Sinopsis & Review Jirisan, Perjuangan Ranger di Gunung Jiri

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Jirisan
3.8
/5

Dijagokan menjadi drama terbaik tahun ini, Jirisan (2021) sudah sangat ditunggu-tunggu penikmat drama Korea. Terbukti untuk episode pertama saja ratingnya sudah mencapai angka 9%. Jirisan (2021) disebut-sebut akan jadi fenomenal menjelang akhir tahun karena berbagai alasan.

Pertama, drama ini memasang nama-nama besar sebagai pemainnya, mulai dari Sung Dong Il, Jun Ji Hyun, Ju Ji Hoon, Oh Jung Se hingga Go Min Si.

Kedua, ia digarap oleh sutradara dan screenwriter yang terkenal bertangan dingin. Lee Eung Bok sebelumnya sukses menyutradarai Sweet Home (2020), Mr. Sunshine (2018), Goblin (2016) dan Descendant of the Sun (2016). Sementara itu Kim Eun Hee juga berhasil menulis cerita untuk Kingdom Season 1 dan 2, Signal (2016) dan 3 Days (2014).

Penasaran bagaimana kedua jenius itu bekerja menciptakan sebuah cerita yang istimewa? Jirisan (2021) gak boleh dilewatkan! Sinopsis dan ulasan untuk episode pertama bisa kamu baca pada artikel berikut ini!

Sinopsis

Hari pertama bergabung bersama ranger di Gunung Jiri, Kang Hyun Jo sudah harus dihadapkan pada kasus pencarian remaja yang hilang di gunung. Tak sempat ganti baju, dia bergegas ikut tim mencari ke berbagai tempat yang diperkirakan.

Beruntung dia dipasangkan dengan Seo Yi Gang yang terkenal sebagai Iblis Jiri karena hafal betul seluk-beluk Jirisan. Bagaimana kisah petualangan mereka? Mari simak sinopsis dan ulasah Jirisan (2021) episode pertama berikut ini!

Episode 1

Episode 1

Di Museum Pendidikan Ekologi Baekdudaegan sebuah tayangan tentang Jirisan diperlihatkan. Jirisan bukan hanya sebuah gunung melainkan tanah harapan sekaligus tempat kematian yang kejam.

Jirisan adalah perbatasan antara tumbuhnya harapan dan kehancuran yang parah. Jirisan merupakan tanah penting antara dunia ini dan dunia selanjutnya.

Kang Hyun Jo (Ju Ji Hoon) yang baru dipindahkah ke Jirisan National Park Haedong Ranger Station langsung disambut oleh kehebohan tim mencari orang hilang di gunung.

Jo Dae Jin (Sung Dong Il) sebagai komandan pencarian memerintahkan Jung Gu Yeong (Oh Jung Se) mengajaknya bergabung bersama tim untuk terjun ke lapangan. Tak sempat berganti pakaian, Hyun Jo harus bergegas.

Mereka diburu waktu mencari Yeom Seung Hun, 14 tahun, yang sudah hilang selama 23 jam. Dia naik ke gunung mengenakan seragam sekolah lengkap dengan sepatu dan tas ransel. Semua tim yang ada di setiap camp dan station dikerahkan mencari ke wilayah-wilayah yang diperkirakan.

Yeom Seung Hun harus segera ditemukan mengingat dia tidak membawa perlengkapan memadai sehingga waktu genting yang dimiliki tinggal tersisa 7 jam dari total 30 jam waktu aman.

Dalam keadaan seperti itu bongkahan batu mengenai salah satu ranger, beruntung Seo Yi Gang (Jun Ji Hyun) dengan sigap menyelamatkannya dari cedera lebih parah.

Sebagai gantinya Yi Gang diminta mengajak Hyun Jo, si anak baru. Kondisi tampaknya bisa semakin parah karena badai dan hujan diperkirakan akan melanda kawasan Jirisan. Di tengah cuaca yang buruk Hyun Jo menemukan tas ransel Seung Hun.

Sejurus kemudian kepala yang mengambil alih pencarian, memerintahkan Yi Gang dan tim kembali karena kemungkinan anak itu pergi ke gunung untuk bunuh diri.

Hyun Jo tiba-tiba mendapat sebuah visual sebelum kepalanya tertimpa potongan dahan cukup besar lalu pingsan. Melewati waktu genting, 30 jam, Hyun Jo yakin Seung Hun masih hidup.

Merasa tak tenang Yi Gang memutuskan mendaki sendiri, ternyata Hyun Jo juga sudah ada di sana. Mereka sama-sama gelisah karena jika tidak diselamatkan malam ini, Seung Hun bisa meninggal.

Setelah mencari dan tanpa hasil Hyun Jo mengusulkan Yi Gang untuk berpindah ke sebuah area yang dia lihat di bayangannya; Batu Sangsuri. Benar saja, mereka menemukan Seung Hun di sana dalam keadaan pingsan.

Gu Yeong dan Il He yang datang kemudian bantu membawa Seung Hun turun gunung. Hyun Jo rupanya memiliki kemampuan melihat para pendaki yang hilang di gunung tapi Yi Gang menganggapnya lelucon.

Dua tahun kemudian Dae Jin menerima Yi Gang sebagai ranger baru. Gu Yeong keberatan karena rupanya Yi Gang sekarang berada di atas kursi roda. Menggunakan insting dan analisisnya Yi Gang tertarik dengan kasus pencarian Yang Geun Tak yang baru ditutup Dae Jin dan tim.

Berdasarkan petunjuk dari Yi Gang, Gu Yeong dan Lee Da Won (Go Min Si) diperintah menuju tempat yang dimaksud. Sampai di sana keduanya terkejut karena menemukan tengkorak Yang Geun Tak. Dae Jin dan Gu Yeong penasaran bagaimana Yi Gang bisa tahu persis lokasi pendaki yang hilang sementara sudah sebulan lebih ratusan orang mencarinya.

Yi Gang menjelaskan bahwa dia mendapat petunjuk dari kode yang hanya dimengerti Hyun Jo dan dirinya. Kode tersebut dipakai untuk menandakan lokasi pendaki yang hilang saat tak ada sinyal.

Anehnya Yi Gang juga menemukan petunjuk-petunjuk serupa pada beberapa kasus kehilangan lain. Da Won menebak mungkin Hyun Jo yang membuat petunjuk tersebut tapi Dae Jin menyangkal karena Hyun Jo sedang koma.

Episode 2

episode 2

Pada tahun 2020, dua bulan ke belakang, tepatnya 62 hari sebelum Yang Geun Tak dinyatakan menghilang, seseorang terlihat memindahkan pita kuning yang terikat pada pepohonan di jalur pendakian. Pita kuning tersebut turut ditemukan bersama jasad Yang Geun Tak dan membuat Yi Gang penasaran.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram