bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Doctor Lawyer, Dokter Hebat Korban Fitnah

Kabar gembira untukmu penikmat drama-drama korea bertema medis dan legal karena drama terbaru So Ji Sub berjudul Doctor Lawyer (2022) sudah bisa dinikmati.

Hanya, siap-siap saja karena dua episode pertamanya langsung menguras emosi. Pasalnya Han Yi Han, seorang dokter bedah jantung yang kompeten difitnah melakukan tindakan malpraktek terhadap adik dari kekasihnya sendiri.

Han Yi Han yang hanya tinggal berdua dengan sang ibu juga difitnah menerima suap. Derita dokter cerdas tersebut tersaji intens di dua episode perdana Doctor Lawyer (2022). Kira-kira seperti apa penampilan So Ji Sub setelah empat tahun absen dari layar kaca? Ikuti update-nya melalui artikel berikut ini!

Sinopsis

Kecerdasan Han Yi Han sebagai dokter bedah jantung tidak membuat hidupnya bahagia. Dia justru dikenal sebagai dokter hantu yang bertugas menutupi kesalahan dokter tidak kompeten, putra pemilik rumah sakit.

Lebih parah, dia menjadi tumbal atas keserakahan atasannya. Hidupnya seketika hancur karena fitnah. Akankah Yi Han dapat bangkit kembali?

Episode 1-2

Review Doctor Lawyer Episode 1-2__

Dokter Park Ki Tae dari Bunseok University Medical Center dituntut atas kematian seorang bocah karena dugaan malpraktek. Saat hakim membacakan putusan, Park mendadak sesak napas lalu pingsan. Tiba-tiba seseorang yang membawa peralatan medis lengkap masuk ke ruang sidang dan menolongnya.

Geom Seok Young sebagai jaksa yang bertugas menuntut Park saat itu, mengenalinya dengan nama Han Yi Han. Dia mengingatkan Yi Han agar tidak melakukan tindakan medis apa pun karena lisensinya sebagai dokter sudah dicabut. Namun, Yi Han tidak mendengar dan tetap menyelamatkan nyawa Park Ki Tae.

Lima tahun lalu, Han Yi Han adalah dokter bedah Torakoplastik hebat dan menjadi andalan Bunseok University Medical Center. Namun, dia dikenal sebagai dokter hantu bagi dokter bedah jantung lain yang tidak kompeten, yaitu dokter Goo Hyun Sung.

Goo Hyun Sung merupakan putra Goo Jin Gi, Direktur Bunseok Medical University Center itu sendiri. Goo Jin Gi bersikap baik pada Yi Han karena sudah menyelamatkan reputasi putranya. Dia pun memberi Yi Han jabatan sebagai Kepala Bedah Torakoplastik dan sebuah hadiah.

Sampai di rumah, Yi Han terkejut mengetahui hadiah yang dia terima ternyata sejumlah uang dalam jumlah besar. 

Belum sempat mengembalikan uang tersebut Yi Han disibukkan oleh operasi transplantasi jantung Geom Seok Jo, yaitu adik dari wanita yang dia cintai, Geom Seok Young. Operasinya sempat menemui kendala tapi Yi Han berhasil menanganinya. Transplantasi jantung Seok Jo pun berjalan lancar. 

Selesai melakukan tugas itu, Yi Han tiba-tiba mendapat panggilan dari Goo Jin Gi. Dia diminta untuk segera ke ruang operasi karena ada operasi darurat yang perlu dilakukan.

Jin Gi menjelaskan bahwa Yi Han harus kembali melakukan transplantasi jantung. Yi Han bingung karena untuk transplantasi Seok Jo saja, mereka harus menunggu lama untuk mendapatkan donor. 

Jin Gi menjelaskan secara meyakinkan bahwa dia baru saja mendapatkan jantung lain. Jin Gi juga berjanji akan menanggung risiko jika terjadi hal-hal buruk. Walau terlihat sempat ragu karena menyalahi prosedur medis, Yi Han percaya pada direkturnya. Transplantasi kali ini pun berjalan mulus. 

Kondisi tubuh Yi Han yang kelelahan karena dua kali melakukan operasi besar rupanya dimanfaatkan Jin Gi. Yi Han tertidur setelah menenggak minuman yang sudah disiapkan.

Pagi harinya, Yi Han mendapat kabar kalau kondisi Seok Jo drop. Sebelumnya Yi Han sangat sulit dihubungi sehingga Seok Jo tidak dapat terselamatkan.

Seketika kondisi berbalik merugikannya. Yi Han dituduh melakukan tindakan medis yang menyalahi aturan. Hasil autopsi menunjukkan kalau jantung Seok Jo rusak, padahal dia yakin operasi transplantasinya berjalan lancar. Seok Young terpukul dan sempat kecewa pada Yi Han. 

Yi Han pun dituduh menerima suap dari perusahaan alat-alat medis. Saat melakukan penggeledahan, setumpuk uang pemberian Jin Gi yang belum sempat dia kembalikan dijadikan bukti.

Dalam proses persidangan, para saksi memberikan pernyataan palsu. Dokter dan tim yang turut melihat kesuksesan Yi Han pun berbalik menyerangnya. Satu-satunya saksi yang memihak, dipatahkan oleh jaksa Baek Kang Ho.

Yi Han dihajar tanpa alasan jelas oleh sesama tahanan. Tak lama Jin Gi mendatanginya. Pria paruh baya itu tidak menunjukkan perasaan bersalah telah mengambil jantung Seok Jo untuk seseorang yang masih misterius bagi Yi Han. Dia justru mengancam keselamatan ibu Yi Han.

Jin Gi meminta Yi Han mengakui perbuatannya sehingga walau kehilangan lisensi, hukuman yang diterimanya tidak terlalu berat.

Pada persidangan selanjutnya Yi Han akhirnya mengakui kesalahan yang tidak dia lakukan. Dia menuruti permintaan Jin Gi dan membuat Seok Young kecewa. Perempuan itu yakin bukan Yi Han pelakunya.

Episode 3-4

Doctor Lawyer Episode 3-4__

Pingsannya Dokter Park Ki Tae di persidangan rupanya bagian dari rencana Han Yi Han. Pengacara tersebut tahu bahwa Ki Tae tidak bersalah dan dijebak, sama seperti dirinya lima tahun lalu. Yi Han akan membebaskan Ki Tae, tapi dia harus membantunya membongkar kebobrokan Gu Jin Gi. 

Dalam proses persidangan Yi Han berhasil membuktikan Ki Tae tidak sepenuhnya bersalah. Ki Tae begitu senang dan menjanjikan akan mencari dan menyerahkan file rahasia tentang kebusukan Gu Jin Gi yang sudah dia siapkan.

Sayang, selangkah lagi akan bebas, Ki Tae dibunuh oleh seorang narapidana hukuman mati bernama Nam Hyuk Chul. Setelah diselidiki, Nam Hyuk Chul rupanya masih terkait dengan Banseok University Medical Center.

Mantan istrinya adalah Cho Jung Hyun, kepala perawat yang ikut menghancurkan hidup Yi Han atas perintah Gu Jin Gi. Mengetahui fakta itu Yi Han mengumpulkan laporan malpraktek yang pernah dilakukan rumah sakit tersebut. 

Salah satu korbannya adalah seorang gadis bernama Gil So Yeon. Dia harus kehilangan suara karena tidak dibius saat operasi besar. Setumpuk tuntutan pun diserahkan pada pengacara Banseok University Medical Centre, Pyo Eun Sil. 

Kemunculan Yi Han ke publik sudah diketahui Gu Jin Gi dan putranya, Gu Hyeon Sung. Gu Jin Gi belum terlalu memedulikannya karena dia sedang sibuk membahas perluasan bisnisnya ke Amerika.

Guna merealisasikannya, pria paruh baya tersebut bekerja sama dengan pelobi yang terkenal di bidang investasi bernama Jayden Lee. Gu Jin Gi pun tidak sendiri karena dia bersama duta besar sekaligus calon presiden, Lim Tae Moon.

Lim Tae Moon dan Jin Gi berencana menjodohkan putra-putri mereka; Gu Hyeon Sung dan Lim Yu Na. Namun, Yu Na tampaknya tergoda oleh rayuan Jayden Lee.

Lim Tae Moon yang memiliki masalah pada jantung menolak jika operasi dilakukan oleh robot. Dia ingin Gu Hyeon Sung yang mengoperasinya.

Hyeon Sung tentu panik karena dia tidak kompeten dan sudah lama mengandalkan robot untuk melakukan tugas-tugasnya di meja operasi. Kepanikan Hyeon Sung semakin jadi ketika dia melihat Yi Han di rumah sakit untuk mengambil barang-barang Park Ki Tae.

Secara kebetulan Yi Han juga bertemu Jayden Lee yang hendak membicarakan bisnis dengan Gu Jin Gi. Pria itu terlihat tertarik dengan sikap dan pernyataan Yi Han mengenai Banseok University Medical Center.

Tak berselang lama Jayden Lee meminta Yi Han menemuinya. Yi Han terkejut melihat Yu Na berlumuran darah dan berbaring di tempat tidur pria tersebut.

Dokter Pintar Korban Fitnah

Review Doctor Lawyer Episode 1-2_Dokter Pintar Korban Fitnah_

Kesuksesan drama-drama Korea bergenre medis tidak usah diragukan. Adegan-adegan di ruang operasi yang menegangkan, kehidupan para dokter yang seru untuk diikuti hingga konflik-konflik berbau keserakahan dan fitnah jadi daya tarik tersendiri. Dengan formula setipe, drama medis tetap punya tempat tersendiri.

Itu pula yang akan terjadi pada Doctor Lawyer (2022). Dua episode pertama drama ini dibuka dengan peristiwa memilukan yang terjadi pada kehidupan masa lalu seorang dokter pintar. Belum apa-apa emosi sudah langsung naik karena plot-nya berisi intrik dari orang-orang licik. 

Kamu dibawa berkenalan lebih dulu dengan karakter utama dan latar belakangnya sebagai dokter yang diperlakukan tak adil oleh pimpinannya. Sampai akhir episode dua, belum ada hal lain yang ditonjolkan kecuali perubahan hidup seorang Han Yi Han. 

Semula dia adalah dokter pemilik masa depan yang cerah, tapi kemudian berubah jadi narapidana korban fitnah. Kejutan datang ketika dia kembali bangkit dan berani menampilkan diri lagi. Langkah Han Yi Han selanjutnya patut ditunggu; apakah dia akan menuntut balas atau jadi pribadi yang baru.

Kembalinya So Ji Sub Ke Dunia Hiburan

Review Doctor Lawyer Episode 1-2_Kembalinya So Ji Sub Ke Dunia Hiburan_

Penampilan So Ji Sub sebagai Han Yi Han di drama ini menjadi salah satu pemikat paling kuat. Bagaimana tidak, sebab Doctor Lawyer (2022) adalah drama terbaru So Ji Sub setelah empat tahun istirahat dari dramaland. Terakhir aktor kelahiran 1977 ini sukses dengan My Secret, Terrius (2018) bersama Jung In Sun.

Pesona So Ji Sub sebagai aktor senior ditunjukkan dengan kualitas akting yang terjaga. Menjadi Han Yi Han, dokter pintar yang disakiti, So Ji Sub bisa memperlihatkan emosinya tanpa banyak berteriak atau melakukan perlawanan. Aksi So Ji Sub sebagai dokter yang tersakiti patut ditunggu. 

Doctor Lawyer (2022) memiliki premis yang tidak terlalu baru, tapi tetap tampil memikat dengan plot yang detail dan emosional. Ia punya daya tarik lain karena juga suguhkan tema hukum.

Baca juga: 10 Judul Drama Terbaik yang Dibintangi oleh So Ji Sub

Munculnya Karakter Baru yang Misterius

Doctor Lawyer Episode 3-4__

Menginjak episode tiga dan empat, Doctor Lawyer (2022) semakin seru dengan kemunculan karakter baru. Pengenalannya sangat meyakinkan karena karakter bernama Jayden Lee tersebut langsung menunjukkan kehebatannya.

Sosok Jayden Lee langsung mengambil alih perhatian dan rasa penasaran selama dua episode ini berlangsung. Diperankan oleh aktor Shin Sung Rok, karakter Jayden Lee terasa punya aura yang misterius.

Ekspresi apalagi tujuannya masih sulit ditebak karena dia mendekati Gu Jin Gi dan Han Yi Han sekaligus. Di akhir episode empat, Jayden Lee malah berubah menyeramkan karena dia bertingkah seperti psikopat. 

Informasi dan fakta mengenai sosoknya dapat membuat Doctor Lawyer (2022) tambah seru. Konflik antara Yi Han dan Gu Jin Gi yang sudah tegang, akan bertambah menarik.

Apalagi jika ternyata dia berada di pihak yang sama dengan Yi Han. Kepastian mengenai karakternya patut ditunggu di episode-episode mendatang.

Doctor Lawyer
Rating: 
3.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram