bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Demon Slayer: Brother and Sister’s Bond

Apa jadinya jika ketika pulang ke rumah kamu melihat keluargamu dibunuh oleh iblis? Tanjiro merasa putus asa ketika melihat keluarganya terbunuh dan menyisakan kepedihan.

Satu-satunya yang masih bertahan setelah pembantaian itu adalah Nezuko. Namun Nezuko pun kini bukan adik yang Tanjiro kenal dulu karena dia telah berubah menjadi iblis.

Film ini diadaptasi dari seri anime Demon Slayer atau yang dikenal juga dengan Kimetsu no Yaiba. Filmnya ini dijadikan sebuah film kompiliasi spesial yang terdiri dari lima film kompilasi yang ditayangkan di lima hari di Fuji TV.

Berikut ini Bacaterus akan membahas tentang kisah perjuangan Tanjiro yang ingin menyelamatkan adiknya, Nezuko.

Sinopsis

Sinopsis Demon Slayer- Brother and Sister’s Bond_

Kamado Tanjiro tinggal bersama keluarganya di pegunungan bersalju. Dia bekerja menggantikan ayahnya yang telah tiada dengan menjual arang ke kota terdekat.

Suatu hari, ketika ia kembali ke rumah, ia menemukan seluruh keluarganya dibantai oleh serangan iblis. Kecuali adik perempuannya, Nezuko, yang masih bertahan. Namun, Nezuko kini telah berubah menjadi iblis.

Ketika berusaha mencari dokter, Tanjiro dijumpai salah seorang Korps Pembasmi Iblis bernama Tomioka Giyu yang akan membunuh Nezuko. Namun, Tanjiro mencoba yang terbaik yang ia bisa untuk melindungi Nezuko.

Tapi, hal yang cukup mengejutkan adalah Nezuko malah melawan Giyu untuk melindungi Tanjiro yang pingsan.

Giyu kemudian memutuskan untuk mengirim Tanjiro beserta adiknya pada Urokodaki Sakonji di Gunung Sagiri. Setelah beberapa hari, Tanjiro yang sedang menuju ke Gunung Sagiri menemukan iblis yang ada di kuil terdekat dan sedang memakan manusia. 

Tanjiro kemudian mencoba melawan iblis itu, namun ia ragu-ragu untuk membunuhnya, hingga akhirnya iblis itu mati karena terkena sinar matahari. Pada saat itu, Tanjiro akhirnya bertemu dengan Urokodaki yang langsung memberikannya hukuman karena tekadnya yang buruk.

Namun, Urokodaki kemudian mengajak Tanjiro dan adiknya ke tempat tinggalnya. Dengan catatan, Tanjiro harus bisa mengejar Urokodaki.

Tak berselang lama, Urokodaki menguji kelayakan Tanjiro untuk menjadi seorang Pembasmi Iblis. Ujian pertamanya adalah menaiki dan kemudian menuruni Gunung Sagiri sebelum fajar terbit. 

Setelah melihat perjuangan Tanjiro, Urokodaki pun melatih Tanjiro hari demi hari. Tingkat kesulitan pelatihan pun semakin bertambah setiap harinya.

Tanjiro menjalani beberapa latihan keras di pegunungan, termasuk belajar tentang teknik "Konsentrasi Total" dan "Pernapasan Air". Setiap harinya selepas melakukan pelatihan Tanjiro membuat sebuah jurnal untuk dia serahkan pada Nezuko kelak. 

Enam bulan berlalu, latihan yang diberikan Urokodaki telah usai, kemudian Tanjiro diberi perintah untuk  membelah sebuah batu karang besar. Namun, enam bulan kemudian berlalu, Tanjiro terus-terusan gagal membelah batu tersebut. 

Tiba-tiba, Tanjiro diserang oleh seorang pendekar yang menggunakan topeng rubah. Kemudian, ia bertemu dengan seorang pendekar lainnya, namun kali ini seorang gadis yang kemudian membimbing Tanjiro.

Enam bulan berlalu, Tanjiro kembali bertarung melawan pendekar rubah, namun kali ini ia berhasil mengalahkan sang pendekar rubah. Bersamaan dua pendekar itu menghilang di tengah-tengah kabut, Tanjiro melihat batu karang itu telah berhasil dibelahnya.

Setelah usaha keras dan perjuangan yang cukup panjang, akhirnya Tanjiro lulus pelatihan yang diberikan Urokodaki.

Kemudian, Tanjiro pun menjalankan ujian Korps Pembasmi Iblis dengan dibekali sebuah topeng rubah pelindung dan pedang milik Urokodaki. Sebelum berangkat, Urokodaki menyuruh Tanjiro untuk kembali hidup-hidup setelah selesai ujian.

Tanjiro sampai di tempat ujian Pembasmi Iblis bersama banyak orang yang juga mengikuti ujian. Para peserta ujian Korps Pembasmi Iblis diberikan perintah untuk bertahan selama tujuh hari disebuah hutan yang di dalamnya terdapat iblis.

Saat bertahan di pegunungan itu, Tanjiro bertemu dengan iblis ‘Hand Demon’, iblis raksasa yang seringkali menargetkan anak-anak didik Urokodaki, termasuk dua pendekar yang sempat Tanjiro jumpai ketika latihan membelah batu karang.

Mendengar kekejaman sang iblis yang telah memakan mereka, Tanjiro pun menjadi marah dan berjuang  membunuh iblis itu.

Hubungan Erat Kakak dan Adik

Hubungan Erat Kakak dan Adik_

Film ini merupakan film pertama dari lima kompilasi film spesial Demon Slayer dengan judul Demon Slayer: Brother and Sister’s Bond. Sesuai dengan judulnya, di film spesial ini kamu akan melihat ikatan yang erat antara Tanjiro dan Nezuko. 

Meskipun Nezuko telah berubah menjadi iblis, tapi Tanjiro masih menyayangi adik perempuannya itu. Dia bahkan mencoba mencari cara untuk mengembalikan adiknya menjadi manusia kembali, dan terus menerus melindungi adiknya itu, meskipun sempat hampir diserang oleh Nezuko saat kesadarannya mulai muncul.

Hal yang cukup mengejutkan adalah meskipun telah menjadi iblis, Nezuko tetap menyadari kalau Tanjiro adalah kakaknya.

Seperti terlihat pada scene Nezuko yang melindungi Tanjiro dan mencoba melawan Giyu. Nezuko dengan jelas memperlihatkan Emosinya jika ada yang ingin melukai Tanjiro dan akan dengan sekuat tenaga melindungi Tanjiro.

Jadi terlihat sangat jelas kalau mereka sama-sama ingin saling melindungi satu sama lainnya, meskipun keadaannya telah berbeda dari yang sebelumnya.

Latihan Keras Demi menjadi Korps Pembasmi Iblis

Latihan Keras Demi menjadi Korps Pembasmi Iblis_

Scene saat Tanjiro melakukan latihan demi menjadi seorang Pembasmi Iblis ini cukup menghibur, terutama ketika melihat ekspresi Tanjiro yang terkadang terlihat kesulitan dan kesal karena latihannya semakin hari semakin sulit. 

Meskipun terkadang terlihat kalau Tanjuro merasa lelah, masih terlihat ‘lemah’, tapi semangat dirinya tidak pernah kalah. Apalagi, usaha keras yang dilakukannya adalah untuk mencari cara agar bisa menyembuhkan Nezuko. 

Berkat latihan yang keras, akhirnya Tanjiro bisa mengikuti ujian dan berhasil menjadi menjadi seorang Pembasmi Iblis. Perkembangan karakter Tanjiro di film ini pun jelas terlihat dengan tumbuh menjadi sosok yang memiliki tekad dan fisik yang lebih kuat dari sebelumnya. 

Akhir dan Awal Perjuangan Keras

Akhir dan Awal Perjuangan Keras_

Selama 1 jam 44 menit, kamu bisa melihat Tanjiro berjuang begitu keras demi adiknya. Melalui perjuangan yang tentunya tidaklah mudah bahkan membutuhkan waktu kurang lebih selama dua tahun sampai akhirnya dia berhasil.

Meskipun perjuangan untuk menjadi seorang Pembasmi Iblis telah selesai, tapi justru ini adalah awal dari perjuangan yang akan lebih keras lagi. Awal perjuangan demi bisa menyelamatkan Nezuko dan membasmi para iblis.

Dan tak perlu diragukan lagi kalau film ini adalah salah satu film anime grafik terbaik. Sama seperti pada serinya, di film ini pun mulai dari pemilihan warna, detail dan teknik pengambilan gambarnya sangat terlihat halus.

Film ini berhasil membuat saya berdecak kagum ketika menontonnya. Terlebih lagi alur ceritanya sangat menarik dan membuat penasaran dengan kisah selanjutnya.

Jadi film ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu tonton. Sementara untuk cerita selanjutnya dilanjutkan pada film spesial Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Asakusa Arc.

Demon Slayer: Brother and Sister’s Bond
Rating: 
4.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram