bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review The Last Empress, Kisah Tragis Istana

Sinopsis & Review The Last Empress, Kisah Tragis Istana

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Beragam cerita yang disuguhkan drama Korea menjadi satu dari sekian banyak alasan mengapa serial dari negeri ginseng ini selalu mendapat tempat di hati para penikmatnya. Di antaranya drama-drama berlatar kerajaan.

Drama dengan tema seperti itu sangat menarik sebab jalan ceritanya dipenuhi intrik. Seperti perebutan kekuasaan, upaya melanggengkan jabatan dan plot-plot yang tidak tertebak. Bila Anda merupakan salah satu penggemar drama-drama dengan cerita seperti ini The Last Empress wajib masuk dalam daftar tonton!

Sebelum mulai “marathon”, berikut kami sampaikan sinopsis drama tersebut agar Anda bertambah penasaran. Seperti apa garis besar jalan ceritanya? Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal Penayangan: 21 November 2018 – 21 Februari 2019
  • Genre: Drama, Misteri, Thriller, Laga, Komedi, Romansa
  • Jumlah Episode: 52 episode
  • Pemain: Jang Na-ra, Choi Jin Hyuk, Shin Sung Rok, Lee Elijah,
  • Sutradara: Joo Dong Min
  • Produksi: SM Life Design Group
  • Distributor: SBS
  • Jaringan Penayang: SBS
  • Negara: Korea

The Last Empress bercerita tentang sistem pemerintahan Korea Selatan berbentuk monarki konstitusional yang berlangsung sampai masa sekarang. Diceritakan bahwa sistem pemerintahan tersebut dipimpin oleh Kaisar Lee Hyuk (Shin Sung Rok).

Lee Hyuk amat dikagumi oleh rakyat karena berwajah tampan dan sifatnya yang ramah. Citra sempurna berhasil ditunjukkan Lee Hyuk pada rakyatnya hingga membuat siapa saja terpesona. Salah satunya adalah Oh Sunny (Jang Na-ra).

Wanita yang berprofesi sebagai aktris musikal tersebut tentu hanya bisa mengagumi Kaisar Lee Hyuk dari jauh. Statusnya sebagai rakyat biasa seolah menjadi penghalang terbesar di antara mereka.

Kaisar Lee Hyuk sendiri menjalin kisah asmara dengan sekretarisnya bernama Min Yoo Ra (Lee Elijah). Sayangnya, hubungan mereka ditentang Ratu Kang. Ratu Kang menganggap Yoo Ra hanya ingin kekuasaan, bukan benar-benar mencintai putranya.

Pada sebuah acara makan malam, Oh Sunny menyelamatkan Kaisar Lee Hyuk dari ancaman kejahatan yang dapat mengancam nyawanya. Mengetahui hal tersebut serta desakan dari sang nenek yang ingin melihat cucunya segara menikah, Ratu Kang merencanakan sesuatu yang mengejutkan.

Dia berniat menikahkan Oh Sunny dengan anaknya, Lee Hyuk. Namun, rencananya tersebut tentu saja ditentang Lee Hyuk. Menyikapi hal ini, Lee Hyuk justru melamar Yoo Ra. Meski begitu, pernikahan Oh Sunny dengan Kaisar Lee Hyuk tetap digelar.

Kehidupan Istana yang Tidak Seindah Ceritanya

Kehidupan Istana yang Tidak Seindah Ceritanya
*

Menikah dengan orang yang dikagumi rasanya merupakan idaman bagi banyak orang. Tetapi hal tersebut akan menjadi petaka jika yang merasakan cinta hanya satu pihak. Begitu lah kondisi yang terjadi pada pernikahan Oh Sunny dan Kaisar Lee Hyuk.

Bayangan sebuah pernikahan istana yang indah seketika berubah saat Oh Sunny mengetahui kondisi yang sesungguhnya. Bahwa keputusan Ratu Kang untuk menikahkan dirinya dan Lee Hyuk hanyalah sebuah trik. Ratu Kang memanfaatkannya.

Selain memanfaatkannya, Ratu Kang juga kerap menyiksa Oh Sunny. Penderitaan wanita cantik tersebut semakin parah saat dia mengetahui Lee Hyuk tetap menjalin hubungan dengan Yoo Ra. Tidak berhenti sampai di situ, Oh Sunny bahkan dituduh mendalangi pembunuhan janda Permaisuri Agung Jo.

Penderitaan yang Oh Sunny terima lambat-laun mengubahnya jadi perempuan yang kuat, tangguh dan tegar. Kesedihan pulalah yang mendorong Oh Sunny mengungkapkan kebobrokan istana satu per satu.

Kejahatan Sang Ratu yang Haus Kuasa

Kejahatan Sang Ratu yang Haus Kuasa
*

Di mana ada kekuasaan dan harta, di situ terdapat orang-orang serakah dan siap menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. The Last Empress menggambarkan hal tersebut dengan apik. Pembunuhan demi pembunuhan di dalam istana guna langgengnya kekuasaan, mengaduk-aduk emosi para penonton.

Salah satunya kejahatan yang dilakukan oleh Ratu Kang. Posisinya sebagai pemegang kekuasaan serta merupakan otak dari setiap keputusan yang diambil Lee Hyuk membuat Ratu Kang semena-mena. Namun siapa sangka bahwa di akhir cerita, Ratu Kang justru menumbalkan anaknya atas segala kejahatan yang dia lakukan.

Baca juga: 15 Drama dan Film Korea Terbaik Tentang Kerajaan

Akhir Tragis Sang Kaisar

Akhir Tragis Sang Kaisar
*

Setelah membaca surat dari sang nenek yang selama ini disimpan oleh Oh Sunny, Kaisar Lee Hyuk mulai menyadari keadaan istana sesungguhnya. Lee Hyuk lantas mulai menyusun rencana untuk melawan Ratu Kang dan mengungkap kebenaran.

Kaisar kemudian menyamar dan mengikuti Ratu Kang menuju rumah sakit rehabilitasi milik istana yang ternyata sudah diubah oleh Ratu Kang menjadi tempat pembuatan narkoba. Sayang, upayanya ini diketahui sang ratu.

Akibat penyamaran Lee Hyuk, Ratu Kang mengira dia tengah diikuti oleh Na Wang Shik (Choi Jin Hyuk). Na Wang Shik atau Chun Woo Bin adalah seorang pengaman istana. Masuknya Na Wang Shik ke dalam istana bukan semata pengabdian, melainkan pembalasan dendam atas kematian ibunya yang disebabkan oleh pihak istana.

Selama ini Na Wang Shik menyamar hingga kemudian dia melakukan pengeboman saat upacara peringatan 10 tahun pengangkatan Lee Hyuk menjadi kaisar. Merasa diikuti oleh Na Wang Shik, Ratu Kang memutuskan membakar tempat pembuatan narkoba tersebut.

Hingga akhirnya sebuah insiden terjadi. Ratu Kang, menembakkan pistol ke arah Lee Hyuk yang dia pikir adalah Na Wang Shik. Lee Hyuk pun tersungkur dan tewas di tangan Ratu Kang.

Pengungkapan Kejahatan dan Berakhirnya Dinasti Kerajaan

Pengungkapan Kejahatan dan Berakhirnya Dinasti Kerajaan
*

Pengungkapan kejahatan Ratu Kang dan kaki tangannya tidak lepas dari campur tangan Oh Sunny. Dia dibantu Na Wang Shik berhasil membeberkan borok-borok istana, terutama sang ratu kepada media.

Sebelumnya, melihat kedekatan antara Na Wang Shik dan Oh Sunny, Lee Hyuk mulai menyadari sesuatu. Yaitu bahwa di dalam dirinya mulai tumbuh perasaan cinta yang tulus pada Oh Sunny.

Berita tewasnya Lee Hyuk memicu demonstrasi secara besar-besaran. Mereka meminta Ratu Kang dan para kaki tangannya dihukum. Sebelum meninggal, Lee Hyuk memberikan kekuasaan pada Oh Sunny untuk mengakhiri dinasti kerajaan yang selama ini menjadi bagian hidupnya.

Lee Hyuk juga meminta pada Oh Sunny untuk memastikan bahwa Ratu Kang dan para anggota istana yang bersalah harus bertanggung jawab terhadap perbuatannya. Ratu pun diadili.

Waktu terus berlalu hingga satu tahun kemudian, istana beralihfungsi menjadi museum. Tidak ada lagi dinasti dan orang-orang serakah berkuasa di sana. Kini, istana bisa bebas dikunjungi siapa saja.

Oh Sunny kembali hidup menjadi rakyat biasa. Dia tinggal bersama ayah dan putri dari Seo Kang Hee (Yoon So Yi). Sementara itu, Ratu Kang, Seo Kang Hee beserta mereka yang melakukan kejahatan di istana mendekam di penjara mempertanggungjawabkan kejahatannya.

The Last Empress memperlihatkan bahwa kekuasaan bisa membuat siapa pun gelap mata. Posisi terbaik belum tentu mampu diemban oleh banyak orang. Hanya dia yang berani dan teguh yang mampu.

Dari ketegaran, keberanian serta ketangguhan Oh Sunny, drama ini juga menyampaikan bahwa kejahatan yang mengakar dan seolah menjadi tradisi, bisa dikalahkan. Kebaikan akan mendapatkan tempatnya kembali. Menyaksikan drama ini dijamin akan membuat Anda ikut terbawa dalam suasananya.

Pihak-pihak jahat yang menutupi dirinya dengan berbagai alibi dan tipuan membuat gemas sekaligus penasaran. Meski episodenya cukup panjang dibanding drama-drama Korea pada umumnya, yakni 52 episode, The Last Empress tidak akan membosankan.

Tertarik untuk mulai menontonnya? Anda bisa mulai menonton episode per episodenya saat senggang. Atau, jika punya banyak waktu luang dan kebetulan sedang tidak memiliki kesibukan, Anda bisa marathon nonton The Last Empress. Selamat menyaksikan dan jangan lupa siapkan cemilan!

The Last Empress
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram