bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Dr. Romantic, Dokter VS Bisnis Kotor

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 25 Juni 2021

Kim Sabu adalah dokter yang bekerja di RS. Doldam yang dikenal memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Meski dikenal sebagai dokter yang kasar, Kim Sabu adalah dokter yang berdedikasi tinggi. Sementara itu Kang Dong Joon yang dibuang dari pekerjaanya dan harus berakhir di RS. Doldam. Tapi disanalah ia bertemu kembali dengan Yoon Seo Jung, seniornya yang pernah ia sukai.

Dr. Romantic adalah salah satu drama Korea yang mendapatkan kesuksesan besar. Disutradarai oleh Yoo In Sik, drama ini berhasil mendapatkan rating penayangan hingga 20% di Korea. Bahkan Dr. Romantic ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan di berbagai acara awards. Drama yang ditampilkan di SBS ini, sudah bisa kamu saksikan juga di Netflix.

Dikenal sebagai drama tersukses dari sutradara Yoo In Sik, kira-kira sebagus apa sih drama Dr. Romantic ini? penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini.

Sinopsis

Sumber: viki.com
  • Tanggal Penayangan: 7 November 2016 – 16 Januari 2017
  • Genre: Drama Medical Romance and Comedy
  • Sutradra: Yoo In Sik
  • Produksi: Samhwa Networks
  • Jumlah Episode: 20 Episode + 1 Episode Special
  • Pemeran Utama: Han Suk Kyu, Yoo Yeon Seok, Seo Hyun Jin
  • Saluran Penayangan: SBS

Kim Sabu atau Boo Yong Joo (Han Suk Kyu) adalah seorang dokter di RS. Doldam yang terkenal akan kehebatannya. Rumah sakit kecil yang berada di daerah pelosok ini memang selalu menjadi pilihan bagi masyarakat sekitar untuk berobat. Namun keberadaan Kim Sabu di Rs. Doldam di selalu di usik oleh Direktur Rumah Sakit Universitas Geosan Do Yoon Wan (Choi Jin Ho) yang tamak.

Sementara dokter muda kang Dong Joo (Yoo Yeon Seok) justru harus menerima kenyataan dirinya di pindahkan ke RS. Doldam. Kang Dong Joo yang tidak terima sempat menolak bekerja disana, namun setelah melihat Yoon Seo Jeong (Seo Hyun Jin) ia akhirnya menetap di rumah sakit itu. Kang Dong Joo berencana hanya akan bekerja disana sementara dan berusaha kembali ke RS. Universitas Geosan.

Namun seiring berjalannya waktu, ia menyadari bahwa ia harus belajar dari Kim Sabu sang master bedah. Kang Dong Joo dan Yoon Seo Jeong berakhir menjadi murid dari Kim sabu di RS. Doldam. Do Yoon Wan yang berusaha menyabotase Kim Sabu dan RS. Doldam mengirimkan beberapa orang ke sana. Ia berniat untuk menggantikan pegawai disana dan mengganggu berjalannya rumah sakit.

Meski Tahu Kim Sabu tetap diam, hingga akhirnya Do Yoon Wan berusaha menutup rumah sakit. Kim Sabu bernegosiasi dengan Pimpinan Shim, seorang pemilik kasino yang ternyata Ketua Yayasan tersembunyi RS. Universitas Geosan. Ia mengatakan akan membantu mengoperasi jantung Pimpinan Shim, asalkan ia mau menyelamatkan RS. Doldam.

Do Yoon Wan yang mengetahui hal ini makin merasa kesal, ia makin gencar berusaha menyabotase proses operasi Pimpinan Shim. Sementara itu Kang Dong Joo akhirnya tahu bahwa Kim Sabu adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya. Kim Sabu saat itu di jadikan kambing hitam atas kejahatan para dokter di RS. Universitas Geosan. Kejadian yang sama persis seperti yang di lakukan Dong Joo, hingga akhirnya ia dibuang dan berakhir di RS. Doldam.

Di sisi lain Yoon Seo Jeong berada di antara dilema, dimana ia harus menuruti orang yang sudah menolongnya sejak kecil (Soo Yoo Wan) atau berada di pihak Kim Sabu. Namun hal genting terjadi ketika Do Yoon Wan membuka rahasia mengenai gangguan mental Seo Jeong. Ia juga berusaha menyabotase Dong Joo agar membelot dan berada di pihaknya. Ia meminta melakukan operasi terbuka yang disiarkan langsung kepada para elit kedokteran dan wartawan.

Kim Sabu yang berada di situasi genting akhirnya menerima setiap tuntutan Direktur Do Yoon Wan. Namun Kim Sabu dan para muridnya Kang Dong Joo dan Yoon Seo Jeong berhasil melakukan operasi tersebut. Seluruh skenario yang sudah direncanakan oleh Direktur Do Yoon Wan tidak berhasil dan RS. Doldam berhasil diselamatkan.

Drama Medis yang Sangat Entertaining

Sumber: movieden.net

Berbicara mengenai genre drama, pasti banyak yang mengatakan bahwa drama romantis komedi adalah drama yang paling menghibur. Pasalnya kisah percintaan yang diberikan bumbu komedi tidak pernah gagal menghibur banyak orang. Tapi drama medis seperti Dr. Romantic ini ternyata tidak kalah menghibur dari drama romantis komedi biasa.

Dr. Romantic bisa dibilang sebagai sebuah tontonan yang menghibur sekaligus memberikan pembelajaran. Pasalnya dari drama ini kita bisa merasa gemas saat melihat kedua lead aktor Kang Dong Joo (Yoo Yeon Seok) dan Yoon Seo Jung (Seo Hyun Jin). Di sisi lain kita juga akan merasa geram dan marah melihat bagaimana liciknya Direktur Do Yoo Wan (Choi Ji Ho) yang selalu menyabotase Dr. Kim Sabu (Han Suk Kyu).

Sisi komedi datang dari para pekerja di rumah sakit seperti Jin Kyung yang berhasil membuat kita tertawa saat ia memarahi Kim Sabu. Belum lagi si manajer rumah sakit Jang Gi Tae (Im Won Hee) yang selalu datang dengan gelagatnya yang lucu di balik wajah serius dan pemikirannya soal uang. Saya merasa drama ini memberikan banyak hal, tapi setiap aspeknya bisa ter-deliver dengan sangat baik.

Hal yang membuat saya kagum adalah di drama ini, setiap diagnosa dan penyakit yang diderita diberikan penjelasan secara singkat. Meski dalam bahasa Korea, tapi sedikit ulasan penyakit juga bisa datang dari dialog para pemainnya. Mungkin untuk mahasiswa medis akan lebih tahu dan paham soal ini, tapi saya sendiri merasa ini upaya yang bagus untuk membangun kewaspadaan soal penyakit.

Dibanding kisah cinta Kang Dong Joo dan Yoon Seo Jung, saya lebih tertarik pada persaingan Kim Sabu dan direktur Do Yoon Wan. Pasalnya ceritanya ini memang lebih menggigit dibanding kisah cinta tarik ulur Kang Dong Joo dan Yoon Seo Jung. Jujur saja, menurut saya daya tarik utama dan paling seru adalah persaingan kedua orang ini.

Saya kagum melihat karakter Kim Sabu yang begitu tenang dalam menghadapi setiap situasi yang datang. Bagaimana karakternya menunjukkan bahwa ia adalah orang yang penuh pertimbangan tapi berpikiran cepat. Ia menunjukkan bahwa ia belajar dari setiap keputusan yang pernah di ambilnya, ia akan bergerak jika sesuatu memang sudah terlalu mengganggu orang sekitarnya.

Disutradarai oleh Yoo In Sik, Salah Satu Sutradara Ternama di Korea Selatan

Memiliki jalan cerita dan visualisasi yang baik, tentu Dr. Romantic bisa terjadi berkat tangan dingin dari sutradara Yoo In Sik. Jika kamu belum tahu, Yoo In Sik ini ternyata salah satu dari jajaran sutradara drama terbaik di Korea Selatan. Dikutip dari Beautynesia.id, salah satu ciri khas dari sutradara Yoo In Sik ini adalah selalu memberikan detail di setiap scene-nya.

Hal ini terbukti dengan setiap adegan dalam Dr. Romantic ini memang memiliki detail-detail yang sangat jelas. Saya tidak tahu jelas, tapi saya senang ketika melihat adegan seorang dokter yang berusaha keras melakukan operasi. Dalam drama ini sutradara Yoo In Sik seakan tahu bahwa penontonnya tidak akan paham dari dialog saja. Maka dari itu ia menunjukkan bagian mana dari organ tersebut yang bermasalah dan bagaimana cara mengatasinya.

Meski pada akhirnya drama ini akan dihiasi dengan berbagai adegan penuh darah. Tapi ini adalah nilai lebih dari drama Dr. Romantic yang tidak melupakan bahwa drama ini adalah drama medis yang dibumbui dengan kisah romantis dan komedi. Bisa saya katakan bahwa Dr. Romantic berhasil menemukan titik keseimbangan dalam menunjukkan semua aspek baik dari medis, romantis dan komedi.

Hal ini dibuktikan dengan Dr, Romantic yang mendapatkan kesuksesan besar di Korea. Dr. Romantic mendapatkan banyak pujian karena jalan ceritanya yang sangat baik dan mengasyikkan. Selain para pemainnya terutama Han Suk Kyung mendapatkan banyak pujian dari penampilannya. Dari data AGB Nielsen, Dr. Romantic mengawali penayangan dengan rating 9,5% dan mengakhirinya dengan rating 27%.

Dr. Romantic menjadi drama garapan Yoo In Sik yang mendapatkan keteran dan sukses besar.  Drama lainnya yang pernah di garap oleh tangan dingin sutradara Yoo In Sik adalah drama berjudul Vagabond (2019). Drama reuni dari Lee Seung Gi dan Suzy ini juga tidak kalah populer di kalangan para pecinta K-Drama.

Baca juga: Review & Sinopsis Hospital Playlist, Drama Medis Realistis

Dr. Romantic: Drama yang Panen Penghargaan

Sumber: ahjummamshies.com

Mengakhiri penayangan dengan rating diatas 20%, Dr. Romantic memang mendapatkan kesuksesan besar di Korea. Bahkan drama ini juga menjadi hits di luar negeri dan sering menjadi trending di beberapa jejaring media sosial. Maka tidak heran jika Dr. Romantic berhasil mendapatkan banyak sekali penghargaan dan nominasi di berbagai acara awards.

Dalam perhelatan 24th SBS Drama Awards 2016, Han Suk Kyung mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu Daesang Prize. Meski gagal mendapatkan kategori best drama, sutradara Yoo In Sik berhasil dinobatkan sebagai Best Director di 53rd Baeksang Art Awards tahun 2017. Tentu penghargaan ini membuat namanya semakin berada di jajaran sutradara papan atas Korea.

Selain Han Suk Kyung dan sutradara Yoo In Sik yang berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi. Beberapa pemain lainnya juga berhasil membawa pulang trofi kemenangan di acara-acara awards. Seperti Yoo Yeon Seok dan Seo Hyun Jin yang berhasil memenangkan nominasi Best Couple di perhelatan 24th SBS Drama Awards 2016. Di acara yang sama keduanya juga dinobatkan sebagai pemenang dari kategori Excellence Awards, Actor & Actress in a Genre Drama.  

Teacher Kim (Kim Sabu), Guru Impian dan Terbaik

Sumber: dramabeans.com

Memenangkan Daesang, Han Suk Kyung memang berhasil memerankan karakter Dr. Kim Sabu dengan sangat ikonik. Pasalnya karakter Kim Sabu ini sebenarnya cukup complicated untuk digambarkan, terutama kepribadiannya. Saya sangat kagum dengan Han Suk Kyung yang bisa menunjukkan karakter seorang dokter yang keras kepala namun memiliki hati yang mulia.

Karakter Kim Sabu ini menurut saya adalah karakter paling sulit dan paling berpengaruh untuk membuat drama ini menjadi sangat terkenal. Pasalnya jika han Suk Kyung tidak bisa mengembangkan karakter Kim Sabu dengan baik, saya yakin drama ini tidak akan sesukses ini. karakternya begitu kuat dan sangat melekat di hati para penonton drama Dr. Romantic ini.

Saya sendiri menyukai bagaimana cara Kim Sabu mendidik murid-muridnya dengan cara yang berbeda. Ia terlihat tidak percaya dan seakan meremehkan dokter baru yang datang kehadapannya. Tapi nyatanya ia justru memperhatikan setiap perkembangan dari muridnya secara detail. Ia tidak menunjukkan ketertarikan dan perhatiannya, ia menyembunyikan hal itu dibalik ketegasannya.

Tapi jika berpikir dia adalah orang yang pure tegas, hal ini juga tidak bisa dikatakan benar. Pasalnya Kim Sabu ini juga kerap menunjukkan ketenangan, bahkan dalam situasi genting. Ia seakan tahu apa yang harus dilakukan dan setiap resiko yang akan didapatkan dari apa yang akan dilakukannya. Bukan seperti peramal yang bisa menerawang kejadian yang akan terjadi selanjutnya. Kim Sabu hanya menggunakan logika, pengalaman dan pengetahuannya hanya untuk mengabdi sebagai seorang dokter.

Bagi saya sosok guru yang galak dan keras kepala seperti Kim Sabu adalah guru yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses. Mereka yang takut melihat dunia, jika bertemu dengan Kim Sabu mungkin akan berakhir menjadi mengejar dunia. Cara Kim Sabu mendukung dan menaikkan tensi semangat para muridnya bukanlah cara yang lumrah untuk dilakukan.

Drama Dr. Romantic ini sebenarnya terdiri dari dua season, dimana season keduanya tayang di tahun 2020 lalu. Di season keduanya Dr. Romantic masih disutradarai oleh Yoo In Sik, hanya saja ada pergantian dua pemeran utamanya yaitu Yoo Yeon Seok dan Seo Hyun Jin.

Dr. Romantic
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram