bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Dawson’s Creek S6, Akhir Kisah Mereka

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 1 Juni 2021

Season kelima Dawson’s Creek ditutup dengan rencana musim panas Dawson dan sahabat-sahabatnya. Dengan banyaknya lika-liku di fase baru kehidupan setelah sekolah, mereka ingin mendapat semangat baru. Dawson ditemani Audrey pergi ke Los Angeles, Jack dan Jen berlibur ke Kosta Rika sementara Joey dan Pacey menghabiskan waktu di Capeside.

Di season keenam, Dawson dan sahabat-sahabatnya melanjutkan hidup mereka untuk mengejar tujuan masing-masing. Salah satu tujuan yang akan membuat mereka bertemu adalah percintaan. Kalau ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa menyimak review dan sinopsis Dawson's Creek Season 6 berikut ini!

Sinopsis

Review & Sinopsis Dawson’s Creek S6, Akhir Kisah Mereka 1
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Drama
  • Produksi: Columbia TriStar Domestic Television, Outerbanks Entertainment, Sony Pictures
  • Jumlah episode: 24
  • Sutradara: Greg Prange, Robert McNeill, Joanna Kerns, Michael lange, Les Sheldon
  • Pemain: James Van Der Beek, Katie Holmes, Micelle Williams, Joshua Jackson

Dawson kembali ke Boston setelah bekerja sebagai asisten sutradara di Los Angeles. Audrey dan Pacey kembali dengan sahabat masa kecil Audrey, Jack. Dawson dan Joey kembali berdekatan. Pada hari ulang tahun Joey, kemesraan mereka terganggu oleh telepon seorang wanita yang menghubungi Dawson.

Joey salah mengirim surel yang ditujukan untuk Dawson, tapi dia kirimkan ke mahasiswa-mahasiswa lain. Alhasil dia menjadi perbincangan. Joey mulai mengajar beberapa anak untuk menambah penghasilan. Salah satu muridnya adalah Eddie yang bekerja sebagai bartender di Hell’s Kitchen.

Audrey mendapat tawaran untuk menjadi penyanyi utama di band yang dinahkodai Emma. Sayangnya pada penampilan perdananya, Pacey nggak hadir. Penampilan selanjutnya, Audrey mabuk berat dan CJ menilai bahwa Audrey sedang punya masalah. Joey dan Eddie mulai berpacaran. Sedangkan Dawson berusaha untuk menyelesaikan masalah di film yang dia sutradarai.

Dawson mengajak Natasha berkencan sambil menonton konser No Doubt, sayangnya kencan mereka nggak berjalan dengan baik. Joey dan Eddie menyelinap ke konser yang sama. Pacey diam-diam datang juga ke konser dan mencurigai hubungan Audrey dan CJ. Akhirnya dia mengetahui kalau Audrey dan CJ telah tidur bersama.

Pacey mulai mengincar Emma yang juga menyukai Pacey. Natasha bermain-main dengan aktor lain di set. Sedangkan Joey melewatkan ujian dan membuat Professor Heston marah besar. Heston yang datang ke Hell’s Kitchen menganggap Eddie sebagai orang yang mempengaruhi Joey. Merasa sakit hati dengan ucapan Heston, Eddie memukulnya dan dia dipecat dari pekerjaannya.

Dawson dan sang ibu mengundang sahabat-sahabatnya untuk merayakan Natal bersama. Joey yang pulang ke Capeside bersama Ediie, merasakan sakit hati karena ayahnya nggak merestui hubungannya dengan Eddie. Audrey yang datang juga ke Capeside kondisinya semakin memburuk dengan terus-terusan mabuk.

Joey mengunjungi rumah orang tua Eddie dan menyadari hubungan mereka sangat sulit untuk dipertahankan. Audrey mendapat kesempatan lagi untuk menjadi penyanyi di band Emma tapi nggak berhasil dia dapat setelah mabuk sebelum tampil. Joey harus mengakhiri hubungan dengan Eddie, sebagaimana Eddie pindah ke California.

Review & Sinopsis Dawson’s Creek S6, Akhir Kisah Mereka 3

Dawson kesulitan setelah pemeran utamanya nggak mau melakukan sebuah adegan. Audrey masuk ke klinik rehab dan dikunjungi oleh Dawson. Di klink itu, Dawson bertemu dengan Toni Stark, soerang produser film yang punya koneksi untuk memproduksi film-film besar. Pacey yang sukes di pekerjaan barunya mengadakan pesta yang dihadiri Joey. Mereka kembali bermesraan.

Merasa hubungan dengan Pacey banyak masalah, Joey memutuskan kembali dengan Eddie. Dawson kembali ke Capeside untuk mencari tahu dari gurunya dulu bagaimana cara kerja industri film di Los Angeles. Joey berniat menginvestasikan uang untuk membiayai proyek film Dawson. Uang itu malah digunakan Pacey untuk berinvestasi saham sayangnya gagal total.

Pacey mencoba mencari uang untuk mengembalikan uang Dawson tapi malah ribut dengan atasannya dan dipecat. Eddie dan Joey merasa hubungan mereka nggak akan berjalan baik dengan perbedaan gaya hidup, mereka pun putus. Pacey mengakui kesalahannya itu pada Dawson dan Joey yang membuat persahabatan mereka berantakan.

Lima tahun kemudian, Dawson, Joey dan Pacey kembali ke Capeside untuk reuni. Semua sudah punya pekerjaan baru. Tapi Dawson masih menyimpan harapan untuk bisa bersatu dengan Joey, begitu pula dengan Pacey. Joey yang baru putus dari Christopher kembali dihadapkan pada pilihan sulit untuk memilih di antara dua sahabatnya.

Bukan Hanya tentang Percintaan

Review & Sinopsis Dawson’s Creek S6, Akhir Kisah Mereka 5

Season keenam sekaligus penutup Dawson’s Creek secara khusus memfokuskan pada percintaan para karakternya. Tapi bukan berarti seluruh episode akan dipenuhi drama-drama percintaan. Sebagaimana season-season sebelumnya, serial ini mempertahankan identitasnya untuk menyuguhkan konflik-konflik personal lain.

Ada upaya Dawson untuk mengejar mimpinya agar bisa menciptakan film Hollywood. Ada Audrey yang berupaya lepas dari kecanduan alkohol. Ada Joey yang berusaha lepas dari jeratan Profesor Heston yang kerap memberi nilai buruk. Ada Jen yang dari awal digambarkan senang harus menghadapi kenyataan bahwa Grams menderita kanker payudara.

Ada Pacey yang di awal season sukses dengan berinvestasi tetapi kemudian gagal menginvestasikan uang Dawson agar mendapat keuntungan. Banyaknya subplot di season ini diberikan kesempatan untuk mencapai solusi masing-masing. Hal itu membuat kita nggak akan kebingungan.

Apalagi plot utamanya berada pada tangan Dawson, Joey dan Pacey. Drama yang terjadi di sekitar mereka tetap terjaga dan tertata rapi dari segi cerita. Cerita dan konflik yang dibangun tetap berjalan pada jalurnya. Hal ini dimaksudkan agar ketika cerita berakhir penonton bisa mendapatkan klimaksnya.

Ending yang Menyentuh

Review & Sinopsis Dawson’s Creek S6, Akhir Kisah Mereka 7

Di serial Dawson’s Creek, karakter satu dan yang lain seringkali berhubungan atau berpacaran dengan mudahnya. Dari semua pasangan yang ada di serial ini, yang paling berhasil membuat tensi konflik tinggi adalah cinta segitiga antara Dawson, Joey dan Pacey. Alasannya pun sederhana karena mereka bersahabat dan untuk mendapatkan Joey maka akan ada yang terluka.

Cinta segitiga yang sempat memuncak di season ketiga kembali diangkat di season penutup Dawson’s Creek. Walau nggak ada yang terkesan memaksa seperti sebelumnya, kisah cinta segitiga itu berkembang sebagaimana para karakternya bukan lagi siswa-siswi SMA melainkan sudah beranjak dewasa.

Hal itu juga yang membuat para karakternya lebih bijak dalam bertindak dan mengambil keputusan. Kedatangan Dawson, Joey dan Pacey di Capeside nggak berjalan sempurna karena Jen yang punya anak ternyata punya masalah jantung. Dia harus terbaring di rumah sakit dan Dawson ingin membuat film untuk kelak bisa disaksikan oleh anak dari Jen.

Jen mengambil kesempatan itu untuk menyampaikan pesan pada Joey agar menjatuhkan pilihan antara menerima Dawson atau Pacey. Pilihan sulit tentu saja, tapi pada akhirnya Joey harus memilih juga. Dia nggak bisa terus-terusan berada di antara kedua lelaki yang mencintainya yang juga sama-sama sahabatnya.

Dawson’s Creek menutup tirainya dengan jumlah enam season. Season keenam menjadi penutup yang manis bagi pecinta serial ini dengan bisa mengetahui siapa yang akan dipilih oleh Joey beserta alasannya. Selain itu, serial ini dianggap ikonik karena memotret fenomena remaja dengan cukup lengkap sehingga nggak hanya cerita cinta yang diangkat di dalamnya.

Untuk yang mengikuti serial ini dari season awal, rasanya nggak mungkin melewatkan season penutup ini. Kalau kamu belum nonton sama sekali, cobalah untuk nonton dari episode pertama season pertama. Kemungkinan besar, kamu akan kecanduan. Silakan buktikan sendiri lalu bagikan pengalamanmu di kolom komentar, teman-teman!

Dawson’s Creek S6
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram