bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure

Petualangan Conan dan para Detektif Cilik berlanjut lagi nih! Setelah habis menyelesaikan kasus di taman ria di film sebelumnya, kini Conan harus menghadapi kasus baru yang lebih menantang dan berbahaya di sebuah pulau yang terkenal dengan harta karunnya yang luar biasa, sehingga semua banyak orang yang berkunjung ke pulau tersebut.

Namun ternyata, orang-orang yang mengincar harta di pulau tersebut beberapa ada yang gila harta sehingga beringas dan membuat onar. Berangkat dari masalah itulah, Conan dan kawan-kawan mulai kembali ‘terseret’ ke petualangan seru. Apakah Conan dan kawan-kawan bisa mendapatkan harta karun tersembunyi tersebut?

Sinopsis

Detective Conan Movie 11_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Animasi, Adventure
  • Produksi: T.M.S. Entertainment
  • Sutradara: Yasuichiro Yamamoto
  • Pengisi Suara: Minami Takayama, Kappei Yamaguchi, Wakana Yamazaki, Akira Kamiya

Film dimulai dengan pengejaran detektif Miwako dan Takagi terhadap pelaku kriminal yang beraksi dan kabur menggunakan mobil. Para pelaku kriminal itu menggunakan topeng Lupin dan Fujiko. Miwako mengejar komplotan tersebut hingga ke sebuah pelabuhan dan berhasil melumpuhkan mereka.

Sesaat sebelum salah satu pelaku pingsan, ia menyebut pulau Koumi dan Jolly Roger; membuat Miwako dan Takagi kebingungan. Cerita akhirnya berlanjut ke masa kini, dimana Kogoro yang baru memenangkan undian sebesar 300 ribu yen mengajak Conan, Ran, para Detektif Cilik, Profesor Agasa dan Sonoko pergi berlibur bersama di pulau Koumi. 

Pulau tersebut merupakan pulau yang sama yang sempat disebut oleh salah satu pelaku kejahatan sebelumnya. Kebetulan bukan?

Sesampainya di hotel, reservasi atas nama Kogoro tidak ada hingga membuat mereka kebingungan, ternyata kepala dinas pariwisata yang mengundang Kogoro berlibur telah menyiapkan tempat tinggal yang lebih dekat dengan pantai.

Begitu tiba di penginapan, semua mulai aktivitasnya masing-masing. Ran dan Sonoko pergi menyelam, Detektif Cilik bersama Ai dan Conan pergi bermain untuk mencari harta karun, Profesor Agasa dan Kogoro bersantai.

Para Detektif Cilik mulai bermain untuk mencari harta lewat petunjuk yang sudah diberikan oleh kepala Dinas Pariwisata yang bernama Jouji Iwanaga

Sementara itu, Ran dan Sonoko yang sedang dalam perjalanan ke laut dijelaskan berbagai hal mengenai pulau oleh instruktur selam mereka yang bernama Kimiko Yamaguchi. Yamaguchi bercerita kalau banyak yang berkunjung ke pulau ini karena harta yang tersembunyi di suatu tempat di pulau Koumi. 

Dahulu kala, pulau tersebut kedatangan sepasang bajak laut wanita bernama Anne Bonnie dan Mary Read. Mereka dikabarkan menyembunyikan harta yang mereka kumpulkan di sebuah tempat di pulau Yoriya, pulau kecil dekat dengan Pulau Koumi.

Namun ratusan tahun lalu, pulau itu tenggelam akibat hilangnya gas Metan Hydrate yang menjadi penyangga pulau tersebut.

Informasi tersebut juga sampai di telinga para Detektif Cilik, ini membuat mereka semangat untuk mencari harta karun dalam games yang sedang mereka ikuti. Sementara para Detektif Cilik bersama Conan dan Ai mencari harta karun Ran dan Sonoko  mulai menyelam bersama Yamaguchi. Saat di dalam laut mereka bertemu tiga orang yang sedang diserang hiu.

Ketiga orang itu adalah  para pemburu harta karun bernama Tomoyoshi Tayama, Taro Izuyama dan Mitsushi Matsumoto. Pada saat itu Tayama sudah terluka hebat, sedangkan Izuyama dan Matsumoto  mencoba berenang menjauh dari hiu-hiu itu. Ran, Sonoko dan Yamaguchi  lantas kembali ke perahu dan membawa ketiga orang itu ke rumah sakit.

Sesampainya di rumah sakit, Tayama tidak bisa tertolong. Ini membuat Izuyama dan Matsumoto diinterogasi oleh pihak kepolisian setempat dan Inspektur Megure, Shiratori dan Miwako juga Takagi.

Kogoro pun ikut menanyakan perihal kecelakaan tersebut namun mereka tidak bisa menanyakan kasus itu lebih lanjut karena bukti kalau itu bukan kecelakaan, kurang.

Di sisi lain, Conan mulai tidak mengambil bagian dari pencarian harta karun karena lebih memilih untuk mendengarkan kasus yang dialami oleh para pemburu harta itu. Meski demikian, Ayumi, Genta dan Mitsuhiko juga Ai tetap asyik mencari harta karun. Mereka hampir menyerah untuk beberapa kali namun Conan bisa membantu mereka sesekali.

Malam saat mereka kembali menemukan petunjuk untuk lokasi puzzle terakhir, Conan kembali meninggalkan para Detektif Cilik, ia kembali ke toko diving milik Chika Mabuchi untuk menyelidiki tentang kasus para pemburu harta. Namun ia kepergok oleh Chika dan pergi meninggalkan toko. Saat akan pulang, alarm di Kantor Pariwisata berdering keras.

Conan segera ke arah Kantor Pariwisata; disana ia melihat Izuyama dan Matsumoto sedang mencuri. Saat sedang memata-matai, tembakan terdengar dan melukai mereka berdua namun mereka berhasil kabur.

Begitu Kogoro dan rombongan polisi lainnya sampai di Kantor Pariwisata, mereka mengetahui bahwa sebuah pedang dan pistol peninggalan bajak laut Anne Bonnie dan Mary Read telah hilang dicuri dari galeri kantor. 

Conan masih penasaran siapa yang menembak kedua pelaku perampokan tersebut. Saat Conan berkumpul bersama Kogoro, para polisi dan Iwanaga; Conan mengetahui satu hal dan mengerti siapa pelaku penembakan tadi. Namun ia diam menunggu waktunya tepat. Keesokan harinya, Conan kembali berkumpul bersama para Detektif Cilik dan yang lainnya.

Mereka berhasil menyelesaikan permainan dan mendapatkan petunjuk bahwa permainan itu benar-benar memberitahu dimana letak harta karun tersembunyi di pulau. Petunjuk itu mengarah pada sebuah bendera bajak laut yang bernama Jolly Roger, milik Anne Bonnie dan Mary Read. Hal serupa pun ternyata sudah diketahui oleh Izuyama dan Matsumoto.

Izuyaman dan Matsumoto lantas pergi ke tempat harta karun yang terletak di istana laut bawah laut. Istana itu berbentuk seperti kuil besar yang ada di pulau Yoriya yang tenggelam 300 tahun lalu.

Mereka menyandera Ran, Sonoko dan Yamaguchi. Namun hanya Ran dan Sonoko yang dibawa ke laut sedangkan Yamaguchi dipukul hingga pingsan, begitu sadar ia langsung memberitahu pada semua orang.

Alasan Ran dan Sonoko dibawa adalah supaya mereka jadi umpan hiu. Sama seperti yang mereka lakukan sebelumnya; namun sayang kecelakaan terjadi hingga hiu menyerang Tayama hingga tewas.

Belum lagi luka tembak mereka belum pulih. Sonoko yang lemah dibuat benar-benar sengsara, pertama di iris tangannya hingga darahnya memancing hiu lantas oksigennya dilepas.

Beruntung ada Ran yang membantu. Mereka akhirnya sama-sama sampai di tempat harta karun yang ternyata adalah sebuah kapal bajak laut.

Kedua pelaku itu marah dan ingin membunuh Ran dan Sonoko namun Conan berhasil melumpuhkannya. Disana ternyata ada Iwanaga yang sudah mengawasi mereka semua dengan alasan untuk menjaga harta tersebut.

Iwanaga juga yang ternyata menembak Izuyama dan Matsumoto tempo hari. Saat seluruh kasus terbaca akhirnya Ran, Sonoko, Conan dan Iwanaga menyelamatkan diri dengan menaiki perahu sebelum gua tempat perahu itu dibuat tenggelam.

Conan menggunakan kekuatan ledakan dari gas metan untuk menghancurkan kuil itu sehingga kapal bisa naik ke permukaan.

Tidak Heboh

Detective Conan Movie 11_Plot (Copy)

Bisa dibilang film Detektif Conan kali ini tidak seheboh dan sekompleks film-film sebelumnya. Bahkan kasusnya pun hanya pencurian dan perburuan harta. Kasus kematian yang terjadi juga akibat kecelakaan hiu bukan manusia. Tidak heran bukan kalau film ini jadi terasa agak hambar; belum lagi inti ceritanya yang dirasa biasa saja. 

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Animasi Detective Conan: The Private Eyes' Requiem

Tidak heran kalau film ke 11 dari serial film Detektif Conan ini tidak bisa mengumpulkan keuntungan seperti film sebelumnya. Film berdurasi 95 menit ini hanya berhasil mengantongi keuntungan total sebesar $ 25.6 juta, merosot 50% dari keuntungan film sebelumnya yang berjudul The Private Eyes’ Requiem.

Temuan Profesor Agasa Terbaru

Detective Conan Movie 11_Gadget (Copy)

Dalam film Detektif Conan: Jolly Roger in the Deep Azure ini, Profesor Agasa memperkenalkan teknologi barunya yakni sebuah tabung oksigen portable yang mampu memberi asupan oksigen selama 10 menit saja.

Kemungkinan besar device ini dibawa karena saat itu mereka pergi berlibur ke laut dan untuk berjaga-jaga apabila ada yang terseret ombak dan tenggelam.

Device ini berguna sekali, khususnya ketika Conan, Ran dan Sonoko harus ‘tenggelam’ lebih dulu untuk beberapa saat sebelum akhirnya kapal yang mereka tumpangi keluar dari kuil dan muncul ke permukaan laut akibat adanya rongga udara besar yang ada di lambung kapal.

Conan awalnya menyerahkan device itu untuk Ran, namun Ran menggunakannya untuk Conan.

Teman Selamanya

Detective Conan Movie 11_Friends (Copy)

Seperti yang kita tahu, Ran dan Sonoko merupakan teman baik dari kecil dan mereka juga bisa dibilang sepasang sahabat yang sejati seperti pasangan bajak laut Anne Bonnie dan Mary Read. Saat mereka ditangkap oleh Izuyama dan Matsumoto, Ran membela Sonoko dan menjaganya habis-habisan karena Ran tahu kalau Sonoko lemah tak kuat sepertinya.

Sebagai gantinya, saat mereka dikepung, giliran Sonoko yang menjaga Ran dari serangan Matsumoto saat Ran menghajar habis-habisan Izuyama. Sonoko menghalau Matsumoto dengan pedang milik Mary Read yang diambil oleh mereka dari galeri Kantor Pariwisata. Keren bukan? Keduanya sama-sama saling melindungi apapun yang terjadi.

Meski film ini tidak seperti film Detektif Conan lainnya, tetap saja oke untuk diikuti apalagi buat para penggemar animasi Detektif Conan, jangan ketinggalan deh ceritanya! Oh iya, CGI yang dipakai di film ini sudah makin bagus sehingga gambarnya super tajam! Bacaterus memberi skor 3/5 untuk film Detektif Conan kali ini.

Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram