bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper

Menjadi debut pertama Aoyama Gosho dalam mengkonversi animasi miliknya kepada sebuah film layar lebar, film Detective Conan berjudul The Time-Bombed Skyscraper yang tayang pada tahun 1997 silam langsung laris manis diterima di pasaran. Tak sulit baginya untuk membuat film Detective Conan booming mengingat komiknya pun laku keras terjual.

Baca Juga: Sinopsis & Review Anime Detective Conan: Sunflower of Inferno

Film pertama dari Detective Conan yang ditulis oleh Kazunari Kouchi ini menceritakan tentang rangkaian kasus pengeboman terjadi di sekitar Tokyo dan terkait dengan investigasi masa lalu Shinichi Kudo. Film ini menghasilkan 1,1 miliar yen di box office dan memancing film-film Detective Conan lainnya bermunculan.

Sinopsis

Detective Conan- The Time-Bombed Skyscraper_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Animasi, Action
  • Produksi: TMS Entertainment Co, Ltd.
  • Sutradara: Kenji Kodama
  • Pengisi Suara: Minami Takayama, Kappei Yamaguchi, Wakana Yamazaki, Akira Kamiya

Conan (Minami Takayama) sedang bermain ke rumah Prof. Agasa (Kenichi Ogata). Disana ia membuka beberapa surat yang dikirim ke rumah milik keluarganya yang ada di sebelah rumah Prof. Agasa. Saat membuka beberapa surat, ia menemukan sebuah undangan ke pesta besar yang ditujukan untuk Shinichi Kudo dari arsitek terkenal Teiji Moriya. 

Karena mengetahui ini merupakan undangan sekali seumur hidup, ia akhirnya meminta bantuan Ran. Conan menggunakan dasi kupu-kupu pengubah suara untuk menjadi Shinichi.

Ia meminta tolong Ran menggantikannya karena dirinya sedang sibuk dan ajak bocah lelaki yang ada di rumahmu (maksudnya Conan sendiri) untuk pergi ke pesta bersama Paman Kogoro.

Awalnya Ran menolak namun akhirnya ia mau dengan satu syarat. Shinichi harus ikut menonton film yang Ran suka di bioskop Sabtu depan tanggal 3 Mei. Conan a.k.a. Shinichi sudah pasti bingung karena ia tidak mungkin berubah jadi Shinichi dalam waktu singkat sementara obat penawar racun APTX 4869 belum ditemukan.

Selain itu Ran juga menanyakan apakah Shinichi lebih menyukai warna merah atau biru. Conan mengerutkan dahi lantas menjawab asal warna merah, ia lantas berpamitan pada Ran.

Conan berpikir keras kenapa Ran mau menemuinya tepat di tanggal 3 Mei. Dalam perjalanan pulang, Conan bertemu Inspektur Megure dan anak buahnya, Ninzaburo Shiratori.

Sesampainya dirumah, Ran memberi tahu Conan & Kogoro bahwa dia akan berkencan dengan Shinichi pada tanggal 3 Mei. Dia ingin membawa Shinichi menonton midnight film di bioskop dan pada tengah malam.

Ia akan mengejutkannya dengan kemeja polo merah karena dia bilang merah warna favoritnya. Conan lantas ingat bahwa ulang tahun Shinichi adalah tanggal 4 Mei. 

Ran juga menjelaskan tentang undangan pesta teh di rumah Teiji Moriya. Awalnya Kogoro tidak begitu berminat, namun Conan berhasil meyakinkan Kogoro untuk pergi.

Keesokan harinya, saat sampai di kediaman Teiji, mereka disambut dengan ramah oleh Teiji sendiri. Apalagi setelah mengetahui kehadiran Shinichi digantikan oleh Kogoro Mouri, ‘detektif terkenal’ lainnya.

Teiji Moriya menyapa semua tamunya dan memberi mereka teka-teki, siapapun yang bisa memecahkan teka teki itu akan terlebih dahulu mendapat tur pribadi ke galerinya. Conan dengan cepat mengetahuinya dan sesuai janji, Teiji membawa Conan dan Ran ke atas naik ke galeri miliknya. 

Mereka mengobrol banyak sampai Ran menunjuk ke projek besar milik Teiji, sebuah gedung besar bernama Beika City Building.

Ran mengatakan bahwa dia akan berkencan dengan Shinichi dan mereka akan menonton film di gedung tersebut. Teiji tersenyum manis pada Ran dan berterima kasih atas pujian dari Ran soal gedung yang ia bangun.

Keesokan harinya, Ran pergi berbelanja bersama Sonoko; sedangkan Conan bertemu Prof. Agasa, untuk meminta bantuan karena dia tidak tahu apa yang harus dilakukan tentang kencannya dengan Ran.

Saat asyik mengobrol, Conan melihat berita yang tayang mengenai adanya pencurian gas peledak oktan dalam jumlah besar dari sebuah pabrik. 

Sedang serius menyimak berita, tiba-tiba telepon berdering. Di ujung suara terdengar seseorang yang menggunakan alat pengubah suara meminta Shinichi menerima teleponnya. Penelepon tak dikenal itu menjelaskan bahwa dialah yang mencuri oktan dan meminta nomor telepon Shinichi. 

Conan memberikannya kepada pria itu. Lantas ia mengatakan pada Shinichi untuk pergi ke Greenbelt Park atau anak-anak akan mati. Conan akhirnya bergegas ke Greenbelt Park dan melihat teman-temannya Genta Kojima, Ayumi Yoshida, dan Mitsuhiko Tsuburaya bermain dengan pesawat yang dikendalikan dari jarak jauh yang ternyata adalah bom.

Conan, Ayumi, Genta, dan Mitsuhiko melarikan diri tepat waktu. Ketika Conan melihat api yang dibuat oleh pesawat yang meledak, dia menyadari bahwa bom itu sebenarnya diisi dengan bahan peledak plastik dan ini adalah insiden serius. Akhirnya telepon ancaman itu kembali berdering memberitahu bom selanjutnya ada dimana. 

Naas bom itu meledak tepat setelah Conan melemparkannya ke sungai membuat Conan terluka dan masuk rumah sakit. Di saat yang sama telepon kembali berdering, Inspektur Megure memberitahu semua orang bahwa ada ancaman bom lain, kali ini entah bagaimana terkait dengan sistem kereta api. Namun akhirnya bisa dipecahkan dan semua selamat. 

Conan berusaha semampunya untuk menemukan pelaku yang ternyata mengarah kepada Teiji Moriya. Saat ditangkap ia mengatakan bahwa ia akan meledakan semua karyanya yang tidak simetris termasuk gedung mall yang Ran kunjungi untuk bertemu dengan Shinichi. Mengetahui hal itu Conan bergegas ke Beika City Building.

Benar saja, sesampainya disana gedung sudah meledak berulang kali membuat pondasi gedung runtuh menjebak Ran dan lainnya di bioskop. Ternyata di bioskop itulah bom paling besar ditaruh. Ini dimaksudkan untuk melumat habis Shinichi namun sasarannya berbelok ke Ran. Dengan bantuan Conan, Ran berusaha menonaktifkan bom.

Sampai di satu pilihan antara kabel merah dan kabel biru. Conan jadi teringat akan warna merah yang selama ini Ran katakan dan Teiji tahu soal itu.

Sesaat sebelum bom meledak, Ran pun memutus kabel biru karena warna merah adalah warna kesukaan Shinichi. Teiji pikir Ran akan memilih warna merah, bom pun tidak meledak dan Teiji dibawa ke kantor polisi.

Perfeksionis

Detective Conan- The Time-Bombed Skyscraper_Perfectionist (Copy)

Terkadang beberapa kasus yang ditangani oleh Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa banyak yang masuk akal dan juga yang jauh dari akal sehat. Untuk kasus pembunuhan biasanya karena dendam atau masalah pribadi namun kali ini, Aoyama Gosho, sang kreator, membuatnya jadi next level

Masalahnya bukan karena dendam, masalah pribadi atau apapun itu. Masalahnya hanya karena sang pelaku, Teiji Moriya, merupakan orang yang perfeksionis. Ia tidak suka karyanya tidak simetris, mengetahui alasannya ini sehingga ia mau mengebom semua hasil karyanya dan membahayakan nyawa banyak orang, i was like… what

Perkenalan Alat-Alat Canggih

Detective Conan- The Time-Bombed Skyscraper_Devices (Copy)

Dalam film ini, kita akan diperkenalkan dengan alat-alat canggih yang dibuat oleh Prof. Agasa untuk membantu Conan dalam menyelesaikan misinya untuk memecahkan kasus sulit dan mencari kumpulan Black Organization.

Lewat alat-alat canggih ini, Conan bisa dengan mudah melumpuhkan pelaku secara cepat tanpa ada yang curiga kalau Conan yang melakukannya.

Alat-alat canggih itu adalah Jam Tangan Bius yang biasa Conan tembakan pada Kogoro sehingga ia tertidur selama Conan memecahkan kasus, lantas dasi kupu-kupu pengubah suara siapapun, sepatu super yang bisa menendang dengan kekuatan fantastis, skateboard bertenaga matahari dan lencana detektif yang bisa dipakai berkomunikasi sejauh 10 KM.

Film Pertama

Detective Conan- The Time-Bombed Skyscraper_First Movie (Copy)

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya bahwa film ini menjadi film pertama Aoyama Gosho. Berkat kesuksesan film ini, film Detective Conan selanjutnya jadi bisa tayang dan ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Saat pertama muncul, sinematiknya masih kasar sekali, namun seiring berjalannya waktu film Detective Conan selanjutnya jadi lebih halus.

Film Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper ini berdurasi 94 menit ini wajib kalian tonton apalagi para penggemar drama atau cerita misteri seperti karya-karya Agatha Christie ataupun Arthur Conan Doyle. Bacaterus memberi skor 3.4/5 untuk film Detective Conan pertama ini. Seru sekali!

Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper
Rating: 
3.4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram