bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Serial Remaja Dawson Creek Season 1

Sinopsis & Review Serial Remaja Dawson Creek Season 1

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 April 2021

Bersahabat sejak kecil, Joey dan Dawson tumbuh besar bersama. Selain mereka ada Pacey yang tidak kalah setia. Suatu hari persahabatan mereka harus dihadapkan pada sosok baru yang cantik dan memikat bernama Jen. Dawson seketika menyukainya, tanpa dia sadari ada hati yang terluka.

Kisah persahabatan Dawson, Joey, Pacey dan Jen jadi cerita yang diusung oleh serial fenomenal ini. Dawson Creek Season 1 sampai tahun ini sudah berusia 23 tahun, tapi kisah mereka masih banyak diingat, terutama oleh para penggemarnya. Khusus bagi Anda yang belum sempat nonton serial fenomenal ini, berikut ini sinopsis dan ulasan yang bisa Anda baca sebagai sedikit bocoran. Penasaran? Lanjutkan membaca yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 20 Januari – 19 Mei 1998
  • Genre:  Drama Remaja, Romantis, Drama, Persahabatan
  • Jumlah Episode:  13
  • Pemain: James Van Der Beek, Katie Holmes, Michelle Williams, Joshua Jackson
  • Sutradara: Kevin Williamson
  • Produksi: Columbia TriStar Television

Seperti sebuah kebiasaan, Joey Potter (Katie Holmes) dan Dawson Leery (James Van Der Beek) menonton film bersama di salah satu kamar mereka. Keduanya sudah berteman sejak kecil sehingga tidak ada rasa canggung atau pun malu. Joey tiba-tiba menyampaikan yang ada di pikirannya, bahwa dia sama sekali tidak membayangkan jika mereka tetap berbagi tempat tidur yang sama dan melanjutkan hubungan platonis setelah keduanya masuk sekolah menengah.

Kekhawatiran Joey tidak lama dipatahkan oleh kehadiran tetangga baru di lingkungan mereka. Dia adalah Jen Lindley (Michelle Williams). Jen pindah ke rumah nenek dan kakeknya di Capeside dari New York. Kedatangan Jen membuat Dawson langsung jatuh cinta. Sementara itu, Pacey Witter (Joshua Jackson), sahabat Joey dan Dawson, terlihat menyukai guru bahasa Inggris yang baru bernama Tamara Jacobs (Leann Hunley).

Dia mencoba untuk menarik perhatian guru tersebut dengan sebuah film. Selama pertunjukan berlangsung, Joey memperlihatkan ketidaksukaannya pada Jen. Namun, hubungan Joey dan Dawson kembali dekat ketika Joey memberitahu Dawson sebuah rahasia penting.

Joey mengetahui bahwa Ny. Leery, ibu Dawson telah berselingkuh dari ayahnya dengan sesama teman penyiar. Joey langsung mengonfrontasikan hal tersebut kepada Dawson. Sementara itu Pacey terlihat mulai bisa menarik perhatian gurunya dengan kemampuan tebar pesona yang dimiliki. Di episode yang sama, hubungan Dawson dengan Jen semakin dekat ketika lelaki itu memilih Jen menjadi pemeran utama wanita dalam film yang akan dia buat.

Tidak lama, pesta dansa akan digelar di sekolah. Ketika waktunya tiba mereka datang dengan suasana hati yang tidak karuan. Terutama ketika Dawson mengganggu acara kencan Jen.  Di sisi lain Joey mulai menyadari perasaan cintanya pada Dawson. Beberapa waktu kemudian Dawson diminta untuk membantu Cliff Elliot (Scott Foley) memulai pembuatan filmnya.

Fakta bahwa Joey mengetahui perselingkuhan ibunya membuat Dawson merasa dikhianati oleh dua wanita terdekat dalam hidupnya sekaligus. Suasana hati yang buruk membuat Dawson berpikir harus segera mencari hiburan. Dia pun menghubungi Jen untuk sekedar mengobrol. Kesedihan Dawson berbanding terbalik dengan Pacey sebab hubunganya berjalan lancar dan semakin intim.

Walau hubungannya baik-baik saja, Pacey merasa perlu berbagi cerita dengan Dawson. Pembicaraan ini tanpa sengaja didengar oleh teman-teman sekelas yang lain. Dalam beberapa menit, rumor pun tersebut ke seluruh sekolah. Sementara itu, kakak Joey, Bessie Potter (Nina Repeta) akan melahirkan. Namun, posisinya jauh dari rumah sakit dan satu-satunya ambulans sedang rusak. Keadaan yang sudah mendesak membuat Bessie bersedia melahirkan dengan bantuan Grams (Mary Beth Peil).

Suatu ketika pacar lama Jen, Billy, dari New York datang ke Capeside. Akibatnya ketegangan antara dia dan Dawson pun terjadi, terutama karena keduanya terlibat perkelahian. Namun, tidak lama mereka sudah tampak akur karena merencanakan perjalanan yang hanya akan diikuti oleh para pria, termasuk Pacey.

Dari perjalanan tersebut, Dawson menyadari mengenai apa yang sebenarnya dia cari dari seorang gadis. Sementara itu Joey mendapat masalah ketika seorang atlet mengatakan telah tidur dengannya. Jen membantu Joey mengatasi masalah yang sudah terlanjur tersebar di sekolah. Cerita bertambah seru ketika tanpa sadar Dawson mulai merasa cemburu pada Joey.

Mata Dawson seolah semakin terbuka saat melihat Joey mengikuti sebuah kontes kecantikan. Lelaki ini mulai tertarik pada sahabatnya sendiri. Kesempatan untuk kembali dekat dengan Joey akhirnya dia dapatkan dalam sebuah perjalanan menuju penjara, tempat ayah Joey ditahan. Namun, kabar yang menyedihkan harus diterima Dawson. Kabar apa yang disampaikan Joey?

Latar Tempat di Kota Kecil yang Asri

Latar Tempat di Kota Kecil yang Asri

Serial dari Amerika yang satu ini cukup berbeda. Pasalnya, alih-alih menampilkan suasana kota besar yang ramai oleh kendaraan dan gedung-gedung, Dawson’s Creek menyuguhkan pemandangan khas pedesaan yang masih sangat asri. Pemandangan alam di Capeside dan sekitarnya tersaji dengan begitu indah dan sejuk.

Di sana terdapat danau dan dermaga yang tidak terlalu besar sehingga cukup sepi. Dermaga tersebut kerap jadi tempat nongkrong Dawson dan para sahabatnya. Dermaga dan danau ini menjadi salah satu lokasi yang ikonik dari serial Dawson’s Creek, termasuk Dawson Creek Season 1. Rasanya membayangkan duduk di sana bersama teman, seperti yang dilakukan Dawson, pasti sangat hangat.

Cerita Persahabatan dan Cinta Remaja

Cerita Persahabatan dan Cinta Remaja

Serial fenomenal asal Amerika ini bisa sangat disukai dan legendaris, salah satunya karena kisah persahabatan dan percintaan yang ditawarkan. Mengusung empat karakter, dua wanita dan dua pria, kisah persahabatan antara mereka sangat dinamis, begitu juga dengan percintaannya.

Dawson yang sudah bersahabat sejak kecil dengan Joey juga Pacey digambarkan benar-benar bagai saudara. Di antara mereka seperti tidak ada batasan antara perempuan dan laki-laki. Joey kerap berada satu tempat tidur dengan Dawson sambil menonton film dan kegiatan lain yang banyak dilakukan bersama.

Pada Dawson Creek Season 1, Anda akan iri dengan persahabatan yang terjalin antara mereka. Ketika Dawson naksir dengan gadis pendatang baru, Jen, Anda juga bisa ikut merasakan kecemburuan Joey sebagai sahabat sekaligus seseorang yang diam-diam menyukai sahabatnya. Sangat klasik tapi menarik! Apalagi serial Dawson’s Creek musim pertama tayang pada 1998 lalu, sehingga Anda bisa sekaligus nostalgia.

Joey dan Dawson yang Manis

Joey dan Dawson yang Manis

Saat berbicara mengenai Dawson Creek Season 1, kisah cinta antara Joey dan Dawson di akhir musim jadi salah satu yang paling diingat. Bagaimana mereka mengembangkan hubungan, yang semula teman menjadi saling terbuka soal perasaan, membuat serial ini langsung memikat hati banyak penonton. Dawson dan Joey diibaratkan sebagai soulmate yang mempermanis serial ini.

Wajar saja jika banyak yang suka dengan kisah mereka. Keduanya diceritakan sudah bersahabat sejak lama. Mereka saling mengenal dan tidak ada rahasia, Joey menyayangi Dawson begitu pun sebaliknya. Perjalanan mereka untuk bersama sungguh mengaduk-aduk emosi, terutama ketika melihat Dawson. Lelaki itu bahkan harus bersama Jen terlebih dahulu sebelum menyadari bahwa gadis yang dia cari ada di dekatnya selama ini.

Perdana tayang pada 20 Januari 1998, serial Dawson Creek Season 1 sangat fenomenal di kalangan remaja ketika itu, baik di negeri asalnya atau di Indonesia. Intro lagu pembukanya bahkan masih terngiang-ngiang sampai sekarang. Apalagi kalau bukan lagu dari Paula Cole berjudul “I Don’t Want to Wait.” Jika Anda ingin bernostalgia dengan serial ini, ia sudah bisa disaksikan di Netflix mulai 15 Januari 2021! Sudah siap menyaksikan Dawson dan Joey?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram