bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Hellbound (2021), Ancaman dari Neraka

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 22 November 2021

Seorang pria tewas disiksa tiga makhluk mengerikan. Tubuhnya babak belur dan hangus terbakar. Sebuah sekte keagamaan yang mengajak masyarakat bertindak sesuai kehendak Tuhan menganggap itu sebagai demonstrasi siksaan neraka.

Mereka menjadikan penderitaan tersebut sebagai tontonan dengan dalih mengingatkan manusia tentang dosa-dosanya. Satu per satu orang menerima peringatan tentang waktu kematian mereka, sekaligus kabar bahwa mereka sudah pasti masuk neraka. Anehnya seorang bayi baru lahir juga mendapat peringatan tersebut.

Apa yang akan terjadi selanjutnya? Serial Korea Selatan terbaru karya sutradara Train to Busan (2016) berjudul Hellbound (2021) akan menjawabnya. Sebelum itu mari simak sinopsis dan ulasannya di bawah ini!

Baca juga: 10 Fakta Film Train to Busan, Titik Balik Film Zombie di Korea

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Drama, Fantasy
  • Produksi: Climax Studio
  • Sutradara: Yeon Sang Ho
  • Pemeran: Yoo Ah In, Kim Hyun Joo, Park Jeong Min, Won Jin Ah
  • Jumlah Episode: 6

Sekelompok muda-mudi sedang nongkrong di sebuah cafe sambil menonton sebuah video berisi pernyataan Jung Jin Su (Yoo Ah In) tentang malaikat yang mencatat dan menyebutkan nama orang-orang calon penghuni neraka.

Mereka akan dijemput oleh para malaikat penjaga dari neraka saat waktunya tiba. Satu di antara mereka terlihat tidak memercayai doktrin yang dianggap sesat itu.

Di meja berbeda seorang pria terlihat sangat gelisah sambil terus melihat jam yang ada di ponselnya. Sejurus kemudian datang tiga makhluk aneh berbadan besar dan hitam mengincar orang itu.

Sekencang apapun berlari, tiga makhluk mengerikan tersebut berhasil menangkap dan menyiksanya hingga tewas dengan cara mengenaskan. Selesai membunuh orang tersebut sampai menjadi abu, makhluk-makhluk mengerikan itu hilang.

Kasus kematian yang aneh dan mengerikan itu lalu ditangani oleh pihak kepolisian. Salah satu detektif bernama Kyung Hun (Yang Ik June) terlihat tidak peduli tapi menjadi tertarik kala dia melihat rekaman video yang menunjukkan detik-detik pria tersebut tewas. Dia juga menemukan trend di media sosial tentang Kebenaran Baru dan Jung Jinsu.

Kasus itu benar-benar menjadi perbincangan banyak media. Pihak polisi juga bergegas mencari siapa pelakunya. Kyung Hun bersama satu rekannya, Eun Pyo, ditugaskan untuk mencari tahu lebih banyak tentang Kebenaran Baru yang kebetulan mengadakan pertemuan di dekat TKP.

Kepala polisi yang menugaskan meminta anggotanya berhati-hati terhadap kelompok agama. Kebenaran Baru dibentuk tahun 2012 oleh Jung Jin Su sebagai sebuah organisasi studi religius.

Anggota radikal dari organisasi tersebut membentuk Arrowhead yang sempat membocorkan identitas mantan narapidana di internet. Menurut Eun Pyo selain aktif di internet para Arrowhead juga terlibat dalam kejahatan kecil.

Kebenaran Baru percaya bahwa sosok seperti malaikat akan muncul dan memberi tahun kapan akan pergi ke neraka. Malaikat yang dimaksud meramalkan waktu kematian seseorang dan saat waktunya tiba malaikat penjaga neraka seperti mendemonstrasikan penderitaan di neraka lalu menghilang.

Disebutkan dalam informasi yang dibaca Eun Pyo bahwa hal itu semacam peringatan bagi orang-orang. Sampai di TKP Kyung Hun melihat kelompok Kebenaran Baru sedang berkumpul.

Jin Su terlihat tengah mempresentasikan sesuatu tentang tujuan. Jin Su lalu memperlihatkan video yang menampilkan kekacauan yang disebabkan tiga makhluk misterius tersebut di sebuah desa di Asia Tenggara.

Jin Su menjelaskan bahwa korban pada video yang mereka lihat adalah seorang penjahat yang punya catatan kriminal seperti penipuan dan penyerangan. Korban-korban lainnya juga merupakan para penjahat yang sudah melakukan beberapa tindak kriminal.

Jin Su melanjutkan orasinya bahwa konsep dosa ada karena manusia memilih untuk berbuat dosa. Sayangnya manusia juga menyangkal fakta tersebut sehingga melupakan malu, penyesalan, pertobatan dan penebusan. Oleh karena itu Jin Su percaya bahwa Tuhan sedang memperlihatkan gambaran neraka sekaligus memerintah kita untuk lebih bijaksana.

Kyung Hun dan Eun Pyo kemudian mendatangi Jin Su yang selesai melakukan pidatonya. Jin Su menertawakan dua polisi itu karena sudah berusaha menyelidiki kehendak Tuhan.

Sejurus kemudian Kyung Hun melihat putrinya Hee Jung memberi salam pada Jin Su yang hendak pergi. Kedua polisi lanjut mewawancarai Jin Su sambil jalan.

Di dalam kereta api dia menjelaskan bahwa dirinya bukan pemimpin sekte dan tidak selalu religius. Jin Su juga tidak tertarik dengan kehidupan dan pernah punya rencana untuk bunuh diri.

Kondisi mentalnya yang seperti itu membawa Jin Su sampai ke Tibet. Di sanalah untuk pertama kalinya dia melihat makhluk mengerikan sedang memangsa manusia; di sana pula dia akhirnya menemukan makna hidup untuk pertama kalinya.

Sejak itu Jin Su terus bepergian untuk mencari kehendak Tuhan. Setelah sepuluh tahun dia mengaku sudah lebih memahaminya. Eun Pyo mengonfirmasi tentang Arrowhead, menurut Jin Su, mereka adalah pemilik ide-ide radikal yang salah mengartikan ajaran Kebenaran Baru.

Padahal Kebenaran Baru hanya memberi tahu dunia mengenai kehendak Tuhan agar hidup jadi lebih bijaksana. Lantas adakah hubungan monster-monster itu dengan Kebenaran Baru? Apakah Jin Su mengendalikan mereka?

Makhluk Misterius Pencabut Nyawa

Makhluk Misterius Pencabut Nyawa

Hellbound (2021) merupakan karya adaptasi dari webtoon yang ceritanya ditulis oleh Yeon Sang Ho dan ilustrasinya dibuat oleh Choi Kyu Seok. Berjalan sebanyak 6 episode dengan durasi sekitar 40 – 60 menit per episodenya.

Drama karya sutradara Train to Busan (2016) ini bercerita tentang fenomena kemunculan tiga makhluk mengerikan yang datang ke Bumi untuk mencabut nyawa seseorang.

Kedatangan mereka tidak tiba-tiba karena didahului oleh sebuah berita yang diterima seseorang. Berita tersebut berisi waktu kematian sekaligus keputusan bahwa mereka akan masuk neraka. Jika makhluk-makhluk itu muncul tidak ada satu pun yang bisa melarikan diri atau selamat darinya.

Visual efek yang menggambarkan makhluk-makhluk dalam serial Hellbound (2021) dibuat sedemikian rupa hingga mampu meyakinkan bahwa mereka dari neraka, walau sebenarnya tak diceritakan dengan jelas dan pasti dari mana makhluk itu berasal.

Efek asap-asap di tubuh mereka serta warna hitam yang legam dan tinggi besar, belum lagi keberingasan yang tanpa ampun, memicu rasa putus asa. Beberapa elemen itu termasuk scoring yang pas membuat momen-momen menunggu kemunculan mereka, selalu menyuguhkan sensasi yang mendebarkan.

Ingatkan tentang Dosa dan Neraka

Ingatkan tentang Dosa dan Neraka

Judul asli webtoon yang diadaptasi jadi serial ini adalah Jiog, yang dalam bahasa Korea berarti neraka. Narasi dan skrip tentang dosa dan neraka nyatanya memang jadi suguhan utama dari Hellbound (2021).

Sebuah sekte yang dipimpin oleh Jin Su menyebarkan ajaran tentang bagaimana cara mengikuti kehendak Tuhan agar terhindari dari neraka dan penghukuman.

Dengan alur yang cepat dan tidak bertele-tele, kita langsung dibuat pusing menyaksikan adegan brutal atas kematian orang-orang yang dicap pendosa sejak menit awal. Namun, plot Hellbound (2021) tidak sesederhana itu karena semakin lama berjalan, kita diajak berpikir dan kembali merenungkan tentang dosa, neraka dan hukuman.

Menyuguhkan alur yang seperti itu, kita justru penasaran untuk terus nonton sampai episode akhir. Apalagi ending-nya juga menyisakan beberapa teka-teki, seperti scene ketika bayi baru lahir yang ditakdirkan masuk neraka.

Pada akhirnya bayi tersebut selamat karena dilindungi oleh kedua orangtuanya, lalu scene ketika seseorang yang sudah hangus terbakar tiba-tiba kembali utuh dalam keadaan telanjang.

Sebuah Paradoks tentang Kebenaran

Sebuah Paradoks Tentang Kebenaran

Hellbound (2021) seperti punya agenda sendiri yang ingin disampaikan melalui ceritanya. Sekte atau kepercayaan yang dibawa Jin Su mengenai kebenaran dan kehendak Tuhan pada akhirnya tidak membawa manusia pada keadaan yang lebih baik. Dalam serial itu keadaan justru digambarkan kacau dan penuh ketakutan serta ancaman.

Ajaran tentang kebenaran dan merasa benar pada akhirnya menjadi sebuah paradoks yang terang-terangan disuguhkan di serial ini. Terlihat pada sekelompok pengikut sekte yang menamai diri mereka Arrowhead.

Di sini mereka menjadi pengacau yang mengatasnamakan Tuhan lalu merasa bebas menghukum hingga membunuh seseorang yang dianggap pendosa. Terdengar familiar?

Isu yang diangkat Hellbound (2021) untuk zaman sekarang bukan lagi hal yang baru dan mengagetkan. Namun, eksekusi dan visualisasi hukuman yang dianggap berasal dari neraka benar-benar di luar dugaan, terutama karena disuguhkan secara vulgar. Kamu akan melihat orang-orang yang dicap pendosa disiksa dan dibakar hingga hangus.

Ditambah sinematografi yang memuaskan dan sudut pengambilan gambar yang pas sesuai kebutuhan, serial Hellbound (2021) memberikan satu pengalaman berbeda dibanding serial Korea Selatan genre fantasi lainnya. Gabungan tentang sekte keagamaan dan monster menakutkan harus diakui jadi formula yang cukup segar.

Semoga saja ada musim kedua karena musim pertama ini menyisakan beberapa hal yang rasanya kurang tuntas. Tertarik? Hellbound (2021) sudah bisa kamu saksikan di Netflix!

Hellbound
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram