Sinopsis & Review District 9, Ketika Manusia Memperdaya Alien

Ditulis oleh Aditya Putra
District 9
4.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Mengangkat Isu yang Berat

https://www.wowkeren.com/display/images/photo/2021/07/21/00376237.jpg

District 9 yang mengangkat alien sebagai elemen untuk menggerakan plot, benar-benar mengeksplorasi elemen tersebut dengan maksimal. Cerita bukan hanya berkutat tentang invasi tapi juga menyangkut xenophobia, diskriminasi dan eksploitasi. Keberanian mengangkat tema berat ini untungnya berimbang dengan pengemasan alur cerita yang mudah untuk diikuti. 

Secara karakter, tokoh-tokoh utama diberikan pendalaman yang kuat. Christopher digambarkan sebagai sesosok alien dengan kecerdasan di atas rata-rata. Sedangkan Wikus merupakan sosok yang jahat tapi karakternya berkembang seiring dengan berjalannya cerita. Sementara Smith hanya punya tujuan mengeksploitasi keberadaan para alien.

Memadukan Science Fiction, Drama dan Action

https://m.media-amazon.com/images/M/MV5BODUyOTAwMWUtNWQ4NC00MmE3LWI0MjYtZjA3MDEzN2QwZGJiXkEyXkFqcGdeQXVyNzc5NjM0NA@@._V1_.jpg

Keunggulan District 9 adalah kemampuannya memadukan science fiction, drama dan action dalam sebuah plot yang solid. Kedatangan alien ke bumi jelas merepresentasikan unsur science fiction.

Unsur drama mulai terasa ketika cerita berkembang menjadi bagaimana sulitnya manusia hidup berdampingan dengan alien. Lalu, cerita akan berkembang lagi dengan adanya adegan-adegan peperangan antara manusia dan alien.

Film garapan sutradara Neill Blomkamp ini menyajikan sinematografi yang unik. Kedatangan pesawat yang ditumpangi alien di awal film, diangkat dengan cara penyampaian berita.

Ada juga cuplikan wawancara dengan MNU serta rekaman CCTV yang membuat film ini seolah-olah menjadi film dokumenter. Bahkan, ada beberapa adegan yang menampilkan sudut pandang karakter karakter.

Kenikmatan menonton film ini secara visual ditambah karena kecerdikannya dalam menggunakan CGI. Adegan-adegan yang mengharuskan penggunaan efek dibuat minimalis sesuai dengan kebutuhan, nggak over the top.

Make-up prostetik untuk menguatkan sosok alien pun dikerjakan dengan rapi sehingga sosok mereka seakan-akan merupakan makhluk dari luar angkasa.

Dari sekian banyak film tentang alien, District 9 menjadi salah satu yang terasa fresh dan orisinal. Durasi selama 112 menit, bukanlah waktu yang panjang untuk tontonan yang memanjakan dari segi cerita maupun visual.

Suksesnya film ini membuat berhembus kabar bahwa sekuelnya sedang disiapkan. Kalau film tentang alien favorit kamu apa guys? Tulis judulnya di bawah, yuk!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram