Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis Hospital Playlist, Drama Medis Realistis

Review & Sinopsis Hospital Playlist, Drama Medis Realistis

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hospital Playlist merupakan drama ini merupakan drama dengan tema kedokteran yang disiarkan di tv kabel tvN. Drama ini digarap oleh sutradara Shin Won Ho bersama dengan penulis naskah Lee Woo Jung. Dan kolaborasi apik dari keduanya sebelumnya sudah pernah ditunjukkan melalui drama Reply Series dan Wise Prison Life.

Dan drama yang diproduksi oleh mereka berdua selalu menjadi hot topic selama masa penayangannya tak terkecuali Hospital Playlist. Drama belum lama tayang ini menerima banyak mendapatkan review positif dari publik dan mendapatkan julukan sebagai healing drama. Lantas faktor apa saja yang membuat drama ini dicintai oleh publik? Yuk kita simak ulasannya!

Sinopsis

Sinopsis Hospital Playlist

  • Rilis: 2020
  • Genre: Slice of Life, Medical, Drama, Romance, Comedy
  • Produksi: Egg is Coming, CJ ENM
  • Sutradara: Shin Won Ho
  • Pemeran: Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyoung Ho, Kim Dae Myung, Jeon Mi Do
  • Jumlah Episode: 12

Hospital Playlist atau Wise Doctor Life bercerita tentang kehidupan lima dokter yaitu Lee Ik Jun (Jo Jung Suk) profesor spesialis bedah , Ahn Jeong-Won (Yoo Yeon Seok) profesor pediatrik, Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho) profesor bedah kardiothoraksik, Yang Seok hyung (Kim Dae myung) profesor di departemen OB-GYN dan Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) seorang profesor neurologi.

Kelima profesor tersebut sudah menjalin persahabatan selama 20 tahun dimulai dari saat mereka bersekolah di kedokteran Seoul National University. Dan sekarang kelima sahabat ini bekerja untuk sebuah rumah sakit bernama Yulje Medical Center.

Dan kisah dari drama ini berpusat pada kehidupan mereka sebagai dokter yang juga meliputi kehidupan pribadi mereka masing-masing.

Kehidupan Rumah Sakit yang Realistik

Kehidupan Rumah Sakit yang Realistik

* sumber: www.hancinema.net

Drama ini mendapatkan banyak pujian karena mereka mampu menggambarkan suasana rumah sakit dan medical scene yang realistik. Mulai dari warna lebam dari korban kekerasan, cara para dokter menjahit saat melakukan adegan di ruang operasi, hingga detail dari suhu ruang operasi pun diperlihatkan melalui drama ini.

Jika kalian menonton dramanya, saya rasa kalian bisa merasakan bahwa drama ini sangat well-prepared, seperti mereka sudah melakukan observasi dan riset yang mendalam. Dan benar saja project drama Hospital Playlist ini sebenarnya sudah dipersiapkan dari 4 tahun yang lalu, saat mereka sedang menggarap drama Wise Prison Life.

Sang penulis naskah juga menambahkan bahwa mereka ingin profesional di bidang medis dapat relate dengan kisah yang sajikan oleh drama ini.

Ketotalitasan para pemain dan kru dalam menciptakan drama kedokteran yang terlihat realistik berbuah manis. Video react dan review dari para dokter ataupun praktikal medis lainnya banyak bertebaran di Youtube. Dan banyak dari mereka dapat relate dengan adegan-adegan yang mereka gambarkan melalui drama ini.

Lalu, mereka juga menilai bahwa Hospital Playlist berhasil menggambarkan bagaimana suasana rumah sakit beserta kehidupan dokter, perawat dan staff medical dengan baik. Selain itu, mereka juga menyebutkan bahwa prosedur medikalnya terlihat realistik.

Kisah Pasien dan Dokter yang Menyentuh Hati

Kisah Pasien dan Dokter yang Menyentuh Hati

* sumber: inikpop.com

Selain prosedur medikal yang terlihat realistik, Hospital Playlist juga menunjukkan bagaimana hubungan antara pasien dan dokter. Adegan dalam drama ini menunjukan bahwa tidak mudah untuk seorang dokter mengkomunikasikan kondisi yang sebenarnya pada pasien ataupun keluarganya.

Mereka khawatir terlalu memberi harapan pada pasien, khawatir jika operasi tidak berjalan lancar dan mereka juga khawatir perkataannya membuat down pasien maupun keluarganya.

Dan salah satu scene disini, dimana dokter mengatakan bahwa satu-satunya janji yang bisa dikatakan oleh seorang dokter adalah “Saya akan melakukan yang terbaik” menarik banyak perhatian. Mereka merasa terharu dengan adegan ini. Dan sekali lagi penonton diingatkan bahwa bagaimanapun dokter tetaplah manusia.

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap hari dokter berkutat dengan situasi hidup dan mati. Sehingga, satu penilaian ataupun langkah yang salah akan berdampak langsung pada pasien.

Tidak seperti medical drama lain yang cenderung menciptakan karakter dokter yang sangat sempurna, segala bisa dengan tingkat keberhasilan yang terlampau tinggi. Hospital Playlist lebih realistik, mereka menggambarkan kisah-kisah pasien dan dokter yang memilukan sekaligus menghangatkan hati.

Hampir di setiap episode pasien masuk dan keluar, namun drama ini mampu mengajak para penonton untuk berempati dengan kesedihan dan ketakutan dari pasien dan juga keluarganya.

Mulai dari para orangtua yang merasa tak berdaya saat melihat anaknya kesakitan, ketulusan hati dari seorang pekerja bangunan yang meminta treatment yang paling mahal untuk anaknya meskipun ia tak punya banyak uang, ayah yang rela menurunkan berat badannya dalam waktu yang singkat supaya bisa mendonorkan organnya untuk sang anak dan masih banyak lagi.

Skenario yang disajikan dalam drama ini sangat beragam, namun semuanya berakar dari rasa cinta yang dalam antara pasien dan keluarganya atau orang-orang yang dikasihinya. Dan kisah-kisah menyentuh hati ini cukup sering ditemukan di rumah sakit. And Hospital Playlist successfully portray those stories.

Baca juga: Review & Sinopsis Signal (2016), Drama dari Kasus Nyata

Heart-Warming Friendship

Heart-Warming Friendship

* sumber: www.hellokpop.com

Jika kalian pernah menonton Reply Series ataupun Wise Prison Life, kemungkinan besar kalian familiar dengan tema persahabatan yang sering kali mereka highlight dalam drama yang mereka produksi.

Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kelima sahabat ini sudah menjalin persahabatan selama 20 tahun. Sehingga melalui drama ini, penonton dapat melihat banyak sekali scene dimana mereka menunjukan chemistry persahabatan mereka baik saat mereka masih menempuh pendidikan kedokteran hingga sudah menjadi profesor di rumah sakit. Dan adegan-adegan tersebut sangat well-crafted.

Seperti persahabatan yang sering kita temukan di real-life, mereka sering berargumen karena hal kecil. Namun disisi lain, mereka juga tau kebiasaan dari masing-masing temannya dan dapat menebak suasana hati temannya tanpa kata.

Band Session

Band Session

* sumber: inikpop.com

Selain kisahnya yang membalut unsur persahabatan dan keluarga, Hospital Playlist juga melibatkan unsur musik. Dalam kisah dramanya, kelima sahabat ini sudah membentuk band semenjak mereka masih menjadi mahasiswa.

Dan disetiap episodenya akan ada adegan dimana mereka sedang berlatih lagu-lagu Korea klasik. Dan pemilihan lagu tersebut tentunya tidak asal-asalan, lagu yang mereka pilih memiliki keterkaitan dengan adegan yang ada di setiap episode-nya.

Adegan dimana mereka memainkan instrument ini benar-benar asli langsung dari aktornya. Dan supaya dapat menampilkan adegan tersebut dengan sempurna, masing-masing aktornya mempunyai trainer sendiri dan mereka juga cukup sering mengadakan band practice.

Sedikit informasi, tiga dari lima aktor tersebut merupakan aktor musikal dan dua sisanya memang mempunyai kemampuan bernyanyi yang bagus. Maka dari itu, mereka juga mengambil bagian dalam soundtrack drama ini. Bahkan OST yang dinyanyikan oleh tokoh utamanya yaitu Jo Jung Suk “Aloha” serta Joen Mi Do “I Knew I Love” hingga sekarang masih bertahan di chart musik Korea Selatan.

Final Though

Final Though

* sumber: www.hellokpop.com

Hospital Playlist tidak melibatkan premis yang biasanya ditemukan di drama medical seperti dokter yang sangat jenius dan kelewat sempurna ataupun petinggi rumah sakit yang korup. Selain itu, mereka juga tidak melibatkan tokoh-tokoh antagonis ataupun kisah yang penuh dengan intrik dan plot twist.

Drama ini hanya menceritakan kisah dari kehidupan sehari-hari para profesional di bidang medis yang berkutat dengan para pasien dan kolega-koleganya. Serta menangani permasalahan yang cukup sering di temukan di rumah sakit. Lalu, ditambah juga dengan bumbu persahabatan, keluarga dan sedikit love life.

Kisah-kisah yang diangkat dalam drama ini pun relatable dan mampu membuat penonton tertawa dan juga menangis dalam satu episode. Lewat drama ini juga penonton dapat mengambil pesan-pesan mengenai hidup entah itu karir, persahabatan, dan keluarga.

Lalu, drama ini juga mampu mengajak para penonton untuk memiliki sudut pandang yang berbeda serta lebih menghargai profesi profesional di bidang medis. Apalagi sekarang dunia sedang dilanda pandemik dimana para petugas medis berdiri di garis depan pertahanan.

Bukan hanya kisahnya saja yang inspiratif, pemilihan cast-nya pun menurut saya sangat solid. Selain melibatkan aktor dan aktris yang memang sudah dikenal seperti Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Jo Jung Suk dan lain sebagainya, Hospital Playlist juga berkolaborasi dengan beberapa aktor dan aktris musikal bertalenta yang sebelumnya bahkan belum pernah terlibat dalam produksi drama.

Dan beberapa yang paling menarik perhatian publik adalah keterlibatan Jeon Mi Do. Hospital Playlist merupakan project drama pertamanya dan sebagai seorang aktor musikal pastinya ia mempunyai kemampuan bernyanyi yang excellent. Namun, disini ia mampu memerankan Chae Song Hwa yang notabenenya buta nada dengan sangat baik.

Hal menarik lain dari drama ini adalah penonton tidak perlu khawatir dengan major conflict yang umumnya ada pada drama. Namun bukan berarti drama ini tidak memiliki konflik, hanya saja fokus dari Hospital Playlist adalah menyajikan kisah-kisah yang menginpirasi dan menyentuh hati.

Sedikit informasi, Hospital Playlist merupakan project jangka panjang, dimana penanyangan drama ini akan berakhir di season 3. Dan sebagai penutup di musim pertama ini, penonton diberikan beberapa hint untuk chapter pembuka di season 2.

Bagi saya drama ini 10/10. Saya juga setuju dengan julukan healing yang disematkan pada drama ini dan banyak pembelajaran yang bisa saya ambil dari drama ini. Sehingga, saya sangat merekomendasikan drama ini untuk kalian yang ingin menonton drama ringan dengan kisah-kisah yang menghangatkan hari.

Untuk kalian yang pernah menonton Hospital Playlist, apakah kalian sudah siap dengan season 2? Lalu bagaimana pendapat kalian dengan performa season 1 dari drama ini? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *