bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Dive!! (2008), Remaja dan Loncat Indah

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juni 2021

Akhir tahun 2020, Netflix menayangkan sebuah film dari Jepang berjudul Dive!! yang dibuat pada pertengahan 2008. Film yang tampilannya tampak klasik ini punya cerita menarik dan mengambil tema olahraga yang cukup jarang diangkat menjadi sebuah premis, yaitu loncat indah.

Dive!! dibintangi oleh aktor-aktor muda, tampan dan berbakat kebanggaan Jepang. Disutradari oleh Naoto Kumazawa, film ini ajarkan pentingnya semangat dan tekun untuk mendapatkan impian pada para remaja. Sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga. Sebelum menyaksikannya, simak lebih dulu sinopsis dan review-nya berikut ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis Dive!!Sumber: wibusubs.moe
  • Tanggal/Tahun Rilis:14 Juni 2008
  • Genre: Olahraga, Drama, Remaja
  • Produksi: Kakugawa Movie, Japan Movie Fund, NTT DoCoMo, IMJ Entertainment
  • Sutradara: Naoto Kumazawa
  • Pemain: Kento Hayashi, Sosuke Ikematsu, Junpei Mizobata, Asaka Seto

Seorang anak kecil memang cenderung mudah menyukai sesuatu yang menarik perhatiannya. Bermula dari ketertarikan, mereka akan mencari tahu lebih jauh mengenai hal itu. Sama halnya ketika seorang anak laki-laki bernama Tomoki Sakai (Kento Hayashi) melihat anak lainnya, Yoichi Fujitani (Sosuke Ikematsu) terlihat sangat menguasai loncat indah.

Kemampuan Yoichi membuat Tomoki mengaguminya. Dia pun mulai berkeinginan untuk bisa melakukan hal tersebut satu saat nanti. Terbukti, Tomoki yang sudah beranjak dewasa dan duduk di bangku sekolah menengah dengan yakin mendaftarkan dirinya masuk ke sebuah klub bernama Mizuki Diving Club (MDV).

Remaja itu tidak main-main dengan keinginannya. Selama kurang lebih enam tahun, Tomoki berlatih dengan keras. Tujuannya tentu saja untuk menjadi atlet loncat indah yang kemampuannya diperhitungkan banyak orang. Tomoki tidak sendiri, di sana dia kembali bertemu dengan Yoichi yang sudah duduk di bangku menengah atas.

Yoichi yang lahir dari keluarga peloncat indah, sudah sangat terbiasa dengan kegiatan itu. Dia pun ingin mengikuti dan melanjutkan jejak kedua orangtuanya. Keinginan yang berbeda antara Tomoki dan Yoichi tidak menghalangi mereka untuk giat berlatih.

Suatu hari, anak-anak yang berlatih di Mizuki Diving Club, termasuk dua anak remaja itu mendengar kabar yang tidak begitu enak didengar. Klub terancam dibubarkan karena beberapa pihak sponsor memberi peringatan akan mencabut dan menghentikan donasi mereka. Pasalnya, selama bertahun-tahun MDC dinilai tidak mampu membina para anggota klub.

Mereka melihat bahwa tidak ada satu pun anak-anak yang terdaftar sebagai anggota MDC memiliki prestasi membanggakan, terutama karena tidak ada perwakilan MDC yang dipilih untuk maju ke ajang bergengsi Olimpiade. Apabila hal ini terus berlangsung, secara otomatis klub akan bangkrut. Dengan kata lain, impian anak-anak seperti Tomoki dan Yoichi juga akan ikut kandas.

Namun, keberuntungan sepertinya masih berpihak pada mereka. Setelah melewati proses negosiasi, pihak sponsor bersedia memberikan izin agar klub kembali beroperasi. Proses tersebut disertai dengan sebuah syarat, yaitu MDC harus bisa mengirimkan satu orang muridnya maju ke ajang Olimpiade.

Awan kelabu yang menutupi MDC tiba-tiba mulai menghilang seiring datangnya pelatih wanita profesional yang sudah berpengalaman. Dia baru saja kembali dari Amerika untuk kemudian bersiap serta berjanji mengirimkan salah satu murid klub tersebut ke ajang bergengsi yang diinginkan.

Pelatih gigih bernama Kayoko Asaki (Asaka Seto) tersebut percaya diri menjalankan perannya sebagai pelatih baru MDC. Walau tentu saja dia juga tahu bahwa kesulitan demi kesulitan akan banyak di depan sana, terutama karena dia dan murid-murid belum saling mengenal secara lebih dalam.

Pertanyaannya, mampukah Asaki mengurus klub yang hampir bangkrut tersebut dan membalikkan keadaan? Bisakah dia memaksimalkan bakat murid-muridnya hingga mencapai titik terbaik mereka? Dive!! bisa Anda saksikan secara lengkap di layanan streaming Netflix mulai 18 Desember 2020 lalu.

Diadaptasi dari Sebuah Novel

Diadaptasi dari Sebuah Novel

Cerita dalam film Dive!! yang tayang pada 2008 lalu ini merupakan adaptasi dari sebuah novel remaja karya Eto Mori. Novel tersebut terbit sebanyak empat volume dari tahun 2000 hingga 2002. Ia diterbitkan secara berkala oleh Kondansha Published dan Kadokawa Shoten.

Selama dua tahun terbit, novel ini mendapat banyak ulasan positif, sehingga ia mendapat penghargaan Shogakukan Children’s Publishing Culture Award 52nd. Pada 2006 lalu novel kembali diterbitkan oleh Kadokawa Bunko dalam versi sampul yang lebih tipis.

Baca juga: Drama Korea Tentang Olahraga yang Wajib Masuk Watchlist

Karakter-Karakter Remaja yang Penuh Semangat

Ketika menonton sebuah film, selain ceritanya yang seru untuk diikuti, karakter yang dibangun juga menyumbang poin penting untuk membuat penonton betah menyelesaikan film hingga akhir. Dive!! memiliki poin tersebut. Film ini berisi karakter-karakter yang akan membuat Anda betah menontonnya sampai selesai. Lebih penting, ia akan membawa Anda ikut semangat dan percaya bahwa segala sesuatu yang tidak mungkin, bisa terjadi selama bekerja keras dan tekun.

Hal ini tampak pada karakter Tomoki yang dimainkan dengan luwes oleh aktor tampan Kento Hayashi. Semula, dia diceritakan sebagai murid mediocre, tapi berkat kerja kerasnya Tomoki tumbuh menjadi jauh lebih baik. Selain itu Tomoki juga diceritakan memiliki modal yang baik sebab badannya cukup fleksibel dan menguntungkan untuk loncat indah.

Selain Tomoki, karakter Yoichi Fujitani juga menyenangkan untuk diikuti. Sebagai anak dari orangtua yang lebih dulu menekuni olahraga loncat indah, Yoichi cenderung lebih unggul dibanding murid yang lain. Dia diceritakan menjadi juara di sekolahnya selama tiga tahun berturut-turut. Semangatnya untuk maju ke Olimpiade juga tidak bisa dikalahkan oleh apa pun.

Karakter-karakter remaja penuh semangat dalam film ini, diikuti oleh karakter Kayoko Asaki yang dibawakan oleh Asaka Seto. Sebagai orang dewasa yang mengurus para remaja, perannya cukup penting. Kayoko Asaki dibangun dengan karakter yang meyakinkan. Dia merupakan cucu dari pemilik MDC, sehingga rasa kepemilikannya pada klub juga bersifat pribadi.

Dalam hal kemampuan, Asako diceritakan sangat berpengalaman sebab sudah lebih dulu belajar mengenai keterampilan pembinaan di Amerika Serikat. Guna mewujudkan impiannya, dia dibantu Keisuka Fujitani (Ken Mitsuishi) untuk bersiap membawa klub ke posisi yang lebih baik.

Film tentang Loncat Indah yang Indah

Film tentang Loncat Indah yang Indah

Film yang mengangkat tema olahraga, sangat beragam. Rata-rata film tersebut adalah tentang sepakbola, lari, tinju dan beberapa cabang olahraga lainnya, sementara loncat indah boleh dikategorikan tidak begitu banyak, apalagi ini adalah film remaja. Oleh karena itu, Dive!! merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyaksikan film dengan tema olahraga, selain yang sudah pernah ada sebelumnya.

Film tentang loncat indah ini tentu saja juga memuat berbagai gerakan loncat indah. Para pemainnya dituntut untuk beratraksi, meloncat dari ketinggian dan tetap harus terlihat indah. Hasilnya, beberapa kali Anda akan melihat scene loncat indah yang mendebarkan sekaligus cantik.

Kento Hayashi dan Sosuke Ikematsu yang Menarik Perhatian

Kento Hayashi dan Sosuke Ikematsu yang Menarik PerhatianSumber: excite.co.jp

Dua karakter utama dalam film Dive!! menarik perhatian banyak penonton. Mereka adalah Kento Hayashi dan Sesuke Ikematsu. Keduanya merupakan aktor muda berbakat yang hingga saat ini sudah membintangi banyak film dan serial di negaranya. Ketika berperan dalam film ini, keduanya berusia sekitar 18 tahun.

Berbekal kemampuan akting dan wajah yang tampan mereka sukses di industri hiburan Jepang. Beberapa penghargaan dibawa pulang oleh keduanya. Salah satunya adalah penghargaan sebagai Rookie of the Year pada penghargaan Japan Academy Priz. Masing-masing dinobatkan di tahun yang berbeda, yaitu Kento pada 2008 sementara Sosuke mendapatkannya pada 2015 lalu.

Memilih tontonan yang tepat untuk keluarga gampang-gampang susah. Perbedaan selera menjadi salah satu kendala. Lalu mengapa tidak mengambil jalan tengah dengan memilih film bertema remaja yang mengajarkan hal-hal baik seperti Dive!! ini? Jika sudah memutuskan, segera tonton di Netflix ya! Siapkan cemilan agar suasana lebih asyik dan tidak membosankan.

Dive!!
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram