Sinopsis & Review District 9, Ketika Manusia Memperdaya Alien

Ditulis oleh Aditya Putra
District 9
4.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Sebagian orang meyakini bahwa di semesta yang luas ini, dunia bukanlah satu-satunya planet yang ditinggali oleh mahluk hidup.

Mahluk hidup yang dipercaya ada di luar bumi biasanya disebut sebagai alien. Walau keberadaannya masih menjadi pertanyaan dan belum bisa dibuktikan secara ilmiah, sosok alien terus dicari dan diteliti dari waktu ke waktu.

Bagaimana jadinya kalau alien dari luar angkasa mendarat di bumi dan harus tinggal berdampingan dengan manusia? Itulah inti dari cerita yang diangkat dalam film District 9.

Tapi yang unik, bukan para alien yang punya niat jahat, melainkan manusia. Bagaimana ceritanya? Yuk kita bahas dalam sinopsis dan review film berikut ini.

Baca juga: 20 Film Bertema Alien Terbaik yang Wajib untuk Ditonton!

Sinopsis

https://static.metacritic.com/images/products/movies/8/c84b5db875c84ebbe530e25427df6449.jpg
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Science Fiction, Drama, Action
  • Produksi: QED International, WingNut Films, TriStar Pictures
  • Sutradara: Neill Blomkamp
  • Pemain: Sharlto Copley, Jason Cope, David James, Vanessa Haywood, Kenneth Nkosi

Di dunia alternatif, pada tahun 1982, sebuah pesawat raksasa yang berasal dari luar angkasa tiba di bumi. Pesawat itu mengitari wilayah Afrika Selatan dan mendarat di Johannesburg. Sebuah tim diterjunkan untuk menginvestigasi apa yang berada di pesawat itu.

Ternyata ada lebih dari sejuta alien di dalam pesawat dengan kondisi malnutrisi dan kelaparan. Para alien itu dijuluki Prawns, panggilan deregatori yang menyamakan mereka dengan jangkrik.

Pemerintah Afrika Selatan membuat kebijakan yaitu memberi mereka kamp untuk hidup di District 9. Dalam jangka waktu beberapa tahun, wilayah itu berubah menjadi kumuh. Para penduduk lokal mulai mengeluhkan keberadaan alien yang hidupnya jorok, sering melanggar hukum, bahkan nggak jarang menyerang manusia.

Tensi yang memanas antara manusia dan alien membuat pemerintah mengontrak perusahaan swasta, Multinational United (MNU) untuk merelokasi alien dari wilayah kota. MNU merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang pembuatan senjata.

Piet Smith, salah satu anggota eksekutif MNU menunjuk menantunya, Wikus van de Merwe, untuk memimpin proyek relokasi alien.

Tiga alien yaitu Christopher Johnson beserta anaknya CJ, dan Paul, teman dari Christopher mencari barang-barang sisa dari tumpukan sampah untuk bahan bakar pesawat.

Prawn Technology merupakan sebuah proyek yang didirikan oleh Christopher dan selama 20 tahun telah mengumpulkan sumber daya untuk merealisasikan rencana kembali ke planet mereka. Gubuk milik Paul menjadi tempat sumber daya itu dikumpulkan.

Wikus datang ke rumah Paul untuk memberi tahu kabar tentang relokasi. Dia menemukan sebuah kontainer yang disembunyikan dan di dalamnya terdapat bahan bakar. Tanpa sengaja, bahan bakar itu menyembur ke muka Wikus. Dianggap mencelakai Wikus, Paul pun dibunuh oleh Koobus Venter, pemimpin pasukan tentara bayaran MNU.

Wikus mulai bermutasi menjadi Prawn, dimulai dengan perubahan pada lengan kirinya. Wikus mulai mengalami berbagai gejala berat. Dia muntah-muntah, hidung berdarah, pusing dan kuku terlepas mulai, tapi masih menganggap remeh. Suatu saat, dia pingsan ketika menghadiri acara pesta promosi jabatan dan dibawa ke rumah sakit.

Di rumah sakit, kuku Prawn mulai tumbuh di lengan kiri Wikus. Karena bukan kasus biasa, Wikus dimasukkan ke laboratorium milik MNU. Para peneliti mulai melakukan penelitian dengan cara yang kejam dan mendapat kesimpulan bahwa Wikus memiliki kemampuan untuk mengaktifkan senjata Prawn yang membutuhkan darah alien.

Smit memerintahkan para peneliti untuk melakukan bedah hidup pada Wikus sebelum Wikus berubah sepenuhnya menjadi hybrid manusia dan alien. Dengan begitu, organ-organ yang dimiliki Wikus bisa diambil serta dicari kegunaannya sebelum Wikus menjadi sosok yang membahayakan manusia. Kekuatan Wikus yang bertambah membuatnya berhasil meloloskan diri dari laboratorium.

Para tentara bayaran MNU di bawah komando Kobus mengincar Wikus. Sementara itu, \ kabar bahwa Wikus tertular penyakit berbahaya dari alien terus disebar. Kabar itu sampai di telinga istri Wikus, Tania. Wikus terpaksa bersembunyi ke District 9.

Christopher bisa mengobati mutasi yang terjadi pada Wikus, tapi Wikus harus membawanya ke induk kapal. Dengan begitu, Christopher dan para alien bisa keluar dari bumi. Pilihan mana yang akan diambil Wikus?

Konsep Cerita Baru Alien di Bumi

https://i.guim.co.uk/img/media/c55b4d6fe6b29317f4e39f111273b2af6d038e2b/185_0_2813_1688/master/2813.jpg?width=1200&quality=85&auto=format&fit=max&s=be5266d4f0dd2c86cd21687e9f1ffb2d

Ketika film-film lain menceritakan kedatangan alien ke bumi adalah untuk menginvasi, District 9 tampil dengan cerita berbeda. Film ini lebih menyoroti bagaimana para alien atau Prawn itu nggak berbeda jauh dengan manusia, ada yang jahat dan ada juga yang baik.

Datang dalam kondisi yang lemah, para alien nggak berdaya ketika manusia membuatkan kamp bernama District 9 untuk mereka.

District 9 bukanlah kamp biasa. Kamp itu dipagari untuk membatasi gerak para alien serta sebagai langkah preventif supaya mereka nggak menyerang manusia.

Selain itu, kamp juga dijaga oleh para tentara bayaran MNU dengan senjata lengkap. MNU punya tujuan lain yaitu meneliti para alien kemudian menggunakan kemampuan serta tubuh alien untuk membuat senjata mematikan.

Plot District 9 merupakan terobosan baru dalam film-film bertemakan alien. Kali ini bukan sosok alien yang diceritakan jahat dengan niat menguasai bumi, melainkan manusia yang ingin mempergunakan alien untuk kepentingan tertentu yang dapat berakibat buruk bagi sesama manusia maupun alien. Hebatnya lagi, plot itu ditata secara rapi.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram