bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Goblin, Drakor Romantis yang Menghibur

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 November 2021

Banyak orang ingin bisa hidup lama. Mereka melakukan berbagai cara untuk bisa panjang umur. Namun bagaimana kalau kamu tidak bisa mati alias immortal? Saat semua orang-orang terdekatmu pergi satu per satu tapi kamu tetap hidup, pastinya hidup terasa menyiksa. Itulah kira-kira yang dirasakan oleh Kim Shin, sang jenderal dari Dinasti Goryeo yang dikutuk untuk hidup selamanya.

Drama Korea Goblin yang dibintangi oleh aktor papan atas, Gong Yoo dan Lee Dong Wook serta dua aktris ternama, Kim Go Eun dan Yoo In Na ini sukses meraih banyak perhatian penonton. Drama bergenre fantasi dan romansa dengan jumlah episode 16 ini ceritanya cukup ringan dan menghibur sehingga cocok untuk jadi penghilang penat. Sebelum nonton, simak sinopsis dan reviewnya di sini.

Sinopsis

Sinopsis

Diceritakan Kim Shin (Gong Yoo) merupakan seorang jenderal dari Dinasti Goryeo ini hebat dan tak terkalahkan. Kehebatan Kim Shin membuat rakyat begitu menghormatinya dan itu menimbulkan rasa iri pada hati sang raja Wang Yeo (Kim Min Jae) yang masih muda tersebut. Dia pun dijebak sebagai pengkhianat dan keluarganya, termasuk adiknya yang merupakan istri raja, dibunuh di hadapannya.

Melihat itu semua, sang jenderal pun memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang terhormat. Dia meminta prajurit untuk menusuk dirinya menggunakan pedang milik Kim Shin. Karena pedangnya sudah banyak bersimbah darah dari orang-orang yang dia bunuh, dia dikutuk menjadi dokkaebi alias Goblin yang immortal.

Di awal dia merasa menjadi seorang yang tak bisa mati itu adalah sebuah berkah, tapi ternyata menjadi seorang yang immortal membuatnya menderita karena dia harus menyaksikan orang-orang yang dia kasihi satu per satu pergi meninggalkannya.

Namun untuk mengakhiri keabadiannya, harus ada yang bisa mencabut pedang di dadanya itu dan yang bisa melakukannya hanya pengantin Goblin. Tak terasa Kim Shin sudah hidup selama 900 tahun dan tanpa disengaja dia sudah ikut campur dalam nasib seseorang.

Dia menolong wanita hamil yang seharusnya meninggal dan sedang dicari oleh Grim Reaper (Lee Dong Wook). Wanita itu berhasil melahirkan seorang anak perempuan yang bernama Ji Eun Tak (Kim Go Eun). Saat ibunya meninggal, Eun Tak akhirnya bertemu dengan Grim Reaper.

Waktu pun berlalu dan Eun Tak tumbuh jadi anak yang ceria, tapi dia harus mengalami kemalangan karena tinggal bersama bibinya. Tanpa sengaja saat ulang tahunnya dia memanggil Goblin. Kim Shin kebingungan karena dia ada di hadapan Eun Tak. Dia hanya tahu dirinya mendengar suara Eun Tak memanggilnya. Secara kebetulan nasib mereka pun saling berkaitan.

Ternyata Kim Shin tinggal dengan Grim Reaper karena Yoo Deok-hwa (Yook Sung-jae), keponakan Kim Shin, menyewakan rumahnya pada Grim Reaper. Eun Tak akhirnya juga tinggal di rumah tersebut karena dia merasa kalau dirinya adalah pengantin Goblin yang bisa membantu Kim Shin menarik pedangnya.

Eun tak bekerja paruh waktu di rumah makan ayam milik Sunny (Yoo In-na). Sunny bertemu dengan Grim Reaper dan keduanya jatuh cinta. Alur cerita pun menjadi tambah menarik apalagi saat masa lalu tiap tokoh terungkap. Akankah Eun Tak berhasil membantu Kim Shin menarik pedangnya? Lalu bagaimana dengan Grim Reaper yang juga mencari dirinya?

Come Back Gong Yoo Setelah Hiatus

Come Back-nya Gong Yoo ke Layar Televisi Setelah Hiatus

Bagi penggemar Gong Yoo, nonton Goblin seperti mengobati rasa rindu menyaksikan aktor ini kembali ke layar televisi setelah sukses dengan Coffee Prince-nya. Setelah 5 tahun hiatus, sejak 2012, akhirnya Gong Yoo kembali ke layar televisi lewat drama yang naskah ditulis oleh Kim Eun Sook.

Sebetulnya Gong Yoo sempat menolak untuk berperan dalam drama ini. Ini diungkapkan langsung oleh sang penulis naskah, Kim Eun Sook. Saat akhirnya Gong Yoo menyetujui untuk main dalam dramanya, Kim Eun Sook sampai syok.

Alasan Gong Yoo ketika menolak tawaran dari Kim Eun Sook ternyata karena dia memiliki ketakutan disebabkan lamanya dia hiatus. Dia khawatir tidak akan bisa berperan dengan baik di drama Goblin. Yang membuat dia akhirnya berubah pikiran karena pertemuan dirinya dengan sang penulis, Kim Eun Sook. Gong Yoo begitu terkejut dengan fakta bahwa Kim Eun Sook sangat  rendah hati.

Selain itu, keinginannya yang begitu besar untuk membuat Gong Yoo terlibat dalam proyeknya menyentuh hati Gong Yoo. Dari percakapan yang dilakukan antara dirinya dengan sang penulis, akhirnya dirinya mau membuka diri dan merasa nyaman untuk menerima peran tersebut. Gong Yoo juga tersentuh dengan dorongan yang diberikan oleh Kim Eun Sook.

Kisah Cinta dan Persahabatan

Kisah Cinta dan Persahabatan

Seperti kebanyakan drama Korea, kisah percintaan menjadi bumbu yang wajib ada karena kisah cinta selalu sukses menarik perhatian para penonton penyuka drama romantis. Dalam drama Goblin, kita akan disajikan beberapa jenis cinta, ada persahabatan dan romansa.

Ada kisah persahabatan antara ibu Eun Tak dengan Jung Hyun, hantu yang ada di sekolah Eun Tak, yang begitu mendalam. Ini terlihat dari bagaimana Jung Hyun menghormati persahabatannya, bahkan setelah kematian ibunya Eun Tak.

Kisah cinta yang mengharu biru antara Eun Tak dengan Kim Shin juga Grim Reaper dengan Sunny. Penonton pasti dibuat tertawa, tersipu-sipu, dan sedih menyaksikan kisah cinta kedua pasangan ini.

Eun Tak dan Kim Shin harus rela terpisah untuk waktu yang lama sampai akhirnya mereka bisa bersatu kembali. Sunny dan Grim Reaper juga harus mengalami hal yang sama sebelum kembali bersatu.

Bromance yang Menggemaskan

Bromance antara Goblin dan Grim Reaper yang “Gemash”

Selain kisah cinta yang mengharu biru antara dua pasangan tokoh utamanya, ada juga kisah persahabatan yang unik, lucu dan menggemaskan. Hubungan antara Goblin dan Grim Reaper juga banyak menarik perhatian para penonton. Keduanya terlihat seperti Tom and Jerry, hobi sekali ribut tapi saling merindukan.

Boleh dibilang, hubungan bromance di antara keduanya steal the show. Persahabatan yang unik dan lucu antara mahluk berusia 900 an tahun lebih yang terkadang bertingkah seperti anak abg ini membuat penonton gemas.

Meski sering ribut, keduanya bisa saling bekerja sama dan saling membantu satu sama lain. Ketika mereka menyadari siapa mereka di masa lalu, ini sangat menyedihkan. Apalagi ketika mereka menyadari bahwa persahabatan mereka sekarang ini merupakan hal yang mereka lewatkan dahulu.

Sinematografi yang Indah

Sinematografi yang Indah

Goblin memiliki sinematografi yang indah. Pasti penonton masih ingat adegan saat Kim Shin dan Eun Tak berada di sebuah pemakaman. Lokasi syutingnya bernama Parc du Bastion-de-la-Reine yang terletak di Quebec, Kanada.

Tak kalah menariknya yaitu tempat ladang soba yang menghampar dan bermekaran yang menjadi tempat persembunyian Kim Shin dan tempat first kiss Shin dan Eun Tak. Lokasi ini adalah Hagwon Farm yang merupakan taman wisata di Gochang, Korea Selatan.

Pemandangan indah ini juga merupakan salah satu yang paling sinematik dan visual yang menakjubkan dalam drama ini. Bidikan kameranya sukses menghasilkan pemandangan yang indah, kaya akan simetri juga detail yang cermat.

Tiap adegan difilmkan dari sekurangnya enam sudut berbeda. Tiap upaya dilakukan agar bisa menghasilkan bidikan yang indah dan menarik. Di dalamnya termasuk penggunaan transisi yang cerdas.

Goblin tak hanya sukses sebagai drama yang meraih rating tinggi tapi juga menjadi drama yang banyak dibicarakan. Selain lokasi syutingnya yang indah, fashion para tokohnya pun menjadi sorotan dan barang-barang yang mereka kenakan banyak diburu. Tentunya ini menguntungkan bagi sponsor.

Meskipun drama ini banyak penggemarnya karena ceritanya menghibur, tetap saja drama ini pun tak luput dari kritik. Salah satu yang jadi pembicaraan yaitu gap umur antara tokoh Kim Shin yang berumur 900-an tahun dan Eun Tak yang masih SMA di awal bertemu. Bagi sebagian orang ini tampak tidak wajar. Namun demikian drama ini masih tetap asyik untuk ditonton kalau sedang butuh hiburan.

Goblin
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram