bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Stranger S1, Sisi Gelap Penegak Hukum

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 8 Mei 2021

Stranger atau yang dikenal juga dengan Secret Forest merupakan musim pertama dari drama crime-thriller yang tayang di tvN pada tahun 2017. Di antara begitu banyaknya drama kriminal yang hadir pada tahun tersebut, Stranger berhasil menjadi salah satu yang bersinar hingga mengantongi rating yang cukup tinggi.

Selain mendapat sambutan baik dari penontonnya, para kritikus pun memberikan penilaian positif pada drama serial yang dibintangi oleh Cho Seung Woo dan Bae Doo Na ini. Stranger bahkan berhasil menyabet gelar Daesang atau Grand Prize pada penghargaan bergengsi 54th Baeksang Arts Awards.

Tidak hanya itu, Stranger juga masuk ke dalam jajaran 10 drama internasional terbaik versi New York Times pada tahun 2017. Lalu, apa saja sih alasan yang membuat Stranger Season 1 mendapatkan begitu banyak prestasi? Yuk, kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

Sinopsis

Review & Sinopsis Stranger S1, Sisi Gelap Penegak Hukum 1Sumber: program.tving.com
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Thriller, Mystery, Crime, Drama, Investigation
  • Network: tvN
  • Produksi: Signal Entertainment Group, IOK Media, Studio Dragon
  • Sutradara: Ahn Gil Ho
  • Pemeran: Cho Seung Woo, Bae Doo Na, Lee Joon Hyuk, Yoo Jae Myung, Shin Hye Sun
  • Jumlah Episode: 16

Kisah dari Stranger berawal dari Hwang Si Mok (Cho Seung Woo), seorang jaksa yang pernah menjalani prosedur lobotomi parsial saat ia masih duduk di bangku sekolah menengah. Bedah tersebut Si Mok jalani karena ia memiliki otak yang kelewat berkembang, sehingga ia kesakitan dan bereaksi keras setiap mendengar kebisingan.

Namun efek samping dari prosedur tersebut membuat Si Mok terkadang merasakan rasa sakit yang hebat serta tidak dapat memproses emosi yang ia miliki. Dan hal ini sangat mempengaruhi pekerjaannya sebagai jaksa. Ia menilai sebuah perkara berdasarkan logika dan tidak mencampuradukan emosi. Si Mok juga tidak tertarik dengan suap dan tidak takut dengan apapun.

Suatu ketika, sebuah kejadian membawa dirinya menuju tempat perkara kasus pembunuhan yang melibatkan seorang pebisnis yang bangkrut. Di tempat perkara tersebut, Si Mok juga bertemu dengan Letnan Polisi Han Yeo Jin (Bae Doo Na). Keduanya lalu menangkap seorang teknisi TV kabel yang diduga sebagai tersangka pembunuhan dan perampokan tersebut.

Tetapi ternyata perkara yang disangka sebagai kasus pembunuhan bermotif perampokan ini merupakan alibi dari kasus kejahatan yang melibatkan kedua institusi tempat mereka bekerja dengan para konglomerat tamak. Bersama, Yeo Jin dan Si Mok lalu mengumpulkan bukti untuk membongkar kejahatan tersebut.

Karakter yang Tak Biasa

Review & Sinopsis Stranger S1, Sisi Gelap Penegak Hukum 3Sumber: hancinema.net

Seorang kritikus Ha Jae Geun berkata bahwa karakter Hwang Si Mok merupakan fantasi yang terlahir dari ketidakpercayaan. Ia menjelaskan bahwa orang yang berdiri di rantai atas makanan akan dengan mudah merayu orang di bawahnya dengan uang ataupun jabatan. Namun karena Si Mok tidak memiliki emosi ataupun napsu, tidak ada cara untuk dapat membujuknya dan juga mengancamnya.

Saya setuju dengan poin tersebut. Karena operasi itu, Si Mok menjadi objektif dan tidak membiarkan simpati membuat dirinya melupakan fakta yang ada. Ia juga jadi tidak ragu untuk menjatuhkan hukuman pada para kriminal. Inilah yang membuat Si Mok menjadi jaksa ideal.

Namun bukan berarti orang jujur yang tidak tergiur dengan harta dan jabatan hanya datang dari orang tanpa emosi. Stranger juga menghadirkan karakter protagonis lain yang bertolak belakang dengan Si Mok yaitu Han Yeo Jin. Ia adalah seorang detektif wanita yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Empati dan kepercayaannya pada keadilan lah yang membuat Yeo Jin tidak melakukan praktik kotor.

Karakter unik tidak hanya hadir dari hero saja, villain pada drama ini juga tak kalah menarik. Stranger menampilkan beberapa jenis karakter jahat dengan motivasi dan level ketamakan yang berbeda. Mulai dari karakter yang bengis, penjahat yang nyaris tak terlihat, karakter baik yang terlihat jahat, hingga anti-hero.

Naratif membuat tokoh tersebut terlihat berkaitan dengan kasus pembunuhan yang berakar dari praktik suap itu. Dan hal inilah yang membuat penonton semakin penasaran untuk mencari tahu siapa pelaku sebenarnya.

Akting yang Brilian

Review & Sinopsis Stranger S1, Sisi Gelap Penegak Hukum 5

Melihat daftar pemain pada drama ini rasa-rasanya seperti melihat produksi skala layar lebar. Di sini terdapat aktor yang merajai industri film dan musikal yaitu Cho Seung Woo yang memainkan karakter Hwang Si Mok, si jaksa tanpa emosi.

Jenis karakter tidak ekspresifseperti ini bukanlah hal baru dalam drama Korea. Namun kenyataannya banyak aktor yang tidak dapat menghidupkan karakter ini dengan baik. Akting mereka rata-rata membuat karakter tersebut telihat seperti robot dan kaku. Tapi hal ini pengecualian untuk Cho Seung Woo. Gestur, tatapan mata, tone, dan mikro ekspresinya membuat Hwang Si Mok terlihat hidup dan seperti “manusia”.

Lalu, peforma dari Bae Doo Na juga sudah dipastikan tak kalah brilian. Aktris yang sudah menjajaki dunia Hollywood ini mampu mengintrepretasikan ketangguhan sekaligus sisi hangat dan perasa dari Han Yeo Jin dengan sangat baik. Bae Doo Na juga memberikan kesan cool dan unik yang natural pada karakternya, sehingga penonton sulit untuk tidak menyukai Han Yeo Jin.

Selain keduanya, Stranger juga menggaet aktor veteran Yoo Jae Myung, serta Shin Hye Sun dan Lee Joon Hyuk yang memang sudah terbukti kualitas aktingnya. Pemain pendukung lainnya pun mampu dengan baik memerankan masing-masing karakternya, sehingga tidak ada momen di mana penonton mengernyitkan dahi karena melihat akting yang tidak natural.

Baca juga: 10 Drama Korea Thriller Terbaik, Kamu Berani Nonton Nggak?

Plot yang Cerdas

Review & Sinopsis Stranger S1, Sisi Gelap Penegak Hukum 7Sumber: program.tving.com

Lain dengan drama kriminal yang biasanya membahas satu kasus ke kasus berbeda lainnya, Stranger fokus pada perkara kasus mega korupsi yang bercabang. Untuk dapat mengilustrasikan kompleksitas kasus kejahatan tersebut dengan komprehensif dan mendalam, alur yang ditawarkan oleh serial Stranger ini cukup lambat.

Meskipun temponya pelan, Stranger tetap dapat menyajikan plot yang intens dan rapih tanpa adegan yang diulur-ulur maupun adegan yang tidak dibutuhkan untuk perkembangan naratif. Penulis dengan sangat baik menjelajahi satu konflik utama dan sedikit demi sedikit memberikan gambaran jelas dari resolusinya.

Dengan kasus yang fokus, penonton juga dapat melihat keseluruhan situasi dari banyak kaca mata yang berbeda. Mulai dari melihat percakapan antara para konglomerat dan petinggi hingga kerangka pemikiran yang cerdas dari Hwang Si Mok.

Naskah yang brilian ini hadir dari seorang penulis bernama Lee Soo Yeon. Meskipun Stranger merupakan naskah drama pertamanya, ia mampu melahirkan naskah yang intens dengan dialog yang cerdas hingga berhasil mendapatkan penghargaan Best Screenplay dalam ajang 54th Baeksang Arts Awards.

Gambaran Korupsi yang Realistis

Review & Sinopsis Stranger S1, Sisi Gelap Penegak Hukum 9

Stranger dengan sangat berani mengilustrasikan praktik korupsi yang melibatkan kejaksaan, kepolisian, serta para konglomerat. Dengan jelas mereka memperlihatkan bagaimana orang-orang yang ada di puncak hirarki memanfaat kekuasaan dan uangnya demi keuntungan pribadi.

Serial ini juga memberikan gambaran bahwa pelaku korupsi tidak serta merta hadir karena mereka terlahir jahat. Di sini diperlihatkan bagaimana karakter yang dulunya mempunyai prinsip untuk tidak tersentuh praktik kotor akhirnya ternodai hingga tenggelam jauh di dalamnya. Akibatnya, ia juga menjadi monster yang tak segan-segan melakukan tindakan jahat lainnya.

Lalu, Stranger juga meninggalkan pesan bahwa selain para pelakunya, orang-orang yang memilih untuk menutup mata dan mewajarkan praktik tersebut merupakan salah satu faktor terbesar mengapa sistem busuk tersebut hingga sekarang masih ada.

Selain itu, di akhir ditunjukkan bagaimana terbongkarnya kasus besar tersebut tidak terlalu merubah banyak hal. Hampir semuanya kembali seperti tidak ada apa-apa. Orang-orang yang berkuasa pun mendapatkan hukuman yang tidak seimbang dengan kejahatan yang mereka lakukan. Sedihnya, hal tersebut merupakan gambaran realistis dari kasus-kasus korupsi.

Drama Kriminal Korea Jempolan

Review & Sinopsis Stranger S1, Sisi Gelap Penegak Hukum 11Sumber: program.tving.com

Setiap elemen yang terdapat pada Stranger bersatu padu untuk melahirkan drama yang layak untuk disebut sebagai masterpiece. Mulai dari penulis yang dengan cerdas merangkai fakta dan fiktif yang berakar dari kelelahan masyarakat Korea Selatan dengan sistem kotor dunia politik.

Lalu, untuk mengintrepretasikan naskah tersebut, sutradara memilih warna dan sudut yang dapat memberikan efek sinematik yang intens pada setiap adegannya. Musik yang mengiringi pun dipilih dengan cermat agar sesuai dengan narasi yang ingin disampaikan. Tak ketingalan peforma dari seluruh pemain yang dapat dengan sangat baik menerjemahkan karakter yang mereka perankan.

Plot yang disajikan dalam drama ini memanglah kompleks. Supaya dapat memahami arah dan tidak kebingungan dengan adegan selanjutnya, dibutuhkan kefokusan saat menonton. Saya pun beberapa kali kehilangan fokus hingga harus menggulang beberapa adegan. Lalu, ketika saya menangkap petunjuk yang saya lewatkan, saya semakin kagum dengan betapa detailnya drama ini.

Stranger ini jelas tidak direkomendasikan bagi yang mencari tontonan ringan yang mudah untuk dicerna. Tapi apabila kalian suka drama kriminal dengan plot yang dalam dan kompleks, Stranger Season 1 merupakan pilihan sempurna untuk kalian. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mulai menonton Stranger Season 1?

Stranger Season 1
9 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram