bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Conan: Crossroad in The Ancient Capital

Film animasi Detective Conan: Crossroad in The Ancient Road kali ini merupakan film ke 7 dari serial film Detective Conan. Rumah produksi yakni T.M.S. Entertainment membuat film animasi ini dengan cat digital tradisional secara keseluruhan untuk pertama kalinya.

Saat penayangannya di seluruh dunia, film Detektif Conan ini berhasil meraup keuntungan sebesar $ 32.4 juta.

Baca Juga: Sinopsis & Review Detective Conan: Magician of The Silver Sky

Kali ini Conan harus memecahkan kasus yang terjadi di sebuah kuil di kota Kyoto. Ia juga bersama Heiji Hattori bersama memecahkan kasus pembunuhan berantai yang menjadi perhatian kepolisian di Jepang. Mampukah kedua detektif hebat dari Timur dan Barat itu menyelesaikan kasus tersebut?

Sinopsis

Detective Conan Movie 07_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Animasi, Action
  • Produksi: T.M.S. Entertainment
  • Sutradara: Kenji Kodama
  • Pengisi Suara: Akira Kamiya, Kappei Yamaguchi, Minami Takayama, Wakana Yamazaki

Film dibuka dengan flashback dari karakter Heiji Hattori yang sedang berada di sebuah kuil di Kyoto. Ia melihat dari bilik jendela, ada seorang anak perempuan mengenakan baju kimono sedang bermain dengan bola. Selagi memantul-mantulkan bola, anak perempuan itu menyanyikan lagu Maru Take Ebisu atau yang dikenal dengan Lagu Jalanan Kyoto.

Heiji terpesona dengan anak perempuan itu. Ia menjadikan anak perempuan itu cinta pertamanya. Namun begitu angin berhembus membawa banyak daun sakura, anak perempuan itu sudah pergi meninggalkan Heiji sendiri.

Heiji segera berlari mengejar namun tidak bisa bertemu lagi. Dari situ ia berjanji akan mencari anak perempuan itu setiap ia pergi ke Kyoto.

Maju ke masa sekarang, Conan dengan suara Shinichi berbicara dengan Ran lewat telepon. Ia meminta maaf karena belum bisa bertemu dengan Ran karena masih sibuk mengurus banyak kasus. Ran mengerti dan memintanya untuk tetap berhati-hati dan tetap sehat mengingat Jepang sedang sangat dingin.

Di malam yang sama, di sebuah kuil; 3 orang dibunuh bersamaan oleh seorang misterius yang menggunakan topeng noh; dan dilanjut dengan 2 orang lainnya di tempat berbeda. Ini membuat geger kepolisian Jepang. Begitu diusut, ternyata ketiganya merupakan anggota dari komplotan pencurian besar yang memang sedang dicari oleh para polisi. 

Mereka tergabung dalam kelompok bernama Genjibotaru. Kelompok pencuri terkenal itu kebanyakan mencuri patung Buddha dan mereka telah aktif sejak tahun 1991, kebanyakan di Tokyo, Osaka, dan Kyoto, tetapi mereka tidak pernah membunuh siapa pun. Seluruh anggotanya memiliki nama yang diambil dari nama-nama para pelayan jendral Yohitsune.

Seluruh anggota pun memiliki sebuah buku berjudul Gikeiki atau kisah perang Yohitsune serta para pengikutnya. Saat pembunuhan terhadap 5 orang itu terjadi, buku-buku mereka diambil beserta kertas yang menunjukan kode dimana salah satu patung budha disimpan. Dari 8 orang anggota, sekarang tersisa tiga anggota.

Namun polisi tidak memiliki petunjuk tentang identitas tiga perampok yang tersisa, baik nama maupun jenis kelamin mereka. Polisi hanya bisa mengidentifikasi sang pembunuh yang mahir dalam memanah dan ilmu pedang.

Di saat yang sama, tepatnya di Osaka, Heiji yang sedang berbaring membaca tentang kasus Yoshitsune dan memutuskan untuk ikut membantu penyelidikan.

Saat melakukan penyelidikan, Heiji bertemu dengan Conan dan rombongan yakni Ran, Sonoko dan Kogoro yang diminta untuk datang ke kuil Sanno untuk membantu memecahkan kode tempat dimana patung Buddha yang hilang dari kuil oleh biksu Ryuen.

Mereka pun akhirnya sama-sama saling bantu khususnya Conan dan Heiji yang menarik diri untuk bekerja hanya berdua.

Saat melakukan penyelidikan di sekitaran jembatan Gojo, Heiji dan Conan mendapat serangan mendadak. Seorang misterius menembakan panah ke arah Heiji. Ini membuat Heiji dan Conan segera mengejar pelaku. Mereka berlarian namun usahanya gagal karena sang pelaku lebih dulu kabur menggunakan motor. 

Kehilangan jejak, mereka pun akhirnya kembali ke sebuah kedai teh tempat dimana Heiji sempat membantu pemilik kedai teh dari pencurian sebelum bertemu Conan dan rombongan.

Disana, ada Kogoro, Ran, Sonoko, Kazuha, Biksu Ryuen, tiga orang donatur untuk kuil Sanno yakni Shozo Sakura, pemilik toko barang antik, Shuntaro Mizuo, artis seni Noh dan Taiga Saijo, pemilik toko buku.

Mereka semua dihibur oleh pemilik kedai teh bernama Tae Yamakura, dan seorang Geisha bernama Suzu. Sedang asyik menikmati teh dan bulan purnama, tiba-tiba saja Shozo ditemukan meninggal. Akhirnya semua orang dikumpulkan untuk dimintai keterangan oleh Inspektur Shiratori dan Inspektur Ayanokouji. Setelahnya mereka semua pulang.

Begitu akan kembali ke Osaka, Heiji dan Kazuha kembali diserang. Mereka berdua mengejar pelaku dan itu membuat Heiji hampir terbunuh. Beruntung Kazuha sempat menolong. Keesokan harinya alih-alih istirahat, Heiji malah kembali melakukan penyelidikan bersama Conan. Padahal kepolisian sedang mencari pelaku yang membuat Heiji terluka. 

Saat penyelidikan menemukan jalan buntu, Kogoro malah menuduh Chika sebagai pelaku. Namun karena kecerobohan Kogoro, Heiji dan Conan jadi tahu sesuatu. Begitu akan mencari si pelaku, Heiji mendapat kabar kalau Kazuha diculik.

Heiji diminta datang ke kuil Kurama untuk menyelamatkan Kazuha dan menyerahkan sesuatu yang penting yaitu bola kristal Patung Buddha yang dulu mereka curi dari kuil Sanno.

Heiji namun terlalu lemah untuk melawan si pelaku. Ini membuat Conan meminta obat dari Ai untuk berubah menjadi Shinichi lantas menyamar menjadi Heiji. Shinichi pun datang dan menyelamatkan Kazuha, ternyata Heiji pun ada disana menyamar sebagai salah satu anak buah dari si pelaku yakni, Taiga Saijo.

Mereka pun melawan Taiga Saijo dan komplotannya. Beruntung Ran, Kogoro dan yang lainnya datang menyusul tepat waktu sehingga Saijo akhirnya bisa diringkus dan kasusnya menemukan jalan terang.

Tak hanya itu, Heiji pun akhirnya menemukan cinta pertamanya, ia mengira Chika adalah anak perempuan yang dulu ia temui, namun ternyata anak perempuan itu Kazuha.

Belajar Sejarah

Detective Conan Movie 07_History (Copy)

Sepanjang film ini diputar, para penonton akan disuguhkan dengan banyak cerita-cerita yang mengandung sejarah beberapa tokoh penting dan terkenal di Jepang. Salah satunya yang menjadi inti dari cerita ini yakni tentang jenderal Yohitsune beserta anak buahnya yang benar-benar berbakti dan mengikuti Yohitsune hingga dirinya wafat. 

Belum lagi tambahan tentang buku mengenai jenderal Yohitsune sendiri yang mengisahkan perangnya. Lantas disambung dengan lagu Maru Take Ebisu dan lagu Donguri Koro Koro yang membuat kasusnya menjadi terbaca.

Tak sampai disitu, perkenalan kuil-kuil di Kyoto, seni Noh, dan legenda petarung Benkei. Pokoknya film Detektif Conan kali ini beda sekali deh!

Obat Darurat

Detective Conan Movie 07_Shinichi (Copy)

Apabila kalian sempat membaca komik Detektif Conan, ada satu momen dimana Conan berubah menjadi Shinichi karena ia tak sengaja meminum alkohol Pikaru karena keliru dengan obat batuk. Namun efeknya tidak bertahan lama.

Inilah yang dipakai oleh Ai, ia membuat obat rekayasa untuk menyembuhkan demam; namun efeknya sama seperti Pikaru.

Alhasil, tanpa penawar racun APTX-4869, Conan bisa berubah menjadi Shinichi di dalam film Detektif Conan ke-7 ini. Dengan tubuhnya itu, Shinichi akhirnya sempat bertemu dengan Ran meski tidak lama. Ia bertemu dengan Ran saat Ran menyusul Conan karena khawatir ke kuil Kurama, tepat disaat Saijo bertarung dengan Heiji dan Kazuha.

Heiji dan Kazuha

Detective Conan Movie 07_Heiji&Kazuha (Copy)

Film ini akhirnya membuka cerita masa lalu dari Heiji juga Kazuha. Ini karena kemunculan Kazuha di komik Detektif Conan Vol. 19 yang diperkenalkan sebagai teman kecil Heiji saja.

Ternyata Heiji dan Kazuha adalah sepasang kekasih. Dan cerita bagaimana Heiji suka kepada Kazuha bukan karena ia adalah teman main masa kecil saja, namun karena kejadian di kuil.

Kazuha kecil yang didandani dengan make up dan kimono sedang bermain bola dan menyanyikan lagu Maru Take Ebisu di kuil itulah yang membuat Heiji jatuh hati. Di cerita-cerita selanjutnya, Heiji dan Kazuha mulai sering tampil bersama dan terkenal sebagai pasangan yang sudah direstui oleh keluarga Heiji dan juga Kazuha.

Seperti yang dibilang barusan, film Detektif Conan kali ini memang agak beda dari film-film selanjutnya yang heboh dengan pembunuhan sadis, kebakaran dimana-mana, bom dan hal lain yang bikin deg-deg-ser. Meski demikian jalan ceritanya tetap asyik untuk diikuti. Bacaterus memberi skor 3.4/5 untuk film Detektif Conan ke-7 ini.

Detective Conan: Crossroad in The Ancient Capital
Rating: 
3.4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram