bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Detective Conan: Strategy Above the Depths

Menjadi film ke 9 dari animasi karya Aoyama Gosho, Strategy Above the Depths menawarkan cerita yang sedikit berbeda. Apabila biasanya setting berada di gedung atau di darat, kini cerita Conan dan kawan-kawan ada di atas sebuah kapal pesiar mewah yang jadi tempat pembunuhan berencana.

Baca Juga: Sinopsis & Review Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire

Tidak hanya pembunuhan saja, penculikan terhadap Sonoko, pemboman (lagi) hingga kapal tenggelam pun tersaji dalam cerita Detective Conan kali ini. Mampukah Conan memecahkan kasus di atas kapal pesiar mewah tersebut sebelum tenggelam dan membahayakan banyak nyawa penumpangnya?

Sinopsis

Detective Conan- Strategy Above The Depths_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Animasi, Drama
  • Produksi: TMS Entertainment
  • Sutradara: Yasuichiro Yamamoto
  • Pengisi Suara: Minami Takayama, Kappei Yamaguchi, Wakana Yamazaki, Akira Kamiya

Lima belas tahun yang lalu, sebuah kapal kargo bernama St. Yashiro No. 1 di bawah grup  perusahaan Yashiro tenggelam saat berlayar karena diduga menabrak gunung es. Namun hal ini masih belum valid karena tepat sebelum kapal menghindar gunung es ada ledakan bom di lambung kapal.

Sang kapten yakni Okita Takeo juga terbunuh oleh racun yang ada di dalam kopinya. Petugas pertamanya, Kaido Wataru, dicurigai melakukan kejahatan tetapi tidak pernah dihukum karena barang bukti tenggelam bersama tubuh Okita dan kapal tersebut. Sampai saat ini kasusnya blur dan tidak bisa dipecahkan. Keputusan terakhir adalah karena uang asuransi kapal.

Selanjutnya kejadian mengerikan lainnya terjadi; setengah bulan sebelum cerita dimulai, Hideto Yashiro, suami dari CEO grup Yashiro yang juga adalah seorang arsitek grup perusahaan Yashiro, menderita serangan jantung fatal saat mengemudi dan mobilnya masuk jurang hingga menewaskan dirinya. Kasus ini pun dipercaya masih saling berkaitan.

Lompat ke masa kini, kelompok Detektif cilik yang beranggotakan Ayumi Yoshida (Yukiko Iwai), Genta Kojima (Wataru Takagi), Mitsuhiko Tsuburaya (Ikue Ohtani), Ai Haibara (Megumi Hayashibara) dan Conan (Minami Takayama), turut serta Ran (Wakana Yamazaki) berikut Kogoro (Akira Kamiya) dan Prof. Agasa (Kenichi Ogata) diundang oleh keluarga Sonoko.

Undangan itu merupakan liburan bersama menggunakan sebuah kapal pesiar bernama Aphrodite. Grup Suzuki dan Grup Yoshiro sama-sama saling kenal sehingga bukan masalah bagi keluarga Sonoko untuk mendapatkan tiket lebih liburan di atas kapal pesiar. Terlebih Sonoko ingin memberi hadiah pada Ran karena menjadi berhasil jadi juara karateka bergengsi.

Perjalanan mereka baik-baik saja, pesta pora diadakan besar-besaran di atas kapal itu dengan full kapasitas penumpang. Tak mau ketinggalan, para grup detektif cilik pun ingin membuat kejutan sekaligus hadiah bagi Ran. Ketika kapal berlabuh, mereka mencari beberapa kerang yang mereka hias dan rangkai sebagai medali untuk Ran.

Saat akan makan malam, grup Conan bertemu dengan Kusaka Hironari (Koichi Yamadera), seorang penulis naskah terkenal setelah tak sengaja menabrak Conan hingga kacamatanya terjatuh. Alih-alih minta maaf, perhatian Kusaka malah tertuju pada Kogoro Mouri, seorang detektif terkenal. Kusaka pun menyapanya dengan penuh semangat. 

Dia juga memperkenalkan Kogoro ke Akiyoshi Minako (Yoshiko Sakakibara), desainer utama kapal pesiar Aphrodite. Akiyoshi berbincang-bincang mengenai rancangan kapal lantas memberitahu semua orang bahwa Hideto Yashiro, yang ditemukan tewas beberapa hari sebelumnya, merupakan suami dari presiden perusahaan saat ini, yakni Takae Yashiro.

Keesokan harinya, detektif cilik, Ran dan Sonoko memutuskan untuk bermain petak umpet di kapal pesiar. Ayumi, Genta dan Mitsuhiko memanfaatkan situasi ini untuk menaruh medali yang mereka buat di jaket Ran yang diberikan oleh pihak kapal pesiar pada para penumpang. Setelahnya mereka bermain bersama.

Sonoko dan Ai ditunjuk sebagai pemburu sedangkan yang lain harus bersembunyi. Sonoko dan Ai dengan mudah menemukan mereka semua, apalagi Conan yang malah memainkan bola ketimbang ngumpet. Ran menjadi orang yang paling sulit dicari. Sonoko mencari sampai bagian marina kapal, namun tiba-tiba ia diserang hingga tak sadarkan diri.

Pada saat yang sama, Kusaka menelepon Akiyoshi, memberitahunya bahwa dia telah menyelesaikan naskah terbarunya dan akan membacakannya untuk Akiyoshi. Ia juga minta Akiyoshi mereview di akhir telepon. Kusaka meletakan tape recorder di gagang telepon, menekan tombol play. Sementara ia pergi ke kamar CEO Yashiro dan membunuhnya.

Setelahnya ia pun menyerang Entaro Yashiro, Ayah Takae. Entaro datang ke Marina setelah mendapat surat ancaman yang mengatakan bahwa perbuatan Entaro 15 tahun lalu sudah diketahui.

Kusaka hendak mendorong Entaro jatuh ke laut dari pintu Marina, namun Entaro menyerang balik dengan mencekik Hinronari. Naas, akhirnya Entaro tewas setelah ditusuk.

Sadar dari pingsannya, Sonoko terbangun di dalam kotak dan merasa sedingin es. Ia berhasil menghubungi para detektif cilik lewat lencana yang diberikan saat bermain petak umpet supaya lebih mudah berkomunikasi.

Semua orang mencari Sonoko yang akhirnya ditemukan di kotak pendingin mayat di kapal. Mereka menemukan tepat waktu sebelum Sonoko kena hipotermia. 

Inspektur Megure, Petugas CSI Tome dan Nona Tome, Takagi, dan Shiratori mendarat di kapal pesiar dengan helikopter, setelah diberitahu tentang pembunuhan Takae dan hilangnya Entaro.

Kusaka dengan cepat menjadi tersangka utama mereka karena Ayahnya meninggal ketika St. Yashiro 1 tenggelam 15 tahun yang lalu dengan motif balas dendam namun ia punya alibi.

Conan terus menerus melakukan penyelidikan seorang diri hingga ia menemukan bukti-bukti yang memang Kusaka si pelaku utama. Saat malam menjelang, semua penumpang diundang untuk gala.

Berita tentang pembunuhan tiba-tiba terdengar dan membuat panik penumpang. Akhirnya Conan mengungkapkan yang sebenarnya dengan bantuan suara Prof. Agasa.

Terkuak, Kusaka mengancam akan meledakan bom yang sudah ia taruh di kapal. Alasan ia membunuh ternyata benar dengan dugaan para polisi yakni balas dendam atas kematian Ayahnya. Kusaka pun kabur dengan motor-boat yang langsung dikejar oleh Conan dan para detektif cilik. Saat tertangkap, bom di kapal meledak dan menenggelamkan kapal.

Ketika kapal dievakuasi, Ran menyadari medali yang diberikan oleh para detektif kecil terjatuh di tempat ia bersembunyi saat main petak umpet. Ia pun kembali kesana, naas, goncangan kapal membuat ia terpeleset dan jatuh hingga pingsan. Beruntung Conan menyadari Ran tidak ada di sekoci, ia kembali ke kapal untuk menyelamatkannya. 

Pelaku Sebenarnya

Detective Conan- Strategy Above The Depths_Culprits (Copy)

Opini kalian akan digiring untuk berpikir bahwa seluruh pembunuhan dan penyerangan merupakan aksi dari Kusaka namun sebenarnya ada dua pelaku; yakni Akiyoshi. Kusaka berpikir bahwa ia telah membunuh baik Takae ataupun Ayah Takae, namun sebenarnya Akiyoshi yang membantu membunuhnya.

Akiyoshi ternyata punya dendam yang sama dengan Kusaka. Kapten dari kapal St. Yashiro No. 1 yakni Okita adalah Ayah dari Akiyoshi. Sedangkan teman dari Okita merupakan Ayah dari Kusuka yang sama-sama tewas dalam tenggelamnya kapal kargo St. Yashiro 15 tahun silam. Mereka sebenarnya sama-sama pelaku, namun Akiyoshi lah yang punya peran besar.

Kompetensi Kogoro

Detective Conan- Strategy Above The Depths_Kogoro (Copy)

Beberapa dari film Detective Conan, kita tahu bahwa kebanyakan ya si Conan a.k.a. Shinichi Kudo lah yang membuat nama Kogoro Mouri jadi beken. Bagaimana tidak, kasus sulit bisa terungkap dengan mudah dan yang pasang badan adalah Kogoro. Ia dibuat tidur oleh obat bius yang ditembakan dari jam tangan spesial milik Conan selagi Conan menganalisis kasus.

Dari sekian banyak cerita, film Detective Conan kali ini lumayan banyak memperlihatkan kompetensi dari si Kogoro yang biasanya clueless. Ia sadar bahwa selama ini Akiyoshi lah pelakunya, namun ia terus mencari bukti supaya Akiyoshi lepas dari tuntutan karena Akiyoshi mirip dengan Eri, istri Kogoro yang sangat ia sayang; sehingga ia ingin Akiyoshi bebas.

Keputusan Ran

Detective Conan- Strategy Above The Depths_Ran (Copy)

Agak menyebalkan memang melihat Ran harus kembali ke kapal untuk mencari medali yang jatuh; padahal jelas-jelas kapal tenggelam dan proses evakuasi sedang dilakukan.

Konyolnya lagi, perwira yang ditugaskan untuk memimpin sekoci Ran malah memperbolehkan Ran kembali ke kapal; di kenyataannya, begitu kalian masuk di dek sekoci, kalian tidak bisa kembali.

Gara-gara itu, Conan dan Kogoro juga salah satu petugas penyelamat hampir celaka karena menyelamatkan Ran yang terjebak di dek barang yang tertutup oleh barang-barang yang berjatuhan karena kapal miring akibat tenggelam. Konyol sekali bukan kalau Ran tewas hanya karena medali yang bisa dibuat lagi oleh para detektif cilik?

Bukan menjadi film terbaik Detective Conan, namun film Conan ke 9 ini tidak terlalu buruk juga untuk ditonton. Awal mula cerita di mulai, rasanya Aoyama Gosho dan timnya terinspirasi dari cerita Titanic. Kapal Jepang berada di Samudera Atlantik Utara dan tenggelam karena menabrak gunung es featuring bom yang sudah dipasang. Quite similar eh?

Detective Conan: Strategy Above the Depths (2005)
Rating: 
3.4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram