bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Doctor John, Kisah Dokter Napi yang Jenius

Sinopsis & Review Doctor John, Kisah Dokter Napi yang Jenius

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Drama Korea yang mengangkat tema medis, sudah cukup beragam. Dari mulai cerita tentang tenaga medis atau dokter di daerah perang hingga dokter di sebuah kapal yang harus menjangkau daerah terpencil. Namun, bagaimana dengan dokter di yang berstatus sebagai tahanan dan tetap mengikuti nalurinya untuk menolong orang?

Cerita mengenai dokter semacam itu boleh jadi hanya bisa Anda temui pada drama Korea berjudul Doctor John. Dimainkan oleh Ji Sung, drama ini punya tawaran berbeda untuk para penonton. Satu hal yang pasti dari drama ini adalah idenya menarik dan dieksekusi dengan baik oleh sutradara serta para pemain.

Bagi Anda yang ingin tontonan berbeda dari cerita cinta, Doctor John bisa menjadi pilihan tepat. Sebelum benar-benar mulai menontonnya, Anda bisa membaca sinopsis serta review-nya di bawah ini. Yuk!

Sinopsis

Sinopsis Doctor John
*
  • Tanggal Penayangan: 19 Juli – 7 September 2019
  • Genre: Drama Medis, Romantis
  • Jumlah Episode: 32 Episode
  • Pemain: Ji Sung, Lee Se Young, Lee Kyu Hyung, Kwang Hee, Jung Min A
  • Sutradara: Jo Soo Won
  • Penulis: Kim Ji Woon
  • Produksi: Studio Dragon, KPJ Corporation
  • Jaringan Penayangan: SBS TV
  • Negara: Korea Selatan

Muda dan berprestasi adalah impian bagi banyak orang. Ketika bisa mendapatkan itu, siapa pun akan senang dan berbangga diri. Begitu halnya dengan Cha Yo Han (Ji Sung). Di usianya yang masih sangat muda, Yo Han sudah berhasil menyandang gelar sebagai profesor anestesiologi.

Dia bekerja di Rumah Sakit Hanse dan dinilai potensial di bidangnya. Kejeniusannya bahkan memudahkan dia mendeteksi suatu penyakit hanya dalam waktu sepuluh detik. Sayang, otak pintar yang dimiliki tidak dibarengi dengan sikap yang hangat. Yo Han terkenal dengan sifat yang sombong.

Karirnya yang terlihat menjanjikan sebagai seorang dokter, suatu hari mendadak berubah. Dia dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap pasiennya. Akibat tuduhan tersebut, Yo Han harus mendekam di dalam penjara. Seorang jaksa bernama Son Seok Ki (Lee Kyu Hyung) adalah orang paling bertekad menjebloskan Yo Han ke dalam penjara.

Di sana dia bertemu dengan seorang residen di bagian yang sama dengannya; anestesiologi. Residen tersebut bernama Kang Shi Young (Lee Se Young). Shi Young memiliki kepribadian yang hangat, selain itu dia juga cerdas. Keluarganya merupakan keluarga dokter.

Menjadi petugas medis di penjara memberi pengalaman berbeda kepada Shi Young. Di tempat itu pula Yo Han dan Shi Young bertemu. Setiap hari Yo Han datang ke klinik penjara untuk memeriksakan kesehatannya. Padahal lelaki itu sedang tidak sakit apa pun. Hal tersebut membuat Shi Young terganggu.

Belakangan diketahui bahwa upaya Yo Han untuk memeriksakan kesehatannya setiap hari adalah agar dia bisa mengetahui dan menangani secara dini bila ada penyakit di dirinya. Sebab Yo Han mengidap suatu kelainan yang membuatnya tidak bisa merasakan sensasi sakit di tubuh. Kelainan tersebut dikenali dengan nama CIPA (Congenital Insensitivity to Pain with Anhidrosis).

Review Doctor John

Selama berada di penjara, Yo Han tidak menyia-nyiakan pengetahuannya. Tanpa diminta, dia kerap menolong narapidana yang tiba-tiba jatuh sakit. Tingkahnya yang demikian membuat para dokter penjara terdahulu merasa kecil hati dan tidak dibutuhkan. Apalagi Yo Han selalu tepat menangani pasien-pasiennya.

Sikapnya yang begitu juga membuat Shi Young tidak nyaman. Hubungan keduanya yang semula sudah sangat canggung bertambah tidak baik. Setelah masa tahanan berakhir, Yo Han kembali melanjutkan karirnya sebagai seorang dokter di rumah sakit.

Namun, hal ini membuat jaksa Seok Ki tidak senang. Dia menentang keputusan tersebut dan berencana menggugat Yo Han untuk kedua kalinya. Kira-kira mengapa jaksa tersebut begitu membenci Yo Han? Apa yang diperbuat Yo Han di masa lalunya?

Bukan hanya itu, mampukah dia tetap mempertahankan ketajamannya dalam menganalisis penyakit? Akankah kecanggungan antara dirinya dan Shi Young berubah manis? Jika semakin penasaran, Anda harus menonton drama ini akhir pekan nanti!

Bumbu Romantis yang Pas

Bumbu Romantis yang Pas
*

Doctor John bukan sekadar drama medis yang penuh adegan-adegan penyayatan di meja operasi. Di sini, Anda juga akan mendapat suguhan manis yang pas dari cerita antara Yo Han dan Shi Young. Adegan romantis yang tidak berlebihan membuat drama ini tidak membosankan untuk ditonton.

Seperti dalam salah satu scene ketika Yo Han menenangkan Shi Young yang kalut dan bingung mencari restoran terakhir tempat dia dan ayahnya makan bersama. Perhatian yang ditunjukkan Yo Han di sela-sela sikap dinginnya justru terasa sangat manis, walau tentu saja tidak berlebihan.

Sikap konyol Shi Young ketika berada di dekat Yo Han juga jadi bumbu yang bisa membuat penonton senyum-senyum sendiri saat menonton drama ini. Meski keduanya memiliki masa lalu yang tidak indah untuk diingat, mereka seolah dapat melupakannya ketika bersama.

Peran Pertama Ji Sung Sebagai Dokter

Peran Pertama Ji Sung Sebagai Dokter
*

Nama Ji Sung dalam sebuah drama seperti menjadi jaminan mutu. Kemampuan akting pria kelahiran 1977 ini sudah dikenal sejak dulu. Beberapa drama serta film yang dimainkannya meraih sukses di pasaran. Sebut saja drama Defendant, Kill Me Heal Me, Secret Love dan Familiar Wife.

Berbagai karakter juga sudah coba dibawakannya. Rata-rata membekas di ingatan dan membuat banyak penikmat drama merasa terpuaskan. Namun, khusus peran sebagai dokter, Ji Sung baru melakukannya pada drama Doctor John ini.

Jika Anda penasaran dengan kepiawaiannya memainkan karakter dokter, tidak ada alasan lain untuk menunda menyaksikan drama ini. Bersiap saja terpukau dengan tatapan matanya yang jeli ketika mendeteksi penyakit pada pasien ya!

Drama dengan Rating Tinggi

Drama dengan Rating Tinggi
*

Doctor John memang layak dijadikan tontonan sebab kualitasnya yang baik. Ini sejalan dengan rating tinggi yang diperolehnya. Baik penonton internasional maupun penonton di Korea sama-sama menyukai jalan cerita drama ini.

Angka rata-rata rating Doctor John ada di 8,972% untuk wilayah Seoul saja dan 8,297% untuk nasional. Rating-nya juga pernah berada di angka 12-13%. Pesona Ji Sung dan para pemain serta jalan cerita yang menarik menjadi alasan masuk akal mengapa drama ini banyak dinanti setiap episodenya.

Diadaptasi dari Novel Jepang

Diadaptasi dari Novel Jepang
*

Doctor John disutradarai oleh Jo Soo Won, sementara untuk naskahnya sendiri ditulis oleh Kim Ji Woon. Namun, ide cerita dalam drama ini sebenarnya merupakan sebuah adaptasi dari novel Jepang karya Yo Kusakabe berjudul Kami no Te.

Novel tersebut diterbitkan oleh NHK Publishing pada Mei 2010. Bukan hanya dibuat versi drama Korea, novel ini juga hadir dalam versi serial Jepang berjudul Hand of God. Berbeda dengan versi drama Korea, serial Jepang ini hanya berjumlah 5 episode. Ia tayang pada 23 Juni – 21 Juli 2019 dan dibintangi oleh Kippei Shiina, Tetta Sugimoto, Sawa Suzuki dan Yukiya Kitamura.

Rasanya akan menyenangkan jika kita memiliki tontonan yang seru dan bikin penasaran. Tidak terkecuali drama-drama medis seperti Doctor John ini. Walau temanya hanya akrab di kalangan tertentu, keseluruhan jalan cerita bisa dinikmati oleh banyak orang.

Sudah mulai tertarik untuk menontonnya? Kalau begitu siapkan cemilan untuk menemani Anda menyaksikan episode demi episodenya ya! Selamat menyaksikan!

Doctor John
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram