bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Musikal Idol: The Coup (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 20 Desember 2021

Idol: The Coup (2021) merupakan satu lagi drama musical terbaru yang siap menemanimu di penghujung tahun ini setelah Let Me Be Your Knight (2021).

Dibintangi para Idol seperti Hani EXID, Exy WJSN, Solbin dari Laboum serta sebagian besar jebolan Producer 101, drama ini berada di tangan orang-orang yang merasakan langsung beratnya perjuangan sebagai Idol.

Dengan latar belakang pemain yang seperti itu, mereka membawakan setiap karakter dan emosi secara valid. Rasa putus asa menjadi idol gagal dapat disampaikan dengan meyakinkan.

Drama berjumlah 16 episode berdurasi 1 jam 20 menitan/episodenya ini menjanjikan cerita yang hangat dan berbobot sebab berisi perjuangan dan keyakinan yang sesekali terasa sebagai kenaifan. Penasaran? Simak sinopsis dan ulasan drama Idol: The Coup berikut ini yuk!

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama Let Me Be Your Knight (2021)

  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Drama, Musical Drama
  • Produksi: JTBC Studios, Take2 Media Group, Transparent Arts
  • Sutradara: Noh Jong Chan
  • Pemeran: Ahn Hee Yeon, Kwak Si Yang, Kim Min Kyu, Exy
  • Jumlah Episode: 16

Sinopsis

Jenna sebagai leader Cotton Candy merasa bertanggung jawab atas nasib teman-temannya. Dia berusaha sekuat tenaga untuk kembali mendapatkan panggung setelah dikategorikan sebagai Idol yang gagal. Diabaikan agensi sampai bersedia menanggung hal memalukan seorang diri, Jenna tetap tegar.

Dia yakin Cotton Candy dapat kembali bersinar. Bisakah Jenna menanggung semua saat anggota yang lain juga meragukannya?

Episode 1-2

Episode 1-2

Tahun 2016 lalu Cotton Candy melakukan debut pertamanya bersama StarPeace Entertainment yang dipimpin Ma Jin Woo. Girl band yang terdiri atas Jenna sebagai leader, Elle, Hyun Ji, Stella dan Chae Ah tersebut sayangnya gagal bersinar. Sudah enam tahun berlalu mereka tak dapat pekerjaan tapi juga tak kunjung dilepas oleh agensi.

Ma Jin Woo tak ingin melepas Cotton Candy karena alasan emosional; bagaimana pun mereka adalah tim bentukan pertamanya sebelum StarPeace semakin berkembang seperti sekarang.

Jenna sebagai leader benar-benar struggling dan masih percaya bahwa Cotton Candy bisa kembali manggung. Dia menghadiri acara radio khusus Idol gagal hanya untuk mengupayakan agar nama Cotton Candy tetap didengar.

Keputusannya membuat anggota yang lain geram, terutama Hyun Ji dan Elle. Mereka merasa dipermalukan karena di acara tersebut Jenna seolah bangga mengakui bahwa Cotton Candy memang Idol grup yang gagal.

Jenna adalah personil yang paling berusaha kuat dan pantang menyerah mempertahankan grupnya, sementara yang lain sudah sibuk dengan pekerjaan masing-masing yang juga tak seberapa.

StarPeace Entertainment benar-benar tak peduli lagi pada Cotton Candy, apalagi mereka juga punya Mars yang digawangi pria-pria muda berbakat dan tampan yang lebih sukses.

Mereka adalah Seo Ji Han, Ray, Tae Young, Yool dan Dan. Meski begitu Jenna tetap berusaha semampunya. Tanpa segan dia kerap datang ke kantor meminta sisa pekerjaan yang ditolak oleh manajemen. Saat Jenna datang ke kantor StarPeace. Dia menerima pekerjaan tanpa bayaran dari Asisten Manajer Park untuk tampil di perumahan.

Tentu saja dia gagal membujuk anggota yang lain, kecuali Stella, sayangnya Stella juga terkendala datang karena ada masalah di lokasi syuting. Hasilnya Jenna benar-benar tampil sendiri dan membawakan lagu orang lain.

Ketika berada di kantor, Jenna ditemani Du Ho, mantan manajer Cotton Candy dan satu-satunya orang dari perusahaan yang masih memihaknya, bermain musik dan bernyanyi di ruang latihan. Tanpa Jenna sadari kemampuan bermusiknya menarik perhatian Ji Han, leader dari Mars.

Jenna juga bertemu Ma Jin Woo dan memintanya mendengarkan lagu yang dikirim lewat email. Namun, Ma Jin Woo menghapusnya diam-diam.

Ma Jin Woo berada di keputusan yang sulit, terutama sebentar lagi CEO Cha Jae Hyeok akan menjadi Wakil Presdir. Dia adalah sosok yang terkenal perhitungan dan tidak mungkin membiarkan Cotton Candy berada lebih lama di agensinya. Di tempat berbeda Jenna yang baru selesai manggung di perumahan tak kuat lagi menahan air matanya.

Ma Jin Woo lalu menelepon dan memintanya datang ke kantor. Jin Woo menegaskan bahwa dia tidak akan memperpanjang kontrak lagi.

Jenna meminta tambahan waktu dua tahun karena dia tahu anggota yang lain sebenarnya tak ingin bubar, tapi Jin Woo tidak bisa mengabulkannya. Dia hanya akan mempertahankan Jenna, bukan Cotton Candy.

Saat Jenna sedang galau memikirkan keputusan yang akan diambil, Du Ho datang membawa kabar bahwa Cotton Candy mendapat kesempatan tampil sebagai pembuka di sebuah festival. Namun, Hyun Ji dan Elle tak antusias.

Elle bahkan memutuskan untuk hengkang dari Cotton Candy sementara Hyun Ji menuntut Ma Jin Woo melalui Jenna untuk meminta maaf pada mereka dan mulai kembali peduli pada mereka.

Selain masalah internal, Cotton Candy juga kesulitan mendapatkan ruangan di agensi untuk berlatih. Alasannya karena mereka tidak menghasilkan uang. Elle yang malam itu bekerja menemani klien, melihat CEO Cha Jae Hyeok ada di tempat yang sama dan memerhatikannya.

Sementara itu keributan yang tak kunjung selesai membuat Jenna menyadari bahwa mungkin hanya dia yang masih ingin bertahan. Dia lalu meminta anggota Cotton Candy yang lain memilih antara bubar atau tetap bersama-sama. Elle dan Hyun Ji tak terima.

Di sisi lain Du Ho masih berusaha keras mendapatkan tempat berlatih di agensi untuk Cotton Candy sekalipun kode kunci pintu ruangan latihan sudah diganti. Hari itu Jenna dan anggota yang lain menyibukkan diri dengan urusan masing-masing.

Jenna yang bekerja paruh waktu mengantarkan makanan menyelesaikan pekerjaannya dengan mengantar makanan pada Ji Han. Ji Han menggunakan topeng ayam membantu Jenna menyelamatkan Hyun Ji yang nekat adu minum dengan seorang pria.

Hyun Ji melakukan itu untuk mendapatkan kembali uang Du Ho yang sudah diberikan sebagai ganti rugi saat dia membuat keributan dengan pria itu beberapa waktu lalu.

Hyun Ji tahu Du Ho berkorban banyak untuk Cotton Candy sampai-sampai tidak memedulikan dirinya sendiri. Du Ho masih memedulikan Cotton Candy padahal dia juga sibuk menjadi agen untuk grup lain milik StarPeace yang sedang bersinar. Tak perlu pikir lama Jenna menghubungi Ma Jin Woo dan memutuskan untuk tetap bertahan dengan grupnya.

Di tempat berbeda Elle menemui Cha Jae Hyeok. Dia meminta kesempatan bagi Cotton Candy untuk bertahan di agensi tapi tampaknya tak berhasil. Sementara itu setelah mencoba berbagai cara Du Ho akhirnya mendapatkan ruang latihan di agensi dengan bantuan Ji Han.

Ketika semua mulai berjalan baik dan mereka siap latihan, Elle datang dengan marah-marah karena mengetahui kalau Cotton Candy sebenarnya akan dibubarkan dan agensi hanya akan mempertahankan Jenna. Semua terkejut termasuk Hyun Ji, Du Ho dan Ji Han yang menguping mereka dari pintu.

Episode 3-4

Idol The Coup Ep 3-4

Setelah membeberkan rahasia yang ditutupi Jenne perihal pembubaran mereka, Hyun Ji kembali meledak sekalipun Stella sudah menjelaskan kalau Jenna menolak tawaran Ma Jin Woo. Elle mengatakan hal buruk pada Du Ho sebelum kembali sakit hati melihat kelompoknya yang dulu telah sukses. Hal itu membuat Elle menyingkirkan rasa malu dengan mengemis pada Ma Jin Woo untuk mengontraknya alih-alih Jenna tapi Elle tetap ditolak.

Entah dari mana Elle salah paham mengira bahwa Jenna sudah menghalang-halanginya untuk mendapat kontrak dari StarPeace. Dia menekan Jenna agar membujuk Ma Jin Woo. Di tempat berbada Du Ho terpikir untuk mengancam Ma Jin Woo agar kontrak Cotton Candy dapat diselamatkan. Dia tak sadar Cha Jae Hyeok mendengar rencananya.

Jenna berusaha menahan tapi Du Ho tetap berkeras. Saat Cha Jae Hyeok dan Yoon Se Yul memergoki, Ji Han datang menyelamatkan keduanya dengan mengarang cerita. Pertemuan pertama Ji Han dan Jae Hyeok berlangsung tegang dan justru menimbulkan masalah baru.

Ji Han tak akan memperpanjang kontrak jika Jae Hyeok ada di StarPeace karena masa lalunya dengan pria tersebut tidak begitu baik. Hari itu tanpa sengaja pulpen milik Cha Jae Hyeok jatuh ke dalam tas Jenna. Cerita berlanjut saat Ji Han meminta Jenna mendengarkan lagu andalan unitnya karena dia mengagumi dan percaya dengan musikalitas Jenna.

Malam itu Jenna yang diusir oleh Hyun Ji diajak Ji Han ke studionya. Mereka menghabiskan waktu untuk mengoreksi lagu. Namun Jenna segera pergi karena merasa tersinggung ketika Ji Han menawarinya tinggal di studio dan Ray akan menyewakan hotel untuknya. Di saat bersamaan Cha Jae Hyeok berusaha menemui Jenna untuk mengambil pulpen miliknya. Tak lama Jenna harus menenangkan Hyun Ji yang kembali meledak.

Cha Jae Hyeok mengikuti Jenna dan melihat situasi yang terjadi di Cotton Candy dengan mata kepala sendiri. Pagi hari keadaan kembali membaik apalagi Ma Jin Woo mengizinkan mereka memakai studio untuk latihan atas permintaan diam-diam dari Ji Han. Mereka, kecuali Elle yang tetap murung di rumah, berlatih dengan semangat, begitu pun Du Ho.

Melihat kerja keras Jenna dan yang lain, ditambah bujukan Du Ho, Ma Jin Woo tampaknya mulai memikirkan Cotton Candy kembali. Dia meminta Jenna dan yang lain menemuinya setelah tampil di sebuah acara festival. Sayang, hari itu turun hujan dan penampilan Cotton Candy dibatalkan. Du Ho bergegas menyusul mereka sementara Ma Jin Woo terlihat kesakitan di ruangannya.

Nahas, Du Ho mengalami kecelakaan dan di saat bersamaan Ma Jin Woo terkena serangan jantung. Keduanya meninggal dunia dan membuat Cotton Candy terpuruk. Dalam keadaan seperti itu Hyun Ji kembali membuat masalah. Kematian dua tokoh itu juga membuat Ji Han bersedih. Ji Han masih enggan ke kantor menemui Cha Jae Hyeok karena menurutnya lelaki itu bermasalah; dia mesum, arogan, narsis dan tidak bisa dipercaya.

Cha Jae Hyeok sendiri sedang menggelar rapat untuk menentukan nasib Cotton Candy bersama tim StarPeace yang lain. Kematian Du Ho membuat Jenna kehilangan semangat. Dia merasa Cotton Candy memang kesialan belaka. Jenna bahkan menolak kesempatan yang diberikan Cha Jae Hyeok. Jenna berubah dingin dan tidak peduli pada member yang lain, termasuk Hyun Ji.

Tak lama emosi Jenna mereda dan dia bersedia menerima tawaran Cha Jae Hyeok. Cotton Candy bersiap bangkit. Mereka latihan dengan semangat untuk menunjukkan penampilan terbaiknya di depan Cha Jae Hyeok dan staf lain, semata untuk mendapatkan kesempatan lagi. Namun, Ji Han mencurigai niat dan rencana Cha Jae Hyeok.

Hari tes bagi Cotton Candy tiba. Sebelum tampil, Asisten Manajer Park mengatakan pada Jenna kalau sebelum meninggal Ma Jin Woo berencana memberikan kesempatan untuk mereka. Jenna kembali emosional mengingat perjuangannya bersama CEO Ma di awal-awal berdirinya StarPeace.

Penampilan Cotton Candy sukses memukau staf StarPeace yang ikut menonton, termasuk Ji Han. Namun, selesai tampil Cha Jae Hyeok tidak mendapatkan satu pun staf yang setuju bahwa Cotton Candy menguntungkan secara bisnis. Ji Han yang menunjukkan dukungannya tidak dianggap.

Jenna tidak terima dengan keputusan Cha Jae Hyeok yang akan segera membubarkannya. Sang leader kemudian minta meminta StarPeace melepaskan nama Cotton Candy tapi juga ditolak. Terakhir, Jenna meminta waktu tiga bulan dan mereka akan membubarkan diri setelah berhasil jadi nomor satu di acara musik.

Untuk mendapatkan tiga bulan itu Cha Jae Hyeok memberi Cotton Candy waktu tiga hari guna melejitkan namanya sampai orang-orang lupa kalau mereka Idol gagal. Kriterianya Cotton Candy harus berhasil menarik perhatian Mo Ga Jin, seorang jurnalis hiburan yang terkenal hanya tertarik dengan para pesohor.

Elle menemui Cha Jae Hyeok selesai acara tersebut. Dia tetap meminta diorbitkan secara solo karena merasa punya potensi, tapi tetap tidak berhasil. Ketika member yang lain sepakat bersatu untuk mencapai tujuan akhir mereka, walau akhirnya harus bubar, Elle sibuk dengan urusan pribadinya.

Ji Han kembali menemui Cha Jae Hyeok di kantornya. Leader Mars itu menolak pekerjaan yang diberikan. Beberapa saat kemudian Ji Han dan Jenna bertemu. Jenna yang sebelumnya punya ide ‘jahat’ untuk menarik perhatian Mo Ga Jin, menemui Ji Han untuk meminta bantuan. Tanpa diduga Ji Han juga butuh bantuan Jenna. Ji Han mengajak Jenna untuk pura-pura berpacaran.

Episode 5-6

Idol The Coup Ep 5-6

Rencana Jenna dan Ji Han untuk menciptakan rumor berpacaran diketahui Cha Jae Hyeok. Jae Hyeok berusaha menghentikan Jenna dan Ji Han yang sengaja bertemu untuk memancing Reporter Mo. Secara tidak terduga, Jenna malah mencium Jae Hyeok dan membuat Ji Han merasa dikhianati.

Cotton Candy akhirnya mendapat kesempatan tiga bulan yang diinginkan. Walau dengan syarat-syarat memberatkan Hyun Ji dan kawan-kawan merasa senang.

Elle sendiri memutuskan hengkang, kali ini Jenna tidak menahannya. Cotton Candy berencana membuat lagu baru dan meminta bantuan Bbiyong, produser utama Starpeace. Mereka juga membuat channel video sendiri.

Hari itu Jenna sibuk mengantar pesanan ayam ke pelanggan. Dia bertemu rombongan Jae Hyeok, Ji Han dan kebetulan ada Reporter Mo. Tanpa sengaja, Jenna yang bersembunyi dengan Ji Han di toilet, mendengar bahwa Reporter Mo bicara pada Jae Hyeok dan merendahkannya.

Esoknya Jenna diminta menemui Jae Hyeok. Dia dan Cotton Candy ditawari uang pesangon dan kontrak pembatalan. Jenna murka dan merasa terhina. Kemarahan Jenna bertambah saat dia merasa kalau Bbiyong hanya mengulur waktu dan tidak sungguh-sungguh membantu Cotton Candy.

Tidak lagi sabar menunggu kepastian, Jenna datang ke tempat Bbiyong. Tak disangka Hyun Ji juga sedang menuju ke sana. Bbiyong bersikap arogan dan membuat dua gadis itu marah.

Perkelahian mereka dilerai Jae Hyeok yang segera datang. Namun, Bbiyong mengatakan hal mengejutkan kalau Jae Hyeok lah yang memintanya mengulur waktu memproses lagu baru Cotton Candy untuk menghambat mereka.

Jae Hyeok sebenarnya tidak menyetujui usul Bbiyong secara langsung, tp CEO itu juga tidak melarangnya. Jenna memutar otak mencari produser lain. Idenya jatuh pada Troy, mantan produser mereka yang dulu dicampakkan karena termakan adu domba Bbiyong.

Hyun Ji dan Chae Ah membuat pernyataan mengejutkan di channel video mereka tentang seorang produser yang berlaku seenaknya. Seorang anonim berkomentar kalau produser yang dimaksud adalah Bbiyong. Starpeace ketar-ketir dengan hal itu. Untuk meredam rumor ke arah lebih parah Jae Hyeok menawari Cotton Candy kolaborasi dengan Mars di acara amal.

Sementara menyiapkan penampilan untuk konser amal, Jenna dipusingkan oleh pilihan Elle yang nekat melakukan apa pun agar bisa tampil solo, termasuk bukan tidak mungkin menjual dirinya. Jenna gagal membawa Elle kembali.

Jae Hyeok yang melihat gadis itu menangis di pinggir jalan, terlihat khawatir. Dia bahkan menunggu di dalam mobil dan dari kejauhan untuk memastikan Jenna pulang dengan selamat.

Hyun Ji punya ide gila dalam kolaborasi mereka dengan Mars. Dia ingin menduetkan Jenna dengan Ji Han. Ji Han setuju tapi Jenna ragu-ragu. Tak lama Jenna mendapat telepon dari Troy. Troy bersedia memproduseri album kedua Cotton Candy asal Elle yang menemuinya. 

Episode 7-8

Episode 7-8

Kaki Jenna terluka saat jatuh ketika dia membujuk Elle agar mau menemui Troy. Jae Hyuk yang melihat itu membawa Jenna berobat ke klinik milik bibinya. Kesepakatan rahasia antara Elle dan Troy membuahkan hasil menggembirakan untuk Cotton Candy.

Sayangnya kegembiraan itu hanya sesaat karena Jenna akhirnya tahu dari Bbiyong bahwa Elle harus bergabung dengan KillA agar Troy mau memproduseri lagu-lagu Cotton Candy.

Elle sendiri tetap teguh pada pendiriannya untuk meninggalkan Cotton Candy. Jae Hyuk yang terlihat mulai menaruh perhatian lebih pada Jenna terkena imbasnya dan ikut pusing.

Stella, Hyun Ji dan Chae Ah hari itu menemuinya dan meminta pembatalan kolaborasi dengan Mars. Padahal berita kolaborasi mereka mendapat respon yang lumayan bagus.

Di tempat berbeda, Jenna bertindak di luar dugaan: dia juga ingin menjadi penari latar untuk KillA, seperti Elle. Akhirnya, karena jam acara berbeda, Jenna bisa ikut jadi penari latar KillA terlebih dahulu bersama Elle. Jae Hyuk diam-diam melihat penampilannya.

Penampilan Jenna dan duetnya dengan Ji Han, serta kolaborasi Cotton Candy dengan Mars juga memuaskan dan mendapat respon sangat baik. Banyak yang mulai tertarik mengetahui Cotton Candy. Bibi Jae Hyuk bahkan mengirimkan obat-obatan herbal melalui Jae Hyuk karena menyukai Jenna.

Sayangnya Bbiyong tak terima dengan kesuksesan Jenna. Dia kembali menyalakan api dengan menghubungi Reporter Mo lalu membocorkan rahasia perjanjian Troy, KillA, Elle dan Cotton Candy. Penggemar Mars marah dan merasa idola mereka hanya dimanfaatkan. Troy pasang badan sementara Jae Hyuk juga punya rencana. Dia meminta Jenna untuk mengikutinya saja.

Berita buruk tentang mereka akhirnya mereda. Reporter Mo juga menulis artikel yang menguntungkan Cotton Candy atas permintaan diam-diam Jae Hyuk. Namun, badai kembali datang saat Jenna kaget karena lagu yang diperdengarkan Ji Han padanya, lagu yang diklaim sebagai lagu baru dari unit Mars, adalah lagunya.

Episode 9-10

Episode 9-10

Jenna merasa kalau lagu unit Mars mirip dengan lagunya. Troy berusaha meyakinkan Jenna kalau lagu itu memang lagunya. Dia mendengar ciri khas Jenna di sana. Jenna lantas menolak tawaran Jae Hyuk yang menawarkan kontrak baru untuk Cotton Candy. Jenna tetap teguh pada pendiriannya untuk membawakan lagu tersebut.

Keputusan Jenna membuat Ji Han gelisah. Dia ingin melihat Cotton Candy berhasil, tetapi pilihan Jenna itu sangat berbahaya. Cotton Candy akan "dihabisi" oleh para penggemar Mars. Di sisi lain Bbiyong yang bertanggung jawab atas lagu dari unit Mars mengelak tuduhan plagiat.

Dia mengamuk ketika dihadapkan pada kemungkinan itu. Apalagi Troy menjelaskan secara rinci kalau lagu itu sempat dikirim Jenna ke mendiang CEO Ma, jauh sebelum unit Mars menyelesaikan nya. Tak lama berita dugaan plagiarisme Cotton Candy merebak. Akibatnya banyak wartawan dan fans Mars di depan basecamp mereka.

Jenna yang jengah meminta Jae Hyeok untuk sekalian saja membeberkan fakta sebenarnya kalau Bbiyong yang meniru, bukan dia. Pertemuan antara Jenna, Ji Han, Jae Hyeok, Ray dan Bbiyong hari itu berakhir buntu. Bbiyong semakin murka, begitu pun Jenna. Jae Hyuk yang bingung akhirnya mencoba mencari tahu.

Dia meminta Direktur Yoon memeriksa email. Benar saja di sana dia mendapati email berisi lagu Jenna yang dikirim dari CEO Ma kepada Bbiyong dan Direktur Yoon. Di tempat berbeda Ji Han mengancam Bbiyong tapi lelaki itu balik mengancam karena bagaimana pun unit Mars diproduseri oleh Ji Han.

Setelah pertemuan dengan Bbiyong Ji Han menghilang dan sulit dihubungi. Beruntung Jae Hyuk menemukannya di klinik herbal sang bibi. Jenna sendiri membuat pernyataan pers bahwa Cotton Candy tidak menjiplak lagu baru unit Mars. Cotton Candy mendapat bantuan dari Lia Kim, seorang koreografer andal dan penulis Seong yang siap membantu dalam hal publikasi.

Ji Han akhirnya menentukan sikap. Pada pers yang hadir dia mengakui kalau lagu baru unit Mars adalah jiplakan karena Bbiyong mencuri lagu milik Kim Jenna. Dia membatalkan rencana unit Mars bersama Ray dan meminta maaf.

Jenna dan anggota Cotton Candy yang lain malah merasa bersalah karena Ji Han terkena imbasnya. Secara mengejutkan Jenna juga batal memakai lagu kontroversial itu. Jea Hyuk dan Ji Han tidak habis pikir. Ji Han yang sempat kecewa pada akhirnya menawarkan diri menjadi produser mereka bersama Troy. 

Episode 11-12

Episode 11-12

Cotton Candy mulai menuai reaksi positif dan untuk pertama kalinya pula mereka melakukan jumpa dan tanda tangan untuk penggemar. Sayang, acara itu dihancurkan oleh seorang lelaki tua yang selama ini membuat Stella trauma.Dia adalah orang yang memanfaatkan Stella untuk membuat film dewasa di masa lalu saat Stella masih di bawah umur.

Jenna tak bisa tinggal diam meninggalkan Stella yang tak berdaya. Di sisi lain Chae Ah menolak lagu yang diciptakan Dan untuknya. Dia tak ingin dianggap mendompleng ketenaran salah satu member Mars itu. Jenna dan yang lain mulai cari cara untuk melepaskan Stella dari lelaki tua tersebut.

Mereka lalu menemukan putri tunggalnya yang ternyata adalah fans Stella dan Cotton Candy. Tak ingin perangai busuknya diketahui sang putri, lelaki tua itu pun menyerah dan berjanji tak akan mengganggu Stella lagi. Chae Ah sendiri akhirnya menerima lagu yang dibuat Dan karena Troy berhasil meyakinkannya bahwa lagu itu memang untuk Stella.

Masalah kembali muncul ketika Bbiyong membuat keributan di Starpeace. Hidupnya berantakan dan membuat Ji Han, Jenna dan anggota Cotton Candy yang lain merasa bersalah. Ji Han tampak berhasil menenangkannya dan Bbiyong mendapat dukungan dari Jenna dan Cotton Candy.

Persiapan penampilan panggung pertama Cotton Candy berjalan dramatis karena hari itu nenek Hyun Ji koma. Dia tidak akan pergi jika neneknya tidak siuman. Semua bingung hingga Jenna memutuskan untuk tampil berempat. Sejurus kemudian nenek Hyun Ji sempat sadar dan meminta cucunya untuk pergi menunaikan impiannya.

Setelah membuat yang lain khawatir, Hyun Ji akhirnya datang bersama Jae Hyeok. Semangatnya kembali kala mendengar kabar neneknya sudah siuman. Cotton Candy memberikan penampilan terbaiknya. Mereka pun bubar dan disayangkan oleh banyak penggemar. Kini, masing-masing menjalani bidang berbeda dengan bahagia.

Perjuangan IDOL yang Gagal Bersinar

Perjuangan IDOL yang Gagal Bersinar

Idol: The Coup (2021) akan cocok untuk kamu yang sekaligus suka dengan grup-grup idol dari Korea Selatan. Drama berjumlah 16 episode ini secara garis besar bercerita tentang perjuangan grup idol generasi pertama bernama Cotton Candy dari sebuah agensi yang gagal bersinar.

Mereka tertinggal dari debutan lain di agensi tersebut tapi juga tak bisa dilepaskan begitu saja karena alasan emosional. Karakter utama drama ini adalah leader dari Cotton Candy sendiri, yaitu Jenna yang diperankan oleh Ahn Hee Yeon.

Jenna menggambarkan perjuangan anggota girlband yang masih percaya bahwa grupnya dapat kembali bersinar jika diberi kesempatan. Sebagai pemimpin Jenna dihadapkan pada masalah internal yang pelik, juga masalah dari luar yang merongrong keyakinan dan kepercayaan dirinya.

Selain Jenna, ada pula Seo Ji Han yang diperankan oleh Kim Min Kyu. Karakter Ji Han sebagai leader Mars, idol grup yang bersinar membuat alur drama ini semakin seru. Dia yang berada satu agensi dengan Jenna menggambarkan keadaan yang kontras antara perlakuan yang diterima idol gagal dan bersinar atau idol yang diabaikan dan diutamakan.

Emosional Sejak Awal

Emosional Sejak Awal

Jalan dua episode, Idol: The Coup (2021) sudah memenuhi alurnya dengan emosi-emosi yang sukses bikin terenyuh. Melihat Jenna berupaya mempertahankan Cotton Candy di tengah sikap teman-teman yang dingin dan keadaan yang super sulit, terasa mengharukan sekaligus menyebalkan karena dia terlalu naif.

Perjuangan Jenna bukan satu-satunya yang membuat drama ini sudah emosional sejak awal. Ada juga karakter Du Ho, sang agen yang turut berjuang agar Cotton Candy mendapatkan job dan kembali diperhatikan oleh agensi.

Di tengah kesibukan barunya sebagai manajer Highteen, grup yang tengah bersinar, dia tetap menunjukkan dukungannya pada Jenna dan kawan-kawan.

Dia tidak memedulikan dirinya yang lusuh asal Jenna dan ‘anaknya’ yang lain baik-baik saja. Emosi lain ditunjukkan oleh karakter Hyun Ji, yang selalu marah-marah dan buat masalah di dua episode ini.

Sikapnya yang keras adalah bentuk pertahanan dari kekecewaan karena mimpinya menjadi idol sukses yang kaya raya dan dapat membantu neneknya, kandas. Karakter Hyun Ji cukup relatable dengan siapa pun yang merasa gagal dan perlu waktu untuk menerimanya.

Durasi Panjang Per Episode

Durasi Panjang Per Episode

Sebagai prolog Idol: The Coup (2021) dilengkapi dengan sekilas wawancara member-member dari grup idol yang pernah debut kemudian bubar di Korea Selatan sana. Hal itu membuat pengalaman Jenna dalam drama ini semakin terasa nyata, apalagi durasi per satu episodenya cukup panjang, yaitu sekitar 1 jam 20 menitan hampir 1 jam 30 menit.

Dengan durasi sepanjang itu, konflik yang ditampilkan sangat padat. Menggunakan metode penceritaan yang demikian Idol: The Coup (2021) menariknya tidak terasa membosankan, paling tidak di dua episode pertamanya.

Terutama karena ia banyak menarik emosi para penonton melalui script dan akting yang menonjol dari karakter-karakternya. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya?

Cotton Candy Ditinggal Dua ‘Penjaganya’

Cotton Candy Ditinggal Dua ‘Penjaganya’

Idol: The Coup (2021) baru memasuki episode 3 dan 4 di minggu ini, tapi kepedihan lain yang lebih berat dari dua episode pertama sudah disuguhkan. Alur pada episode 3 dan 4 sangat emosional dengan kematian dua orang yang berarti untuk Cotton Candy. Kematian Du Ho dan Ma Jin Woo dikemas dengan storyline yang apik sehingga kesedihan dan kehilangan yang mereka rasakan bisa tersampaikan secara sempurna.

Keterpurukan Jenna, Hyun Ji, Stella, Elle dan Chae Ah atas kehilangan dua orang yang berjasa bagi mereka ditampilkan dengan akting yang impresif. Scene ketika Hyun Ji histeris lalu Jenna menyeretnya ke kamar mandi dan menyiramnya dengan air, menyuguhkan totalitas dari seorang pelakon. Ahn Hee Yeon dan Ahn Sol Bin perlihatkan kualitas akting yang patut dipuji!

Perseteruan Jenna dan Cha Jae Hyeok Dimulai

Perseteruan Jenna dan Cha Jae Hyeok Dimulai

Tensi emosi saat nonton episode 3 dan 4 Idol: The Coup (2021) dibawa naik dan turun secara cepat. Semangat Cotton Candy yang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk tampil, membawa aura bahagia, tapi sedetik kemudian kembali dijatuhkan kala Cha Jae Hyeok mempermalukan mereka di depan para staf.

Harapan dan kerja keras Cotton Candy menampilkan performa terbaiknya memberi rasa haru, tapi tak lama kita dibawa kesal dan marah karena Cha Jae Hyeok memperlakukan mereka sesukanya. Hal menarik lain pada bagian ini adalah perkembangan karakter Jenna. Leader Cotton Candy yang terkenal bijak itu akhirnya meledak dan memutuskan untuk ‘bertarung’ secara adil dengan Cha Jae Hyeok.

Episode 4 Idol: The Coup (2021) ditutup adegan yang bikin gemes karena Ji Han mengajak Jenna berpura-pura pacaran untuk membalas perlakuan Cha Jae Hyeok dengan menimbulkan kekacauan di StarPeace. Akankah rencana mereka membuahkan hasil yang diinginkan? Atau ada plot twist yang tidak terduga?

Muncul Karakter Baru dan Tambah Seru

Muncul Karakter Baru dan Tambah Seru

Episode 5 dan 6 Idol: The Coup (2021) memasuki konflik baru dengan munculnya dua karakter baru. Mereka adalah Bbiyong dan Troy; dua orang produser musik ternama yang terhubungan dengan Cotton Candy di masa lalu. Bbiyong dan Troy sendiri diceritakan sebagai musuh bebuyutan yang terlibat persaingan sengit sejak dulu.

Kemunculan mereka di-plot sebagai produser musik yang Jenna butuhkan untuk membantu Cotton Candy comeback. Alur jadi tambah seru karena mereka tidak sekadar muncul, tetapi membawa konflik cukup emosional, terutama Troy. Karakter Bbiyong sendiri bukan mustahil akan berkembang jadi batu sandungan lainnya untuk Cotton Candy; mengingat karakternya cukup menyebalkan di dua episode ini.

Siap dengan Chemistry Jae Hyuk dan Jenna?

Siap dengan Chemistry Jae Hyuk dan Jenna

Satu hal yang membuat Idol: The Coup episode 5 dan 6 juga semakin menarik adalah perkembangan hubungan Jae Hyeok dan Jenna. Setelah peristiwa ciuman yang mengejutkan Jae Hyeok ternyata tak bisa menghilangkan Jenna dari pikirannya. Dia selalu merasa terganggu oleh jenna padahal tidak sedang diganggu.

Ada salah satu scene dari bapak CEO yang membuat penonton gemes sendiri nonton dua episode ini, yaitu ketika Jae Hyeok diam-diam mengawasi dan menjaga Jenna dari jauh setelah dia melihat gadis itu menangis. Salah satu dialognya juga cukup menggelikan karena Jae Hyeok sendiri bingung mengapa melakukan hal konyol itu.

CEO yang ternyata berhubungan saudara dengan Ji Han ini menyangkal ketertarikannya pada Jenna. Kira-kira apakah Jae Hyeok bisa kuat dari pesona Jenna yang berani dan penuh semangat?

Kolaborasi Sukses Mars dan Cotton Candy

Kolaborasi Sukses Mars dan Cotton Candy

Sebagai drama ber-genre musik, Idol: The Coup (2021) suguhkan lagu-lagu serta dance yang asyik. Semangat mereka saat berlatih tak lupa diselipkan di dalam cerita. Pada dua episode minggu ini, Cotton Candy dan Mars yang memang terdiri atas para idol, akhirnya bisa tampil bersama dalam satu panggung dengan sangat mengesankan.

Lagu serta koreografi yang mereka bawakan hanya dalam waktu kurang lebih dua menit jadi tontonan yang asyik. Setelah drama pembatalan di detik-detik terakhir yang membuat alur semakin tegang, penampilan mereka terasa emosional dan hangat.

Apalagi yang didapat adalah kesuksesan dan kepuasan, baik Jenna atau CEO Cha. Scene ketika Jenna dan CEO Cha saling lempar senyum dari bawah panggung memperlihatkan kebahagiaan dan rasa bangga karena sudah sama-sama berjuang. Tipis tapi manis.

Badai Datang Lagi

Badai Datang Lagi

Mengikuti cerita Idol: The Coup (2021), khususnya perjuangan Cotton Candy memang naik-turun. Seperti naik roller coaster yang sedetik di atas, kembali lagi ke bawah dalam hitungan sekejap. Persis cerita di episode 7 dan 8 ini. Setelah berbahagia dan lega karena penampilan mereka sukses, Jenna dan kawan-kawan harus kembali menghadapi masalah.

Kemunculan Bbiyong di beberapa episode sebelumnya, benar-benar berperan banyak dalam naik-turunnya emosi saat nonton drama ini. Ketika CEO Cha sudah mulai melunak dan terlihat mulai perhatian pada Jenna dan tim, masalah lain datang dari Bbiyong.

Setelah menjadi sumber atas berita-berita buruk yang menyerang Cotton Candy dan Troy, di akhir episode 8 Bbiyong semakin bertingkah karena memberikan lagu milik Jenna kepada Ji Han tanpa sepengetahuan siapa pun.

Apakah ulahnya bisa memengaruhi hubungan Jenna dan Ji Han? Akankah kelicikannya kembali bisa dihadapi oleh Jenna yang tangguh? Kita tunggu episode mendatang!

Sikap Terpuji Ji Han dan Hubungannya dengan Jae Hyuk

Keributan soal jiplak-menjiplak lagu oleh Bbiyong membuat pusing banyak pihak. Kegigihan Jenna mempertahankan lagunya terlihat di dua episode ini, walau di bagian akhir episode 10, sikapnya lumayan membuat jengkel karena terkesan sesukanya. Namun, yang istimewa dari dua episode ini adalah justri diperlihatkan oleh Ji Han. Perkembangan karakternya menyenangkan karena di dua episode ini Ji Han menunjukkan dirinya sebagai leader yang berani dan bertanggungjawab. Didukung penuh CEO Cha, sekaligus kakak tirinya, Ji Han membenarkan sikap tidak terpuji Bbiyong. Scene saat Ji Han meminta maaf di depan banyak wartawan jadi salah satu yang heartwarming di episode 10. Selain scene itu, interaksi antara Ji Han dan Jae Hyuk yang selama ini lebih sering terlibat perseteruan tidak kalah menghangatkan hati. Di balik sikap Jae Hyuk yang selalu memusuhi Ji Han, pada akhirnya dia hanya ingin melindungi adiknya itu. Hubungan masa lalu mereka pun diperlihatkan, terutama betapa Jae Hyuk dan Ji Han saling menyayangi sebelum ego menguasai.

Keributan soal jiplak-menjiplak lagu oleh Bbiyong membuat pusing banyak pihak. Kegigihan Jenna mempertahankan lagunya terlihat di dua episode ini, walau di bagian akhir episode 10, sikapnya lumayan membuat jengkel karena terkesan sesukanya. Namun, yang istimewa dari dua episode ini adalah justri diperlihatkan oleh Ji Han.

Perkembangan karakternya menyenangkan karena di dua episode ini Ji Han menunjukkan dirinya sebagai leader yang berani dan bertanggungjawab. Didukung penuh CEO Cha, sekaligus kakak tirinya, Ji Han membenarkan sikap tidak terpuji Bbiyong. Scene saat Ji Han meminta maaf di depan banyak wartawan jadi salah satu yang heartwarming di episode 10.

Selain scene itu, interaksi antara Ji Han dan Jae Hyuk yang selama ini lebih sering terlibat perseteruan tidak kalah menghangatkan hati.

Di balik sikap Jae Hyuk yang selalu memusuhi Ji Han, pada akhirnya dia hanya ingin melindungi adiknya itu. Hubungan masa lalu mereka pun diperlihatkan, terutama betapa Jae Hyuk dan Ji Han saling menyayangi sebelum ego menguasai.

Rintangan dan Ketenaran Cotton Candy Sebelum Bubar

Rintangan dan Ketenaran Cotton Candy Sebelum Bubar

Setelah melewati alur yang naik turun seperti roller coaster, perjuangan Jenna dan Cotton Candy dalam Idol: The Coup (2021) sampai di episode terakhir. Namun, di dua episode terakhir pun bukan berarti Jenna dan tim tinggal menikmati keberhasilan mereka, karena masih ada konflik yang memberatkan.

Khusus di dua episodenya yang terakhir, konflik Cotton Candy menguji kekuatan mereka sebagai sebuah keluarga yang tidak saling meninggalkan di saat-saat berat. Lagi-lagi sampai mau tamat pun, drama ini bikin banjir air mata.

Rasa haru ketika Stella berhasil bangkit dari traumanya, atau Chae Ah yang mendapatkan kepercayaan dirinya serta Jenna dan tim yang setia menunggu Hyun Ji, jadi penutup yang hangat.

Belum lagi perkembangan hubungan antara Ji Han dan CEO Jae Hyeok yang lucu, juga Bbiyong yang kembali pada Starpeace. Walau Jenna dan CEO Jae Hyeok atau Jenna dengan Ji Han gak endgame, kebahagiaan dan haru tetap terasa di akhir ceritanya.

Sayang, secara rating, Idol: The Coup (2021) terhitung buruk bahkan sampai episode terakhir, padahal dari segi storyline dan akting, gak mengecewakan. Salah satu drama underrated di tahun ini!

Idol: The Coup
Rating: 
3.4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram