bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Doraemon the Movie: Nobita's Treasure Island

Doraemon the Movie 2018: Nobita’s Treasure Island merupakan film Doraemon yang ke-38 yang dikenal juga dengan judul Doraemon: Nobita no Takarajima. Film ini diadaptasi dari novel Treasure Island karya Robert Louis Stevenson’s.

Ceritanya berpusat pada kisah Doraemon dan Nobita CS pergi berpetualang dengan berlayar ke Laut. Mereka pergi berlayar karena rasa penasaran dengan legenda ‘Pulau Harta Karun’. Namun, nasib mereka kurang beruntung, karena Shizuka diculik dan mereka harus menghadapi badai.

Lebih serunya lagi, robot mini Dora ikut membantu Nobita CS dalam melakukan perjalanan tersebut. Kira-kira bagaimana petualangan seru Doraemon dan Nobita CS kali ini? Berikut ini ulasan dan review yang telah bacaterus rangkum.

Baca Juga: Daftar Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Sinopsis

Doraemon the Movie 2018 Nobita's Treasure Island_

Nobita dan teman-temannya sedang berkumpul di taman mendengarkan cerita dari Dekisugi tentang bajak laut dan pulau harta karun. Nobita bermimpi untuk pergi ke pulau harta karun, namun hal tersebut ditertawakan oleh Giant dan Suneo. Tidak terima dengan hal tersebut, Nobita bersikeras akan menemukan pulau tersebut.

Nobita bergegas pulang dan meminta bantuan kepada Doraemon untuk pergi ke pulau harta karun. Dengan kemampuan alat ajaibnya, tiba-tiba pulau harta karun tersebut benar-benar muncul bahkan info tentang pulau tersebut pun muncul di berita. Melihat tekad Nobita yang kuat, akhirnya Doraemon membantu Nobita.

Dengan menggunakan senter pembesar, kapal yang dirakit oleh Nobita pun diperbesar. Lalu, Doraemon pun berinisiatif menggunakan topi kapten agar membuat petualangan mereka lebih seru. Nobita mengajak Shizuka untuk ikut berpetualang dengannya dan secara tidak sengaja Giant dan Suneo ikut ‘menyusul’ di tengah jalan.

Setelah beberapa saat melakukan petualangan dan hampir mendekati sebuah pulau, tiba-tiba ada sekelompok bajak laut yang menyerang kapal yang dinaiki Nobita CS. Tapi, tiba-tiba salah satu bajak laut yang bernama Vivi menculik Shizuka.

Nobita CS kemudian mencoba mengejar para bajak laut namun tidak berhasil, dan pulaunya pun menghilang. Setelah kembali ke kapal, Nobita CS bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Flock dan sebuah robot burung beo milik Flock yang bernama Quiz.

Flock kemudian menjelaskan tentang pulau yang dilihat oleh Nobita dan kawan-kawannya. Pulau tersebut adalah sebuah kapal besar yang melakukan perjalanan ke beberapa tempat untuk mengambil harta karun yang ada di bawah laut.

Dulunya, Flock adalah salah satu orang yang ada di kapal tersebut, tapi memutuskan untuk keluar karena sudah tidak bisa mengikuti perintah kaptennya, John Silver. Namun, ia ingin menyelamatkan adiknya yang masih berada di sana.

Sementara itu, Shizuka yang sekarang berada di kapal milik John Silver bertemu dengan Sarah. Baik Shizuka maupun Sarah mereka sama-sama terkejut karena memiliki wajah yang sangat sama. Kemudian, Sarah melindungi Shizuka selama berada di sana.

Selama di kapal tersebut, Shizuka bekerja di restoran tempat Sarah bekerja. Dengan dukungan dan perlindungan dari Maria, yang merupakan kepala koki di sana, Shizuka tetap aman.

Setelah selesai bekerja, Sarah mengajak Shizuka ke tempat rahasia, tempat disimpannya harta karun yang selama ini telah ditemukan oleh John Silver. Kemudian mereka berdua berbagi cerita tentang kehidupan masing-masing.

Di lain tempat, Doraemon dan yang lainnya masih berusaha untuk menyelamatkan Shizuka dan Sarah. Namun, perjalanan menemukan kapal bajak laut itu tidaklah mudah. Akhirnya, Doraemon mengeluarkan alat ajaib yang berbentuk ubur-ubur, alat tersebut bisa memancarkan cahaya dan mengarahkan mereka menuju tempat yang dituju.

Selain itu, mereka harus melalui badai dan petir, ditambah lagi kapal mulai bocor karena menabrak batu karang laut. Dengan dibantu oleh Dora mini, mereka saling bahu membahu menghindari bencana alam yang menyerang.

Belakangan diketahui, kalau John Silver adalah ayah dari Flock dan Sarah. John Silver berubah menjadi orang yang berbeda setelah kematian Fiona, ibu dari Flock dan Sarah. John Silver menjadi terobsesi untuk mengumpulkan harta karun dan menjadi seorang bajak laut.

Sementara itu, ketika Doraemon dan yang lainnya berhasil menemukan kembali kapal milik John Silver, Sarah berhasil diselamatkan. Tetapi Shizuka masih tetap tertahan di kapal itu.

Di sisi lain, John Silver mengungkapkan akan melaksanakan rencana terakhirnya dengan menjalankan ‘Rencana Kapal Noah’. Namun, rencana tersebut bisa menyebabkan bencana di bumi.

Misi terakhir Doraemon CS adalah menyelamatkan Shizuka dan menghentikan rencana John Silver. Giant dan Suneo mencoba menghalangi dan melawan para bajak laut yang mengincar mereka.

Sementara Doraemon, Nobita, Flock, Sarah dan Quiz berusaha menyelamatkan Shizuka dan menghentikan rencana John Sliver. Akankah mereka bisa berhasil menyelamatkan Shizuka dan menghentikan rencana John Silver?

Baca Juga: Sebelum Bertualang Bersama Nobita, Inilah Asal-Usul Doraemon

Petualangan Nobita CS Mencari Pulau Harta Karun

Petualangan Nobita CS Mencari Pulau Harta Karun_

Pada film Doraemon Movie kali ini, menceritakan tentang petualangan Nobita CS mencari pulau harta karun. Tapi, Pulau Harta Karun yang mereka temukan bukan sekedar pulau harta karun biasa.

Alih-alih menemukan pulau harta karun, mereka malah menemukan sebuah pulau misterius yang tiba-tiba muncul. Tapi, pulau tersebut ternyata adalah sebuah kapal besar yang berlayar dan melakukan perjalanan untuk mencari harta karun di bawah laut.

Doraemon dan Nobita CS harus berurusan dengan segerombolan bajak laut yang tiba-tiba menyerang mereka dan menculik Shizuka. Akhirnya, petualangan pun dimulai dengan misi menyelamatkan Shizuka.

Tidak hanya itu, mereka juga berusaha menghentikan rencana dari kapten bajak laut yang ingin mengambil energi bumi untuk menyelamatkan dirinya sendiri.

Visual dan Alur Cerita yang Menarik

Visual dan Alur Cerita yang Menarik_

Selama 1 jam 49 menit kamu akan melihat keindahan visualisasi dan sinematografi yang sudah tidak diragukan. Baik ketika memperlihatkan keindahan alamnya, kecanggihan teknologinya, para pemainnya dan yang lainnya pun divisualisasikan dengan baik.

Tidak hanya itu, film arahan sutradara Imai Kazuaki dan produser Kawamura Genki ini memiliki cerita yang menarik. Alur ceritanya cukup padat tapi masih enak untuk diikuti, dengan beberapa komedi aksi yang bagus dan menghibur.

Bahkan, film ini juga memberikan pesan tentang pentingnya melindungi Bumi dan lingkungannya seperti di beberapa film Doraemon sebelumnya.

Happy Ending yang Menyentuh

Happy Ending yang Menyentuh_

Pada film Doraemon the Movie kali ini, ceritanya berakhir dengan happy ending. Meskipun berakhir bahagia, ceritanya tetap meninggalkan kesan yang menyentuh. Tidak melulu menceritakan aksi petualangan Doraemon dan Nobita CS, tapi memperlihatkan ikatan persahabatan, ikatan hubungan antara orang tua dan anak juga.

Sehingga, di akhir film dapat disimpulkan bahwa harta karun yang sesungguhnya bukanlah persoalan materi saja, tapi bisa berkumpul dengan keluarga tersayang adalah harta karun yang sesungguhnya. Hal tersebut digambarkan dari karakter Flock dan Sarah yang merindukan sosok orang tuanya yang dulu selalu ada untuk mereka.

Seperti kata Nobita di film ini, meskipun ia selalu bertengkar dengan orang tuanya, tapi ia merasa sedih ketika bertengkar dengan mereka. Dan, Nobita tetap meyakini kalau orang tuanya sebenarnya peduli padanya meskipun sempat terjadi perselisihan.

Nah, sekian ulasan sinopsis dan review untuk film Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island (2018). Secara keseluruhan, memang film ini sangat cocok ditonton anak. Banyak hal positif yang bisa ditiru anak dari tontonan ini. Jadi, kalua mau menonton film Bersama anak, bisa pilih anime Doraemon ini, ya.

Doraemon the Movie: Nobita's Treasure Island
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram