapi lebih lama beberapa hari dari karyawan magang lainnya.

Saat Jang Geu Rae masuk ke perusahaan dan ditempatkan sebagai karyawan magang di Tim Sales 3, ia melihat An Young Yi (Kang So Ra) sepintas lalu dipanggil oleh Kim Dong Sik (Kim Dae Myung) untuk ngobrol di rooftop. Kim Dong Sik bertanya tentang latar belakang dan kemampuan bahasa Jang Geu Rae.

Kontras dengan Jang Geu Rae, An Young Yi pun menunjukan kemampuannya dalam berbahasa Inggris dengan bertemu klien One International saat menjadi magang. Kemampuannya ini diakui oleh teman sesama tim.

Sesampai Jang Geu Rae di kubikel khusus Tim Sales 3, ia diminta untuk foto kopi di area lain kantor One International. Di sini, ia bertemu dengan karyawan magang lain bernama Lee Sang Hyun (Yoon Jong Hoon).

Awalnya Lee Sang Hyun memperlakukan Jang Geu Rae dengan baik. Tetapi mengetahui kabar dari Jang Ki Seok (Mu Jin Sung) bahwa Jang Geu Rae masuk melalui koneksi, ia merasa sebal.

Jang Geu Rae kembali dari ruang supply lalu menemukan Kim Dong Sik menunggu Jang Geu Rae. Namun, Jang Geu Rae melakukan kesalahan klasik disaksikan oleh An Young Yi. Kim Dong Sik pun memperkenalkan Jang Geu Rae dengan An Young Yi.

Selanjutnya, Kim Dong Sik meminta Jang Geu Rae untuk ke kubikel Tim Sales 3 dan menjaga kubikel. Kim Dong Sik pun mengatakan bahwa ia perlu meeting dengan klien. Di sini petualangan Jang Geu Rae sebagai karyawan magang dimulai. Banyak telepon yang masuk. Jang Geu Rae pun diminta oleh Mr. Hwang (Park Jin Soo) untuk mengangkatnya.

Ia pun mengangkat telepon tapi sayangnya tak mengerti bahasa Rusia. Kebetulan An Young Yi lewat, Jang Geu Rae pun meminta bantuannya. Sudah selesai, ada telepon lagi, kali ini menggunakan bahasa Inggris.

Ia pun kesulitan karena tak bisa berbahasa asing dan meminta bantuan An Young Yi lagi. Dengan kesulitan tersebut, ia merasa bahwa semua yang diajarkan saat menjadi pemain Baduk tak ada artinya.

Di bagian lain, Jang Baek Ki (Kang Ha Neul) menunjukan kinerja gemilang dengan timnya. Ia cukup dipuji lalu melihat Jang Geu Rae melintas untuk menemui An Young Yi.

Jang Baek Ki pun mengintervensi keduanya lalu memperkenalkan diri ke Jang Geu Rae. Jang Baek Ki dengan senang hati menawarkan bantuan bila Geu Rae butuh sesuatu atau pekerjaan berkaitan dengan magang. Ia pun memberitahu aturan berpakaian selama di kantor.

Jam makan siang tiba, terlihat semua karyawan magang di lantai 15 One International menunggu lift untuk menuju kantin. Saat lift dibuka semua masuk. Jang Geu Rae yang berada paling belakang pun akan masuk. Kim Seok Ho (Jo Hyun Sik) mempersilahkan Jang Geu Rae untuk masuk tetapi Lee Sang Hyun menolaknya dan menyuruhnya untuk menggunakan lift selanjutnya.

Saat di kantin, Lee Sang Hyun menceritakan bahwa ia kesal mengapa Jang Geu Rae bisa diterima hanya dengan modal koneksi atasan. Saat itu Jang Geu Rae masuk lalu Jang Baek Ki memintanya untuk bergabung. Di sini mereka semua mengintegrosi Jang Geu Rae dan merasa tidak adil setelah mengetahui latar belakang yang dimiliki Jang Geu Rae.

Keesokan harinya, Tim Sales 3 menemukan masalah bahwa Oh Sang Sik (Lee Sung Min) harus bertemu dengan klien penting. Tetapi Oh Sang Sik baru saja pulang dari luar negeri dan menghadapi kemacetan di jam sibuk. Mereka tahu bahwa klien ini tak suka menunggu dan terlambat.

Kim Dong Sik pun memerintahkan Jang Geu Rae untuk bertemu dengan klien itu, Jang Geu Rae diminta untuk menahan klien tersebut apapun caranya sampai Oh Sang Sik sampai.

Sesampainya Oh Sang Sik di tempat bertemu, ia melihat Jang Geu Rae dan klien bermain Baduk. Klien tak menyangka waktu berlalu dengan cepat. Setelah pertemuan, Oh Sang Sik dan Jang Geu Rae menuju ke kantor bersama.

Selama perjalanan Oh Sang Sik menanyakan kemampuan dan hal yang dimiliki Jang Geu Rae. Oh Sang Sik merasa Jang Geu Rae adalah pemuda yang tak biasa. Sesampai di kantor, Oh Sang Sik meminta Jang Geu Rae untuk merapikan file di flashdisk Tim Sales 3. Ia pun membaginya berdasarkan pengalamannya dalam bermain Baduk.

Pada hari itu, masalah datang lagi. Ada pengemasan yang salah karena mencampurkan cumi dengan gurita. Hal ini membuat Oh Sang Sik meminta semua karyawan magang untuk pergi ke pabrik dan mencari gurita yang salah masuk kemasan.

Di sini Jang Geu Rae harus bekerja sendiri sementara karyawan magang lain bekerja berpasangan. Sayangnya, Jang Geu Rae mendapatkan bagian yang terbanyak dan tak menggunakan baju pelindung karena stok habis.

Di tengah pekerjaan, ternyata ada informasi baru bahwa kesalahan itu bukan dari One International, tetapi dari perusahaan sebelumnya. Karyawan magang diminta untuk kembali ke kantor tetapi Jang Geu Rae dibiarkan terus bekerja oleh Lee Sang Hyun.

Saat kembali ke kantor, Jang Baek Ki menyadari bahwa Jang Geu Rae masih tertinggal di pabrik dan menegur Lee Sang Hyun. Ia pun meminta bantuan pekerja di sana untuk meminta Jang Geu Rae kembali ke kantor. Sayangnya, tak ada kendaraan lain dan juga kendaraan umum sulit untuk ditemukan saat jam tersebut.

Jang Geu Rae berhasil sampai ke kantor dan bertemu An Young Yi. An Young Yi mengajak Jang Geu Rae untuk bertemu para seluruh karyawan magang. Di sana, ia dipermalukan oleh Lee Sang Hyun.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram