bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Korea Dr. Romantic 2 (2020)

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Menjadi dokter di rumah sakit kecil ternyata memang tidak mudah. Bukan karena kekurangan pasien dan hanya bergantung pada alat yang sudah usang. Tapi karena adanya sabotase dan politik yang berusaha meruntuhkan janji seorang dokter dan rumah sakit. Tentu dengan alasan untuk membangun rumah sakit yang lebih benefit dan menghasilkan banyak uang.

Pertarungan Kim Sabu makin seru dengan kedatangan boneka baru Direktur Do Yoon Wan yaitu Dr. Park Min Gook. Kembali digarap oleh tangan dingin sutradara Joo In Sik, kini ia berkolaborasi dengan sutradara Lee Gil Bok untuk membantunya. Dr. Romantic sendiri berhasil bertengger sebagai drama nomor satu dengan rating penutup penayangan Korea diatas 22% dan bisa disaksikan di Netflix.

Kira-kira bagaimana perjuangan Dr. Kim Sabu melawan berbagai intrik dan politik busuk yang ingin menjatuhkannya dan RS. Doldam? Simak ulasan selengkapnya berikut ini ya.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 6 Januari – 25 Februari 2020
  • Genre: Drama, Medical, Romance, Comedy
  • Sutradara: Joo In Sik, Lee Gil Bok
  • Produksi: Samhwa Networks
  • Episode: 16 Episode
  • Pemeran Utama: Han Suk Kyu, Ahn Hyo Seop, Lee Sung Kyu, Kim Joo Hun
  • Saluran Penayangan: SBS

RS. Doldam memang selalu menjadi rumah sakit yang ramai, meski berada di daerah pedalaman. Setelah kepergian murid-muridnya terdahulu, Kim Sabu mencoba mencari dokter bedah lainya. Pasalnya Rs. Doldam tidak akan berjalan dengan baik jika tidak memiliki dokter terbaik di bidang bedah.

Kim Sabu pun berjalan-jalan ke beberapa tempat hingga akhirnya ia menemukan Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop). Di sisi lain Cha Eun Jae (Lee Sung Kyu) yang tidak mahir di RS Universitas Geosan di pindahkan ke RS. Doldam bersama Yoon Ah Reum (So Joo Yeon).

Bekerja demi bayaran mahal, Seo Woo Jin memang memiliki urusan dengan beberapa preman yang menagih hutang padanya. Kim Sabu berjanji akan membantunya dan melepaskannya dari para preman itu.

Dari sinilah akhirnya Kim Sabu menemukan dokter-dokter baru yang akan menjalankan RS. Doldam. Hingga suatu hari kecelakaan yang melibatkan seorang menteri terjadi, Direktur Do Yoon Wan yang mengetahui merasa ini waktu yang tepat untuk menyabotase.

Ia mengirimkan beberapa jajaran dokter ke RS. Doldam yang di pimpin oleh ahli bedah Dr. Park Min Gook. Dr. Park Min Gook (Kim Joo Hun) yang bertemu dengan Dr. Kim Sabu merasa ia telah di hina akan kemampuannya.

Dari sinilah pertarungan keduanya dimulai, berkat bantuan Direktur Do, ia berhasil menjadi Presdir Rs. Doldam. Keduanya terlibat dalam pertarungan psikologis yang sengit, dimana keduanya saling menunjukkan kredibilitasnya masing-masing.

Namun seperti biasa, Kim Sabu selalu datang dengan gelagatnya tengil dan percaya dirinya yang tinggi. Hal inilah yang menjadikan Park Min Gook makin tersulut, hingga akhirnya ia melakukan banyak hal buruk untuk menjatuhkan Kim Sabu.

Tentu setiap langkah yang diambil Park Min Gook ada campur tangan dari Direktur Do Yoon Wan. Park Min Gook yang penasaran dengan kepercayaan diri Kim Sabu terus berusaha mencari jawaban dengan mengkonfrontasi.

Hingga suatu hari Dr. Park Min Gook melakukan kesalahan fatal saat mengoperasi salah satu pasien VIP. Dimana ia akhirnya harus merelakan pasien VIP tersebut meregang nyawa tepat di meja operasinya. Dr. Park mulai menyadari bahwa nilai seorang dokter bukan diukur dari materi.

Ia juga sadar bahwa telah dijadikan boneka oleh Direktur Do Yoon Wan untuk menghancurkan Kim Sabu dan RS. Doldam.  

Tidak Kalah Populer dan Sukses dari Season Pertama

Tidak Kalah Populer dan Sukses dari Season Pertama

Menyambung kesuksesan Dr. Romantic di musim pertamanya yang tayang tahun 2016, akhirnya di tahun 2020 musim kedua tayang. Seperti yang sudah di harapkan dan diprediksi banyak orang, Dr. Romantic season kedua memang tidak kalah seru dari season pertamanya.

Tangan dingin sutradara Joo In Sik memang tidak bisa diragukan lagi kalau sudah menggarap drama, dimana season kedua setiap adegan medisnya lebih detail dan digarap dengan sungguh-sungguh. Saya pikir sutradara berhasil memberikan kita visual betapa menegangkannya seorang dokter dengan pisau bedah.

Tensi yang ada saat seorang dokter berada di ruang operasi dengan pisaunya tidak bisa di pungkiri terlihat keren tapi penuh dengan beban. Pasalnya kehidupan seseorang berada di tangannya dan setiap keputusan yang diambilnya berpengaruh pada kehidupan pasiennya.

Dr. Romantic Season 2 ini menutup tayangan dengan rating diatas 22% yang menjadikan drama ini nomor satu. Selain itu para pemeran baru yang menggantikan Yoo Yeon Seok dan Seo Hyun Jin juga berhasil memberikan performa terbaik mereka. Ada Lee Sung Gyu dan Ahn Hyo Seop yang berhasil memberikan kemistri dan udara segar di Dr. Romantic season 2 ini.

Hebatnya Ahn Yeon Seop bahkan mendapatkan penghargaan sebagai Best New Actor (TV) dalam perhelatan 56th Baeksang Art Awards 2020. Sementara itu Lee Sung Kyu berhasil mendapatkan penghargaan AAA Best Actress dalam perhelatan Asia Artist Awards 2020.

Meski gagal mendapatkan Daesang, Han Suk Kyu tetap berhasil memberikan performa terbaiknya. Saat itu Han Suk Kyu kalah dari aktris Kim Hee Ae yang berperan dalam drama The World of the Married (2020).

Berkat kesuksesan di musim keduanya, para pemain Dr. Romantic ini sempat dikabarkan akan melakukan liburan bersama. Para pemain dan crew dikabarkan akan berlibur selama empat hari sebagai penghargaan atas kerja keras mereka. Para pemain dan crew akan pergi ke Saipan pada 27 Februari 2020, namun gagal karena terpengaruh pandemic Covid-19.  

Ceritanya Terasa Lebih Realistis dan Detail

Ceritanya Terasa Lebih Realistis dan Detail

Dari yang saya rasakan di season kedua Dr. Romantic saya menyadari bahwa setiap penyakit yang diangkat adalah tipe penyakit yang lumrah di kalangan masyarakat. Seperti serangan jantung mendadak yang menyebabkan terjadinya kecelakaan pada mobil menteri. Cedera yang terjadi pada saat bekerja yang mengakibatkan beberapa cedera tulang dalam yang fatal.

Dua kejadian di atas adalah kejadian yang umum dan mungkin terjadi pada orang biasa. Serangan jantung dapat terjadi saat beraktivitas bahkan saat tertidur sekalipun. Hal ini relevan dengan cerita yang diangkat dalam episode 2 Dr. Romantic, dimana driver mentri tiba-tiba mengalami serangan jantung.

Selanjutnya cedera tulang kronik diakibatkan benturan yang terjadi seorang pekerja dengan traktor.Tentu saja sebagai pekerja, resiko terjadinya kecelakaan bekerja bukanlah hal yang tidak mungkin. 

Apalagi untuk pekerja kasar, seperti kondektur bangunan hingga pekerja di ladang sekalipun. Lalu kasus keracunan obat dengan plot twist kasus percobaan bunuh diri yang melibatkan anak. Dalam hal ini penulis cerita dan sutradara berhasil menutupi kekurangan di season pertamanya.

Menurut saya di season pertama tidak terasa realistis dengan berbagai penyakit berat yang diangkat. Saya merasa banyak hal yang relate dan dapat terjadi di sekitar kita, berhasil dipertontonkan dengan baik.

Hal yang unik adalah mereka menjadikan hari jumat sebagai hari gawat darurat di RS. Doldam. Entah itu kecelakaan bus hingga kecelakaan beruntun, selalu terjadi di hari jumat yang kramat ini. Saya sendiri senang karena di season kedua ini mereka masih mempertahankan hal ini sebagai takhayul. Tapi bagi saya entah kenapa, hal ini menjadi salah satu bagian komedi yang menyenangkan.

Pengaruh dari Dua Pemeran Utama Baru

Pengaruh dari Dua Pemeran Utama Baru

Mengganti Yoo Yeon Seok dan Seo Hyun Jin yang memberikan romantisme sempat membuat saya agak kecewa. Di sisi lain ketika saya melihat nama Lee Sung Kyu saya setidaknya memiliki harapan karena pernah menonton penampilannya di drama Cheese in the Trap (2016). Jujur saya memiliki impresi yang sangat melekat akan Lee Sung Kyu dan berharap ia memberikan penampilan terbaiknya di sini.

Seperti yang diharapkan, penampilan Lee Sung Kyu yang di pasangkan dengan Ahn Hyo Seop justru memberikan angin segar. Akting dan kemistri keduanya terlihat sangat baik dan berkesinambungan satu sama lainnya. Kedua pemain ini memiliki karakter yang berbeda dengan karakter Yoo Yeon Seok dan Seo Hyun Jin.

Penampilan yang terasa lebih youth, tentu saja dengan paras kedua orang ini membuat makin betah untuk menontonnya. Tapi suasana yang ditunjukkan dengan kehadiran dua bintang baru di drama ini memang angin segar yang baru dan menjadi pembeda dari season pertama.

Keduanya dapat mengembangkan karakter Seo Woo Jin dan Chae Eun Jae dengan sangat baik. Background dari kedua pemain yang juga berbeda dengan kedua pemeran utama lainnya. Menunjukkan bahwa penulis cerita ini memiliki nilai akan detail yang sangat bagus.

Selain itu penulis cerita di season kedua ini seakan tahu apa yang sedang digandrungi oleh masyarakat dan membalutnya dalam drama medis. Saya sangat mengapresiasi penulis yang tetap berusaha berjalan netral, dimana ia tidak terlalu egois ingin mengedepankan romantisme dalam drama ini.

Intrik dan Politik Untuk Menggulingkan Sumpah Seorang Dokter

Intrik dan Politik Untuk Menggulingkan Sumpah Seorang Dokter

Sisi tegang muncul saat menteri datang ke rumah sakit dan terjadi perselisihan tanggung jawab perawatan antara Kim Sabu dan Dr. Park Min Gook. Pertarungan psikologis antara kedua dokter ini sangatlah seru untuk diikuti. Bahkan untuk saya pertarungan kedua dokter ini seperti upgrade dari season pertama, meski pertarungan dengan Direktur Do Yoon Wan masih ada.

Perubahan villain utama dari Do Yoon Wan ke Park Min Gook bisa disebut sebagai langkah baik untuk menghilangkan rasa bosan dan membuat suasana baru. Menjadikan Do Yoon Wan sebagai dalang utama yang bergerak dengan kekuatan politik, namun tetap dengan ciri khas yang terburu-buru dan gegabah.

Sementara Park Min Gook si dokter yang terkesan pendiam ini, ternyata memiliki rasa bersalah dan tidak percaya diri dalam dirinya. Pasalnya Do Yoon Wan merasa bahwa ia tidak kalah dari Dr. Kim Sabu, tapi kenapa ia tidak bisa memiliki keyakinan yang sama seperti Kim Sabu.

Do Yoon Wan ingin mencari jawaban dari semua itu yang berakhir menjadi pertarungan sengit di RS. Doldam. Meski pada akhirnya kita tahu bahwa dokter yang berdedikasi akan ribuan kali lebih mahir dibanding dokter yang berdedikasi pada uang.  

Karena saya sendiri melihat bahwa Dr. Park Min Gook ini bukanlah dokter yang meremehkan nyawa pasiennya. Ia hanya terdesak dengan situasi dan bernafsu ingin menunjukkan bahwa ia lebih kompeten dari Kim Sabu. Sehingga Dr. Park Min Gook berakhir dengan melakukan kesalahan yang mengakibatkan seorang pasien VIP meregang nyawa di meja bedahnya.

Ia hanya dokter tulus yang dijadikan boneka oleh Direktur Do Yoon Wan untuk mengalihkan perhatian Kim Sabu. Dr. Park sama seperti dokter lainnya yang ingin mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari kinerjanya. Hanya saja ia bertemu dengan pimpinan yang salah, sehingga ia harus berjalan di tempat dan waktu yang salah.

Dalam drama Dr. Romantic season kedua ini ceritanya memang terasa sangat dekat dengan kehidupan kita. selain itu drama medis ini juga bisa bikin kamu deg-degan dengan jalan ceritanya dan gemas pada para pemainnya. Penasaran? langsung saja nonton sendiri dramanya ya!

Dr. Romantic 2
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram