Bacaterus / Review Film Barat / Review dan Sinopsis Netflix Series Into The Night (2020)

Review dan Sinopsis Netflix Series Into The Night (2020)

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sangka matahari yang selama ini jadi sumber tenaga bumi dan punya pengaruh yang dahsyat untuk kehidupan manusia malah menjadi mesin pembunuh untuk semua orang di bumi. Katastropi tersebut sukses disajikan dalam drama seri Netflix berjudul Into The Night. Sudah pernah menontonnya atau mendengarnya?

Buat kalian yang sudah nonton selamat deh! Karena sudah tahu jalan ceritanya, Nah, buat yang belum nonton, artikel kali ini bakal banyak spoilernya. Siap-siap yak! Hitung-hitung bantu kalian juga lah yah sebelum nyemplung nonton serialnya. So? Tunggu apa lagi? Simak ulasannya yuk!

Sinopsis

Into The Night (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Entre Chien et Loup
  • Sutradara: Jason George
  • Pemain: Jan Bijvoet, Nabil Mallat, Pauline Etienne

Into The Night merupakan drama seri Belgia yang diangkat dari e-novel berjudul The Old Axolotl. Cerita dibuka dengan pemandangan bandara di Brusells yang padat penumpang dengan berbagai tujuan. Saat proses boarding, salah satu tentara Italia yang mengaku sebagai salah satu prajurit NATO bernama Terenzio (Stefano Cassetti) memaksa masuk ke dalam pesawat lebih dulu dengan ‘membajak’ pesawat.

Beberapa penumpang yang saat itu sedang bersiap kaget bukan kepalang. Mencoba untuk menutup pintu sebelum Terenzio masuk, seorang pramugari bernama Gabrielle (Astrid Whettnall) gagal menghalanginya. Terenzio kini menguasai pesawat dan meminta sang co-pilot, Mathieu (Laurnet Capelluto) untuk segera berangkat tanpa mengangkut penumpang lainnya.

Terenzio mengatakan bahwa tindakannya ini dilakukan untuk menyelamatkan mereka semua dari bencana matahari yang akan menewaskan seluruh umat manusia. Awalnya Mathieu dan penumpang lainnya tidak percaya namun semuanya berubah setelah mereka berkali-kali tidak bisa mendarat untuk isi ulang bahan bakar karena bandara hancur luluh lantak dan berantakan.

Mereka panik bukan main, mereka akhirnya percaya pada Terenzio. Supaya pesawat bisa berjalan dengan baik,  Mathieu meminta bantuan salah satu penumpang bernama Sylvie (Pauline Ettienne) yang mampu menerbangkan helikopter untuk menjadi partnernya selama di dalam pesawat; karena Mathieu tidak bisa menerbangkan pesawat sendirian. Mereka bersama belasan penumpang lainnya terbang menuju malam.

Bencana Matahari yang Benar-Benar Bisa Terjadi

Sun (Copy)

Dalam seri Into The Night, kita tahu bahwa bencana yang melumat seluruh penduduk dunia adalah akibat Matahari, diceritakan bahwa matahari melepaskan radiasi berlebihan sehingga mampu ‘menghapus’ sistem DNA dari makhluk hidup. Sinar ultra violet dari matahari pun ‘membakar’ makhluk hidup sehingga bisa dipastikan bahwa semua makhluk hidup dalam seri ini meninggal.

Nah, dalam kehidupan kita sehari-hari, bencana ini juga bisa terjadi apabila kadar emisi gas karbondioksida terlalu banyak terlepas ke udara hingga mengikis lapisan ozon menjadi tipis. Ini membuat ultra violet dengan mudah menembus atmosfer dan paparan radiasi matahari bisa langsung kontak dengan semua makhluk hidup di bumi.

Meski begitu banyak film bencana, seperti Into The Night ini, memberitahu kita bahwa bencana yang mereka tayangkan bukan hanya isapan jempol saja, namun bisa benar-benar terjadi apabila manusia masih tidak bisa mengatur bumi yang ditinggali. Yuk, mulai dari diri sendiri buat mengubah semua menjadi lebih baik. Dari hal simple saja! Buang sampah pada tempatnya.

Karakter Misterius

Ayaz (Copy)

Dalam setiap episode Into The Night, kita akan dikenalkan dengan semua penumpang yang ada di dalam pesawat tersebut sehari sebelum mereka dapat kabar kalau matahari bisa membunuh mereka. Meski tidak semua, saya yakin tokoh-tokoh yang dikenalkan sebelum drama dimulai adalah tokoh penting dalam cerita tersebut.

Namun ini menjadi misterius, apa perkenalan para penumpang tersebut ada hubungannya dengan penumpang yang lain? Sebut saja penumpang bernama Ayaz Kobanbay yang diperankan oleh Mehmet Kurtulus. Dalam seri ini, mau sehancur apapun dibuatnya, Ayaz pasti akan tetap hidup. Dia merupakan pria baik namun begitu penuh dengan rahasia.

Kalau kalian menonton seri ini, kalian akan mudah tahu bagaimana sifat Ayaz. Ramah. Namun dingin. Ingin membantu namun banyak yang tidak percaya padanya. Bisa memegang senjata dengan mudah. Punya banyak tak-tik, sampai di akhir cerita, Ayaz yang dibenci malah jadi yang paling dicari oleh semua penumpang. Siapa sih si Ayaz ini? Semoga bisa dijelaskan di Season kedua nanti.

Plot Terlalu Cepat

Passenger (Copy)

Film ini memiliki jalan cerita yang menurut saya lumayan gampang diikuti, mungkin karena setiap episode nya hanya menghabiskan kurang dari satu jam saja, sehingga banyak problem yang tiba-tiba selesai dengan pemecahan masalah yang tidak rumit. Contohnya saja saat ada penumpang lain di sebuah bandara yang mengaku sebagai anggota tentara yang tertinggal dan meminta untuk ikut naik pesawat.

Ternyata 3 tentara yang jadi penumpang itu adalah 3 pembunuh yang paling dicari. Mereka bisa lolos ketika kekacauan terjadi di bandara itu sebelumnya. Semua penumpang yang tahu akan ini akhirnya mencoba cara untuk meninggalkan mereka di bandara selanjutnya. Berhasil. Dengan taktik mudah para tentara gadungan itu bisa ditinggalkan meski harus mengorbankan seorang pramugari.

Ada lagi adegan dimana sang pilot tertembak di tangan sehingga bagian yang tertembak harus diamputasi. Untuk saya pribadi hal seperti ini hanya bisa ditangani oleh ahli bedah, namun dalam serial ini ahli kesehatan biasa pun bisa membedah tangan seorang pilot yang notabenenya memegang kendali penuh atas pesawat. Dengan operasi bedah yang secepat kilat, pilot pun berhasil menerbangkan pesawat lagi.

Sisa cerita lainnya diisi dengan drama namun tidak berbelit-belit. Oh iya, meski setting film kebanyakan di dalam pesawat, kalian tidak akan merasa bosan. Melihat bagaimana mereka setuju akan suatu hal namun kembali berubah pendapat dan ujung-ujungnya bertengkar satu dan yang lain akan sering kalian temukan disini. Maklum saja, kalau saya jadi mereka, saya juga akan stress & bingung. Bawaannya pengen ngamuk.

Ending yang Menggantung

Sylvie (Copy)

Ketika semua penumpang bisa sampai di bunker perlindungan yang dicari. Semua akhirnya berbondong-bondong masuk ke dalam  sana. Sempat dicegat dan ditanya-tanya lebih dulu oleh tentara disana, akhirnya para penumpang yang masih tersisa diijinkan masuk ke dalam bunker tersebut. Thanks banget buat salah satu penumpang yang mampu menerjemahkan isi dari data NATO yang dicuri.

Saat sudah di dalam bunker, Sylvie tiba-tiba diajak oleh para tentara ke arah yang berlawanan dari semua orang yang datang. Para tentara minta untuk Sylvie membantu mereka. Setelah itu Season pertama selesai begitu saja. Kalau sudah seperti ini yakin bakal ada Season kedua sih yang semoga lebih oke dari cerita di season pertama.

Nah buat kalian nih yang penasaran sama drama seri Into The Night, tunggu apa lagi deh? Langsung aja nonton di Netflix! Semoga informasi yang diberikan tadi bisa membantu kalian untuk memahami isi filmnya ya. Dan yang sudah nonton, gimana nih komentarnya? Tulis di bawah ya! Kita bareng-bareng tunggu Season keduanya tayang di Netflix!

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *