bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Serial Dawson’s Creek Season 4 (2000)

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 7 Agustus 2021

Season kedua Dawson’s Creek konfliknya memuncak ketika Joey harus dihadapkan pilihan antara persahabatannya dengan Dawson atau hubungan dengan Pacey. Setelah banyak menimbang, Joey memilih untuk melanjutkan hubungan dengan Pacey yang membuat persahabatannya dengan Dawson merenggang. Hal itu membuat Dawson patah hati.

Hubungan Dawson dan Pacey yang di season pertama dan kedua sangat baik walau sempat bertengkar, memasuki babak baru di season keempat. Babak baru itu bukanlah jalan yang lancar dalam memperbaiki hubungan melainkan jalan berliku. Seperti apa lengkapnya review dan sinopsis Dawson’s Creek Season 4? Langsung simak saja yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Drama
  • Produksi: Columbia TriStar Television, Outerbanks Entertainment
  • Jumlah episode: 23
  • Sutradara: Greg Prange, Sandy Smolan, Michael Lange, Nancy Malone, Bruce Seth Green
  • Pemain: James Van Der Beek, Katie Holmes, Michelle Williams, Joshua Jackson

Pacey dan Joey baru saja pulang dari liburan. Sudah berbulan-bulan mereka sama sekali nggak berbicara dengan Dawson. Jen membujuk Dawson untuk berbicara pada Joey. Pacey harus pindah tinggal di perahu setelah kakaknya datang ke Capeside. Joey merelakan diri berbicara pada Dawson dan meminta maaf, tapi Dawson menanggapinya dengan ketus.

Joey mengambil pekerjaan sementara di sebuah kapal pesiar dengan berpura-pura mengenal banyak orang berpengaruh. Drue, anak dari bos Joey mengusilinya karena dia melihat Joey berbohong. Sementara itu Mitch yang menjadi guru konseling mengatakan bahwa Pacey harus meningkatkan nilainya agar lulus.

Pacey nggak mau Joey tahu tapi Mitch memberi tahu Dawson dan meneruskannya pada Joey. Hal itu menunjukkan bagaimana Dawson masih peduli pada Pacey. Dawson, Joey dan Drue dipersatukan dalam sebuah kelompok untuk mengerjakan tugas. Andie mendatangi Mrs. Valentine untuk wawancara kuliah tapi riwayat kesehatan yang buruk membuat Mrs. Valentine menolaknya.

Badai datang, Pacey dan Jen yang sedang berlibur berdua terjebak. Dawson menyelamatkan mereka berdua. Gretchen, wanita yang ditaksir Dawson sejak lama melamar ke restoran Leery. Sementara itu, Pacey melampiaskan kebingungannya akan ke mana setelah lulus dengan mabuk-mabukan.

Andie yang diterima di Harvard ingin mencari sesuatu yang berbeda. Dia pun menghadiri sebuah pesta dan mengonsumsi narkoba. Hal itu justru membuatnya nyaris tewas karena sudah minum anti-depresan. Drue menyalahkan Jen yang memberikan narkoba pada Andie. Jen merasa Drue pun punya andil dalam insiden tersebut.

Sepulangnya dari rumah sakit, Andie diperintahkan sang ayah untuk menyelesaikan sekolah di Italia. Dia pun mengadakan pesta perpisahan dan mengatur agar Dawson dan Pacey bisa berbaikan. Dawson mengajukan diri untuk menjadi sutradara sebuah proyek film pada Mrs. Brooks. Joey mengajak Pacey untuk hadir di acara makan malam kampus yang eksklusif.

Selepas dari sana, mereka pergi ke rumah orang tua Dawson yang mengadakan makan malam. Di sana mereka melihat Dawson dan Gretchen berciuman. Pacey dan Dawson berbaikan dengan Dawson menceritakan perasaannya pada Gretchen. Pacey yang nggak setuju dengan hubungan mereka mencoba membuat Gretchen balikan dengan mantannya.

Joey membantu ibu dari Pacey untuk mengadakan pesta ulang tahun ke-18 anaknya. Pacey nggak menyukai hari ulang tahun yang menurutnya selalu membawa kesialan. Dawson dan Gretchen yang mulai pacaran mengalami masalah karena Dawson merasa Gretchen nggak mau mempublikasikan hubungan mereka. Joey mendapat kabar diterima di universitas.

Dawson menawari uang agar Joey bisa kuliah. Joey yang nggak ingin merasa bersalah, menceritakan keadaannya sebagai seorang perawan, sesuatu yang selalu Dawson ingin tahu. Jack dan Jen diterima di beberapa universitas. Jack berniat mengambil universitas di New York sementara Jen nggak mau kembali ke kota itu.

Pacey makin sering mabuk-mabukan dan itu membuat Joey khawatir. Dawson mendapat kabar bahwa dia diterima di universitas dan harus mengambil keputusan tentang hubungannya dengan Gretchen. Pacey akan menghadapi tes terakhir yang dianggapnya sebagai yang terberat sementara hubungannya dengan Joey diujung tanduk.

Apakah Joey akan terus bersama Pacey? Bagaimana dengan Dawson? Apakah dia akan memutuskan Gretchen? Dinamika hubungan antar karakter utama semakin seru untuk diikuti. Kalau kamu sudah mengikuti cerita mereka dari season pertama, season keempat ini pastinya bikin kamu gregetan.

Cerita Tergolong Ringan

Cerita Tergolong Ringan

Season keempat Dawson’s Creek memfokuskan pada dua hal, percintaan dan perjuangan karakter-karakternya untuk menentukan tujuan setelah lulus SMA. Subplot yang terbilang sederhana itu menjadi keunggulan tersendiri karena cerita terasa jauh lebih ringan dibandingkan dengan season sebelumnya.

Cerita ringan bukan berarti nggak bagus. Lagi-lagi Dawson’s Creek berhasil memotret kegalauan remaja, kali ini yang disoroti adalah menentukan masa depan. Joey harus bekerja demi bisa kuliah, Dawson kembali mendapatkan antusiasmenya membuat film, Jen dan Jack diterima di beberapa kampus sementara Pacey kesulitan untuk lulus.

Perubahan Karakter Pacey

Perubahan Karakter Pacey

Pacey di awal season keempat Dawson’s Creek diceritakan pacaran dengan Joey. Joey rela memilih Pacey yang dianggapnya berharga walau harus mengorbankan persahabatannya dengan Dawson. Sayangnya, hubungan dengan Joey nggak serta-merta memacu Pacey di bidang akademik dengan tetap saja mendapatkan nilai yang nggak cukup baik.

Merasa kesulitan untuk mendapatkan nilai bagus dan ditambah dengan pergi dari rumah, Pacey mencari eskapisme. Dia memilih untuk lebih sering minum dan mabuk-mabukkan walau Dawson dan Jen peduli pada nasibnya. Bahkan ketika tes kelulusan, dia malah melakukan kekerasan pada guru yang membuatnya nggak diluluskan.

Perubahan karakter Pacey yang digambarkan lebih dewasa di season ketiga membawa perubahan yang banyak pada cerita di season keempat. Hubungannya dengan Joey mulai merenggang. Walau begitu, dia masih peduli pada Dawson yang kembali berhubungan dekat dengannya tapi pernah mencoba membuat rusak hubungan sahabatnya itu dengan Gretchen.

Dawson Kembali Menjadi Protagonis

Dawson Kembali Menjadi Protagonis

Setelah di season ketiga ditampilkan kekanak-kanakan dan emosional secara berlebihan, di season keempat Dawson kembali menjadi protagonis. Di awal season, dia nggak bisa begitu saja menghadapi fakta bahwa dua sahabatnya kini berpacaran. Terlebih dia yang meminta Joey untuk memilih antara dia dan Pacey.

Hal itu diperparah dengan menyatakan bahwa persahabatannya dengan Joey bukanlah hal yang begitu penting untuknya. Seiring berjalannya cerita, Dawson perlahan-lahan menunjukkan kedewasaan. Walau hubungannya dengan Pacey belum membaik, dia tetap memberi tahu kondisi sahabatnya itu pada Joey.

Selain itu, dia juga rela membantu biaya kuliah Joey yang kesulitan secara finansial. Walau begitu, dia sempat menjadi orang usil yang kerap mempertanyakan apakah Joey dan Pacey sudah pernah tidur bersama atau belum. Karakter Dawson walau lebih protagonis di season kali ini tetapi tetap digambarkan humanis.

Dia nggak tiba-tiba menjadi orang yang suci dan berpikiran lurus melainkan tetap punya kecenderungan berbuat nggak baik tapi punya hati besar yang tulus. Perubahan karakter itu berhasil membuat cerita tetap menarik dan nggak bisa ditebak. Dengan kekurangan yang jelas diceritakan, membuat ceritanya jadi semakin solid dan masuk akal.

Dawson’s Creek season keempat kembali menawarkan problema remaja sebagai cerita utamanya. Ada tentang percintaan sampai menentukan masa depan yang menunjukkan perkembangan dari season sebelumnya. Cerita ringan yang mudah dipahami seakan-akan memberi kita tontonan drama remaja pada umumnya, tapi dengan nuansa khas Dawson’s Creek.

Apa kamu mengikuti cerita mereka dari season pertama? Kalau iya, season keempat ini pasti jadi tontonan wajib. Kalau kamu belum pernah nonton satu season pun, alangkah baiknya kalau memulai dari season pertama dulu. Mau berbagi ulasan? Tulis di kolom di bawah ini ya!

Dawson’s Creek Season 4
6 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram