bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Close Enough, Animasi untuk Orang Dewasa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 18 September 2021

Selama ini film atau serial animasi atau kartun identik dengan hiburan untuk anak-anak. Ceritanya didominasi oleh dunia dan tingkah mereka yang menggemaskan. Tidak banyak serial animasi khusus untuk orang dewasa, apalagi yang dianggap menghibur dan banyak disukai.

Di antara yang tidak banyak itu, Close Enough wajib Anda tonton! Animasi karya J.G. Quintel ini merupakan hiburan yang terkesan ringan namun sesungguhnya berbobot. Lelucon di dalam serial ini terasa surreal sekaligus dekat. Daripada menebak-nebak, sinopsis dan review Close Enough di bawah ini bisa membantu Anda. Simak yuk! 

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Penayangan: 9 Juli 2020
  • Genre: Animasi Dewasa, Sitkom, Surreal Comedy
  • Jumlah Episode: 8
  • Pengisi Suara: J.G. Quintel, Gabrielle Walsh, Jason Mantzoukas, Kimiko Glenn
  • Sutradara: J.G. Quintel
  • Produksi: Cartoon Network Studios

Menjadi dewasa dan tumbuh menua, bisa terasa sebagai sebuah prestasi tersendiri. Apalagi jika pekerjaan berjalan dengan lancar, keadaan ekonomi stabil, rumah tangga baik-baik saja, anak tumbuh sehat, dan tabungan bertambah. Namun, tidak jarang menjadi dewasa juga terasa sebagai kutukan. Sebab pada saat-saat tertentu, kehidupan bisa terasa sangat membosankan karena rutinitas yang itu-itu saja.

Di salah satu kota tersibuk di dunia, Los Angeles, hidup sepasang suami istri berusia awal 30 tahunan. Mereka adalah Emily Ramirez (Gabrielle Walsh) dan Joshua Singleton (J.G. Quintel). Di usia mereka yang terhitung masih muda, keduanya sudah memiliki putri cantik berusia lima tahun.

Gadis cilik tersebut bernama Candice Ramirez-Singleton (Jessica DiCicco). Hampir setiap hari, dia disibukkan dengan tugas-tugas sekolahnya. Meski begitu, dia tetap gadis cantik yang menikmati masa kanak-kanaknya.

Joshua dan Emily adalah pasangan suami dan istri yang bekerja. Keduanya punya profesi yang berbeda.  Joshua bekerja sebagai seorang programmer di sebuah perusahaan, sementara Emily sibuk sebagai asisten di perusahaan makanan. Meski datang dari dunia berbeda, hidup dari dua profesi dan keahlian yang berbeda, keduanya tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut.

Kewajiban mereka untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan hidup yang tinggi di kota besar, membuat keduanya sibuk. Hal ini membuat Josh dan Emily mulai menyadari sesuatu yang penting; akibat terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing, mereka sampai tidak memiliki kehidupan sosial yang baik. Entah itu di luar rumah atau di tempat kerja.

Apalagi ketika keduanya benar-benar mulai menginjak usia 30 tahun. Josh dan Emily merasa dan berpikir bahwa mereka benar-benar sudah tua, masa muda yang bebas dan membahagiakan itu sudah berlalu. Perasaan hampa menghampiri keduanya, hingga suatu hari, teman-teman mereka, Bridgette (Kimiko Glenn) dan Alex (Jason Mantzoukas) yang kembali berstatus single datang untuk tinggal bersama.

Mereka berempat sama-sama tengah menghadapi krisis kepercayaan diri. Ketika berkumpul, keempatnya kerap bertukar keluh kesah dan kepenatan dalam menjalani hidup sebagai masyarakat Kota Los Angeles. Ingin tahu kisah-kisah unik para sahabat tersebut untuk selanjutnya? Bagaimana Josh, Emily, Bridgette dan Alex membiasakan diri menelan semuanya dan menjadikan kesedihan sebagai hiburan? 

Animasi untuk Penonton Dewasa

review close enough_Animasi untuk Penonton DewasaSumber: decider.com

Animasi atau serial kartun nyatanya tidak hanya untuk ditonton oleh anak-anak, orang dewasa juga membutuhkan “asupan” semacam itu. Warna-warna yang terang, gambar bergerak yang bentuknya kadang tidak karuan, bisa menjadi hiburan tersendiri. Beruntung J.G. Quintel membuatkannya untuk kita semua.

Ya! Close Enough merupakan animasi khusus dewasa bergenre sitcom dan surreal comedy asal Amerika. Selain sebagai kreator, Quintel juga terlibat sebagai pengisi suara karakter Joshua Singleton. Mulanya, animasi khusus dewasa ini dibuat untuk TBS pada 2017 tetapi ditangguhkan. TBS sendiri merupakan layanan televisi berbayar yang dimiliki oleh Warner Media Studios & Networks.

Close Enough kemudian dirilis secara eksklusif untuk layanan streaming HBO Max per tanggal 9 Juli 2020. Ia pun mendapat banyak ulasan positif. Beberapa kritikus membandingkan serial ini dengan karya Quintel terdahulu, Regular Show. Hasil yang membanggakan ini diikuti dengan rencana pembuatan musim kedua.

Karakter Dibuat Berdasarkan Tokoh Nyata

review close enough_Karakter Dibuat Berdasarkan Tokoh NyataSumber: fansided.com

Jika Anda tertarik dengan karakter Josh dan Emily, sesungguhnya mereka dibuat berdasarkan tokoh nyata. Siapa lagi jika bukan Quintel itu sendiri. Karakter Josh diciptakan oleh Quintel berdasarkan sosoknya sendiri. Sementara untuk karakter Emily, sang kreator terinspirasi dari pasangannya, Cassia Streb.

Josh digambarkan sebagai seorang ayah muda yang bekerja menjadi video game developer. Perusahaan tempatnya bekerja ternyata juga dibuat berdasarkan perusahaan sungguhan bernama Geek Squad, yaitu subsidiary dari perusahaan multinasional asal Amerika-Kanada, Best Buy.  

Lain Josh, lain juga Emily. Terinspirasi dari sosok Cassia, Emily digambarkan sebagai wanita karir yang sekaligus tetap mempertahankan hobinya bermusik. Dia tergabung satu band bersama Bridgette dan menulis lagu untuk grupnya tersebut. 

Konflik Banyak Dialami Pasangan Milenial

review close enough_Konflik Banyak Dialami Pasangan MilenialSumber: decider.com

Kehidupan Josh dan Emily beserta keluhan-keluhan yang mereka rasakan cukup relate dengan kehidupan pasangan milenial di kota-kota besar. Pasangan suami dan istri tersebut disibukkan dengan berbagai aktivitas sehingga tidak memiliki kehidupan lain, selain kehidupan di kantor dan rumah. Cukup familiar?

Lama-lama keduanya juga jengah. Sebagai makhluk sosial, berinteraksi dengan orang lain, sekadar berbincang yang tidak penting dengan sahabat dekat, merupakan salah satu kebutuhan. Jika sudah terpenuhi, beban yang berat di pundak rasanya terangkat begitu saja dan semua berubah jadi kekonyolan.

Judul Mengandung Tiga Makna

Hal menarik lain yang bisa Anda ketahui dari serial ini adalah fakta mengenai pemilihan judul. Apa yang terlintas ketika pertama kali mendengar close enough? Frasa tersebut bisa memiliki banyak makna. Persis yang disampaikan Quintel sendiri.

Sebelumnya menarik juga untuk diketahui bahwa judul awal untuk serial ini bukan Close Enough melainkan Splitting Rent. Terlihat dari plot cerita ketika dua sahabat Josh dan Emily memilih tinggal bersama mereka. Namun, judul tersebut diubah dengan berbagai alasan.

Disampaikan oleh Quintel sendiri, Close Enough punya banyak makna. Makna pertama adalah close enough menggambarkan keadaan ketika kita tinggal dengan beberapa orang terdekat di satu tempat yang tidak terlalu luas.

Makna kedua adalah ketika kamu merasakan close enough dengan tempat (tujuan) yang diinginkan dalam hidup. Mungkin sulit untuk benar-benar sampai ke tujuan, tapi minimal mendekati. Walau tidak benar-benar persis sampai ke sana, kita tetap bisa merasakan bahagia karena berhasil berkompromi dengan diri sendiri.

Sementara makna close enough yang ketiga adalah bahwa serial ini memiliki gaya dan lelucon yang mirip dengan karya Quintel terdahulu, Regular Show. Regular Show boleh jadi merupakan karya Quintel yang paling membekas di ingatan banyak penonton.

Serial tersebut tersaji sebanyak 261 episode dengan total 8 musim. Masing-masing berdurasi 11 menit dan tayang mulai dari 6 September 2010 hingga 16 Januari 2017. Jadi wajar saja jika banyak orang memirip-miripkan Close Enough dengan Regular Show.

Siapa sangka bahwa sebuah animasi ternyata bisa menyuguhkan cerita yang sangat diminati oleh orang dewasa. Serial Close Enough ini menerima banyak pujian dan ulasan positif. Episode ketiga paruh keduanya bahkan ditayangkan secara perdana di Annecy International Animated Film Festival pada 15 Juni 2020 lalu. Beberapa bulan kemudian, tepatnya 14 September 2020, ia ditayangkan secara internasional melalui Netflix dan Adult Swim.

Menyaksikan film kartun di usia yang tidak lagi muda bukan berarti Anda aneh dan tidak punya selera terhadap tontonan.Hal paling penting adalah Anda bisa menikmatinya dan mendapat sesuatu dari sana. Jadi apakah semakin penasaran dengan tingkah Josh dan Emily bersama dua sahabatnya? 

Nah, bila Anda mencari film animasi terbaru yang cocok untuk Anda tonton bersama keluarga Bacaterus juga punya rekomendasinya.

Close Enough
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram