bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Korea Melancholia (2021)

Setelah sempat diundur penayangannya karena salah satu staf terkena Covid-19, drama Melancholia (2021) akhirnya tayang. Dibintangi Im Soo Jung dan Lee Do Hyun, drama ini punya premis dan fokus cerita yang cukup berbeda dari drama kebanyakan.

Kim Sang Hyeob, sebagai sutradara mencoba menyuguhkan kerumitan rumus-rumus dari matematika dengan pengemasan yang apik. Lee Do Hyun sebagai murid jenius tampil meyakinkan, begitu pula Im Soo Jung yang tampil apik sebagai guru matematika yang hebat.

Duet mereka yang diceritakan beda usia belasan tahun menjadi andalan untuk memikat penonton. Bagaimana keseruan drama ini? Yuk, simak sinopsis dan ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga: Sinopsis dan Review Film Now We're Breaking Up

  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: Bon Factory Worlwide
  • Sutradara: Kim Sang Hyeob
  • Pemeran: Im Soo Jung, Lee Do Hyun, Choi Dae Hoon, Oh Gwang Rok
  • Jumlah Episode: 16

Sinopsis

Ji Yoon Su diminta menjadi tenaga pengajar untuk kelas lanjutan matematika di SMA Asung. Perhatiannya terfokus pada seseorang yang secara misterius menjawab soal-soal yang dia buat secara benar. Setelah beberapa lama, Yoon Su menemukan bahwa orang itu adalah Baek Seung Yoo, salah satu murid yang bersekolah di SMA Asung. Lantas apa yang akan terjadi antara mereka?

Episode 1-2

Episode 1-2

No Jung A selaku Direktur SMA Swasta Asung memberikan sambutannya di depan wali-wali murid yang hadir. Ji Yoon Su merusak momen Jung A tampil pintar di depan wali murid. Tak lama dia dibawa oleh pihak kepolisian.

Sejurus kemudian Baek Seung Yoo tiba dan coba bicara pada Yoon Su bahwa dia akan membuktikan. Sampai di kantor polisi Yoon Su mulai diinterogasi dengan tuduhan telah meniduri muridnya, Baek Seung Yoo.

Empat bulan sebelumnya Yoon Su yang terkenal jenius dalam bidang matematika mendapat tawaran untuk mengajar kelas matematika lanjutan di SMA Asung. Di kereta dia bertemu Baek Seung Yoo dan tas mereka tertukar secara tidak sengaja. Keduanya kemudian janji bertemu untuk mengembalikan tas masing-masing.

Kelas matematika lanjutan pun dimulai tapi Yoon Su tampak kecewa karena tak ada satu pun siswa yang lolos tes level. Dia lalu dikagetkan oleh jawaban benar yang ditempel di majalah dinding sekolah secara misterius. Untuk mengetahui identitas pelakunya Yoon Su coba memancing dengan pertanyaan lain.

Baek Seung Yoo sebagai pelaku sebenarnya merasa tertantang. Dia pun menjawab soal itu di depan mading tapi saat Yoon Su datang guru matematika tersebut melihat Sung Ye Rin lah yang berdiri di depan mading dan mengira bahwa dia pelakunya. Sung Ye Rin tidak menyangkal hal itu padahal dia tahu bahwa Baek Seung Yoo yang mengerjakannya.

Sung Ye Rin, putri anggota dewan yang tidak terlalu pintar matematika membenci Seung Yoo. Dia merasa tersaingi oleh kepintaran pemuda tersebut dan menyalahkan Seung Yoo atas kegagalannya.

Ye Rin benci terhadap Baek Seung Yoo yang pura-pura bodoh. Esoknya ketika Yoon Su meminta Ye Rin mengerjakan soal yang sama di papan tulis, gadis itu akhirnya mengaku kalau dia sudah berbohong.

Yoon Su semakin penasaran hingga tanpa sengaja menemukan petunjuk dari sebuah video milik siswa lainnya. Dia akhirnya tahu bahwa siswa jenius yang membuatnya terkesan adalah Baek Seung Yoo.

Di sisi lain wacana olimpiade matematika yang akan digelar di Korea serta anggaran besar yang mungkin akan diterima SMA Asung bergulir di antara para petinggi, termasuk ayah Ye Rin.

Calon suami Yoon Su, Ryu Sung Jae, merupakan petugas administrasi di Kementrian Pendidikan Bidang Perencanaan dan Koordinasi. Oleh Sung Min Joon, ayah Ye Rin, dia dilibatkan dalam kompetisi SMP dan SMA di Olimpiade Matematika Internasional.

Artinya akan ada kompetisi matematika antara siswa yang nantinya menjadi perwakilan di olimpiade. Yoon Su yang mendengar itu dari Sung Jae langsung terpikir untuk mengirim Baek Seung Yoo.

Yoon Su menilai keistimewaan Baek Seung Yoo terletak pada caranya melihat dunia dari sudut pandang matematika. Hari itu ayah Baek Seung Yoo, Baek Min Sik, sengaja menemui Yoon Su di sekolah untuk menunjukkan video yang memperlihatkan kejeniusan putranya dalam matematika.

Saat umur 10 tahun Baek Seung Yoo rupanya sudah bergabung dengan MIT dengan nama Baek Min Jae. Baek Min Sik ingin Yoon Su membimbing putranya.

Namun, melihat perubahan drastis pada diri Baek Seung Yoo, Yoon Su merasa pemuda itu tidak membutuhkan bimbingannya. Baek Seung Yoo yang tak bisa berhenti memikirkan soal yang diajukan Yoon Su kembali ke sekolah di malam hari dan mulai mengerjakannya.

Tak berselang lama Yoon Su juga datang. Mereka berdua mengerjakan soal di papan tulis semalam suntuk dengan semangat. Keberadaan mereka yang bermalam di sekolah gara-gara mengerjakan soal dilaporkan pada Jung A oleh wakil kepala sekolah, Choi Sung Han.

Menyaksikan video yang memperlihatkan semangat Baek Seung Yoo dalam mengerjakan soal matematika bersama Yoon Su malam itu membuat ayah dan ibu Seung Yoo merasa lega. Min Sik semangat memasukkan putranya ke Sekolah Sains untuk anak-anak berbakat tapi Seung Yoo menolak dan membuat Min Sik sangat marah.

Seung Yoo lari dari rumah dan bertemu Yoon Su yang mengantar tunangannya pulang. Yoon Su coba mengejar tapi Seung Yoo malah menganggapnya pembohong karena dia mengira Yoon Su menyarankan sang ayah untuk mendaftarkannya ke Sekolah Sains. Seung Yoo seperti ingin mengubur kenangannya ketika ‘menjadi’ Baek Min Jae.

Yoon Su berusaha menahan Baek Min Sik ketika membawa putranya pergi dan pindah sekolah ke Sekolah Sains. Dia bersedia mengajari Seung Yoo tapi sudah terlambat. Seung Yoo sendiri akhirnya mengetahui kalau yang merekomendasikan dia ke Sekolah Sains adalah No Jung A, bukan Yoon Su.

Kepindahan Seung Yoo ke Sekolah Sains memang bagian dari rencana Jung A dan ayah Ye Rin. Tujuannya tentu saja agar Ye Rin tidak memiliki saingan yang bisa menghalanginya lolos ke olimpiade.

Seung Yoo mengerjakan tes ujian masuk di Sekolah Sains, sementara murid SMA Asung juga bersiap mengisi soal-soal ujian untuk kompetisi matematika. Ketika ujian akan dimulai, tanpa diduga Seung Yoo datang dan mengejutkan Yoon Su, Jung A dan Ye Rin.

Episode 3-4

Melancholia Ep 3-4

Seung Yoo dan Ye Rin dipastikan mewakili SMA Asung mengikuti Olimpiade Matematika Internasional. Sebagai bagian dari persiapan mereka mengikuti kelas khusus. Dalam kelas khusus tersebut, Yoon Su meminta keduanya untuk mencari topik pidato matematika. Seung Yoo dan Ye Rin juga lolos tes klub kalkulus yang diinisiasi oleh Yoon Su, sementara Kyu Young tidak.

Yoon Su mengajak Seung Yoo menemui seorang profesor di panti jompo untuk memperdalam materi pidatonya. Profesor tersebut ternyata adalah ayahnya. Ye Rin sendiri masih belum menentukan topik yang akan dia ambil. Yoon Su dan Seung Yoo pun pada akhirnya kembali pergi berdua ke sebuah pameran dan perpustakaan guna memperdalam topik pilihan muridnya itu.

Kyu Young melihat Yoon Su dan Seung Yoo pulang berdua di jam yang cukup larut. Kecewa sebab tak lulus klub kalkukus, dia mengedit foto Yoon Su dan Seung Yoo menjadi tidak pantas. Keributan terjadi di sekolah antara Seung Yoo dan Yoon Su. Sikap Seung Yoo memancing Kyu Young berprasangka bahwa dia memang menyukai guru matematika itu.

Di tempat berbeda Yoon Su yang sedang fitting baju pengantin bergegas meninggalkan calon suami dan ibu mertuanya untuk kembali ke sekolah karena baru saja melihat foto yang jadi sumber keributan. Dia lalu menemui Seung Yoo dan memberi dukungan karena Seung Yoo tidak lagi menyembunyikan emosinya.

Yoon Su baru tahu dari calon suaminya kalau pemenang Olimpiade Matematika sudah ditetapkan. Dia cukup kecewa karena hal tersebut jadi tak adil untuk siswa yang lain. Hari itu Yoon Su dan Seung Yoo pergi ke Jeju untuk menghadiri pameran yang penting bagi bahan pidatonya nanti. Di saat bersamaan Ye Rin yang magang di ISAT juga pergi ke Jeju untuk acara yang berbeda.

Selama di Jeju Seung Yoo tak bosan memotret Yoon Su diam-diam dengan kamera yang dibawanya. Saat pulang Yoon Su yang kelelahan sampai tertidur sambil duduk di kursi bandara. Seung Yoo yang melihat gurunya kelelahan berinisiatif meletakkan kepala Yoon Su di pundaknya. Tanpa dia sadari di saat bersamaan Ye Rin melihat mereka dari kejauhan.

Hari Olimpiade pun tiba, Ye Rin, Seung Yoo dan Yoon Su sudah ada di lokasi. Namun, Seung Yo bertemu dengan seseorang yang membangkitkan trauma masa lalunya. Dia tak bisa lagi menyembukan trauma itu dan memilih menyepi. Yoon Su berhasil menemukannya dan membawa siswa tersebut bergegas ke aula.

Tiba waktunya pidato, Ye Rin yang sudah dapat bocoran, tampil memukau banyak orang. Seung Yoo juga tak kalah jenius. Saat Seung Yoo berpidato, diketahui bahwa Ye Rin diam-diam ternyata mengambil foto saat Yoon Su bersandar di pundak Seung Yoo di bandara Jeju beberapa waktu lalu.

Episode 5-6

Melancholia Ep 5-6

Pada Olimpiade Matematika Internasional, Seung Yoo dan Ye Rin memenangkan dua penghargaan berbeda. Selesai pengumuman Seung Yoo langsung menemui Ji Yoon Su dan bercerita tentang masa lalu yang membuatnya trauma.

Sung Jae, tunangan Yoon Su bisa melihat kalau Seung Yoo menyukai Yoon Su. Dia mengingatkan tunangannya itu untuk berhati-hati sebab sudah ada rumor yang beredar sebelumnya.

Sekolah Asung dihebohkan dengan berita kecurangan Ye Rin dalam mengikuti kompetisi olimpiade kemarin. Menurut berita Ye Rin dibantu koneksi ayahnya, Sung Min Jun, untuk memenangkan penghargaan. Yoon Su secara tidak sengaja terbawa-bawa dalam masalah itu, sehingga membuat Ye Rin semakin membencinya.

Masalah-masalah tersebut membuat Ye Rin tertekan. Terlebih sang ayah juga tidak bisa mendapatkan bocoran soal untuk ujiannya kali ini. Dia lalu memutus rem sepeda Yoon Su dan membuat guru itu cidera.

Melihat Yoon Su terjatuh dari sepeda Seung Yoo sigap menggendong dan membawanya ke rumah sakit. Dia tidak memedulikan banyak siswa yang melihatnya.

Di rumah sakit Sung Jae datang buru-buru. Dia lalu meminta Seung Yoo untuk pulang tapi tidak didengar. Perbuatan Ye Rin akhirnya diketahui Yoon Su. Di sisi lain persiapan pernikahannya dengan Sung Jae semakin matang. Undangan digital mereka sudah selesai dicetak.

Noh Jung Ah akhirnya mengetahui kalau rumor tentang Ye Rin datang dari adiknya, Noh Yeon Woo. Yeon Woo yang mengetahui semua kejahatan Jung Ah, tampak punya agenda tersendiri. Sementara itu Ye Rin masih terus emosional.

Seung Yoo sendiri ingin memberikan kado pada Yoon Su. Namun, undangan pernikahan Yoon Su yang dikirim Ye Rin membuat dia patah hati. Seung Yoo seperti lupa sedang bicara dengan gurunya.

Dengan wajah sedih dan marah, dia bicarakan cinta di tengah hujan. Di saat bersamaan Ye Rin memperlihatkan foto saat Seung Yoo dan Yoon Su berdua di bandara beberapa waktu lalu pada Noh Jung Ah.

Ye Rin melakukan itu untuk mendapatkan bantuan soal UTS tp Jung Ah menolaknya. Yoon Su juga menolak Seung Yoo secara halus serta mengembalikan kado berupa foto. Sayangnya foto itu diketahui oleh Kyu Young. Kyu Young mengancam Seung Yoo, jika tidak dia akan menyebarkan foto tersebut. Nyatanya Seung Yoo tidak takut. Dia tetap mendapatkan nilai tertinggi.

Seung Yoo mendapatkan undangan untuk menghadiri kongres matematika. Sementara itu rumor Seung Yoo menyukai Yoon Su sudah sampai di telinga ibu Seung Yoo. Yoon Su sendiri dijemput untuk menemui Yeon Woo. Wanita itu menawarinya bantuan untuk menghadapi Jung Ah tapi Yoon Su menolak. Seseorang terlihat melaporkan pertemuan mereka kepada Noh Jung Ah.

Hari pernikahan Yoon Su dan Sung Jae tiba. Di saat bersamaan Seung Yoo juga sibuk dengan kongres. Semua tampak berjalan lancar sampai ketika upacara pernikahan akan digelar, foto-foto Yoon Su yang berduaan dengan Seung Yoo terpampang di depan para undangan. Semua tamu terkejut, terutama Yoon Su. Ibu Seung Yoo yang hadir tak kalah kaget dan pergi meninggalkan acara.

Episode 7-8

Episode 7-8

Akibat kejadian itu Yoon Su dipecat dan diusir dari SMA Asung. Seung Yoo kesulitan menghubunginya. Sung Jae sendiri mempertegas hubungannya tapi Yoon Su tampak lebih mementingkan Seung Yoo. Empat tahun kemudian Seung Yoo sudah meraih banyak penghargaan di bidang Matematika. Dia bahkan menjadi guru Matematika di SMA Asung.

Obsesinya untuk menemukan Yoon Su akhirnya membuahkan hasil. Mereka bertemu pertama kali di rumah sakit tempat ayah Yoon Su dirawat. Yoon Su bersikap dingin tapi Seung Yoo terlihat tidak mau menyerah. Yoon Su kini menjadi tenaga pengajar rahasia di sebuah lembaga belajar.

Salah satu muridnya, Choi Si An merahasiakan hal itu dari siapa pun, terutama Seung Yoo. Si An sendiri adalah murid baru di Asung yang sudah menarik perhatian pemuda itu karena kepintarannya.

Adik lelaki Ye Rin, Yoo Chan, kini juga menjadi murid baru di sekolah tersebut. Malam itu Yoon Su mencari buku yang ditugaskan Seung Yoo pada murid-murid termasuk Si An ke perpustakaan yang biasa dia kunjungi.

Tanpa diduga, Seung Yoo sudah ada di sana dan kembali menyapanya. Saat Seung Yoo sudah berhasil menemukan Yoon Su, Sung Jae masih mencarinya. Dia teringat perkataan Yoon Su bahwa rumor antara dirinya dan Seung Yoo dibuat untuk menutupi korupsi sekolah.

Seung Yoo berhasil mendapatkan nomor telepon Yoon Su tapi wanita itu memintanya jangan menghubungi lagi. Seung Yoo tidak kehabisan akal, dia memanfaatkan Si An untuk kembali mendekati Yoon Su. Si An diajak menemui ayah Yoon Su.

Mereka asyik bermain catur. Si An yang tergabung dalam proyek Museum Matematika Nasional garapan Seung Yoo terinspirasi dari permainan itu untuk membuat presentasi yang ditugaskan Seung Yoo.

Sayang, esok harinya gadis tersebut kaget karena materi presentasinya persis dengan Kim Ji Na, putri Noh Jung Ah. Si An yakin Ji Na telah mencurinya. Yoon Su tidak bisa tinggal diam melihat muridnya diperlakukan tidak adil lagi. Dia menerima Ji Na sebagai murid di lembaga belajar. Yoon Su juga ingin bertemu Jung Ah sebagai orangtuanya.

Malam itu Sung Jae berhasil menemukan Yoon Su. Dia lalu mengikutinya diam-diam. Kemunculan Sung Jae mengagetkan Yoon Su. Dia meminta mantan tunangannya itu untuk tidak menemuinya lagi. Tanpa sepengetahuan mereka Seung Yoo melihat dari dalam.

Episode 9-10

Episode 9-10

Yoon Su diam-diam mengetahui dan merekam rencana Jung Ah dan Direktur Lim Hyung Bin untuk mendapatkan uang yang akan dipakai guna menyuap tim penerimaan Kelas Global. Jung Ah akan mendirikan yayasan yang membantu murid berbakat tapi kesulitan uang sebagai kedok.

Tak lama sebuah berita yang ditulis Reporter Cho Yoon Ah bahwa Asung memprioritaskan siswa kaya dalam proses penerimaannya dan menerima suap dari mereka membuat geger. Tim inspeksi segera ditugaskan Departemen Pendidikan. Jung Ah juga menyiapkan suap untuk tim inspeksi serta menghilangkan berkas-berkas yang bisa menjadi barang bukti.

Yoon Su tahu kalau ini ulah Seung Yoo. Dia menemuinya dan menegur. Yoon Su tak ingin Seung Yoo membuyarkan rencananya. Yoon Su meminta Seung Yoo melupakan kejadian di masa lalu karena dia hanya akan mengungkap kebobrokan Asung yang sekarang, tapi pemuda itu menolak. Dia ingin membantu mengungkap kejahatan Asung dan Jung Ah.

Malam itu setelah peresmian Komite Museum Matematika Nasional, Baek Seung Yoo diajak makan malam bersama Jung Ah, Dewan Sung Min Jun, Menteri Pendidikan dan Sung Jae yang kini jadi sekretaris menteri. Kebetulan di tempat yang sama Yoon Su dan Direktur Lim juga sedang makan malam sekaligus mendiskusikan sesuatu.

Tahu kalau Jung Ah hampir memergoki Yoon Su, Seung Yoo membawa wanita itu kabur. Tak punya tempat sembunyi lagi, Seung Yoo memeluk Yoon Su dari belakang; menutupi tubuh mantan gurunya. Beruntung mereka dapat lolos dari Jung Ah. Namun, kejadian itu membuat Yoon Su shock. Seung Yoo membawanya ke rumah sakit.

Di sekolah Han Myung Jin ditangkap karena menerima suap. Jung Ah memecatnya dan membuat Myung Jin merasa dikhianati. Seung Yoo bertekad membalas orang-orang itu termasuk Ye Rin. Dia sengaja mendekati Ye Rin dan mendapat informasi bahwa pelaku penyebaran foto di pernikahan Yoon Su adalah Jung Ah.

Ye Rin akhirnya tahu kalau Yoon Su kembali dan bertemu Seung Yoo. Dia mengabarkan hal itu pada Jung Ah. Dia juga sengaja menemui Yoon Su, bukan untuk minta maaf tapi memintanya menjauh dari Seung Yoo. Jung Ah mulai curiga dengan Seung Yoo dan meminta kepala sekolah Choi Sung Han menyelidiki serta memata-matainya.

Yoon Su yang sekarang tidak lagi tertarik dengan Matematika. Semenjak kejadian itu dia seperti kehilangan kemampuannya. Saat mendapat soal dari Seung Yoo dia sangat kesulitan sampai harus pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan jawabannya. Seung Yoo melihat itu. Dia sedih karena gurunya berubah tapi juga merasa kasihan melihat Yoon Su tertekan karena hal tersebut.

Episode 11-12

Episode 11-12

Jung Ah dan Yeon Woo bersaing untuk mendapatkan posisi di dewan direksi yayasan. Jung Ah membutuhkan Seung Yoo untuk menambah value dan Yeon Woo membutuhkan Yoon Su untuk menghancurkan saingannya itu.

Di sisi lain Jung Ah sudah mengetahui keberadaan Yoon Su dan mulai buat masalah untuk memancingnya keluar. Jung Ah memanfaatkan Si An dengan isu plagiarisme dan dia pun berhasil membuat Yoon Su menemuinya. Mereka saling ancam tapi Yoon Su tampak mulai terpengaruh ketika Jung Ah mengancam Seung Yoo.

Yoon Su mengkhawatirkan masa depan Seung Yoo yang bisa hancur karena ulah Jung Ah. Dia pun menemui Yeon Woo untuk mulai bekerjasama menghancurkan Jung Ah lebih dulu. Yoon Su menolak bekerjasama dengan Seung Yoo tetapi tidak mengemukakan alasannya pada pemuda tersebut. Dia memilih bekerja sama dengan Sung Jae dan hal itu membuat Seung Yoo kecewa.

Di acara penandatanganan nota kesepahaman komite untuk museum, Seung Yoo secara mengejutkan mengakui bahwa dirinya adalah siswa yang terlibat skandal dengan salah satu guru di Asung empat tahun lalu, bahwa rumor yang beredar empat tahun lalu adalah kebohongan untuk menutupi skandal.

Akibat keberaniannya Seung Yoo dipecat dari Asung. Sang ayah yang mengetahui kalau putranya itu masih berhubungan dengan Yoon Su sangat marah. Di sisi lain Sung Jae didesak untuk menikahi Yeon Woo oleh sang ibu. Sung Jae tidak menginginkannya, terutama jika Yeon Woo terus memprovokasi dirinya di depan Yoon Su.

Sikap Seung Yoo yang terlalu berani membuat Yoon Su keberatan. Di saat bersamaan dia mengetahui kalau mereka sedang diikuti oleh seorang fotografer. Di tempat berbeda Yoon Su menyerahkan bukti kejahatan Jung Ah pada Yeon Woo.

Bukti tersebut dipakainya untuk menyerang Jung Ah saat rapat redaksi. Sementara itu Yoon Su juga masih pada pendiriannya untuk tidak membalas perasaan Seung Yoo.

Namun hal itu tidak menghentikan Seung Yoo dari rencananya untuk melaporkan korupsi yang dilakukan Jung Ah dan Dewan Sung, ayah Ye Rin. Saat tiba di kantor polisi, seorang reporter memutar rekaman suaranya saat dia sedang bicara dengan Ye Rin beberapa waktu sebelumnya.

Rekaman tersebut berisi pengakuan Seung Yoo atas perasaannya terhadap Yoon Su. Ye Rin rupanya sengaja memancing pemuda tersebut untuk mengakui perasaannya pada Yoon Su, merekamnya diam-diam lalu menyerahkan pada Jung Ah.

Episode 13-14

Melancholia Ep 13-14

Laporan Seung Yoo atas korupsi dan kebocoran lembar jawaban yang dilakukan Noh Jung Ah serta Sung Min Jun diproses kepolisian. Anggota Dewan Sung yang merasa terancam melaporkan Seung Yoo balik atas fitnah dan pencemaran nama baik

Noh Jung Ah untuk sementara diberhentikan sebagai Kepala Sekolah Asung setelah Yeon Woo membocorkan rencana korupsi atas pembangunan yayasan beasiswa yang melibatkan Direktur Im. Perselingkuhannya dengan Sung Min Jun akhirnya juga diketahui oleh Ye Rin. Gadis tersebut tidak mau lagi diperalat untuk keserakahan Noh Jung Ah.

Sementara itu Seung Yoo dan Yoon Su menghabiskan waktu berdua. Hingga tiba-tiba Yoon Su meninggalkannya tanpa berpamitan. Saat sedang gelisah mencari Yoon Su, Sung Jae menghubunginya. Sung Jae meminta berkas museum Matematika yang sedang dikerjakan Seung Yoo. Dia akan menyerang Jung Ah melalui itu.

Di sisi lain Seung Yoo tampaknya juga memiliki tenaga tambahan setelah Han Myung Jin, mantan guru matematika yang dipecat Asung, bersedia menjadi saksi. Han Myung Jin juga mendapat dukungan dari Choi Sung Han, wakil kepala sekolah Asung yang berubah melawan diam-diam setelah sakit hati oleh Jung Ah.

Di hari penyelidikan Yoon Su juga datang memberi kesaksian bagi kasus korupsi Noh Jung Ah dan Sung Min Jun. Pada kesempatan itu pula Yoon Su menegaskan pada Seung Yoo bahwa dia tak perlu melakukan apa pun lagi untuknya. Dari pemeriksaan terhadap Han Myung Jin, ibu Ye Rin, Yu Hye Mi, ditetapkan jadi tersangka. Jung Ah malah santai meminta Sung Min Jun menumbalkannya dengan dalih keselamatan Ye Rin.

Sung Jae memutuskan hubungan dengan Yeon Woo. Dia membatalkan rencana pernikahan dan fokus melawan Noh Jung Ah. Sung Jae sampai rela mengambil risiko kehilangan pekerjaannya untuk mengungkap kasus korupsi Asung yang melibatkan orang-orang besar, termasuk Menteri Pendidikan.

Dalam rapat dewan redaksi, Noh Jung Ah terpilih menjadi ketua dewa Akademi Asung yang baru. Namun, kebahagiaannya tak berlangsung lama karena terjadi insiden di sekolah yang membuat Si An cedera hebat di kepala. Sebelum itu Si An menemukan sebuah buku yang sama persis dengan buku yang dia dapat dari Yoon Su untuk membantunya menghadapi UTS. Buku tersebut dia temukan di tas Ji Na.

Dia bingung karena buku tersebut tidak beredar luas. Si An melaporkannya pada Yoon Su. Di saat bersamaan Seung Yoo dipanggil sekolah untuk tindakan pendisiplinan. Jika sekolah akan memecatnya, dia juga akan cari cara untuk melawan.

Tak berselang lama murid-murid histeris melihat Si An sudah terkapar berlumuran darah. Di rumah sakit Yoon Su memberi informasi pada polisi bahwa sebelum peristiwa itu Si An sedang bersama seseorang. Seung Yoo sendiri mendapat kesaksian tambahan dari Guru Kim. Sejurus kemudian Seung Yoo dan Yoon Su menemui Noh Jung Ah di ruangannya.

Episode 15-16

Melancholia Ep 15-16

Ji Na kabur dari rumah menjenguk Si An di rumah sakit. Yoon Su dan Seung Yoo mengajaknya bicara dan mendengar pengakuan kalau Ji Na tidak sengaja mencelakai Si An. Ji Na lalu melapor ke polisi tentang kecelakaan itu.

Noh Jung Ah yang mulai tenang karena Ji Na tidak bicara apa pun soal buku teks dan Kelas Global, terpilih menjadi pemimpin Asung. Di saat bersamaan Departemen Pendidikan digeledah oleh kejaksaan. Sung Jae mengungkap korupsi Museum Matematika yang dilakukan Dewan Sung, Menteri Pendidikan dan Noh Jung Ah.

Kantor Noh Jung Ah pun digeledah. Saat akan memeriksa brankas, kejaksaan dan Noh Jung Ah sama-sama kaget karena tidak ada apa pun di sana. Rupanya, semua dokumen penting yang dimiliki Jung Ah sudah dibawa oleh Ji Na dan diserahkan pada Yoon Su serta Seung Yoo. Seung Yoo juga menerima bukti lain soal kebocoran soal dari Choi Sung Han, kepala sekolah. Di sisi lain Si An mulai siuman setelah ayah Yoon Su menjenguknya.

Kasus korupsi Museum Matematika membuat para petinggi yang terlibat saling menyalahkan. Noh Jung Ah sendiri akhirnya tersungkur ketika kasus Kelas Global Asung mulai terbongkar. Dia semakin terpojok ketika Ye Rin akhirnya membuka mulut perihal kebocoran soal yang dia dapat beberapa tahun lalu.

Semua kembali pada tempatnya, tapi kebahagiaan Yoon Su tak lama karena sang ayah meninggal dunia. Tiga tahun berselang Seung Yoo selesai dengan tesisnya. Dia mampu memecahkan teori yang cukup sulit. Dia lama menghilang dari kehidupan Yoon Su dan Si An. Namun, diam-diam aktif dengan nama samaran di grup chat tentang Matematika yang dikelola Yoon Su.

Mereka pun kembali bertemu secara tidak sengaja dan kaget mengetahui identitas asli masing-masing. Keduanya hidup bahagia bersama-sama karena penantian Seung Yoo mendapatkan Yoon Su terwujud. Si An menjadi Matematikawan muda sementara Noh Jung Ah harus menghabiskan waktunya di tempat sejenis panti atau pusat rehabilitasi.

Dua Jenius Matematika Siap Mengesankanmu

Dua Jenius Matematika Siap Mengesankanmu

Memasang Lee Do Hyun dan Im Soo Jung sebagai dua karakter utamanya, Melancholia (2021) akan membuatmu terkesan dengan dua orang jenius di bidang matematika.

Dari dua episode pertama, latar belakang mereka sudah diperlihatkan secara cukup jelas. Im Soo Jung sebagai Ji Yoon Su adalah guru matematika yang terkenal sangat berbakat.

Yoon Su seperti sebuah jaminan yang bisa diandalkan untuk mengantarkan murid-muridnya berhasil dalam berbagai kejuaraan bergengsi. Dia sendiri adalah peraih macam-macam penghargaan pada kompetisi matematika, termasuk olimpiade.

Kecintaannya pada matematika tak bisa dilawan hingga akhirnya dia menemukan rekan yang sepadan. Dia adalah murid SMA kelas 8 berusia 18 tahun bernama Baek Seung Yoo. Lee Do Hyun dengan wajahnya yang sendu pas sekali membawakan karakter Seung Yoo yang di dua episode pertama ini digambarkan cukup muram dan pendiam.

Scene ketika mereka kompak bekerjasama dan penuh semangat mengerjakan soal di papan tulis, seperti mengandung sihir.

Drama Bertema Unik yang Segmented

Drama Bertema Unik yang Segmented

Ditulis oleh Kim Ji Woon yang sebelumnya juga menulis untuk Doctor John (2019), drama berjumlah 16 episode ini punya tema yang sangat unik. Selama ini kita terpesona oleh drama-drama yang menampilkan kepintaran para dokter, para jaksa atau pengacara atau para detektif, tapi bagaimana dengan kejeniusan orang-orang ahli matematika?

Melancholia (2021) coba menyuguhkan tema tersebut dengan risiko tersendiri. Pasalnya materi-materi dan konflik utama dalam drama ini berbau hitung-hitungan, rumus serta teori yang gak terlalu akrab serta sulit bagi banyak orang sehingga cukup segmented.

Menariknya sutradara bisa mengemas kerumitan  itu menjadi sesuatu yang asyik, gampang dan bersemangat. Salah satunya dengan visualisasi yang menampilkan rumus-rumus itu sendiri juga dengan sudut pandang tentang matematika dalam kehidupan.

Konflik Terasa Terlalu Padat

Konflik Terasa Terlalu Padat

Sayangnya, konflik drama ini terasa terlalu padat. Kerumitan soal matematika lanjutan dengan berbagai rumus dan cara penyelesaian yang panjang bukan satu-satunya masalah yang akan menguras pikiranmu saat nonton Melancholia (2021).

Di dua episode pertamanya saja drama ini sudah dibumbui dengan ambisi, persaingan antara anggota keluarga hingga Seung Yoo yang punya trauma terhadap masa lalunya.

Konflik yang sudah padat tersebut rasanya tak perlu ditambah lagi dengan love line antara karakter Seung Yoo dan Yoon Su.

Rumor Kedekatan Yoon Su dan Seung Yoo Mulai Berembus

Rumor Kedekatan Yoon Su dan Seung Yoo Mulai Berembus

Di tengah persiapan menghadapi Olimpiade Matematika Internasional yang sudah dipenuhi aura-aura persaingan, episode 3 dan 4 Melancholia (2021) juga mulai memunculkan rumor antara Yoon Su dan Seung Yo. Dari ending episode 3, Seung Yoo tampaknya merasakan hal berbeda pada sang guru, lebih dari sekadar murid terhadap pembimbingnya.

Akting Lee Do Hyun di dua episode ini, terutama saat menyiratkan isi hatinya patut dipuji. Detail-detail ekspresi dari mata dan gesture-nya memperlihatkan perasaan sungkan tapi bersemangat dengan sangat baik. Selain itu ambisi orang-orang di sekitar Yoon Su dan Seung Yoo juga mulai lebih ditampakkan dan menaikkan tensi keseruan. Lantas apakah mereka dapat melaluinya dengan kejujuran?

Dengan konflik-konflik yang ada drama ini sudah punya cerita yang kuat dan emosional tanpa perlu dibumbui romansa beda usia semacam itu, apalagi sampai menimbulkan kontroversi karena memuat hubungan asmara antara guru dan murid. Di luar itu Melancholia (2021) tetap bikin penasaran untuk diikuti. Tertarik?

Seung Yoo Mulai Terang-Terangan

Seung Yoo Mulai Terang-Terangan

Drama ini mengundang kontroversi sejak dari sinopsis awal. Skandal guru dan murid masih cukup tabu, baik di negeri asalnya atau untuk penonton di Indonesia. Jarak usia yang terlalu jauh, jadi alasan drama Lee Do Hyun kali ini tampak kurang begitu diminati. Apalagi di episode 5 dan 6, Do Hyun yang berperan sebagai Seung Yoo mulai terang-terangan menunjukkan perasaannya.

Sebagai drama dengan latar belakang pendidikan, khususnya matematika, skrip saat Seung Yoo menyatakan cinta pada Yoon Su dibungkus dengan narasi bernuansa pelajaran, begitu halnya ketika Yoon Su menolak pemuda itu. Di luar nyaman atau tidak untuk disaksikan, penulis naskah drama ini patut diapresiasi.

Kejutan Pedih untuk Yoon Su

Kejutan Pedih untuk Yoon Su

Menengok karakter Yoon Su yang berintegritas tinggi terhadap profesinya sebagai pengajar rasanya ikut bangga. Sayangnya di sisi lain, Yoon Su gegabah, kurang perhitungan dan naif. Dia tidak memberi batasan terhadap muridnya padahal rumor tentangnya dan Seung Yoo sudah beredar dan bisa membahayakan.

Yoon Su terlalu naif untuk kenyataan yang jahat. Sedihnya, justru itu yang membuat drama ini emosional. Melancholia (2021) episode 5 dan 6 pun berjalan dengan tensi emosi yang tinggi; entah kepada Ye Rin, Jung Ah, sampai pada Seung Yoo dan Yoon Su sendiri.

Emosi tersebut ditutup dengan scene yang mengejutkan sekaligus pedih untuk Yoon Su; karena kenaifannya dia jadi korban atas kecerobohan diri sendiri. Bagaimana kelanjutan nasib pernikahannya?

Babak Baru: Seung Yoo Sudah Dewasa Jadi Guru

Babak Baru: Seung Yoo Sudah Dewasa Jadi Guru

Episode 6 lalu, ketika Yoon Su dipermalukan di hari pernikahannya seperti mengakhiri babak pertama drama ini. Mulai dari episode 7, babak kedua atau babak baru Melancholia (2021) dimulai.

Alur dipercepat empat tahun kemudian dan Baek Seung Yoo kini sudah lebih dewasa. Kamu akan melihat dia mulai memakai jas dan long coat, tidak lagi berseragam SMA dengan tas punggung yang selalu dibawanya.

Dari segi penampilan Seung Yoo sudah jauh berbeda, tapi soal perasaan, masih sama. Selama empat tahun dia hanya punya satu nama di hatinya selain rumus-rumus matematika, Ji Yoon Su. Karakternya dikembangkan dengan baik karena kini Seung Yoo lebih terlihat percaya diri, berbeda saat SMA dulu yang selalu tertekan dan suram.

Munculnya Banyak Karakter Muda dan Baru

Munculnya Banyak Karakter Muda dan Baru

Pada episode 7 dan 8 Melancholia (2021) kamu juga akan berkenalan dengan karakter-karakter baru yang sebagian besar merupakan anak-anak muda. Mereka berperan sebagai murid Asung angkatan baru yang siap menerima pelajaran matematika dari Seung Yoo.

Karakter baru tersebut tentu membawa konflik baru yang formulanya masih sama; persaingan tidak seimbang karena dibumbui trik dan dengki antara anak ber-privilege dan anak yang berjuang menggunakan kemampuannya. Posisi Seung Yoo seperti mengulang posisi Yoon Su yang berusaha bersikap adil sesuai kemampuan anak-anak.

Lantas, akankah ceritanya akan monoton karena memakai plot yang sama? Atau ada konflik kejutan lain? Bagaimana dengan perkembangan hubungan Seung Yoo dan Yoon Su? Ikuti terus perkembangannya di episode mendatang!

Seung Yoo Diam-Diam Mulai Membalas

Seung Yoo Diam-Diam Mulai Membalas

Sebagai salah satu guru di Asung, Seung Yoo sejak awal sudah punya rencana sendiri untuk membalas dendam. Nah, di episode 9 dan 10 kita bisa melihat rencananya mulai direalisasikan.

Dia memulai semuanya dengan menghubungi reporter Cho Yoon Ah secara diam-diam. Yoon Ah adalah reporter yang sama yang beberapa tahun lalu menulis berita tentang suap yang dilakukan keluarga Ye Rin.

Yoon Ah membuka busuk Asung perihal suap-menyuap penerimaan siswa baru yang berada di tangan Han Myung JIn; guru Matematika yang sempat mencuri lembar jawaban untuk Ye Rin karena permintaan ibunya. Sayang, di episode 10, Jung Ah tampak mulai curiga. Bisakah Seung Yoo melakukan semuanya dengan mulus?

Karakter Seung Yoo yang sudah lebih dewasa dan tenang, terlihat semakin berprinsip dan punya tujuan ketika dia berhasil melakukannya. Di bagian ini, ketegasannya untuk tetap pada rencana sekalipun Yoon Su melarang karena berbahaya akan membuatmu tambah terpesona pada Lee Do Hyun! Seorang siswa yang pendiam dan minder, kini menjelma jadi lelaki dewasa muda yang bisa diandalkan.

Yoon Su dan Traumanya

Yoon Su dan Traumanya

Pesona Lee Do Hyun sebagai Seung Yoo yang mengayomi dan melindungi terlihat pada scene lain, yaitu ketika Yoon Su mengalami trauma setelah hampir ketahuan Jung Ah. Nyatanya, perlakuan jahat dan tidak adil yang diterima Yoon Su menyisakan trauma berkepanjangan. Ketakutan, benci dan rasa tidak berdaya tidak kunjung hilang walau sudah terjadi empat tahun lalu.

Beban Yoon Su tersampaikan dengan baik oleh kemampuan akting Lim Soo Jung. Pada akhir episode 10 diketahui pula bahwa rasa trauma yang dia miliki berdampak pada kemampuannya dalam bermatematika.

Yoon Su yang dulu ahli, kehilangan kemampuannya. Scene ketika di perpustakaan, saat Seung Yoo memergoki Yoon Su putus asa terasa emosional. Hubungan guru dan murid itu tampak mulai berkembang.

Emosi Seung Yoo yang Jadi Boomerang

Emosi Seung Yoo yang Jadi Boomerang

Nonton episode 11 dan 12 Melancholia (2021) kamu akan gemes dengan Seung Yoo yang terkesan gegabah dan emosional. Pemuda ini seolah ingin buru-buru menjatuhkan Jung Ah hanya untuk membuat Yoon Su terkesan karena sudah beberapa kali menerima penolakan.

Seung Yoo ingin lekas membebaskan Yoon Su dari perasaan terluka tanpa mengingat-ingat siapa lawannya. Sikap Seung Yoo mencerminkan jiwa mudanya yang gegabah dan emosional.

Pertama ketika dia menjabarkan kebusukan Asung yang ditutupi oleh skandalnya bersama Yoon Su. Kedua ketika dia terbawa emosi sehingga mengakui perasaannya pada Yoon Su di depan Ye Rin. Seung Yoo gak belajar dari masa lalu, bahwa Ye Rin bisa membahayakannya. 

Di dua episode ini interaksi antara Seung Yoo dan Yoon Su lumayan banyak. Seung Yoo juga mulai tidak segan-segan berterus terang soal perasaannya dan memperlakukan Yoon Su, bukan sebagai mantan gurunya, tetapi sebagai wanita yang dia cintai. Pada dua episode ini scene manis tipis-tipis lumayan bertebaran di mana-mana.

Noh Jung Ah Mulai Terdesak

Noh Jung Ah Mulai Terdesak

Penyelesaian untuk kejahatan Noh Jung Ah mulai dicicil di episode 13 dan 14. Satu per satu kemudahan didapat Seung Yoo dan Yoon Su untuk mengungkap kebobrokannya. Noh Jung Ah juga mulai kehilangan sekutu karena Han Myung Jin bersiap melawannya. Belum lagi wakil kepala sekolah yang berambisi mengambil jabatannya.

Perselingkuhan dengan ayah Ye Rin pun akhirnya terbuka. Selain itu, di dua episode ini, Noh Jung Ah juga mendapat rintangan paling besar, yakni ulah putrinya sendiri. Ji Na yang mewarisi sifat iblisnya tampak sangat ketakutan setelah melukai Si An. Lantas bagaimana akhir dari seorang Noh Jung Ah? Dua episode mendatang akan menuntaskannya!

Akhir Kerakusan Noh Jung Ah

Akhir Kerakusan Noh Jung Ah

Sebagai dua episode penutup, Melancholia (2021) suguhkan akhir memuaskan, terutama karena semua kembali pada tempat semula. Keserakahan Noh Jung Ah berakhir dramatis karena ‘diselesaikan’ oleh putri semata wayangnya sendiri. Karakter Ji Na di dua episode akhir menunjukkan perkembangan yang tidak diduga.

Ji Na yang sejak kemunculannya tak kalah bikin geram, berubah jadi gadis yang lembut sekaligus tegas. Selain Ji Na, karakter Ye Rin juga meninggalkan kesan menyenangkan di akhir episode drama ini. Ye Rin yang selalu tutup mulut dan merasa tersakiti akhirnya menyadari kesalahan yang dia buat.

Sementara itu, Seung Yoo dan Yoon Su juga berakhir bahagia. Walau harus ada drama terpisah tiga tahun tanpa tahu kabar masing-masing, keduanya kembali bersama. Definisi jodoh gak akan kemana.

Melancholia
Rating: 
3.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram