bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Cobra Kai Season 1-2, Lanjutan Karate Kid

Sinopsis & Review Cobra Kai Season 1-2, Lanjutan Karate Kid

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 13 Mei 2021

Di dekade 80-an, ada sebuah film yang begitu ikonik dan diingat sampai sekarang. Film itu adalah The Karate Kid yang dirilis pada tahun 1984. Bahkan kesukesannya coba diulang dengan adanya sekuel dan film reboot berjudul sama yang dirilis tahun 2010 dengan dibintangi Jayden Smith dan Jackie Chan.

Secara cerita, Karate Kid tahun 1984 dan 2010 menggunakan plot yang sama persis. Yang membedakan adalah nama karakter utamanya. Versi tahun 1984 menyajikan rivalitas antara Daniel LaRusso dengan Jonny Lawrence dalam sebuah pertarungan seru di turnamen All Valley Karate. Serial Cobra Kai setelah keduanya sudah dewasa. Review dan sinopsisnya bisa disimak di sini.

Sinopsis Cobra Kai Season 1

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Hurwitz & Schlossberg Productions, Overbrook Entertainment
  • Jumlah episode: 10
  • Sutradara: Jon Hurwitz, Hayden Schlossberg, Jennifer Celotta, Josh Heald, Steve Pink
  • Pemain: Ralph Macchio, William Zabka, Courtney Henggeler, Xolo Mariduena

Berselang 34 tahun setelah All Valley Tournament yang diselenggarakan tahun 1984, Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence menjalani hidup yang berbeda. Daniel memiliki kehidupan yang menyenangkan. Dia punya istri dan sebuah showroom mobil yang sukses. Sementara Johnny harus melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar untuk bisa bertahan hidup.

Mengalami kesulitan dalam hidup nggak membuat Johnny keji seperti dulu. Dia malah menolong Miguel, tetangganya yang dirundung oleh beberapa remaja. Miguel meminta Johnny untuk mengajarinya karate tapi Johnny menolaknya. Ketika mobilnya bermasalah karena ditubruk orang, dia ditolong oleh mobil dari showroom Daniel.

Cobra Kai S1

Pertemuannya dengan Daniel membuat Johnny kembali mengingat All Valley Tournament beserta kisah-kisah yang mengiringinya. Johnny pun merasa tekad yang bulat untuk membuka kembali dojonya, Cobra Kai. Dojo itu akan bertempat di bangunan milik Daniel. Sayangnya, Daniel nggak senang dengan keberadaan Cobra Kai karena memori buruk dari dojo itu.

Hubungan Johnny dan Daniel memanas. Daniel menambah biaya sewa tempat sementara Johnny melakukan vandalisme pada billboard showroom milik Daniel. Keadaan baru bisa terkendali ketika Johnny menceritakan alasannya dia dulu masuk Cobra Kai yang akhirnya membuat Daniel memahami karakter rivalnya dulu.

Miguel yang belajar di Cobra Kai menjadi sensasi setelah mengalahkan para perundungnya. Sam, anak dari Daniel jatuh hati pada Miguel. Mereka nggak tahu latar belakang masing-masing. Masalah muncul dengan kehadiran Robby, anak dari Johnny yang sudah lama ditinggal sang ayah. Dia masuk ke dojo milik Daniel untuk membuat kesal Johnny.

Bermain di Area Abu-Abu

Di film The Karate Kid, sosok Daniel dan Johnny terlihat secara jelas posisinya sebagai protagonis dan antagonis. Daniel belajar pada Mr. Miyagi karena dirundung oleh Johnny. Sementara Johnny mendapat didikan keras di Cobra Kai. Di dojo tersebut, dia diajarkan untuk nggak memberi belas kasihan ketika bertarung.

Di Cobra Kai season pertama, karakter Daniel dan Johnny dibuat abu-abu. Keduanya menunjukkan sifat yang nggak sempurna. Daniel menjadi arogan sementara Johnny lebih simpatik. Pola yang berubah drastis itu kemudian dibuat abu-abu lagi dengan keduanya yang tetap bersaing walau nggak sefrontal dulu.

Rivalitas Baru

Rivalitas antara Daniel dan Johnny masih tersaji dalam serial Cobra Kai. Tapi bukan mereka yang menjadi karakter dalam konflik puncak. Robby dan Miguel merupakan dua orang yang menjadi puncak dari season pertama. Miguel nggak menyukai persahabatan antara Sam dan Robby karena dianggapnya terlalu dekat.

Ketidaksukaan Miguel pada Robby semakin menjadi ketika mereka mengikuti All Valley Tournament. Robby terjun dengan dimentori oleh Daniel dan Miguel dimentori oleh Johnny. Dia dididik untuk nggak memberi belas kasihan pada lawan, persis seperti dirinya dulu. Hal yang mengundang konflik batin dalam diri Johnny yang sebetulnya enggan menerapkan metode itu lagi.

Sinopsis Cobra Kai Season 2

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Hurwitz & Schlossberg Productions, Overbrook Entertainment, Heald Productions
  • Jumlah episode: 10
  • Sutradara: Jon Hurwitz, Hayden Schlossberg, Michael Grossman, Josh Heald, Jennifer Coletta
  • Pemain: Ralph Macchio, William Zabka, Courtney Henggeler, Xolo Mardiuena

Di akhir season pertama Cobra Kai, kita akan disuguhi dengan kedatangan John Kreese. Kreese merupakan mentor Johnny dulu yang mengajarkan supaya nggak mengenal ampun pada lawannya. Kedatangan Kreese yang ingin bergabung lagi dengan Cobra Kai pada awalnya ditolak oleh Johnny. Tapi dia kemudian memberikan kesempatan kedua pada bekas mentornya itu.

Daniel merasa terpacu dengan kehadiran Cobra Kai. Dia membentuk Miyagi-Do sebagai saingan. Untuk mempromosikan dojonya, dia membuat sebuah iklan yang mengejek Cobra Kai yang kemudian dibalas oleh hal serupa oleh Johnny. Miyagi-Do membuat sebuah pertunjukan tapi diganggu oleh Cobra Kai yang mendapat sambutan lebih meriah.

Hawk, salah satu murid di Cobra Kai diperintahkan oleh Kreese untuk merusak Miyagi-Do. Bersama beberapa rekannya, dia mencuri medali milik Mr. Miyagi dan juga mobil yang diberikan untuk Daniel. Walau sempat mendatangi Cobra Kai, Daniel berhasil menahan amarahnya. Perlahan-lahan dia dan Johnny sadar bahwa upaya tersebut merupakan rencana jahat dari Kreese.

Cobra Kai S2

Hubungan Miguel dan Sam semakin menjauh. Kehadiran Tory di Cobra Kai membuat Miguel jatuh hati. Begitu juga dengan Sam yang semakin dekat dengan Robby. Pertemuan Sam dengan Tory nggak berjalan baik. Sam nggak menyukai Tory sama sekali dan merasa cemburu karena kehadirannya di hidup Miguel.

Sebelum sekolah dimulai, siswa-siswi mengadakan permainan dengan minum alkohol. Pesta dibubarkan tapi Sam dan Miguel berhasil kembali dekat. Sam yang terpisah dengan Miguel meminta Robby untuk membawanya ke tempat lain, agar orang tuanya nggak tahu kalau dia baru saja minum dan sedang dalam keadaan mabuk.

Daniel heran Sam belum juga pulang. Dia melacak lewat HP dan menemukan lokasi sang anak di rumah Johnny. Daniel yang datang langsung baku hantam dengan Johnny dan membawa pulang Sam. Di hari sekolah, Robby mengatakan bahwa medali Mr. Miyagi sudah dikembalikan Miguel. Sam dan Tory terlibat perkelahian yang kemudian melibatkan Cobra Kai dan Miyagi-Do.

Kemunculan John Kreese

John Kreese dikenal karena metode bertarungnya yang tanpa ampun. Bahkan dia membolehkan cara haram dengan mencederai lawan, selama dia bisa menang. Kehadiran John Kreese di season kedua jelas membangkitkan antusias pada penggemar The Karate Kid. Bagaimanapun, dia merupakan orang yang paling mempengaruhi gaya bertarung Johnny.

Seperti yang bisa ditebak, kehadiran Kreese membawa pengaruh buruk pada Cobra Kai. Johnny mencoba mencari jalan tengah dengan metode dari Kreese. Tapi Kreese pantang menyerah, dia ingin mengambil alih Cobra Kai yang dianggapnya sudah melenceng dari metodenya dulu. Bahkan dia menyiapkan berbagai rencana jahat.

Mendalami Johnny Lawrence

Kalau di season pertama kita akan disuguhi biasnya karakter protagonis dan antagonis, di season kedua lebih jelas terlihat. Miyagi-do mewakili protagonis sedangkan Cobra Kai menjadi antagonis. Tapi yang paling menarik adalah bagaimana Johnny Lawrence mendapat lebih banyak sorotan di season kedua.

Johnny diceritakan kembali menjalani kehidupan percintaan. Di sisi lain, dojonya bermasalah karena kehadiran Kreese. Bahkan kekalahan dari Miyagi-Do yang membuat murid-muridnya terluka menjadi senjata bagi Kreese untuk menyerang metode bertarung yang diajarkan Johnny. Memberi belas kasih pada lawan membuat muridnya lemah bahkan terluka.

Season pertama Cobra Kai berhasil menjadi pengingat atas gemilangnya The Karate Kid. Season kedua lebih memfokuskan bagaimana pengaruh buruk Kreese bagi Cobra Kai. Ending di season kedua dibuat menggantung sebagai jembatan untuk season ketiga. Sebelum menonton serial ini, sebaiknya menonton film The Karate Kid dulu supaya bisa lebih mengikuti serial secara lengkap.

Kalau kamu sudah menonton The Karate Kid, kamu sudah siap untuk menikmati Cobra Kai season pertama dan kedua. Rasanya, serial ini terlalu sayang untuk dilewatkan kalau kamu menyukai genre aksi yang melibatkan seni beladiri. Apa serial ini cukup menarik buat kamu? Mari tuliskan pendapatmu di kolom komentar, teman-teman!

Cobra Kai Season 1-2
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram