Sinopsis & Review Contraband, Kisah Mantan Penyelundup Ilegal

Ditulis oleh Yanyan Andryan
Contraband
3
/5

Contraband adalah film action thriller yang ceritanya diadaptasi dari sebuah film populer asal Islandia berjudul Reykjavík-Rotterdam pada tahun 2008 lalu.

Film dari wilayah Nordik tersebut dibintangi oleh Baltasar Kormakur, dan ia pun kemudian membuat ulang filmnya itu dengan bertindak sebagai sutradara untuk sebuah remake produksi Hollywood ini.

Film ini dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Kate Beckinsale, yang berperan sebagai sepasang suami istri bernama Chris Farraday serta Kate Farraday. Ada juga aktor asal Meksiko, Diego Luna, yang memerankan karakter Gonzalo, serta aktor kawakan J.K. Simmons sebagai Kapten Redmond Camp,

Contraband sendiri meraup pendapatan 96.3 juta dollar di seluruh dunia dari anggaran produksi mereka yang sebanyak 25 juta dollar. Penasaran dengan jalan cerita film Contraband? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 20 Rekomendasi Film Mark Wahlberg yang Wajib Ditonton

Sinopsis

Contraband
  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Action, Thriller
  • Rumah produksi: Relativity Media, Working Title Films, dan Blueeyes Productions
  • Sutradara: Baltasar Kormákur
  • Pemeran utama: Mark Wahlberg, Kate Beckinsale, Ben Foster, Giovanni Ribisi, Caleb Landry Jones, dan J. K. Simmons

Selepas meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang penyelundup ilegal, Chris Farraday telah memutuskan untuk hidup tenang bersama istrinya, Kate dan juga bersama kedua anak mereka.

Masa-masa damai kehidupan mereka kemudian sedikit terusik karena adik Kate yang bernama Andy, berbuat ulah dengan menjadi seorang penyelundup narkoba.

Saat ada pemeriksaan dari Lembaga Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS, Andy terkesan panik dan langsung membuang narkoba yang ia bawa ke Sungai Mississippi.

Atas tindakannya itu, situasi malah semakin rumit, dimana Bos Andy, Tim Briggs, mengancam bakal membunuh keluarga Chris jika Andy tidak mengganti dengan uang atas kehilangan narkoba tersebut.

Karena ulah dari Andy, Chris pun terpaksa harus masuk lagi ke dalam dunia penyelundupan untuk mengumpulkan uang ganti rugi kepada Tim.

Chris tidak bekerja sendirian, dan ia dibantu oleh teman lamanya, Sebastian Abney, yang kini bekerja di sebuah perusahaan konstruksi. Kate beserta anak-anaknya lalu pindah menginap di rumahnya Sebastian agar keselamatan mereka tetap terjaga.


Baca Juga:

Setelah mengumpulkan rencana yang matang, Chris bergabung dengan Andy, dan temannya, Danny, menuju ke sebuah kapal kargo untuk membeli uang palsu senilai 10 juta dollar di Panama. Uang palsu tersebut rencananya akan ia selundupkan menuju Amerika Serikat.

Sesampainya di Panama, Chris mendapatkan informasi bahwa ia harus bertemu dengan pemimpin mafia bernama Gonzalo jika ingin mendapatkan uang palsu dengan kualitas paling terbaik. Chris dan Danny selanjutnya bergerak menemui Gonzalo untuk bernegosiasi.

Andy kemudian mendapatkan telepon dari Tim, dan memaksanya untuk membeli kokain. Jika permintaannya itu tidak dipenuhi, maka Tim akan membunuh salah satu anak dari Chris dan Kate.

Di sisi lain, negosiasi dengan Gonzalo berjalan cukup alot, dan pemimpin mafia tersebut bakal memberikan imbalan uang palsu asalkan Chris serta Danny mau membantunya untuk mencuri mobil lapis baja.

Di tempat lain, Sebastian ternyata sudah lama bersekongkol dengan Tim, dan ia malah menyekap Kate di rumahnya.

Sebastian selanjutnya menelpon Redmond Camp, Kapten Kapal Kargo, untuk mengamankan barang selundupan milik Chris. Camp juga memanggil Lembaga Bea Cukai AS agar bisa menjebak Chris saat ia kembali dari Panama.

Film yang Sangat Kental dengan Mark Wahlberg

Film yang Sangat Kental dengan Mark Wahlberg

Mark Wahlberg adalah salah seorang aktor kenamaan Hollywood yang kerap bermain dalam film-film laga box office. Beberapa tahun ke belakang, kita mungkin mengenalnya lewat film action seperti The Italian Job (2003), Four Brothers (2004), The Departed (2006), hingga Shooter (2007).

Ketika melihat dirinya bermain dalam film Contraband ini, Wahlberg memerankan karakter yang hampir sama dengan resume film-filmnya selama ini.

Wahlberg tampaknya sangat nyaman dalam membintangi film jenis ini, dan perannya sebagai Chris dalam Contraband tidak ada sesuatu yang terlihat segar darinya.

Meskipun begitu, Wahlberg tetap konsisten dalam genre laga yang ia geluti, dan ia selalu terlihat prima sebagai seorang karakter berhati pahlawan maupun menjadi sosok anti-hero.

Dalam Contraband, Wahlberg kembali memperlihatkan kekuatan ototnya, dan emosinya sebagai mantan penyelundup bernama Chris Farraday.

Niat baiknya untuk berhenti dari dunia kriminal harus kembali tercoreng karena ulah dari Andy, yang membawanya harus masuk ke situasi penuh kejahatan.

Untuk melindungi keluarganya, ia lalu melakukan apa saja agar istrinya, Kate, kedua anaknya, dan termasuk Andy, tidak menjadi korban pembunuhan dari seorang kriminal bernama Tim Briggs.

Dari premis singkat itu saja, kita pun sebenarnya bisa menebak bahwa alur cerita Contraband bakal tersaji cukup klise. Walaupun ada plot twist yang sedikit mengagetkan di pertengahan filmnya, tetapi kita setidaknya sudah bisa mengetahui film ini bakal berakhir dengan cara seperti apa.

Contraband berjalan selama 110 menit, dan apa yang disajikan film ini memang terasa seru layaknya film-film laga asal Hollywood.

Meski sedikit membosankan melihat Wahlberg bermain dalam film-film jenis ini, tetapi intensitasnya, serta konsistensinya dalam memerankan setiap karakter harus mendapatkan sebuah apresiasi yang layak.

Akting Para Pemerannya Cukup Menjanjikan

Akting Para Pemerannya Cukup Menjanjikan

Pada film ini, Wahlberg bekerja sama secara baik dengan Kate Beckinsale sebagai istrinya yang sama-sama bernama Kate. Beckinsale sebenarnya pernah bermain dalam waralaba film action horor yang berjudul Underworld, dan juga Van Helsing di tahun 2004 lalu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram